Tokopedia Tidak Dapat Membuktikan Pelanggaran Syarat dan Ketentuan yang Dituduhkan

Saya memahami bahwa penggunaan kode promo yang sama untuk alamat/email/nomor telepon yang sama tidak diperkenankan di Tokopedia dan hampir semua marketplace untuk menghindari penyalahgunaan. Bahkan alamat yang sama dengan alasan keluarga ataupun teman sekantor juga terkadang tidak bisa diterima. Namun saya sangat menyayangkan jika tidak ada transparansi dengan pembeli ketika suatu order dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan.

Hari ini saya melakukan pembelian di Tokopedia menggunakan promo kartu kredit BCA. Setelah pembayaran saya sukses, ternyata order tersebut dibatalkan dengan alasan melanggar Syarat dan Ketentuan. Jika saya dituduh sebagai tersangka pelanggaran, bukankah saya memiliki hak untuk membela diri?

Namun bagaimana saya bisa membela diri, jika saya bahkan tidak mengetahui pelanggaran apa yang sudah saya lakukan? Karena Tim Tokopedia tidak dapat memberikan keterangan mengenai hal ini. Di rumah saya tidak ada yang memiliki kartu kredit BCA selain saya, akun saya pun cuma 1, lalu siapakah yang dianggap oleh Tokopedia memiliki kesamaan data dengan saya dan mengeksekusi promo yang sama?

Saya memang tidak kehilangan materi dan masih akan menggunakan jasa Tokopedia jika ada penawaran menarik. Saya cukup terbantu dengan adanya marketplace seperti ini. Namun saya cukup lelah dituduh tanpa bukti. Sistem yang digunakan Tokopedia untuk validasi mencegah penyalahgunaan promo tentunya memiliki parameter. Saya berharap parameter ini dikaji ulang supaya lebih tepat sasaran dan tidak mengecewakan pelanggan.

Nur Aida Yulianti
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:10    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Tokopedia Tidak Dapat Membuktikan Pelanggaran Syarat dan Ketentuan yang Dituduhkan

  • 9 Oktober 2020 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Setuju.
    Btw, mungkin KK Anda pernah dipinjam pakai oleh username lain? & mungkin kebetulan user tersebut juga pakai promo tersebut? Eh, tapi kana pasti bakal ada OTP datang yah hehehe.

    Entah lah.

  • 10 Oktober 2020 - (05:43 WIB)
    Permalink

    Intinya Tokopedia juga gk mau rugi kebanyakan Cashback. Itu si sistem AI komputer. Wkwk. Ywdh si belanja biasa aja gk usah pake CB

  • 13 Oktober 2020 - (21:27 WIB)
    Permalink

    Tokopedia rata rata kasih cashbacknya setelah Transaksi belanja atau pembayaran Tagihan di selesaikan, baru terima surat cinta ada pelanggaran.

    Pada saat kita minta bukti pelanggaran. Mereka tidak bisa tunjukin.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Tidak Dapat Membuktikan Pelanggaran Syarat dan Ketentuan yan…

oleh Nur Aida dibaca dalam: 1 min
3