Kuota Utama Telkomsel Saya Terkuras karena Disney+ Hotstar

Saat ini saya berlangganan Disney+ Hotstar dengan menggunakan promo penukaran Telkomsel Poin dengan periode 6 bulan. Saya aktivasi Disney+ Hotstar sejak masih masa Pre-Order, saya memilih langganan 3 bulan. Setelah itu, sejak Desember 2020, saya berlangganan lagi tapi dengan penukaran Telkomsel Poin + 30rb untuk 6 bulan.

Untuk 3 bulan sejak pertama kali diluncurkan, pemakaian kuota sudah sesuai, tidak terpengaruh dengan adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Karena saya cek yang berkurang banyak memang kuota Entertainment/Multimedia. Kemudian setelah berakhir, saya lanjut ke paket 6 bulan tadi.

Nah, selama sebulan lamanya akses Disney+ saya lancar saja karena penggunaan kuota sudah sesuai. Namun setelah 1 bulan berlalu, tepatnya bulan Januari 2021, awalnya saya belum sadar kalau kuota utama saya yang digunakan. Biasanya kuota utama saya itu masih banyak hingga sebelum refresh kuota setiap tanggal 20. Herannya saat lagi nonton Disney+ seru-serunya eh tiba-tiba SMS sisa kuota bertubi-tubi muncul, hingga SMS kuota internet habis. Kuota Entertainment saya masih banyak, tapi kuota utama saya yang dikuras habis. Kan nyesek banget tuh kalau kuota utama yang habis.

Sejak itulah saya berpikir ada yang tidak beres. Setelah berganti siklus periode, saya kemudian mulai memantau penggunaan kuota saya saat menonton di Disney+, dan memang benar saat menonton Disney+ serial 1 episode, yang berkurang bukan kuota entertainment, tapi kuota utama. Sejak itu saya membatasi akses Disney+.

Saya sudah menghubungi CS Telkomsel via Twitter. Respon agak cepat, dan dibuatkan pelaporan. Tak lama kemudian Telkomsel 188 menghubungi saya dan mengatakan “penggunaan kuota entertainment sudah ada penggunaan ya dan sudah sesuai.”. Namun itu tidak membuat saya percaya, karena saya juga bermain Mobile Legends yang mana juga menggunakan kuota entertainment. Saya bolak balik memberikan bukti, tapi tidak menemukan jawaban yang bisa memberikan solusi.

Ini adalah kuota saya sebelum menonton 1 episode Disney+
Ini adalah kuota saya sebelum menonton 1 episode Disney+
Ini adalah penggunaan data yang terekam oleh sistem.
Ini adalah penggunaan data yang terekam oleh sistem.
Nah yang ini kuota setelah menonton Disney+.
Nah yang ini kuota setelah menonton Disney+.

Jelas ini ngaco kalau CS Telkomsel + IT-nya bilang sudah ada penggunaan kuota Entertainment. Coba lah diteliti, dari timing saya screenshot. Kalian punya rekaman di sistem. Jika saya bohong, itu kesalahan saya. Tapi apa? CS & IT Telkomsel hanya bilang sudah ada penggunaan kuota Entertainment. Memangnya kuota Entertainment untuk Disney+ saja? Saya ini main Mobile Legends. Saya dengarkan musik online.

Telkomsel banyak ambil untung dari pelanggannya, tapi pelayanannya sangat minim. Tolong diteliti dengan baik. Karena penggunaan yang sesuai hanya 1 bulan dari berlangganan 6 bulan dengan menggunakan Telkomsel Poin + IDR 30K.

Jawaban CS Telkomsel yang ngajarin saya untuk tidak menggunakan VPN, tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang, dlsb. Saya ini bukan orang gaptek. Kalaupun kuota utama saya berkurang karena berjalan di latar belakang, tentu dari awal perilisan Disney+ saya sudah komplain. Nyatanya alasan itu tidak masuk akal. Karena 3 bulan awal saya berlangganan itu saya sering nonton sambil akses WA, browsing lewat jendela PopUp. Dan ya yang berkurang adil kuota utama saya gak banyak dikuras, tapi kuota entertainment saya yang berkurang karena Disney+.

Inti permasalahannya sebenarnya sistem Telkomsel hanya hal yang sebenarnya bug, tapi gak bisa di deteksi. Hanya bisa bilang sudah ada penggunaan kuota entertainment. Saya minta buktinya, tapi gak ada sama sekali dikirimkan.

Itu saja sih. Saya sudah banyak memberikan bukti kepada CS Telkomsel lewat Twitter & WA, tapi tidak ada yang bisa diselesaikan karena nyatanya kuota saya terus berkurang, tanpa penelitian yang lebih jauh. Aku yang sadar bahwa kuota utamaku biasanya paling hemat, kini menjadi paling boros. Kuota Entertainment berkurang hanya karena MLBB dan layanan music streaming.

Akhir kata, semoga Telkomsel bisa menyelesaikan masalah ini.

Dian Lolo
Kutai Timur, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:4    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak/Ibu Dian Lolo

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 9 Februari 2021 oleh Bapak/Ibu Dian Lolo mengenai kuota utama Telkomsel yang...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kuota Utama Telkomsel Saya Terkuras karena Disney+ Hotstar

oleh DiLo dibaca dalam: 2 min
0