Pasang Indihome Tidak Jelas

Hari Kamis, 12 Agustus 2020 saya mendaftar paket Learning From Home melalui website untuk proses sekolah online anak saya dan sorenya langsung dihubungi oleh petugas N untuk menginformasikan bahwa paket ini harus pasang baru sekalipun saya sudah memiliki telepon lokal.

Besoknya hari Jumat 13 Agustus 2020 sudah datang teknisi M yang mengecek jaringan rumah saya dan menginformasikan bahwa proses pemasangan internet hanya perlu migrasi karena sudah ada telepon yang aktif. Saya tanyakan kenapa petugas N semalam menyatakan harus pasang baru padahal sudah diinfokan bahwa sudah ada telepon aktif, dan teknisi tetap berpendirian tidak perlu pasang baru, hanya proses migrasi saja. Teknisi M berjanji akan kembali hari Selasa untuk memasang paket tersebut.

Pada pagi hari Selasa 18 Agustus 2020 saya sengaja tidak pergi ke mana-mana untuk menunggu teknisi M tetapi sampai siang tidak ada tanda-tanda kedatangannya. Saya tanyakan di WA dan dia berjanji akan datang pukul 13. Saya menunggu sampai pukul 15 masih juga tidak ada yang datang. Saya WA lagi tidak dibalas, dihubungi tidak diangkat.

Saya coba menghubungi dari nomor telepon yang lain baru diangkat dan tanpa maaf hanya beralasan bahwa harus mengambil peralatannya dulu jauh ke Semplak. Nomor telepon saya aktif pak, pun WA saya, apa salahnya memberi kabar? Akhirnya dia berjanji PASTI akan datang pukul 17. Tetapi sore itu hujan cukup besar dan saya kali ini memaklumi keterlambatannya lagi, tetapi sampai hujan mereda pukul 18-19 tidak ada yang datang ataupun menghubungi saya. Akhirnya kesabaran saya habis, saya hubungi 147.

Menghubungi 147 dengan petugas I ternyata ujian kesabaran lainnya. Dia tidak tahu apa-apa tentang pendaftaran paket LFH saya ataupun pengiriman teknisi ke rumah saya. Saya bingung bagaimana mungkin perusahaan sebesar Telkom ini dengan teknologi yang serba canggih di zaman ini (dan ini perusahaan teknologi pula!) bisa tidak memiliki integrasi informasi dari pelanggannya. Saya harus menceritakan ulang dari awal pendaftaran di website sampai teknisi yang tidak datang.

Yang membuat saya lebih kaget lagi adalah dia menginformasikan bahwa paket LFH tidak bisa dipasang dengan migrasi, migrasi mempunyai paket yang berbeda dengan harga 2X lipat. Dan lebih parah lagi adalah sekalipun mau pasang baru LFH tetap tidak bisa karena sudah tidak ada slot untuk saya. Dari petugas N, teknisi M, dan sekarang petugas I tidak ada informasi yang sama. Lelah hayati saya tutup teleponnya. Coba kalau saya tidak menghubungi 147, tiba-tiba migrasi dipasang hari itu dan tahu-tahu saya harus membayar tagihan yang tidak diinginkan.

Tidak berapa lama petugas I menghubungi saya lagi hanya untuk menyuruh saya mencatat nomor keluhan saya IN73589074, gunanya apa toh mbak kalau memang tidak bisa ditindaklanjuti lagi? Saya pikir masalah selesai.

Hari ini Rabu 19 Agustus 2020 saya dikagetkan dengan kedatangan teknisi A (atas suruhan teknisi M) menyuruh saya tanda tangan berita acara pemasangan migrasi sudah selesai (saya tanyakan ini paket apa yang dipasang, ternyata paketnya memang berbeda dari yang saya daftarkan!). Saya tidak tahu lagi harus omong apa, dari 4 orang pegawai Telkom ini semuanya tidak ada koneksi.

Saya tolak dan silakan masalah internal perusahaan diselesaikan sendiri, saya lelah harus mengurai lagi dari awal sementara saya adalah pelanggan yang harusnya tinggal terima beres sesuai dengan pendaftaran. Untuk memastikan bahwa tidak akan ada tagihan kagetan yang akan saya terima di kemudian hari oleh karena kesalahan internal Telkom ini, saya coba hubungi 147 lagi beberapa kali tapi tidak ada yang tersambung.

Dosy Agustin
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:6    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Ibu Dosy Agustin

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Dosy Agustin pada tanggal 20...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Pasang Indihome Tidak Jelas

  • 25 Agustus 2020 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Sampai hari ini, belum ada penyelesaian dari Telkom. Lanjutan keluhan di atas:
    Hari Kamis, 20 Agustus 2020 tiba-tiba lampu internet di modem saya menyala padahal sebelumnya sudah dinyatakan batal migrasi ke petugas M dan bahkan menurut petugas I paket LFH saya tidak disetujui. Saya kaget dan segera menghubungi 147, kali ini berhasil tersambung dengan petugas S. Saya pastikan dengan petugas S ini bahwa saya tidak bersedia dikenakan biaya apapun di billing yang akan datang karena saya tidak menandatangani berita acara penyelesaian pemasangan dan paket LFH saya dinyatakan tidak disetujui. Petugas S berjanji akan mengirimkan laporan dengan eskalasi emergency tapi sampai detik ini tidak ada petugas yang menghubungi saya.

    Jumat 21 Agustus 2020 ada petugas yang menghubungi saya setelah membaca keluhan saya di atas. Dia hanya mengonfirmasi kebenaran berita tersebut dan saya sampaikan tentang internet yang sudah terpasang tanpa seizin saya. Dia berjanji akan menyelesaikannya segera dan akan menghubungi saya lagi, saya memutuskan untuk tidak melanjutkan proses paket internet ini (baik LFH maupun migrasi) yang tiba-tiba bisa ada slot LFH untuk saya padahal petugas I memastikan tidak mungkin bagi saya mendapat slot LFH saat ini karena sudah penuh. Oleh karena itu, saya sudah kepalang membeli paket internet di perusahaan lain dan saya tidak ingin ada kejadian lain di kemudian hari karena dari awal saja sudah kacau begini. Ternyata sampai detik ini belum ada lagi tindak lanjut penyelesaian dari pihak Indihome, lampu internet di modem saya masih terus menyala. Beginilah berurusan dengan perusahaan negara. Saya benar-benar menyesal dan kapok sudah mencoba mendaftar paket internet Indihome padahal sudah tahu banyak keluhan dari pelanggan lain dan saat ini saya juga kena sendiri.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pasang Indihome Tidak Jelas

oleh Dosy Agustin dibaca dalam: 2 min
1