CS Dana Ramah “Pakai Template” tapi Tidak Memberikan Solusi

Saya pengguna Dana sejak 2019 dan pada 13 Oktober lalu saya mendaftar Dana Bisnis. Sebenarnya saya punya 3 masalah dengan Dana, meliputi:

  1. Sulitnya registrasi Dana Bisnis untuk toko online penjual produk digital.
  2. Transaksi QRIS sudah dikonfirmasi sukses tapi tidak masuk di akun Dana saya.
  3. Tidak bisa tarik saldo Dana Bisnis pada pukul 00.00-05.59 WIB.

1. Sulitnya registrasi Dana Bisnis untuk toko online penjual produk digital.

Saya mengajukan registrasi Dana Bisnis sejak 3 Oktober 2020. Saya masih ingat di awal pendaftaran ada form “Business Type”, opsinya online dan offline. Saya pilih online dan untuk foto saya gunakan foto saya memegang ponsel yang sedang membuka aplikasi saya, karena saya menjual produk digital seperti: pulsa, paket data, voucher game, dsb, tetapi saya tidak mempunyai konter atau toko fisik, saya menjualnya di aplikasi saya sendiri: https://pay.tokomini.net. Akhirnya, ditolak dengan alasan foto tidak sesuai, pihak Dana meminta foto produk fisik. Saya coba menghubungi pihak Dana melalui Whatsapp: +6281911500445 dan menjelaskan yang saya jual adalah produk digital dan saya tidak punya toko fisik, tetapi mereka tetap meminta foto produk fisik atau alternatifnya membuat spanduk toko fisik.

Masalah ini sudah selesai, akun bisnis saya diterima tanggal 13 Oktober 2020. Untung saja, saat itu saya mempunyai beberapa kartu perdana yang bisa saya jadikan “produk fisik” saya.

Mungkin itu sudah regulasi wajib dari Dana, harus ada produk fisik. Jadi untuk ini saya hanya memberi saran supaya pihak Dana bisa memberikan alternatif lain kepada penjual jasa/produk digital yang tidak punya produk fisik untuk bisa verifikasi Dana Bisnis.

2. Transaksi QRIS sudah dikonfirmasi sukses tetapi tidak masuk ke akun Dana (Tiket #760229 dan #758780).

Pada tanggal 3 November lalu, pelanggan saya membayar QRIS Dana melalui Jenius. Status di Jenius sudah sukses dan pihak Jenius (melalui tiket email) juga mengkonfirmasi telah berhasil. Akan tetapi, hingga sekarang (10/11) belum masuk ke Akun Dana saya dan tidak juga direfund ke akun Jenius. Di tanggal yang sama (03/10) saya juga mencoba bayar QRIS pakai Jenius, kali ini pakai akun Jenius saya sendiri, ternyata juga tidak masuk. Saya kira ini masalah di sistem Jenius. Tetapi, setalah saya hubungi pihak Jenius, lagi-lagi pihak Jenius mengkonfirmasi transaksi sudah berhasil dan meminta untuk menghubungi pihak Dana.

Saya coba menghubungi pihak Dana dengan tiket #760229 (untuk pengirim: akun jenius pembeli) dan #758780 (untuk pengirim: akun jenius saya). Responnya berbeda, tiket #758780 masih diproses, tapi balasan terakhir pihak Dana meminta screenshot akun Jenius saya. Sudah saya kirim datanya, tetapi hingga saat ini belum ada tindak lanjut.

Tiket #758780

Sedangkan tiket #758780, pihak Dana meminta saya menghubungi Jenius untuk melakukan charge back agar dapat dilakukan proses refund.

Tiket #760229

Oke untuk kasus kedua ini, saya tidak tahu pasti di mana masalahnya, bisa jadi di sistem Dana, bisa jadi juga di Jenius, atau di QRIS. Saat tulisan ini dibuat (10/11), kasus ini masih diproses.

Kasus nomor 1 dan 2 saya anggap itu masih dalam batas wajar dan bisa ditoleransi.

3. Tidak bisa tarik saldo Dana Bisnis pada pukul 00.00-05.59 WIB (Tiket #742636).

Kasus nomor 3 ini saya buat tiket pertama (#671347) pada tanggal 22 Oktober 2020, katanya penyebab saya tidak bisa tarik saldo Dana Bisnis di jam tersebut yaitu karena akun saya belum terverifikasi sepenuhnya. Lalu, saya diminta mengisi formulir ini: https://merchantverification.typeform.com/to/VFffqp6n. Selanjutnya menunggu sampai ada notifikasi “yang menunjukan formulir saya diverifikasi” di aplikasi Dana. Singkat cerita, saya menerima notifikasi tersebut tidak sampai 7 hari setelah saya mengisi formulir tersebut, tetapi saya tetap tidak bisa tarik saldo Dana Bisnis pada jam yang saya sebutkan di atas.

Pada tanggal 3 November, saya membuat tiket baru #742636, dan di sinilah kasus yang paling menjengkelkan sesuai judul tulisan ini terjadi. Bukan karena saya tidak bisa tarik saldo di pagi buta, tetapi karena respon customer service Dana yang bisa teman-teman lihat sendiri di gambar berikut (baca email dari kiri bawah ke kanan atas).

Email Lucu

Di email tiket ini saya sudah menjelaskan 4x bahwa saya tidak bisa tarik saldo Dana Bisnis sebelum pukul 06.00 WIB (termasuk penjelasan awal yang paling detail dilengkapi bukti screenshot atau kode error: 8002003). Mohon maaf, mungkin saya tidak sopan di dua email saya yang terakhir, karena saya pikir penjelasan baik-baik saya di dua email sebelumnya tidak bisa ditangkap inti masalahnya. Jadi, saya coba nyalakan capslock tetapi hasilnya sama saja. Bahkan di penjelasan ke-3 (cek email yang tengah), saya lampirkan ilustrasi seperti berikut.

Akan tetapi, tetap saja mereka menjawab dengan template yang sama, cuma dimodifikasi sedikit.

Kenapa saya ngotot mempermasalahkan saya tidak bisa tarik dana pada pukul 00.00-05.59 WIB?

Karena di chat sebelumnya melalui Whatsapp, kata customer service Dana: tidak ada kendala penarikan dana bisnis di jam yang saya sebutkan.

Meskipun teman saya (yang juga pengguna Dana Bisnis) mengatakan dia juga tidak bisa tarik dana di jam tersebut.

Maka dari itu, mohon pihak dana untuk memberi kepastian apakah memang ada pembatasan / penonaktifan tarik saldo Dana Bisnis pada (sekitar) pukul 00.00-05.59 WIB?

Jika memang ada, cukup jawab “Ya, ada”, tidak perlu terlalu ramah. Bagi saya, menjawab singkat, padat dan jelas itu adalah ramah, daripada panjang lebar tapi tidak memberikan solusi.

Jika tidak ada pembatasan tarik dana di jam yang saya sebutkan atau tertentu, ya mohon diinvestigasi kasus saya ini, dicari di mana masalahnya.  Padahal saya sudah reinstall dana, restart hp, ganti provider dan pakai aplikasi versi terbaru (saat ini: 1.23.1).

Sekian, terima kasih.

Rizqi
Kebumen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:3    Rata-Rata: 3.7/5]
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Rizki

Kepada Yth. Bapak Rizki Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Rizki di Media Konsumen, “CS Dana Ramah “Pakai Template”...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “CS Dana Ramah “Pakai Template” tapi Tidak Memberikan Solusi

    • 10 November 2020 - (15:31 WIB)
      Permalink

      Update Kasus Nomor 3:
      Tiket #758780 sudah selesai. Pihak Dana memasukan transaksi ke saldo Dana Bisnis saya pada 10 November 2020 12:22 WIB. Sayangnya, itu tidak dimasukan ke riwayat transaksi, saya tidak tahu alasannya apa. Tetapi, terima kasih sudah merespon dan melakukan tindakan segera setelah tulisan ini dibuat.

      Berikut email dari Dana untuk tiket #758780: https://imgur.com/a/yKUatMW

      • 10 November 2020 - (15:32 WIB)
        Permalink

        Ralat, maksud saya: Update Kasus Nomor 2:
        Tiket #758780 sudah selesai. Pihak Dana memasukan transaksi ke saldo Dana Bisnis saya pada 10 November 2020 12:22 WIB. Sayangnya, itu tidak dimasukan ke riwayat transaksi, saya tidak tahu alasannya. Tetapi, terimakasih sudah merespon dan melakukan tindakan segera setelah tulisan ini dibuat.

        Berikut email dari Dana untuk tiket #758780: https://imgur.com/a/yKUatMW

    • 10 November 2020 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Kasus Nomor 3 Solved. Kata CS dana lewat telepon: memang ada pembatasan penarikan saldo di pukul 00.00-05.59 WIB.

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

CS Dana Ramah “Pakai Template” tapi Tidak Memberikan Solus…

oleh Rizqi dibaca dalam: 3 menit
5