Pemasangan IndiHome Sangat Lama dan Berbelit, Tidak Sesuai Janji

Halo, saya Dedi Saputra. Sekitar lebih dari satu minggu yang lalu saya, mendaftarkan untuk memasang IndiHome di rumah saya melalui website resmi IndiHome. Saya sudah melengkapi persyaratan seperti memasukkan alamat lengkap, nomor hp, email, foto KTP dan foto selfie menggunakan KTP. Kemudian besoknya saya ditelepon oleh petugas IndiHome melalui nomor 1500620.

Setelah diwawancarai dan ditanya-tanya, beliau bilang katanya akan dipasang dua atau tiga hari lagi. Namun sampai hari ini detik ini tidak ada pemasangan di rumah saya. Tidak ada petugas teknisi yang menghubungi saya, maupun datang ke rumah saya.

Saya sudah chat lewat DM di Facebook IndiHome, tapi jawaban mereka sama saja, hanya disuruh menunggu dan menunggu prosesnya. Sungguh sangat mengecewakan, karena saya meluangkan waktu kerja saya untuk menunggu bagian teknisi yang akan memasang di rumah saya, tapi tak pernah kunjung datang.

Sudah berkali-kali saya menghubungi lewat DM jawabannya pun sama, hingga ada satu balasan DM yang membuat saya lebih kecewa, katanya jaringan di lokasi saya belum tersedia, lho kok bisa?? Padahal sebelumnya ketika saya ditelepon oleh petugas IndiHome melalui nomor 1500620 sudah dicek dan jaringan di lokasi saya sudah tersedia. Bahkan tidak ada petugas teknisi yang menghubungi saya maupun datang langsung ke lokasi saya, kok bisa bilang jaringan tidak ada? Ini aneh sekali.

Kemudian saya bertanya ke teman saya, katanya kalau melalu website memang sangat susah dan kalau lewat sales satu hari langsung dipasang? Perusahaan BUMN macam apa ini kenapa kok menyusahkan calon pelanggan? Kenapa pelayanan publik nya buruk sekali? Apakah begitu cara marketing mereka untuk mempermainkan pelanggan? Sungguh sangat mengecewakan.

Kemudian esoknya saya telpon ke 147 dan katanya juga masih tahap progres, jawabannya pun sama, saya disuruh menunggu dan menunggu. Mereka telah memberi saya nomor percepatan ini IN88203832. Ketika saya menghubungi nomor sales IndiHome yang diberikan oleh teman saya guna menanyakan perihal tsb, sales tsb malah bilang katanya “gak bakal terpasang kalau melalui website” dan bahkan harga yang diberikan oleh salesnya lebih mahal dari aplikasi yang tertera di website maupun aplikasi itupun belum termasuk PPN. Lohh saya jelas kaget dong, kok begini jawabannya?

Apakah ini cara mereka mencari uang dengan mempermainkan orang lain? Tolonglah ini perusahaan milik BUMN tapi kenapa kok pelayanannya sangat kacau dan mengecewakan? Mohon pihak IndiHome segera memproses lebih cepat nomor percepatan ini IN88203832.

Saya tahu pasti ada beberapa calon pelanggan lain yang mengalami hal yang sama seperti saya. Saya sungguh kecewa dengan pelayanan IndiHome, cukup menjadi pengalaman buruk bagi saya. Semoga ke depan lebih baik lagi. Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan, ini murni curahan hati saya dan kekecewaan saya terhadap pelayanan IndiHome. Terima kasih.

Dedi Saputra
Nganjuk, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:3    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan PT Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Dedi Saputra

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

Loading...

18 komentar untuk “Pemasangan IndiHome Sangat Lama dan Berbelit, Tidak Sesuai Janji

  • 20 Januari 2021 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Senasib kita, saya juga udah buat keluhan disini, tapi progress dan tanggapan dari telkom belum memuaskan, katanya BUMN membangun negeri, yang ada bikin ribet konsumen baru

    • 20 Januari 2021 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Akhirnya saya di chat oleh teknisi nya dan di minta untuk mengirimkan foto rumah dan share location rumah, sudah saya lakukan. Setelah itu teknisi bilang katanya tidak ada jaringan di rumah saya, tapi beliau tidak bisa memberikan bukti yg menyatakan bahwa tidak ada jaringan di lokasi saya. Cukup kecewa sih, tapi yasudahlah mungkin itu marketing mereka cara mencari uang seperti itu. Entah mengapa pelayanan yg dilakukan oleh BUMN itu selalu merepotkan, lebih bagus pelayanan perusahaan swasta.

    • 20 Januari 2021 - (10:43 WIB)
      Permalink

      Setelah saya membuat artikel ini barulah pihak teknisi menghubungi saya. Apakah perlu setiap permasalahan harus di sampaikan ke media publik dulu baru di tanggapi? Saya heran lho.

      • 20 Januari 2021 - (10:49 WIB)
        Permalink

        Benar itu, lucu sih setelah buat keluhan seperti ini baru di tangani, konsumen baru di anggap sepele. Kalo case saya, teknisinya juga sudah cek lokasi dan akan segera di pasangkan ODP baru, namun saya rasa bakalan tetap lama prosesnya. Capek sih nunggu tanpa kejelasan.

        • 20 Januari 2021 - (11:05 WIB)
          Permalink

          Punya saya malah belum di survey sama sekali, tidak ada petugas yg datang ke lokasi, hanya lewat chat whatsapp saja. Dan kata teman saya memang kalo lewat web susah dan di persulit, kalo lewat sales langsung di pasang, gini amat nyari duit. Padahal mereka juga udah dapat gaji dari bumn lho

          • 20 Januari 2021 - (11:14 WIB)
            Permalink

            Saya lewat sales juga gak terpasang, langsung ke kantor telkomnya pun hasilnya sama aja. Intinya kalo belum buat keluhan di media publik bakalan gak dianggap. kalo wilayah saya ada provider lain, gak bakalan saya mau pake indihome yang pelayanannya sangat tidak memuaskan untuk konsumen baru

  • 20 Januari 2021 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Sebelum pasang pastikan rumah anda dilalui kabel telkom dan dekat dgn tiang telkom. Kedua, kalau bisa sempatkan datang ke plaza telkom di kota/kabupaten anda. Disitu nanti prosesnya bisa lbh cepat, biasanya teknisinya datang untuk cek ada tidaknya slot odp yg tersedia. Kl sudah penuh ya nunggu telkom buat odp baru dan itu tdk bisa ditentukan waktunya, bahkan disuruh mengajak minimal 5-10 untuk buat odp baru. Kenapa bisa begitu, krn telkom tdk mau rugi, krn mugkin kebayakan pengguna indihome baru saat hanya musiman, nanti kl anak2 sudah boleh msk sekolah, sdh tdk ada wfh lagi mereka pasti minta pemutusan indihome, nah telkom tdk mau spt itu.

    • 20 Januari 2021 - (10:42 WIB)
      Permalink

      Kalau dibilang musiman seperti nya gak mungkin juga, karena sekarang kalau mau pasang indihome kan harus deposit dulu, jadi kan ada uang jaminannya dan disitu tertera kontrak selama satu tahun. Jadi gak mungkin kalo pelanggan mau memutuskan kontrak semaunya karena bisa kena denda. Dan kalaupun sudah ada satu tahun, seharus nya terserah pihak pelanggan dong mau meneruskan kontrak atau mau berhenti karena kontrak awalnya yang satu tahun sudah selesai.
      Untuk masa pandemi seperti ini justru kalau mau datang ke plasa telkom itu yg harus nya di hindari, krn pemerintah daerah sini juga sudah memberlakukan pembatasan kegiatan publik. Justru lewat online itu lah yg harus nya lebih memudahkan agar tidak kontak langsung dengan orang luar sebagai upaya pengendalian kasus covid19.

      • 20 Januari 2021 - (21:11 WIB)
        Permalink

        Gini, yg namanya online ada keterbatasan. Biasanya proses cek hanya berdasarkan informasi dr peta, di wilayah anda ada jaringannya tp tidak spesifik. Jika datang langsung nanti biasanya disuruh gambar denah rumah tiang terdekat rumah anda. Br nanti teknisi datang cek bisa tidaknya, ada slot odp apa tidak. Dan jangan percaya dgn sales, krn sales hanya jualan tidak tau di wilayah anda ada jaringan tersisa apa tidak. Dan jadikan alasan pembatasan sosial, menurut saya itu omong kosong belaka. Pasar, mall, rumah makan, warung, puskesmas, dan layanan umu itu semua buka tidak? Terus pembataaan sosialnya dimana? Yg saya sebutkan diatas jauh lebih berbahaya drpd datang ke plasa telkom, yg plaing tdk smp 30 mnt. Tentunya patuhi protokol kesehatan.

        • 21 Januari 2021 - (16:45 WIB)
          Permalink

          Tadi siang sudah ada dua petugas dari Telkom yg datang kerumah saya dan menjelaskan permasalahannya kenapa. Ok saya bisa memahaminnya, setidaknya kalau sudah ada yg datang langsung kerumah dan menjelaskan langsung itu bisa membuat lega. Semoga buat calon pelanggan lain bisa cepat pemasangannya. Keluhan ini saya sampaikan untul kebaikan bersama, agar pelayanan menjadi lebih baik lagi, agar tidak ada pelanggan lain yg kecewa. Thanks

  • 20 Januari 2021 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Betul sekali sama halnya dg apa yang saya alami, dan lebih parah lagi yang saya alami melalui Indihome Purwokerto, sales-nya ketika komunikasi dg saya dia bilang dg gaya idealis dan tekhnis mereka yang akan cek dulu by sistem ..ok saya iyakan, kemudian dia chat sy bilang tersedia jaringan dan besok akan dilakukan pemasangan, meminta saya dirumah…ok saya luangkan waktu cancel kerjaan demi memastikan semua berjalan dg baik, tetapi hingga hari ini zonk, dan hari ini tanggal 20 Januari 2021 saya baru di hubungi oleh Telkom pusat ngakunya, untuk konfirmasi katanya jaringan penuh…dan registrasi saya di pending dl . Ini apa apaan ..mereka jualan tapi gak ada barangnya, ketika saya tanya Dasar mereka untuk bicara besok pemasangan itu apa…CS bilang mereka hanya menindak lanjuti laporan dari tekhnisi. Ini perusahaan BUMN…tapi tidak punya sistem kerja yg proporsional dan profesional, saling lempar tanggung jawab…jika ada pihak Telkom yang baca baik Telkom pusat atau Dirut Telkom sekalian ayo duduk sama saya kita Debat terbuka atas pelayanan Telkom, jangan hanya ABS asal Bapak senang…kita fair dengarkan keluhan konsumen, dan lihat team lapangan yang sangat tidak profesional….hanya mengejar expektasi kalian tapi mengabaikan expektasi konsumen.

    • 21 Januari 2021 - (16:54 WIB)
      Permalink

      Ya, semoga pihak telkom bisa melihat ini dan memberikan respon yg baik ya. Jujur saya juga kecewa, perusahaan BUMN tapi jaringannya kurang merata, tapi dengan adanya keluhan ini semoga pihak indihome dapat merespon dengan baik dan cepat, jangan hanya memberi janji palsu. Semoga kedepan lebih baik lagi dalam hal pelayanan dan pemasangan utk pelanggan baru. Entah kenapa kalau ada komplain di media seperti ini baru di tanggapi. Tapi apapun itu semoga pelayanan nya bisa lebih baik lagi demi Indonesia yg lebih maju agar tidak terjadi permainan marketing

    • 20 Februari 2021 - (23:31 WIB)
      Permalink

      Bapak, kalau dari pengalaman saya antara sistem & lapangan itu tidak selalu sama, seumpama pas Bapak daftar dapat sales yg pro mungkin tidak akan kecewa ( biasanya sales pro itu pasti check lokasi & check terminal masih avail / tidaknya bukan hanya by sistem ) jadi Bapak bisa langsung tahu hasilnya, yang saya pernah tahu, jangankan pelangan teknisi juga sering kena prank sales😁

  • 21 Januari 2021 - (16:11 WIB)
    Permalink

    sama seperti saya, ada ODP baru dekat rumah tapi belum kunjung golive, sudah 3 minggu setelah pengajuan pemasangan tetapi belum kunjung juga terselesaikan, akhirnya buat janjian sales dan teknisi ke rumah dan minta tolong validasi odp yang ada, dan hasilnya blaanggggg.. ada 3 slop odp yang kosong setelah di validasi. dan skrng sudah terpasang berkat validasi odp.

    • 21 Januari 2021 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Selamat ya sudah terpasang, saya masih harus menunggu lagi hehe, setidaknya kalau ada petugas langsung yg datang itu lebih enak. Jadi kita juga merasa nyaman

      • 21 Januari 2021 - (16:55 WIB)
        Permalink

        Tapi ya gak tau sampai kapan harus menunggu, apakah bakal terealisasikan atau hanya di beri janji lagi? Entahlah hehee. Semoga saya beruntung hehe

  • 21 Januari 2021 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Tadi siang sudah ada dua petugas dari Telkom yg datang kerumah saya dan menjelaskan permasalahannya kenapa. Ok saya bisa memahaminnya, setidaknya kalau sudah ada yg datang langsung kerumah dan menjelaskan langsung itu bisa membuat lega. Sore ini juga sudah ada petugas telkom kediri yg menelpon saya, saya ucapkan terima kasih atas feedback nya. Semoga buat calon pelanggan lain bisa cepat terealisasi pemasangannya. Keluhan ini saya sampaikan untuk ebaikan bersama, agar pelayanan menjadi lebih baik lagi, agar tidak ada pelanggan lain yg kecewa. Semoga dari sini Telkom bisa berbenah untuk pelayanan yg lebih baik lagi. Thanks.

    • 21 Januari 2021 - (16:56 WIB)
      Permalink

      Katanya saya masih harus menunggu lagi, tapi gatau kapan, semoga beneran terealisasi, bukan hanya sekedar janji hehehe

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Pemasangan IndiHome Sangat Lama dan Berbelit, Tidak Sesuai Janji

oleh Deputra dibaca dalam: 2 min
18