Rekanan Asuransi Bukalapak (Axinan) Menolak Klaim Barang yang Rusak Akibat Pengiriman

Pada tanggal 15 Oktober Mei 2020, saya menjual satu unit Macbook Air 11 Early 2014 di Bukalapak dengan nomor transaksi: 202976855456. Tanggal 16 Oktober 2020, paket diterima oleh pembeli. Akan tetapi, pembeli komplain terhadap paket yang diterima bahwa ada kerusakan layar saat paket dibuka. Maka saya sarankan pembeli untuk mengajukan klaim asuransi ke Axinan, karena sebelum dikirim layar baik-baik saja.

Layar Rusak Tidak Di ganti
Layar rusak akibat pengiriman

Alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui klaim ditolak pihak asuransi karena masalah kemasan. Kemudian saya selaku seller mangajukan banding ke admin Bukalapak dengan melampirkan foto ilustrasi paking yang sudah sesuai standar, terdiri dari: tas laptop yang didalamnya terdapat busa tebal, dus khusus laptop, dan bubble wrap berlapis-lapis.

Kemudian kita tunggu lagi beberapa hari, bukannya kabar gembira yang kita dapat, tetapi keputusan tetap sama ditolak dan alasannya pun diganti lagi “Tidak ada Kerusakan Fisik”. Padahal sudah jelas ada lampiran dari pembeli kerusakan layar begitu besarnya seperti pecah/tertekan.

Di sini terkesan pihak asuransi mencari-cari alasan agar tidak mengganti barang rusak akibat pengiriman, dilihat dari berbedanya alasan yang dikemukakan. Padahal pembeli sudah membayar asuransi dengan harapan kenyamanan dalam bertransaksi.

Selanjutnya saya tidak akan menggunakan Asuransi Axinan Rekanan Bukalapak dan akan menggunakan jasa asuransi ekspedisi saja. Saya sudah ratusan kali mengirim Laptop/Macbook via kargo udara maupun darat dan selalu aman, bisa dilihat dari transaksi sebelumnya.

Terima kasih.

Abdul Rahman Santoso
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi Axinan:
[Total:19    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Abdul Rahman Santoso

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami dapat sampaikan bahwa Bukalapak dan...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Rekanan Asuransi Bukalapak (Axinan) Menolak Klaim Barang yang Rusak Akibat Pengiriman

  • 25 Oktober 2020 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Terimakasih informasinya pak.. ini penting untuk diketahui bersama.
    Semoga Bukalapak merespon positif hal ini.. karena ini merusak nama baik Supplier dan Konsumen.. pastinya akan berimbas pada nama besar Bukalapak yg mulai ditinggalkan satu persatu penggunanya akibat ulah sendiri dalam merespon dan menangani permasalahan dilapangan. Jang dikira satu orang doank dianggap kecil.. ingat, dari satu orang akan melebar terus menerus dari mulut ke mulut dan imbasnya besar.. seperti saya yg baca info ini sudah mulai tidak menggunakan layanan jual beli melalui Bukalapak. Takut kena apes nanti.
    Semoga siapapun yg punya platform sejenis.. mohon suara konsumen diperhatikan dan ditangani dengan serius dan positif. Terimakasih

    • 26 Oktober 2020 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Iya Pak, semoga bisa terdengar oleh pihak atas manajemen Bukalapak dan dapat memberikan solusi atas kejadian ini, sayang jika para seller maupun buyer trauma atas kejadian ini dan akan merugikan bukalapak itu sendiri

  • 1 November 2020 - (03:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga bingung dengan asuransi yg tertempel di Marketplace seperti ini, kalo ada kejadian pasti selalu beralasan..terkesan cuma “memalak” biaya tambahan doang

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Axinan?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Rekanan Asuransi Bukalapak (Axinan) Menolak Klaim Barang yang Rusak Ak…

oleh Abdul Rahman Santoso dibaca dalam: 1 min
3