Pulsa Telkomsel Berkurang Akibat Transfer Pulsa yang Tidak Saya Lakukan

Saya pemilik nomor Kartu Halo Telkomsel: 0851015619** melakukan panggilan ke call center Telkomsel 188 pada tanggal 3 Desember 2020 pada pukul 20.00 WIB dengan tujuan untuk menanyakan saldo pulsa Telkomsel yang tersedot. Sebelumnya saldo pulsa saya sebesar Rp 219 ribu menjadi Rp 2,5 ribu.

Dari pihak officer Telkomsel memberikan jawaban ada transaksi transfer pulsa pada tanggal 30 Nopember 2020 ke nomer 08523618*** sebesar Rp 215 ribu. Problemnya ada di sini, karena saya merasa tidak pernah melakukan transfer pulsa ke nomor tersebut dan nomor tersebut tidak ada dalam daftar kontak saya.

Saya lalu diminta untuk cek ke *858#, sudah saya laksanakan dan memilih no 5 untuk list Auto TP dan ada jawaban SMS dari 858 bahwa “Anda tidak terdaftar pada layanan auto TP”. Kembali lagi ke problem pulsa Telkomsel saya, kenapa bisa ada transaksi transfer pulsa diluar kendali saya, di mana di sistem Telkomsel sendiri tidak mendeteksi adanya peringatan atau notifikasi SMS kalau akan adanya transfer pulsa ke nomer 08523618*** (nomor dibelakang tidak diberi oleh CS Telkomsel dengan alasan privasi).

Berulang kali saya jelaskan, bahwa ini ada indikasi fraud di sistem Telkomsel, bukan kesalahan saya sebagai konsumen, dengan penjelasan dari CS ada yang memakai handphone saya untuk melakukan transfer pulsa ke nomor tersebut diatas. Jelas sekali itu bukan saya.

Saya sebagai pelanggan Telkomsel yang sudah puluhan tahun benar-benar kecewa dengan pelayanan Telkomsel dengan hasil yang tidak bisa dijelaskan dengan nalar dan logika saya.

Semoga pihak Telkomsel ke depannya bisa lebih bijaksana dan peka dalam menjalani pelayanan ke customer.

Thanks.

Yunita Dewi
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya baru saja mengalami hal yang sama. Saya baru isi pulsa dan tidak ada yg memegang hp saya selain saya sendiri karena saya stay at home. Tiba2 pulsa terpotong 11rb dan dapat SMS berhasi TP. Untungnya saya hanya isi pulsa 15rb jd tidak kehilangan sebanyak mbak Yunita. Saya jadi takut mau isi pulsa lagi. Saya cek di twitter juga banyak yg mengalami hal serupa dan belum terselesaikan.

    • Saya mengalami hal yang sama juga tanggal 20 des 2020 jam 05.02 WIB. Kehilangan pulsa dari autoTP Rp. 131.000 yang tidak pernah saya lakukan. Saya mengajukan pemberitahuan ke Telkomsel dan dijawab karena sdh atas persetujuan saya. Kecewa dengan sistem seperti ini, jaminan keamanan nomor hp dan kartu kita sebagai pengguna Telkomsel bagaimana dengan seperti kejadian ini.

  • Saya jg baru saja mengalami hal serupa, tiba² mendapat sms yg sama dan Pulsa saya ter-transfer sebesar 48rb ke nomor yg tidak saya kenal dan saya tidak melakukan transaksi tersebut dan tidak terdaftar layanan TP. Sepertinya metode nya sama menguras semua pulsa sampai sisa pulsa kita 2500an

    • Saya juga baru tadi pagi mengalami hal yang sama. Pulsa saya dari kantor terkirim ke nomor yang tidak dikenal dan tidak aktif. Itu kejadiannya tadi pagi sata saya baru bangun tidur. Padahal semaleman saya gak pegang HP sama sekali karena tidur. Apa yang harus dilakukan ya?

  • Lah sama. Saya bahkan baru saja beli kartu perdana baru 6 jam yang lalu, jam 11.30. Terus jam 16.00 di SMS 858 kalau ada transfer pulsa 26000 ke nomer lain yang saya ga kenal. Padahal itu nomer belum juga saya pakai ngapa2in. Ada ada aja...

  • iya ini ada apa ya? saya isi pulsa 300rb tanggal 18 kemarin, tanggal 19 ludes saya kira kuotanya termakan internet lalu saya isi lagi 300rb, tanggal 21 pukul 16:40 pulsa saya hilang lagi dan saya konfirm ke 188 ternyata ada transfer pulsa padahal saya ga transfer pulsa ke siapa2.. BUMN kok gini ya haduh

  • Saya juga baru saja mengalami hal serupa, ketika melakukan delete auto TP keterangannya sama, tidak ada nomor yg terdaftar. Tapi kenyataannya pulsa hilang 114.000 dengan biaya transfer 4000. Mohon pihak telkomsel mengklarifikasi tanpa menyalahkan user/pelanggan. Karena pelanggan bukan orang gila yg ga sadar melakukan yg bukan kehendaknya. Jadi beri kami jawaban yg baik.

  • Dan setelah saya konfirm 188 ternyata jawabannya sama, user dianggap GILA memberikan pulsa cuma2 kepada orang yg ga dikenal, sungguh jawaban yg sangat bijak. Seharusnya jawaban yg dibutuhkan untuk kami pelanggan, baik kami akan menerima laporan ini dan akan meningkatkan securitas dari provider kami, wkwkwkk, dan Semoga sukses selalu untuk telkomsel.

  • Saya jg mengalami hal yang sama. Saya hubungi cs telkomsel, ternyata ada transaksi transfer pulsa ke 085236145168 sebesar 275.000 pada tanggal 2 jan 2021 dengan biaya 4.000. Dan saya tidak pernah melakukan transaksi itu, tidak tau itu nomor siapa, saya jg tidak berlangganan auto TP, tidak pernah meminjamkan hp kepada orang lain, tidak pernah membalas sms spam. Dan dari pihak telkomsel tidak memberikan solusi yang nyata sama sekali.