Pelayanan Keluhan Indosat GIG Tidak Secepat Kilat Seperti Iklannya

Saya sudah berlangganan Indosat GIG dengan nomor pelanggan 180610021134 sejak layanan tersebut masuk ke komplek apartemen saya. Dan selama itu pula hampir tidak ada keluhan cukup berarti yang saya alami. Paling-paling putus sebentar karena gangguan jaringan yang menurut saya wajar. Sehingga saya merekomendasikan juga layanan ini kepada teman-teman di unit lainnya.

Sampai pada Jumat siang 11 Sept 2020, tiba-tiba internet putus dan lampu LOS di modem berkedip merah yang berarti terputusnya jalur kabel optic menuju modem entah karena ada jalur yang tercabut dari repeaternya ataupun ada yang terputus. Saya berusaha menyampaikan keluhan baik melalui telepon CS GIG ataupun twitter. Tidak ada respon sampai akhirnya saya tahu bahwa telepon CS nya pun ternyata sedang gangguan.

Setelah akhirnya terhubung dengan CS melalui wa, CS mengatakan akan dihubungi oleh teknisi dalam waktu 2 hari kerja. Astaga, berarti bisa memakan waktu sampai hari Selasa karena Sabtu Minggu tidak termasuk.

Yang menjadi masalah, ternyata putusnya jaringan ini dialami juga pelanggan unit lain di lantai yang sama, sehingga bisa dikatakan bahwa putus pada jaringan di luar tempat konsumen.

Bukankah perusahaan seperti GIG merupakan perusahaan jasa yang seharusnya selalu siap menindaklanjuti keluhan pelanggan selama 24 jam? Jika internet ini dipakai untuk berbisnis, bisa dibayangkan akan adanya kerugian yang harus dialami pelanggan karena lamanya waktu untuk mendapatkan perbaikan ini, padahal tagihan bulanannya selalu saya bayar tepat waktu. Jika kami harus menunggu teknisi karena dalam antrian dan akan ditindaklanjuti sesegera mungkin baik pagi, malam maupun Sabtu/Minggu mungkin dapat kami maklumi. Namun penjelasan akan ditindaklanjuti dalam 2 hari kerja yang membuat saya kecewa.

Saya jadi teringat saat tinggal di Hangzhou Tiongkok dan mengalami hal yang sama. Dari saya menghubungi CS sampai teknisi datang hanya memakan waktu 15 menit saja. Padahal saat itu waktu menjelang malam sudah di luar jam kerja. Luar biasa. Sangat jauh budaya cara kerja mereka dengan kita di Indonesia. Padahal luas Hangzhou lebih dari 5x Jakarta, namun perusahaannya dapat mengatur pelayanannya secepat itu. Lebih mengagumkan lagi bahwa teknisi tersebut menolak uang tip yang saya berikan dengan jawaban tidak perlu karena mereka sudah digaji perusahaan. Lagi-lagi saya angkat jempol untuk mereka. Cobalah belajar untuk melayani konsumen sebaik itu. Jangan menjadikan prosedur administrasi sebagai alasan pembenaran untuk pelayanan yang lambat. Jangan kita membiasakan, “Jika bisa diperlambat ngapain harus dipercepat.”

Terima kasih kepada mediakonsumen.com atas dimuatnya surat ini. Walaupun mungkin saat surat ini dimuat, keluhan kami sudah selesai ditangani, namun kepada redaksi tolong untuk dapat tetap dimuat sebagai bahan berbagi pengalaman dan memicu kita agar dapat menghilangkan budaya lemot sehingga dapat bersaing dengan negara lainnya.

Terima kasih.

Robi Siman
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat GIG:
[Total:2    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Indosat Mega Media (IM2) atas Surat Bapak Robi

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Di Tempat Dengan Hormat, Menanggapi surat pembaca pelanggan kami, Bapak Robi Siman yang dimuat oleh mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Pelayanan Keluhan Indosat GIG Tidak Secepat Kilat Seperti Iklannya

  • 13 September 2020 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga mengalami hal yg sama ,lampu Los menyala ,kata csnya indikasi kabel fo ada yg putus ,2 hari baru beres lokasi di harapan indah.

  • 14 September 2020 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Koneksi saya akhirnya telah pulih. Saya baru menyadarinya saat Senin dinihari, saat tidak sengaja melihat lampu LOS di modem telah tidak berkedip merah lagi.
    Menurut teknisi apartement, pada hari Minggu ada teknisi GIG yang datang dan membetulkannya. Info yang saya dapat, putusnya gangguan pada ODC (Optical Distribution Cabinet). Dan 1 ODC ini melayani beberapa ODP (Optical Distribution Point). Di apartement saya menurut teknisi tadi, 1 ODP melayani 5 lantai apartement. Sehingga jika 1 ODP saja putus, berarti 5 lantai yang koneksinya terputus. Pada kejadian saya, entah berapa ODP yang terputus pada ODC tersebut jika kondisinya benar seperti yang teknisi apartement infokan kepada saya.
    Walaupun saya tetap kecewa karena kira-kira 2,5 hari koneksi terputus, namun masih dapat ditoleransi dengan adanya perbaikan di hari Minggu. Semoga kedepannya jika terjadi lagi hal seperti ini, dapat diperbaiki dalam hitungan jam, bahkan menit jika dimungkinkan. Sehingga konsumen semakin puas dan loyal terhadap layanan GIG.
    Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat GIG?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Keluhan Indosat GIG Tidak Secepat Kilat Seperti Iklannya

oleh Robi dibaca dalam: 2 min
2