Tokopedia Terkesan Berbelit-belit dan Mempersulit Proses Refund Dana

Pada tanggal 04 November 2020 pukul 10.27, saya melakukan pembayaran tagihan Telkom sebesar Rp678.539 via Tokopedia melalui rekening virtual account Mandiri. Setelah saya transfer, status pembayaran berhasil, tetapi pihak Tokopedia melakukan pembatalan sepihak. Sedangkan uang saya sudah didebit melalui internet banking. Pada hari yang sama, saya melakukan komplain ke CS Tokopedia dengan melampirkan bukti transfer, bukti invoice yang dibatalkan.

Pihak Tokopedia memberikan informasi kalau transaksi yang sudah dibayarkan akan dikembalikan dananya ke saldo refund Tokopedia saya, mohon menunggu maksimal H+1 hari kerja pada tanggal 05 November 2020 pukul 23.59 WIB. Saya menunggu dan mengikuti sesuai dengan prosedur Tokopedia. Pada tanggal 06 November 2020 pukul 01.00 saldo refund akun Tokopedia saya tidak bertambah. Saya melakukan komplain ulang ke CS Tokopedia.

Pihak Tokopedia memberikan informasi lagi saya harus menunggu lagi H+3 hari kerja pada tanggal 10 November 2020 pukul 23.59 WIB, dengan alasan dana belum diterima oleh pihak Tokopedia dari pihak Bank Mandiri. Padahal saya sudah menyampaikan dan melampirkan bukti transfer dan buku tabungan ke pihak Tokopedia, kalau transaksi saya berhasil dikarenakan saya sudah konfirmasi ke pihak Bank Mandiri terdekat untuk cross check, apakah terjadi tolakan/pending transaksi.

Saya merasa ditipu karena CS Tokopedia tidak memberikan kepastian, terkesan berbelit-belit, dan tidak konsisten dalam memberikan info pelayanan. Mau melakukan refund dana saya, kenapa dipersulit?? Refund dilakukan by sistem, harusnya pada saat transaksi dibatalkan sepihak oleh Tokopedia maka saldo saya otomatis akan kembali ke rekening atau ke akun Tokopedia saya. Tapi sampai saat ini saya tidak ada kepastian. Mohon komplain saya ditanggapi dan diberikan solusi, serta uang saya dikembalikan. Terima kasih.

Fitria Ayuningtyas
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:20    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

10 komentar untuk “Tokopedia Terkesan Berbelit-belit dan Mempersulit Proses Refund Dana

  • 7 November 2020 - (10:11 WIB)
    Permalink

    @Fitri Tyas

    Saya menaruh kecurigaan pada anda. Anda membayar tagihan telkom tapi lewat Tokopedia.

    Pasti ada udang dibalik batu. Pasti anda mau ambil keuntungan dari Transaksi itu. Mau ambil untung malah repot sendiri.

    2
    8
        • 7 November 2020 - (19:58 WIB)
          Permalink

          Terima kasih atas pemikiran anda tentang saya. Saya sama sekali tidak mengambil keuntungan apapun dan saya melakukan pembayaran sesuai dengan billing tagihan yg terbit tanpa mengambil keuntungan sama sekali. Bisa saya buktikan dengan invoice yg terbitkan. Lebih bijak dalam berkomentar.

    • 7 November 2020 - (19:59 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas pemikiran anda tentang saya. Saya sama sekali tidak mengambil keuntungan apapun dan saya melakukan pembayaran sesuai dengan billing tagihan yg terbit tanpa mengambil keuntungan sama sekali. Bisa saya buktikan dengan invoice yg terbitkan. Lebih bijak dalam berkomentar.

    • 7 November 2020 - (21:18 WIB)
      Permalink

      Apa salahnya membayar tagihan telkom via tokopedia, apakah hal tersebut melanggar hukum? kan tidak. Memang tokopedia ada kasih promo yang bisa dinikmati semua pengguna. jadi sah-sah aja pengguna mau bayar via e-commerce apapun baik melewati tokped, bl, shopee atau lainnya. asal pengguna tidak melanggar s&k promo e-commerce tersebut.

      5
      2
  • 7 November 2020 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Yang jadi pertanyaan, kenapa @Tokppedia membatalkan? Diduga, sistem Tokopedia menemukan “kecurangan” dalam transaksi pembayaran tagihan Telkom tersebut?

    Karena, Tokopedia tidak pernah membatalkan sebuah transaksi kecuali pelanggan sendiri yang membatalkan atau pembayaran gagal oleh sistem tata Tokopedia. Jika pembayaran gagal karena sistem Tokopedia, dana langsung di refund dalam beberapa menit dan tidak perlu menghubungi CS.

    Kasus seperti di atas belum pernah terjadi. Adapun gagal bayar oleh Tokopedia pernah terjadi tapi dana langsung dikembalikan ke saldo Tokopedia dalam beberapa menit. Kemudian saldo bisa langsung ditarik ke rekening bank.

    Ada apa dengan transaksi pembayaran tagihan Telkom tersebut? Hanya Tokopedia yang tahu!

  • 9 November 2020 - (10:55 WIB)
    Permalink

    @Fitri Tyas

    Jangan membohongi diri sendiri. Semua juga sudah tahu, tanpa Tokopedia anda tetap bisa langsung bayar tagihan Telkom.

    Coba liat lagi di foto yang anda tampilkan itu.

    Disitu ada stabilo kuning, menampilkan transaksi yang gagal, namun di bawahnya (transaksi selanjutnya) anda lipat kertasnya dan anda rahasiakan.

    Yang anda rahasiakan itu tentunya transaksi yang berhasil ketika anda membayar telkom tanpa melewati Tokopedia. Bisa kan. Sukses juga kan.

    Anda rela repot, bertransaksi melewati Tokopedia demi mencari untung. Untung untungan model seperti anda itu memang beresiko. Kalau gak dapat untung ya dapatnya resiko.

    Terima saja resikonya.

    • 9 November 2020 - (11:57 WIB)
      Permalink

      Berpikir positif jangan suka nambah dosa dengan tuduhan spt itu.penulis ingin jawaban dari pihak tokopedia

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Terkesan Berbelit-belit dan Mempersulit Proses Refund Dana

oleh Fitri Tyas dibaca dalam: 1 min
10