Sistem Verifikasi KTP Tokopedia Mempersulit Pelapak

Saya user Tokopedia atas nama Bambang Krisdiyanto sudah cukup lama, bisa dibilang sejak 2016-an. Kadang berbelanja dan kadang sesekali menjual barang di lapak Tokopedia.

Karena histori penjualan yg baik saya berkesempatan mendapatkan penawaran dari Tokopedia agar toko saya menjadi power merchant. Karena tertarik dengan keuntungan yang diberikan fitur power merchant, saya akhirnya memutuskan untuk upgrade dari toko biasa ke power merchant.

Proses verifikasi KTP dan upload foto diri sudah dilakukan, namun sayang sistem Tokopedia mengatakan NIK saya invalid dan akhirnya proses upgrade ke power merchant tidak bisa dilakukan atau gagal. Saya sudah komplain ke pihak Tokopedia tapi nihil, tidak ada solusi yang jelas dan konkrit.

Mengenai NIK saya, saya sudah email ke pihak DUKCAPIL secara langsung via telephone dan email, mereka mengatakan bahwa NIK saya sesuai.

Bahkan saat saya mengajukan produk bank dan pihak bank membawa mesin e-KTP, saya sampai pinjam mesin e-KTP untuk membuktikan bahwa KTP saya benar dan asli dikeluarkan oleh pemerintah.

Keluhan ini baru saya jumpai di Tokopedia saja, di Olshop lain baik baik saja bahkan di perbankan pun tidak ada masalah.

Saya ingin supaya sistem Tokopedia ini diperbaiki. Entah apa tolak ukur dari Tokopedia yg mengatakan NIK saya tidak Valid, saya juga heran sudah komplain via chat live dan email tidak ada solusi sama sekali. Suatu kecatatan sistem menurut saya tapi tidak di evaluasi (saya bisa bilang begini karena KTP saya bisa terbaca di mesin e-KTP bahkan di olshop lain tidak bermasalah).

Semoga kedepannya Tokopedia makin baik agar tetap diminati pengguna. Terima kasih.

Bambang Krisdianto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:10    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Sistem Verifikasi KTP Tokopedia Mempersulit Pelapak

  • 7 Januari 2021 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Akhirnya setelah menulis di media konsumen, pihak tokopedia merespon dengan cepat. Keluhan di terbitkan media konsumen pukul 07.15 lalu dua jam kemudian di pukul 9.10 pihak tokopedia diwakili mba Anita mengkonfirmasi maslahnya, pukul 10.55 akun saya berhasil menjadi power merchant.
    Apresiasi dari saya atas responnya. Semoga tokopedia semakin lebih baik dalam menangani hal seperti ini.
    Terima kasih media konsumen dan tokopedia.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Sistem Verifikasi KTP Tokopedia Mempersulit Pelapak

oleh Dian dibaca dalam: 1 min
1