Buruknya Sistem Timbangan dan Penyelesaian Masalah dari SiCepat

Jujur saya sudah lama ingin menulis tentang aduan ini dan tanpa diduga ternyata ada seseorang yang juga mengalaminya pada link ini: “Dirugikan Shopee karena Nakalnya Timbangan SiCepat“. Kalau boleh berasumsi, pasti banyak korban/seller yang tidak tedeteksi. Berbekal pengalaman pernah bekerja di sebuah Startup, saya sedikit mempelajari bagaimana sistem Jasa Pengirim SiCepat bekerja dan akhirnya saya menemukan kelemahannya!

Kejadian pertama pada resi nomor: 00772574970. Sekitar awal Oktober mengirim barang keluar pulau Jawa (bayangkan nominalnya yang tidak sedikit), ada selisih ongkir tiba-tiba muncul. Awalnya sama seperti thread yang sudah dibuat oleh seseorang sebelumnya untuk melakukan konfirmasi, apakah ini perbedaan harga di sistem Shopee/perbedaan berat? Dan jawabannya ADA PERBEDAAN BERAT.

Saya pun kaget. Lalu konfirmasi CS (Customer Service) SiCepat jawabannya pun sama. Nah, pada akhirnya saya wawancara admin dimana saya tempat drop off untuk menanyakan orang yang bertugas bagian Controlling Berat Timbangan. Pada saat itu tanpa basa basi saya langsung menemui seseorang yang bisa membuka bukti timbangan tersebut. Yang benar saja, setelah dibuka ternyata ada kesalahan dari sistem SiCepat. Pada foto timbangan berat barang 1,1 Kg dan di sistem jadi 1,35 Kg (masuk 2 Kg).

Lucunya orang yang membukakan sistem tersebut bingung kenapa bisa terjadi. Harusnya saya yang menanyakan hal tersebut. Hal yang mengerikan adalah orang-orang branch tidak memiliki akses untuk memperbaiki sistem yang error ini karena semua akses tersebut terpusat di Jakarta. Dalam hati saya yang pernah bekerja di sebuah startup wah bahaya ini perusahaan.

Berbekal foto yang dibuka dari Sistem SiCepat sendiri, akhirnya CS akan menindaklanjuti pada waktu itu (awalnya bersi keras bahwa berat sudah sesuai oleh sistem). Per 17 September 2020 saya ditelepon dan dijanjikan akan cair dalam 3×24 jam. Namun sampai saat ini tiak ada pergantian yang masuk. Entah ini awal saya harus terbiasa dibohongi oleh SiCepat atau bagaimana.

Jika dihitung waktu kasus awal sudah 25x24jam/ 25 hari ini belum terselesaikan.

Kejadian kedua terjadi lagi pada resi nomor: 000778758958.


Masalah yang Sama. Entah resi ini sudah di-follow up atau belum. Ketika menanyakan pasti disuruh menunggu terus. Pikir saya mungkin nunggu kasus 1 selesai dulu kali ya. Eh ternyata berlanjut!

Kejadian ketiga pada resi nomor: 000779671557, ini puncaknya yang saya bilang paling gila. Barang berat 0.75 Kg bisa terhitung 2.1 Kg di sistem SiCepat.

Jujur hal paling lucu adalah untuk kasus ini Branch DIY tidak mau disalahkan karena semua sistem terpusat di Jakarta. Mereka lebih memilih saling menyalahkan/lepas tangan daripada memberikan solusi untuk customer.

Ini jalan terakhir saya melakukan pengaduan tentang perusahaan SiCepat. Saya sangat yakin banyak seller yang mengalaminya karena apa? Karena CS (Customer Service) sendiri tidak mempunyai akses untuk mengecek langsung berat timbangan asli/hanya screening by angka sistem. Jadi jika seller marketplace menanyakan berat lewat CS Marketplace/CS SiCepat adalah hal yang Percuma pasti mereka akan menjawab  Sudah Sesuai angka sistem jadi harus dibuktikan sendiri.

Semoga kejadian ini bisa terbuka oleh semua seller yang mengalami hal yang sama. Entah harus sabar dan menanti solusi berapa lama lagi sampe kenyang kalau dijanjikan hari akan ditindak lanjuti.

Yopi Akbar Priananda
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat:
[Total:27    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Yopi Akbar Priananda

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Yopi Akbar Priananda dengan judul “https://mediakonsumen.com/2020/09/30/surat-pembaca/buruknya-sistem-timbangan-dan-penyelesaian-masalah-dari-sicepat “ pada 30 September 2020, kami menyampaikan permohonan...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Buruknya Sistem Timbangan dan Penyelesaian Masalah dari SiCepat

  • 2 Oktober 2020 - (02:27 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ngalamin 2x, yg pertama nombok sampai 42rb, setelah komplain dan ngajuin bukti baru beberapa minggu kemudian dibalikin. Yg ke2 lolos dari pantauan, saat cek pejualan ternyata dana kurang, ongkir yg harusnya 1kilo dihitung 2kg, dan krna sudah lama jadi saya biarkan , anggap saja buang sial. Itu 2 kasus pakai sicepat halu tuh, semoga aja selanjutnya gak begitu lagi.

  • 2 Oktober 2020 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Tobat saya ga lagi2 belanja online jasa kirim pakai si cepat,masalah terus kurirnya ga profesional

  • 2 Oktober 2020 - (18:52 WIB)
    Permalink

    semoga ada pembenahan dari sicepàt, jangan ditunda lagi perlu berubah dan investigasi kenapa ada yang suka mainkan berat paket.
    Percuma promosi dan kerjasama besar kalau ternyata meninggalkan noda juga.

    saya seller yang juga mantan korban keanehan timbangan ajaib sicepat, sudah merasakan sangat tidak nyaman jika berurusan dengan kurir ini.

    semoga masalahnya dapat terselesaikan

  • 4 Oktober 2020 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sebelumnya untuk sudah langsung merespon hard complain ini. Case ini semakin terbuka bagi seller. Akhirnya perjalanan hampir sebulan Per 2 oktober kemarin , sudah me refund dana akibat kesalahan sistem timbangan si cepat.

    Saya tau case ini beberapa bagian/divisi pasti saling menyalahkan, yang saya harapkan disini fokus pada solusi permasalahan customer dan lebih jujur. Karena kalau kalian menampilkan hal tersebut didepan customer itu adalah hal yang paling buruk seburuk2nya sebuah perusahaan.

    Semoga kejadian ini tidak terulang.

Tinggalkan Balasan

Buruknya Sistem Timbangan dan Penyelesaian Masalah dari SiCepat

oleh Yopi dibaca dalam: 2 min
6