Tarik Tunai di ATM Link, Saldo Terpotong tapi Uang Tidak Keluar, BNI Belum Kembalikan Dana

Saya nasabah BNI Cabang Bekasi. Tanggal 20 Oktober 2020 sekitar pukul 15.00 WIB saya melakukan transaksi tarik tunai di ATM Link sebesar Rp2.000.000. Saya melakukan transaksi tarik tunai langsung Rp2.000.000 karena mesin ATM pecahan Rp100.000 dan ketika saya tarik tunai, mesin ATM bunyi-bunyi seperti menghitung uang. Setelah saya tunggu sampai 5 menit, yang keluar hanya struk, tapi uangnya tidak keluar. Detik itu juga langsung saya telepon BNI call center (melihat nomor di belakang ATM) dan langsung dapat nomor pelaporan: 12284429553, tetapi CS hanya info menunggu 14 hari untuk investigasi.

Selang 10 hari kemudian, saya telepon BNI call center untuk menanyakan proses laporan saya. CS hanya meminta saya sabar karena masih proses investigasi dan jatuh tempo investigasi tanggal 30 Oktober 2020. Kebetulan di tanggal 28, 29, 30 cuti bersama, saya push terus BNI call center dengan telepon kembali di tanggal 28 Oktober 2020 pukul 10.00. Akan tetapi hasil yang saya terima tidak sesuai dengan harapan saya. CS BNI mengatakan kalau transaksi normal dan uang keluar, mungkin bapak pas meninggalkan ATM, uangnya keluar.

Saya tidak terima dan ini menurut saya mengada-mengada dan dibuat-buat. Alasannya tidak masuk akal. Saya info ke CS BNI, waktu transaksi tunai itu ATM saya tungguin sekitar 10 menit dan ATM sempat saya tendang karena emosi uang Rp2.000.000 tidak keluar. Saya minta ke CS juga jika memang uang itu keluar tolong dibuktikan dengan rekaman CCTV yang ada di ATM. CS hanya bilang “Silahkan bapak datang ke BNI terdekat untuk mengajukan banding”.

Tepat tanggal 2 November 2020 saya ambil cuti untuk mengurus kasus ini. Saya banding ke BNI Cabang Harapan Indah, dengan menghabiskan waktu antri dari pukul 7 pagi, sampai akhirnya pukul 12.30 baru dilayani, karena nasabah menumpuk. Entah bagaimana bisa seperti itu di situasi pandemi.

Saya datang dan mengajukan banding atas laporan saya sebelumnya. CS di bank ramah dan mempersilahkan saya membuat surat kronologi kejadian. Saya tulis dan tanda tangan di atas meterai 6000 dan sudah dapat nomor Registrasi: 2020/2-00001172196. Namun lagi-lagi harus menunggu 14 hari kerja.

Ini membuat saya kecewa terhadap BNI, yang notabene bank besar BUMN, bisa selambat itu menangani masalah nasabah. Uang 2 juta itu sangat besar buat saya sebagai karyawan, kenapa harus menunggu selama itu? Saya harap pihak BNI bisa menjawab permasalahan saya ini. Jika memang transaksi normal seperti yang disebutkan, tolong buktikan kepada saya dengan menampilkan rekaman CCTV di ATM dan record transaksi di ATM tersebut. Apakah uang fisik yang keluar sesuai dengan saldo nasabah yang terpotong? Apakah sudah sinkron? Jangan hanya memberikan alasan yang tidak ada bukti.

Untuk kasus ini, sampai ke mana pun akan saya hadapi, karena itu adalah hak saya dan uang saya yang sampai sekarang belum tahu kejelasannya. Mohon kepada pihak BNI yang membaca media ini tolong berikan ke saya solusi.

Subur Banjar Nahor
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:19    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Tarik Tunai di ATM Link, Saldo Terpotong tapi Uang Tidak Keluar, BNI Belum Kembalikan Dana

  • 4 November 2020 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg sama debit bca tarik tunai di bni logo link tp sy nunggu 2 minggu kelar.. biasanya klo kita tarik tunai di atm pada saat2 minggu2 gajian pasti ada kendala diatm karna banyak yg menggunakan., semenjak kejadian serupa sy pakai cardless dan kapok pake beda bank buat tarik tunai, semoga urusanya cepat selesai karna bukan kelalaian atau skimming kejadianya.

    • 4 November 2020 - (17:19 WIB)
      Permalink

      atm link logo BTN gan, saya berpikir waktu itu klo sudah ditelp ke CS BNI berarti ada jaminan gan uang cepat kembali krna dimasa pandemi ini klo ke bank harus antri juga pagi2..itulah gan pengalaman yg buruk ini jadi pelajaran..

  • 4 November 2020 - (14:01 WIB)
    Permalink

    ihh paling anti pake ATM model kaya gitu dah, serem..mending lgsg di atm bank ybs klo saya.
    ogah pake atm2 link2 atau kerjasama2 begitu, peluang “nyantol” nya besar. Repot ngurusnya

    1
    1
  • 4 November 2020 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Apakah itu ATM link BNI sendiri atau bank BUMN lain ?
    Kejadian seperti itu bisa saja terjadi, bisa saja saat menghitung uang tiba2 uangnya habis atau tiba2 jaringan nya yg down.
    Emng ribet ngurus hal yg beginian.
    Hrsnya stlh telp ke 1500046 hari kerja berikutnya langsung ke cabang jadi nggak 2x nunggu @14hari kerja.
    Tp kalo benar kronologinya spt itu biasanya uang kembali walau sangat lama sekali….

  • 4 November 2020 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saat teman saya mau tarik tunai di atm di itc cempaka mas .belum juga masukin kartu atm tiba2 mesin berbunyi dan mengeluarkan uang 700 ribu rupiah.entah uang siapa kok tiba2 mesin atm keluar uang sendiri

    • 4 November 2020 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Yang bener? ATM bank apa & tepatnya di mana posisinya? Bakal saya jagain di situ tuh hahaha.

      Jangan2 itu ATM generasi terbaru, sudah langsung konek ke HP ataupun pikiran yang mau narik duit, jadi dari jarak jauh sudah bisa transaksi.
      Atau yah berarti seperti di film2, ada hacker yang iseng.

      • 4 November 2020 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Mungkin berkaitan dengan kasus di atas.tarik tunai di mesin atm uang tidak keluar setelah beberapa lama baru uang itu keluar dan bisa saja orang lain yg menemukan nya.entah krn gangguan koneksi nya atau memang mesin atm nya yg error.boleh percaya atau tidak tapi itu benar2 terjadi

  • 16 November 2020 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Kejadian nya sama kaya saya … Tapi itu posisi atm nya offline duit ga kluar saldo terpotong .dan ambil di atm link BTN suruh tunggu 14 hari kerja .kira2 klo ATM offline duit bner ga kluar kan .jdi jatuh jua duit riject

  • 16 November 2021 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Sama kejadiannya hari Ini saya Tarik Tunai dengan ATM Link BII memakai Kartu Maybank
    Apakah karena Systemnya yang Error. Semoga Solusinya cepat

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Tarik Tunai di ATM Link, Saldo Terpotong tapi Uang Tidak Keluar, BNI B…

oleh subur marbun dibaca dalam: 2 menit
12