Bunga Kartu Kredit Bank BCA yang Kurang Jelas Asalnya

Kepada Bank BCA, khususnya bagian kartu kredit atau pihak terkait, mohon kejelasannya atas pertanyaan saya dari komplain dengan nomor pelaporan: 2084 640 132. Sudah 1 bulan lebih, sampai tagihan baru bulan Januari 2021 muncul, ternyata komplain dari nomor tersebut tidak ada solusi atau pengurangan bunga “YANG TIDAK JELAS” pada tagihan bulan November 2020 sebesar Rp379.208 yang berasal dari tagihan sebelumnya bulan Oktober. Hal tsb karena saya hanya kurang bayar Rp1 juta. Total tagihan Rp29.412.415, tapi saya bayar sebesar Rp28.414.815, yang artinya saya bayar kurang lebih 90% dari full payment.

Tanggal 11 Januari 2021 saya telepon lagi ke HaloBCA untuk menanyakan perihal bunga yang entah dari mana asalnya itu dan tidak ada koreksi di billing tagihan bulan Desember 2020 dan Januari 2021. Namun ternyata katanya pengaduan saya “DITOLAK” dengan alasan saya telat bayar.

Sebagai informasi, selama lebih dari 2 tahun saya memakai kartu kredit BCA, saya selalu bayar on time sebelum jatuh tempo dan selalu bayar full payment sesuai tagihan billing. Mungkin, seingat saya, hanya baru 2 atau 3 kali bersama komplain yang saya tulis ini, saya tidak bayar full, tapi minimal pasti saya bayar 90% dari total tagihan seperti yang saya bilang sebelumnya.

Jadi bukan jawaban yang saya dapat setelah 1 bulan lebih, malah dapat nomor pengaduan lagi (2083 060 189) dan disuruh tunggu 5 hari kerja. Setelah saya push, hanya menunggu 2×24 jam untuk memberi jawaban asal muasal bunga tersebut. Namun sampai surat pembaca ini turun belum ada email masuk ataupun telepon dari pihak terkait.

Christian
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BCA:
[Total:8    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Christian

Menanggapi keluhan Bapak Christian melalui Surat Pembaca di Media Konsumen tanggal 16 Januari 2021 dengan judul “Bunga Kartu Kredit Bank...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Bunga Kartu Kredit Bank BCA yang Kurang Jelas Asalnya

  • 16 Januari 2021 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Ngga bakal ditanggepin pak, palingan cuma bikin report2 gitu aja terus. Saya dulu jg kek gini,

    • 16 Januari 2021 - (21:25 WIB)
      Permalink

      Iya nih pak masih menunggu kabar dari pihak BCA, katanya akan dikabari dalam waktu 7 hari kerja setelah pengaduan terakhir

  • 16 Januari 2021 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Pak christian anda tidak tahu aturan kartu kredit, jika anda membayar tagihan kurang satu juta maka bapak tetap dikenakan bunga sebesar bunga dana yang bapak pakai yaitu 29jtan itu, jangankan kurang 1jt bahkan kurang 10rb pun tetap dihitung bunganya sesuai pemakaian bapak yaitu 29jtan itu jangan bapak berharap karena sudah membauar sebesar 90% dari tagihan maka bapak akan dibunga yang tinggal 10% itu saja, itu tidak sama sekali pak, semua bank juga menghitung bunga kartu kredit seperti itu sistemnya..
    Saya bukan orang BCA cuma saya hanya membantu menjelaskan saja cara kerja sistem kartu kredit…

    • 16 Januari 2021 - (21:23 WIB)
      Permalink

      Justru itu yg saya tanyakan pak kepada pihak BCA untuk detail kalkulasi perhitungan bunganya sehinggan saya bisa estimasi diwaktu yg akan datang. Namun yang bikin aneh itu jawaban dari ‘pihak terkait’ tentang jawaban dari nomor pengaduan yang pertama yaitu ‘katanya’ saya telat bayar, yang padahal saya tidak pernah sama sekali telat bayar.

  • 16 Januari 2021 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah bayar tagihan kartu kredit salah lihat malah bayar minimum payment dan berbunga besar sekali. Minta keringanan/dihapuskan ga bisa.

  • 16 Januari 2021 - (23:35 WIB)
    Permalink

    Aturan kartu kredit kan harus bayar full, kalau bayar setengah atau cuma 90% tetapi sudah lewat dari jatuh tempo itu jatuhnya telat bayar dan dikenakan bunga, kartu kredit sama dengan hutang, kesepakatan nya kan transaksi full payment masa ga di bayar full kecuali trx cicilan ya otomatis pembayaran nya juga harus nyicil… Lebih baik segera selesaikan permasalahan nya karena jika di biarkan bunga semakin bengkak jika tidak di bayar…

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BCA?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Bunga Kartu Kredit Bank BCA yang Kurang Jelas Asalnya

oleh Christian dibaca dalam: 1 menit
6