Pencairan Dana di Bukalapak Tertahan karena BukaDompet Dibekukan Tiba-tiba

Pada tanggal 28 Agustus 2020 saya menerima pembelian Handphone dari pelanggan saya di Bukalapak senilai Rp4.050.000. Namun setelah dana tersebut masuk, secara sepihak Bukalapak membekukan dana tersebut dengan alasan keamanan.

notifikasi pembekuan dana setelah transaksi selesai di lakukan
notifikasi pembekuan dana setelah transaksi selesai di lakukan

Untuk pengusaha kecil, penjual smartphone, dana tersebut sangat penting untuk cash flow modal. Logikanya dana tersebut adalah dana pribadi pelanggan, namun pihak Bukalapak membekukan dana tersebut tanpa alasan jelas, seolah-olah dana tersebut milik Bukalapak. Otomatis saya mengikuti prosedur membuka BukaBantuan. Namun yang saya dapatkan hanya perintah untuk menunggu eskalasi team terkait yang mana sampai sekarang tidak ada tindak lanjut mengenai permasalahan ini.

Saya melihat kejadian seperti ini dan mencari pelapak yang bernasib sama, ternyata banyak sekali yang mengalami hal seperti ini. Masalah pun berlarut-larut sampai berhari-hari bahkan tahunan. Idealnya jika memang transaksi tersebut tidak bisa di lakukan, baiknya pihak BL sudah memberi notifikasi ataupun mengembalikan dana kepada pelanggan, yang mana dapat dibereskan tanpa menunggu berhari-hari atau bahkan tahunan.

Para pelapak akan mengalami ketakutan untuk bertransaksi secara aman di Bukalapak jika pihak Bukalapak dapat membekukan dana seperti ini tiba-tiba. Dari mulai komplain ke BukaBantuan, Twitter dan Instagram serta email, sampai saat ini belum ada kejelasan atau solusi yang dapat dilakukan terkait pembekuan dana pelanggan seperti ini yang diotorisasi sepihak oleh Bukalapak.

Reddy Suharyadi
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:4    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Reddy Suharyadi

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan melalui kanal Media Konsumen. Terkait dengan surat yang dikirimkan oleh Bapak Reddy...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Pencairan Dana di Bukalapak Tertahan karena BukaDompet Dibekukan Tiba-tiba

  • 30 Agustus 2020 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Pengalaman ini pernah saya alami satu tahun yang lalu. Waktu itu saya beli, hp Samsung m10, dan pembayaran saya melaui banking, sejumlah 1 jtan.
    Dan ternyata barang tidak dikirim, uang tidak bisa dikembalikan. Alasannya ada yg bajak akun. Tentunya saya jg telah berusaha untuk menarik kembali melalui bank, mungkin dengan antar bank bisa lebih mudah.
    Ternyata tidak bisa. Dengan persyaratan yang diajukan buka lapak, fotocopy bukti tranfer, tulisan tangan dan KTP pun telah saya penuhi sesuai permintaan Bukalapak, ternyata hasilnya sama saja. Alhasil sampai sekarang uang saya kemana jg ga tahu. Dan dah bosen ngurus, Selamat buat Bukalapak. Ternyata saya ada teman senasib … hehehe..
    Selamat mencoba …semoga berhasil dan tidak seperti saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pencairan Dana di Bukalapak Tertahan karena BukaDompet Dibekukan Tiba-…

oleh Reddy Suharyadi dibaca dalam: 1 min
2