Kecewa dengan Denda Keterlambatan Pembayaran Kartu Kredit CIMB Niaga

Dear PT CIMB Niaga (khususnya bagian Credit Card),

Saya adalah pengguna Credit Card CIMB Niaga yang amat sangat kecewa dengan kebijakan yang sudah kalian buat. Semua berawal dari slip tagihan bulanan (bulan Oktober) Credit Card CIMB Niaga saya, yang tiba-tiba ada penambahan tagihan sebesar Rp75.000 dengan deskripsi “Late Payment Charges“.

Bukti Pembayaran Tagihan September tgl 14 Oktober 2020.

Haloo… Tagihan CC September saya jatuh tempo di tanggal 14 Oktober, dan saya membayarkannya pada tanggal 14 Oktober 2020 pukul 17:04. Namun keesokan harinya saya cek melalui Octoclicks ada penambahan Rp75.000 itu. Sontak saya kecewa sekali.

Pada tanggal 19 Oktober 2020 saya telepon Call Center CC CIMB Niaga, dan mbaknya bilang denda keterlambatan karena saya membayar lewat jam operasional kerja. Saya malah baru tahu kalau begini peraturannya, sebelumnya bayar pukul 11 malam juga gak masalah asal belum lewat tanggal jatuh tempo.

Saya minta dihapuskan denda tsb dengan nomor pelaporan “CzBCWF191020001239”. Saya diminta menunggu 2-3 hari kerja. Namun setelah lewat dari 3 hari, tak ada notifikasi pengajuan saya diterima. Saya telepon kembali Call Center CIMB Niaga pada 27 Oktober 2020 dan CS-nya bilang pengajuan saya ditolak dan saya tetap harus membayarkannya

Di situ saya sempat emosi dan saya lalu dibuatkan pengajuan penghapusan denda lagi dengan Nomor Pelaporan: CBCWF271020002014. Hingga hari ini tanggal 05 November 2020 belum ada tanda-tanda pengajuan saya diterima. Saya sangat kecewa dengan CIMB Niaga, di masa sulit pandemi seperti sekarang ini sama sekali tidak ada kebijakan kalian yang bisa membantu nasabah.

Saya sudah 5 tahun lebih menjadi nasabah aktif CIMB Niaga. Debit Card dan Credit Card CIMB Niaga yang saya gunakan sehari-hari. Bukan hanya perkara uang Rp75.000,- tapi history saya jadi jelek karena kalian buat telat bayar tagihan. Padahal sekalipun saya tidak pernah telat bayar dan menunggak tagihan. Ini bukan kesalahan saya, tapi kalian memaksa meminta saya membayar denda. Untuk menelpon Call Centre saja biaya yang saya keluarkan sudah hampir sama dengan DENDA yang dibebankan ke saya, tapi saya gak masalah selama denda itu dihapuskan karena saya tidak TELAT BAYAR.

Di bank lain, saya mengajukan Penghapusan Iuran Tahunan CC saya malah langsung di-approve di bulan ini (dengan nominal lebih besar dari Rp75.000). Kecewa sekali saya, rasa tak percaya pengajuan saya ditolak lagi padahal jelas saya TIDAK TELAT BAYAR. Mulai dari ini saya akan mengumpulkan uang saya untuk melunasi cicilan saya di Bank CIMB Niaga. dan kemudian menutup CREDIT CARD NIAGA saya sebelum datang tahun 2021.

Terima kasih sudah membuat kecewa NASABAH AKTIF. Salam.

Annisa Rizki M. Hrp
Deli Serdang, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai CIMB Niaga:
[Total:27    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Annisa Rizki

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Annisa Rizki M. Hrp yang berjudul “Kecewa dengan Denda Keterlambatan Pembayaran Kartu Kredit CIMB...
Baca Selengkapnya

Loading...

20 komentar untuk “Kecewa dengan Denda Keterlambatan Pembayaran Kartu Kredit CIMB Niaga

    • 5 November 2020 - (22:31 WIB)
      Permalink

      Namanya juga pembayaran via menu pembayaran, beda bank penerbit dan rekening yang digunakan pula. Biasanya akan memakan waktu 2-3 hari kerja. Hari kerja ya, bukan hari kalender. Berbeda.

      Bayarnya di hari Jatuh Tempo pula. Kalau bisa seminggu sebelum jatuh tempo harus sudah bayar. Kalo bisa malah setelah cetak Bill langsung bayar aja minimal bayar jumlah minimal dulu. Kalo bisa lebih.

      7
      1
      • 6 November 2020 - (09:45 WIB)
        Permalink

        Saya tau dan sy tdk perlu jelaskan kpd ANDA knp sy harus bayar di hari jatuh tempo dan via klikBCA dgn menu transfer. Pihak terkait jg sdh telp saya pagi ini.

        1
        5
      • 6 November 2020 - (09:49 WIB)
        Permalink

        sy tdk perlu jelaskan kpd ANDA knp sy harus bayar di hari jatuh tempo kan? Pihak terkait jg sdh telp saya pagi ini.

        1
        5
      • 6 November 2020 - (11:58 WIB)
        Permalink

        Terimakasih Kepada PT. BANK CIMB NIAGA yang sdh cepat menanggapi dan merespon Keluhan saya ini. Keluhan telah diselesaikan dgn sangat baik. Dan denda yg dimaksud juga sudah dihapuskan. Masalah selesai disini. Mohon untuk pembaca lainnya untuk tidak lagi berkomentar menyalahkan siapapun. Case Selesai.

    • 6 November 2020 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Thanks sdh direspon. sy sdh terima telpon dr CIMB Niaga saat ini. setidaknya lega sy sdh tersampaikan unek2 sy. thanks

  • 5 November 2020 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Bos lain kali kalau bayar kartu kredit, pakai menu transfer jangan pakai menu pembayaran.
    Kalau pakai menu transfer, langsung masuk saat itu juga.
    Tapi kalau pakai menu “bayar” masuk 2-3hari kerja.
    Untuk kasus ini bos bayarnya pakai bank bca menu m-payment itu ya masuknya 2-3 hari kerja.
    Coba kemarin pakai menu m-transfer pasti lgsg masuk.

    10
    • 5 November 2020 - (19:51 WIB)
      Permalink

      Betul bang @Rizki apa yg dibilang oleh bro Jeko dan bro Samuel. Lain kali gunakan menu Transfer. Karena transaksinya sudah berbeda bank , BCA ke CIMB. Dan itu sifatnya real time, saat itu juga dana langsung masuk ke CIMB nya.

      1
      1
      • 6 November 2020 - (00:00 WIB)
        Permalink

        Setuju dgn komentar sebelum-sebelumnya. Justru yg aneh, mengaku pengguna debit card cimb niaga dan octo clicks juga tapi kenapa bayarnya pake Mobile BCA?. Mengaku nasabah aktif dan tahu history kredit, tp kenapa bayarnya tunggu tgl jatuh tempo dan pake metode pembayaran yg sudah pasti hanya akan diproses di hari kerja?.

        3
        1
        • 6 November 2020 - (09:42 WIB)
          Permalink

          kalo tidak tau detailnya lebih baik diam gausah comment menyudutkan bro. sy udh 5tahun pake ini dah sllu byr dari niaga. kebetulan di hari itu sedang ada mslh knp sy tdk bs bayar pake octoclicks saya. pihak cimn niaga jg sdh telp sy.

          1
          3
      • 6 November 2020 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Saya tau dan sy tdk perlu jelaskan kpd ANDA knp sy harus bayar di hari jatuh tempo dan via klikBCA. Pihak terkait jg sdh telp saya pagi ini.

        1
        4
    • 6 November 2020 - (09:44 WIB)
      Permalink

      Saya tau dan sy tdk perlu jelaskan kpd ANDA knp sy harus bayar di hari jatuh tempo dan via klikBCA. Pihak terkait jg sdh telp saya pagi ini.

      1
      3
  • 5 November 2020 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Bayar KK pake menu “Payment” alias “Pembayaran” dari bank lain (berbeda merk dengan merk KK) itu TIDAK REALTIME masuk ke bank penerbit KK yang dituju.
    Sehingga *paling cepat* masuknya (diterima) oleh bank tujuan adalah hari kerja berikutnya. Itu pun *paling cepat.* Bisa jadi malah makan 2 hari kerja atau lebih.

    Kalau mau realtime nyampe nya, pake menu “Transfer.”
    Tapi jangan lupa, kadang bisa aja ada error yang bikin terlambat masuk. Namanya juga sistem buatan orang. Jantung/paru2 buatan sang Ilahi aja bisa gagal/error, apalagi sistem perbankan.
    Paling bagus/aman yah maksimal sehari sebelum tanggalnya.

    Lagian di lembar tagihan juga sudah ditulis:
    “Tanggal Jatuh Tempo yang tercantum pada lembar tagihan ini merupakan tanggal terakhir anda melakukan pembayaran. Lakukan pembayaran sebelum tanggal tersebut untuk menjaga kelancaran transaksi anda dan terhindar dari pengenaan biaya keterlambatan.”

    Btw, memang CS-nya salah ngomong.
    Seharusnya bukan masalah di luar jam operasional, tapi “diterima masuk ke bank nya yang sudah melewati tanggal jatuh tempo.”

    Setahu saya, mau pake KK dari bank mana pun, kalau kondisinya seperti kejadian di surat ini, ya pasti bakalan kena late payment charge.

    3
    1
    • 6 November 2020 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Saya juga tau ada proses kliring. tp yg sy kesalkan. bukan itu yg CS jawab. dan agar anda tau saja. bahwa di tanggal 14 okt malam late payment itu sdh masuk pdhl belum berlalu hari. pihak terkait sdh hubungi sy.

      1
      1
    • 6 November 2020 - (10:01 WIB)
      Permalink

      sebelum membayar dengan menu transfer dgn KlikBCA juga sdh sy pikirkan semuanya mas. hanya memang ada info kurang detail yg sy buat disurat sy. Pihak terkait sdh menghubungi sy. setidaknya mereka sdh tau unek2 sy.

      1
      1
  • 5 November 2020 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Next time bayarnya Via Transfer, kalo gamau kena Biaya transfer cba pake Dana biar transfer antar bank gratis, soal denda coba minta ke cs buat penghapusan, kalo gabisa ya udah resiko dikenakan denda.. karna di billing statement disarankan bayar CC H-3 sblm jatuh tempo..

  • 6 November 2020 - (03:55 WIB)
    Permalink

    Nah, ini baru namanya OK.
    “mulai skrg saya akan mengumpulkan uang , melunasi, dan menutup kartu.”

    Kita tidak bisa mengatur sistem bank, tapi kita bisa memilih bank mana yg akan dipakai buat naruh uang kita. Tutup kartu, pilih bank lain. Beres.

    Ngga kayak yg lain, dikit2 mau lapor ojeka lah mau bawa polisi lah. Belagak melek hukum dan punya duit aja wkwk

    • 6 November 2020 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Nah ini bagus commentnya. thanks bro. ga seperti yg lain. menyudutkan. bukan bertanya dl sebelum comment, dan comment sesukanya. disini sy juga tdk minta dicomment, ini unek2 sy yg sy harap bisa tersampaikan ke pihak terkait . dan alhamdulillah sdh ditelpon sy pagi ini. setidaknya pihak terkait baca dan tau aja isi hati sy.

      1
      2
  • 6 November 2020 - (19:49 WIB)
    Permalink

    waaa untung udah selesai ya, jadi tau besok2 jangan bayar telat di luar jam op

  • 7 November 2020 - (01:13 WIB)
    Permalink

    Menarik, tapi hal seperti ini memang sering terjadi di dunia kartu kredit kalau pembayaran sukanya mepet di tanggal terakhir.
    Terlepas dari ini, tidak ada korelasinya antara penghapusan iuran tahunan dan penghapusan denda. Iuran tahunan tidak sama dengan denda, maka tidak bisa disamakan analoginya. Mudah untuk menghapus iuran tahunan asal kita aktif pakai kartunya. Berbeda ceritanya kalau penghapusan denda, karena nasabah dianggap sudah wanprestasi jika memang muncul denda.

    Diambil saja pelajaran dari case ini, pembayaran diusahakan utk tidak mepet di hari terakhir.

 Apa Komentar Anda mengenai CIMB Niaga?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Denda Keterlambatan Pembayaran Kartu Kredit CIMB Niaga

oleh Annisa Rizki Meiriza Harahap dibaca dalam: 2 min
20