Sulitnya untuk Refund Deposit IndiHome

Tanggal 23 Juli 2020 saya sudah melakukan registrasi pemasangan baru paket LFH (dual play) IndiHome via website. Pada tanggal 24 Juli saya dihubungi oleh 1500620 untuk konfirmasi data dan ketersediaan kuota pada alamat pemasangan serta penjelasan mengenai biaya pemasangan dan biaya berlangganan. Operator menyampaikan sudah ada jaringan di area alamat pemasangan (rumah saya), sehingga pengajuan saya dapat diproses ke tahapan selanjutnya. Setelah itu (tanggal 24 Juli) saya menerima SMS dari IndiHome untuk pembayaran deposit sebesar Rp169.000, dan sudah saya bayarkan di hari itu juga.

Tanggal 28 Juli teknisi lapangan survey ke rumah saya dan bilang jika kuota di alamat pemasangan sudah penuh. Sebetulnya kalau memang database Telkom sudah terintegrasi, pada saat operator menghubungi saya seharusnya sudah menyampaikan apabila jaringan penuh, sehingga tidak perlu dilanjutkan ke proses selanjutnya dan saya tidak perlu melakukan pembayaran deposit.

Pada tanggal 28 Juli saya mengajukan refund deposit, dan hebatnya saya baru mendapatkan link refund deposit pada tanggal 26 Agustus 2020, itupun hampir tiap hari saya kirim email ke customercare@telkom.co.id. Namun jawabannya selalu masih diupayakan untuk diproses dan berkenan menunggu. Link deposit baru saya dapat ketika saya mengajukan keluhan lewat twitter IndiHome.

Tanggal 26 Agustus 2020 saya sudah mengisi form pengajuan refund deposit melalui aplikasi MyIndihome dan CS bilang kalau dana akan cair dalam 14 hari kerja.

Tanggal 16 September 2020, seharusnya dana tersebut sudah cair karena sudah lebih dari 14 hari kerja. Namun setelah saya melakukan pengecekan ke rekening yang saya input pada link refund deposit, ternyata belum ada dana masuk dari Telkom. untuk itu saya mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id dan twitter ke customer care IndiHome, dan saya mendapatkan SMS dan diminta untuk mengisi form pengajuan refund lagi. Namun setelah saya konfirmasi, CS Twitter menyampaikan tidak perlu mengisi link deposit lagi.

Hari ini tanggal 22 September 2020, seharusnya sudah lebih dari 14 hari kerja dan bahkan hampir 2 bulan dari saya mengajukan refund deposit dan 1 bulan dari saya mendapatkan link deposit dana tersebut belum juga cair, LUAR BIASA CARA KERJA TELKOM, SALUT! BUMN UNTUK NEGERI!

Pandu Wiratama
Nomor registrasi: MYIR-10217750700001
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Sulitnya untuk Refund Deposit IndiHome

  • 23 September 2020 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Selama masa pandemi uang sekecil apa pun besar artinya. Apalagi ini uang 169 ribu sudah ditahan selama 2 bulan. Pastilah sudah diajak berputar-putar dulu uang tersebut…

    Kapan oh kapan ada korporasi yang mau “menalangi” (rugi duluan demi konsumen), ketimbang alih2 selalu konsumen yang harus rugi duluan demi korporasi yang semaksimal mungkin tidak mau hilang duit 1 rupiah pun, bahkan demi “membayari duluan” konsumennya pun mereka tidak bersedia.
    Contoh: di kasus ini, kenapa kok mesti bayar deposit duluan padahal sudah nyata bahwa sistem belum sungguh2 bisa mendeteksi bahwa di alamat tersebut pasti bisa dipasang? Di ISP2 gak ada tuh deposit2 macam begini.
    Contoh lain: kenapa kok mayoritas “proses refund” (di online shop/marketplace, di travel agent dll) amat sangat lambat sekali, padahal konsumen bayarnya instan gak pake lama, langsung ketika bertransaksi?

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Sulitnya untuk Refund Deposit IndiHome

oleh Pandu dibaca dalam: 1 min
1