Refund Tiket Pesawat di Tokopedia, 4 Bulan Tanpa Kejelasan

Pada tanggal 1 Januari saya membeli tiket SUB-BKK PP di Tokopedia, dengan nomor invoice Q3D-N2G1W-DYO6 untuk keberangkatan menggunakan AirAsia dan kepulangan dengan maskapai LionAir Thai.

Pada tanggal 18 penerbangan SUB-BKK dibatalkan oleh pihak maskapai dikarenakan pandemi Covid-19, dan saya pun melakukan pembatalan tiket dan proses refund seperti yang diarahkan oleh pihak Tokopedia di email saya.

Pada tanggal 13 Mei tiket kepulangan juga dibatalkan oleh pihak maskapai dan saya kembali melakukan proses pembatalan dan refund tiket tersebut. Perlu diketahui bahwa saya membatalkan tiket saya tersebut dengan panduan dari pihak maskapai, dan berhak untuk mendapatkan refund penuh.

Dan pihak Tokopedia menjelaskan proses refund membutuhkan waktu maksimal 90 hari. Namun hingga tanggal 22 Agustus belum ada pengembalian dana refund dari Tokopedia. Saya sudah menanyakan ke pihak Tokopedia , namun malah bikin frustrasi karena tidak ada solusi dan seperti berbincang dengan bot. Tidak ada solusi kapan atau berapa lama lagi proses refund akan selesai.

Mohon Tokopedia sebagai perusahaan besar untuk ingat dan membayangkan bagaimana kondisi konsumen di masa pandemi ini begitu kesusahan, uang itu sangat saya perlukan untuk memenuhi kebutuhan saya karena saya dan semua terdampak pandemi ini. Uang itu adalah hak saya, Tokopedia sendiri yang bikin aturan maksimal proses 90 hari namun Tokopedia yang melanggar aturannya sendiri.

Mohon solusinya dari Tokopedia.

Amin Lisianto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:5    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Refund Tiket Pesawat di Tokopedia, 4 Bulan Tanpa Kejelasan

  • 23 Agustus 2020 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Masih saja ada surat tentang makelar tiket yang 1 ini.
    Kelihatannya cukup besar jumlahnya konsumennya (yang apes, mungkin) yang kena modus “ditahan-tahan refund-nya” macam begini. Diputer dulu duitnya buat operasional, sampe ybs nulis SP, baru ditindak-lanjuti.
    Lumayan kan, sementara pemasukan masih seret, ada dana “talangan” yang bisa diputer dulu…

    • 23 Agustus 2020 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Sepertinya begitu ,saya sarankan mulai saat ini untuk semua jika membeli tiket di website resmi airline langsung. Jika membeli melalui travel agent online maskapai lepas tangan, semua tergantung travel agent online. Saya sudah bertanya langsung ke pihak Airasia dan diinfokan bahwa maksimal proses refund 4 bulan, ini di Tokopedia sudah 4 bulan lebih terkatung katung.
      Member Platinum yang sudah bergabung 7 tahun saja tidak dianggap , setelah proses refund selesai saya tidak akan lagi menggunakan Tokopedia.

  • 6 November 2020 - (05:46 WIB)
    Permalink

    Refund di tokopedia di persulit, saya bayar tagihan sudah berhasil transfer virtual account, malah transaksi di batalkan tokopedia. Sudah konfirmasi, masih suruh nunggu terus. Alamat uang tidak kembali

  • 6 November 2020 - (07:52 WIB)
    Permalink

    Masih mending bisa refund tunai. Beli di AA langsung refundnya dalam bentuk kredit dan masa berlakunya cuma 1 tahun.

    • 7 November 2020 - (19:41 WIB)
      Permalink

      Memang benar begitu, saat pandemi airline juga tak mau rugi dengan refund cash.
      Saya sarankan jika ada permasalahan di Tokopedia hub akun twitter mereka @TokopediaCare dengan mention pihak terkait. Di kasus saya saya mention pihak Airasia dan ThaiLion, uniknya baru direspon setelah saya tweet dengan Bhs. Inggris. Kurang dari 5 hri kemudian dana saya kembali penuh. Sekali lagi saya sarankan langsung tweet saja, jgn berhenti tweet sampai dana kembali.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Refund Tiket Pesawat di Tokopedia, 4 Bulan Tanpa Kejelasan

oleh Smin Lisianto dibaca dalam: 1 min
5