Lazada Menahan Dana Seller

Terima kasih Media Konsumen untuk memberikan ruang untuk menjelaskan masalah yang saya hadapi. Saya adalah seller online di beberapa marketplace terkemuka Indonesia, dan mulai join ke Lazada sejak September 2020. Barang-barang yang dijual berupa produk makanan grosir, sembako, hingga barang pecah belah.

Pembayaran dana yang diteruskan oleh Lazada selalu lancar tanpa masalah, hingga minggu ke-3 bulan Desember 2020. Saya menanyakan ke CS Lazada (PSC) melalui live chat dan akan di-follow up ke tim finance dan saya disuruh menunggu email.

Setelah banyak follow up dan penantian yang lama, akhirnya saya mendapatkan email tanggal 6 Januari 2021 dari tim finance Lazada yang menyatakan pembayaran akan dijadwalkan ulang. Tidak ada alasan kenapa ditunda, kapan kepastian jadwal pembayaran ataupun permintaan maaf.

Atau mungkin saya melanggar peraturan seperti rata-rata kasus yang sering saya baca di Media Konsumen?? Saya telusuri email-email notifikasi maupun growth centre di aplikasi seller centre Lazada, tapi tidak menemukan ada indikasi apapun. Tidak ada juga saya mengubah data profil di database Lazada. Jadi saya cukup yakin saya masih mematuhi semua peraturan Lazada.

Jumlah dana yang ditahan terakumulasi hingga hampir Rp130 juta (data terlampir). Selama hampir 1 bulan dan hingga saat saya menulis ini belum ada perubahan apapun. Saya berharap Lazada sebagai marketplace terbesar se-Asia Tenggara memberikan solusi yang terbaik dan act accordingly to your standard. Nomor pelaporan adalah 2040000031277604 dengan follow up pelaporan: 2040000032446041.

Terima kasih Media Konsumen.

Rudy Subagio
Lumajang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:11    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Lazada atas Surat Bapak Rudy Subagio

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 16 Januari 2021, mengenai “Lazada Menahan Dana Seller”, kami menyesal...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Lazada Menahan Dana Seller

    • 22 Januari 2021 - (07:18 WIB)
      Permalink

      lazada tifdak pernah beres ngurusin seller beberapa toko online toko gua dah gua tutup .. menemereka kayak sistem monopoly hanya hanya berlaku di negara komunis negera kita bangsa indonesia jangan mau ikutan sistem monopoly semua dipaksain salah satu nya pengiriman dimana kita ngak bisa kirim hanya nunggu.. gitu kurir pick up ga bisa masuk paket kita pun ga bisa kirim… bijaklah jualan di Lazada bahaya

      • 22 Januari 2021 - (11:54 WIB)
        Permalink

        terima kasih atas pernyataan yang menyadarkan ini 🙂

        untuk update, pihak lazada telah menelpon saya 2x dan mengatakan akan menyelesaikan masalah ini minggu depan. semoga bukan janji kosong 🙂

  • 17 Januari 2021 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Hati hati dengan toko yang satu ini. Dana saya juga pernah ditahan selama 2 bulan dengan alasan ada transaksi mencurigakan dan akan diinvestigasi. Saya minta buktinya dan mereka tidak bisa membuktikannya. Itu hanya akal2an mereka saja.
    Setelah dana saya mereka bayar, saya langsung tutup toko di Lazada dan tidak mau lagi berurusan dengan Lazada baik sebagai seller maupun buyer. Masih banyak tempat belanja online yang lebih profesional. Terima kasih

    • 17 Januari 2021 - (16:44 WIB)
      Permalink

      LAZADA TIDAK AMANAH. MENGAMBIL PRODUK MILIK SELLER.

      Sudah kasus ke 3 kali nya , paket paket COD milik seller , dikirim kan lewat kurir LAZADA EXPRES – ternyata GAGAL KIRIM.

      paket paket GAGAL KIRIM yang seharusnya menjadi Tanggung jawab Lazada – Mengembalikan kepada seller.
      Tetapi oleh lazada
      Langsung saja diambil dan dinyatakan Gagal Proses RETUR. menjadi milik lazada.
      WTF. komplain Live CHAT dengan PSC Lazada , jawaban adalah kurir tidak bisa menemukan alamat seller.

      Padahal alamat adalah AMAT SANGAT LENGKAP. PUSAT GROSIR TANAH ABANG BLOK A. lantai nomor toko Lengkap.

      Sama Tidak ada itikad baik dari pihak kurir LAZADA EXPRES (LEX) berusaha menelpon atau menanyakan jika mang tidak tahu gedung tana abang itu dimana.

      Paket paket langsung dinyatakan dianggap hangus.dan menjadi milik lazada.

      Kami seller di market place hanya mengambil keuntungan tipis 10.000 – 20.000. tetapi dengan produk yang HILANG TIDAK DIKEMBALIKAN oleh LEX
      kami sangat dirugikan.

      Kejadian paket paket RETURAN yang hilang ini sudah ke tiga kalinya.
      Saat EVENT lebaran 2020
      dan
      Juga saat akhir tahun event 11.11 Terulang kembali paket paket hilang
      Total 17 paket.

      Sangat mengecewakan dengan kinerja MP LAZADA
      Serta sistem di dalam kurir LEX

  • 31 Januari 2021 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Apresiasi untuk pihak Lazada (cs, finance dan pihak2 terkait) yang telah menyelesaikan kendala dengan baik dan professional. Saya telah menerima dana kembali sesuai dengan waktu yang dijanjikan tanpa ada kekurangan dan akun saya telah dipulihkan dari penalty2 yang diterima selama penyelesaian masalah.

    Saya dengan rendah hati berharap bisa tetap menjalin kerja sama ini dan berharap Lazada semakin sukses di masa2 yg akan datang.

    Last, terima kasih Media Konsumen dan para pembaca untuk tempat dan waktu yg diberikan.

    Case closed. Terima kasih 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Lazada Menahan Dana Seller

oleh vi dibaca dalam: 1 min
8