MNC Sekarang Sama Sekali Tidak Peduli Dengan Customer

Saya pelanggan MNC dengan nomor pelanggaan 1000057545 untuk ke-3 kalinya saya ingin menyampaikan keluhan terhadap pelayanan dan kualitas MNC Play. Dalam keluhan kali ini bisa saya katakan pihak MNC benar-benar sudah keterlaluan.

Kejadian dimulai tanggal 3 November 2020 sekitar pkl 14.00, tiba-tiba koneksi internet mati dan ternyata “Los”(lampu berkedip mearah pada peralatan ONT/router). Kalau sudah ‘Los’ seperti ini, itu berarti perlu segera ditangani oleh teknisi karena ini masalah teknis yang biasanya berhubungan dengan kabel yang putus. Saya menghubungi Customer Care MNC sekitar pkl 14.30 dan akhirnya saya harus menunggu esok harinya sekitar pkl 11.00 siang baru diperbaiki dan memang benar ada kabel yang putus. Kalau dihitung, artinya saat itu hampir 24 jam kita tidak ada jaringan Wifi dan tidak bisa menonton TV.

Sekitar 2,5 hari kemudian setelah diperbaiki (hari Sabtu, di kisaran jam yang hampir sama yaitu pkl 13.45) – tidak ada yang menyentuh atau bahkan menyenggol kabel, “Los” terjadi lagi. Karena beberapa kegiatan saya tidak melihat ke arah router dan saya kira hanya putus biasa yang saya perkirakan akan terhubung lagi sekitar 1 atau 2 jam. Saya kaget setelah melihat ke router yang berkedih merah. Akhirnya saya baru bisa menghubungi Customer Care MNC sekitar pukul 14.45. Dari pihak cs mengatakan bahwa bisa diperbaiki dalam kurun waktu maksimum 2×24 jam.

Jadi bayangnkan saja, kita harus menunggu mulai hari Sabtu (pkl 13.45) sampai Senin. Ini menjadi weekend yang amat sangat menyebalkan bagi orang seperti saya yang lebih banyak meluangkan waktu di rumah untuk bermain game Online misalnya dan juga anggota keluarga yang lain tidak bisa menonton acara TV favorit mereka. Kalau dihitung 2x 24 jam sejak pelaporan hari Sabtu, seharusnya teknisi datang setidaknya seperti Los pertama kali, bukan? (sekitar pkl. 10.30 – 11.00). Tapi kali ini tidak…

Saya akhirnya telpon ke Customer Care MNC lagi (Hari Senin Tanggal 9 November 2020 sekitar pkl 11.30), dan kali ini saya sangat marah dan membentaknya. Kalau saya tidak salah cs yang pertama bernama Krisda. Yang membuat saya semakin emosi adalah, setelah mbak Krisda saya marah-marahi, dia hanya bisa berkata “oke pak, kami akan bantu eskalasi…” apa maksudnya ini? Padahal hari Sabtu kemarin saya sudah meminta untuk dipercepat penanganannya, tapi setelah customer marah baru mengatakan untuk dibantu untuk dipercepat dan itupun setelah mendekati 2×24 jam seperti janji pertamanya. Akhirnya saya meng-ultimatum MNC seperti ini: “apabila teknisi tidak tiba dalam waktu 1 jam saya minta free 2 bulan berlangganan.”

Satu jam berlalu dan bahkan saya tambah 5 menit lagi, tidak ada seorang teknisi MNC yang datang. Kemudian saya inisiatif untuk telpon ke Customer Care MNC lagi (pkl 12.35). Kali ini saya ditangani oleh cs bernama Fani. Di sinilah saya benar-benar marah besar, bahkan jujur saya maki-maki dia. Kenapa? Karena sangat jengkelnya, saya meminta si Fani ini untuk menghubungkan saya ke manager/personal in charge yang bertugas atau punya kuasa untuk memberikan kompensasi. Tapi dia hanya bisa mengatakan kata-kata yang diulang-ulang seperti robot dan tidak bisa menghubungkan saya dengan atasan yang bersangkutan. Ditambah lagi dia akhirnya menjadwalkan teknisi untuk pkl 17.00. Bukankah ini menunjukkan bahwa MNC ini seperti mafia yang sama sekali tidak peduli dengan customer mereka?

Bayangkan saja, status kita yang benar-benar putus ini dianggap bukan hal penting/kasus darurat- padahal sudah putus sejak hari Sabtu siang hari sekitar pkl. 14.00. Ditambah lagi kesan yang saya terima dari si Fani ini seperti tidak serius dan menganggap saya bercanda. Bahkan sebelum menjadwalkan untuk kunjungan teknisi pkl 17.00 si Fani sempat mengatakan dengan ringannya bahwa jam kunjungan maksimum pkl 19.00. Ini bisa diartikan kalau sebenarnya dari awal cs bernama Fani ini sama sekali tidak memiliki inisiatif untuk menjadwalkan kunjungan teknisi dan seakan berkata “tunggu aja lah, maksimum jam 7 malam…ntar juga dateng sendiri teknisinya, entah jam berapa…” barulah setelah saya marahi dan bentak berkali-kali melakukan penjadwalan kunjungan.

Akhirnya teknisi pun datang pkl 17.00 dan saya mengajukan beberapa pertanyaan kepada mereka. Ternyata ada fakta-fakta yang mengejutkan. Pertama, si teknisi mengatakan baru menerima tiket pengaduan pada hari Minggu malam harinya, padahal saya sudah menghubungi Customer Care hari Sabtu sekitar pkl 15.00 kurang dan meminta agar dipercepat prosesnya. Fakta kedua, teknisi menyebutkan bahwa sebenarnya hari Minggu masih ada layanan servis sedangkan saya kira hari Minggu layanan servis libur dan nyatanya setelah saya telpon dua kali sambil marah-marah di siang hari – hari Senin (tanggal 9 November 2020) barulah dijadwalkan kunjungan. Berarti saya asumsikan laporannya lambat sekali sedangkan saya minta agar dibantu untuk dipercepat prosesnya. Fakta ketiga, sang teknisi mengaku hanya vendor belaka, bahkan mereka mengatakan tidak pernah ke kantor cabang MNC, dan tidak tahu menahu siapa nama atasannya. Sepertinya MNC melakukan outsourcing. Ini sudah makin gila saja.

Intinya, MNC memiliki komunikasi yang sangat buruk baik dengan customer maupun dengan cabang-cabang bahkan mereka tega untuk membiarkan customer yang berhari-hari putus karena “Los” sehingga tidak bisa menikmati baik acara TV maupun internet. Saya kali ini ingin menyampaikan agar pembaca pikir-pikir dulu untuk berpindah ke MNC, saran dari saya lebih baik jangan. Tidak diragukan lagi mereka benar-benar bertindak layaknya Mafia. Saya sama sekali tidak pernah mengalami separah ini selama menggunakan ISP yang lain. Benar-benar tidak peduli dan tidak bertanggung jawab sama sekali, yang diinginkan hanya duit pelanggan dan tidak mau memperbaiki kualitas. Para pembaca saya sarankan berhati-hati dengan MNC.

Ini tuntutan saya ke MNC:

  1. Saya minta kompensasi berupa gratis 2 bulan berlangganan
  2. Saya minta cs seperti Fani ini tidak ada lagi, saya minta potong gajinya dengan membebankan biaya langganan 1 bulan saya ke yang bersangkutan. Saya tidak mau mendengar cs MNC seperti robot lagi.
  3. MNC ke depannya harus bisa menempatkan prioritas penanganan masalah customer dan jangan suka mempermainkan pelanggan, terutama pelanggan lama.

NB: Alasan saya meminta seperti di atas untuk Fani ini untuk memberikan pelajaran kepada cs yang lain agar jangan memperlakukan pelanggan seenaknya dan tidak sopan.

Michael Octavianus
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MNC Play:
[Total:15    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan MNC Play atas Surat Bapak Michael

Terkait keluhan yang disampaikan oleh Bapak Michael melalui Media Konsumen pada 10 November 2020, bahwasanya kami telah menyelesaikan permasalahan tersebut...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “MNC Sekarang Sama Sekali Tidak Peduli Dengan Customer

    • 10 November 2020 - (19:28 WIB)
      Permalink

      Ini sih Pelanggan nya yang Rese
      Atau biasa di kenal dengan istilah Customer Rese

      3
      2
      • 10 November 2020 - (19:45 WIB)
        Permalink

        Terserah anda mau ngomong apa. Semoga aja anda mengalami sprt ini. Mungkin baru tau rasanya gimana. Biasakanlah pikir dulu sebelum komentar.

        1
        1
      • 10 November 2020 - (20:09 WIB)
        Permalink

        Bagi saya pribadi hal di atas g bisa dibilang sbg customer rese. Saya juga sbg customer pengguna provider internet dan masa pandemi tentu perlu koneksi internet, apalagi sdh bayar mahal dan koneksi mati tdk ditangani ya akan sangat jengkel sekali apabila tidak tertangani dengan cepat. Karena dari kerjaan yang WFH juga ada preasure.

        Ya dicoba saja 1 hari no koneksi (di zaman sekarang), dan sama halnya anda aktifitas sehari² pakai motor/mobil nih, tiba² kendaraan tidak bisa nyala, kemudian Anda akan hubungi bengkel. Maka harapannya apa? Tentunya agar bisa segera dibantu agar kendaraan bisa nyala dan bisa kembali bekerja kan? Bgmn jika pihak bengkel hanya bilang baik pak keluhannya saya sudah catat, nanti akan kami bantu 2×24 jam? Bgmn perasaan Anda, g mungkin Anda akan tenang dan terima oke gpp, bnr tidak?

        So, intinya utk hal² spt ini perlu dalam sistem dan juga CS bisa menempatkan masalah customer ini Prioritas LV 1 kah atau memang bisa ditundan esok hari no problems? Bengkel saja kalau ada customer mogok tentu akan masuk dalam first priority dimana perlu segera dapat bantuan, apalagi customer loyal.

        Jadi bedakan mana yang rese dan tidak. Kalau rese itu contohnya sudah dikasih pelayan baik dan sesuai harapan, tapi malah minta diskon lebih plus bonus macam².

        2
        1
  • 10 November 2020 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Emang klo sudh terkendala Los merah. Mau teknisi dateng aja harus menunggu 2 hari. Besoknya tidak bs dgn alasan penuh jadwal. Misal senin telp laporan, teknsi rabu baru bs dteng.
    Wah ntr bulan januari pas bayaran setahun selesai, ane mikir” akh buat lanjutin. Ane aja ud 4 tahun berlangganan, dan tagihan selalu bayar full setahun dgn promo KK bayar 9bulan gratis 3 bulan, suka kesel klo kendala LOS MERAH,dan nunggu teknisi
    Gk kyk indihome misal,yg hari senin lapor, besoknya teknisi bs dteng kunjungan

 Apa Komentar Anda mengenai MNC Play?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

MNC Sekarang Sama Sekali Tidak Peduli Dengan Customer

oleh Mike dibaca dalam: 4 min
5