Tokopedia Tidak Mengembalikan Uang Hasil Barang Retur

Dear Bapak/Ibu,

Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan ke Tokopedia keluhan dan kekecewaan saya terkait pengembalian uang yang tidak sesuai padahal saya sudah melakukan return barang dan diterima oleh seller.

Berikut kronologisnya:

  • 30/1/2021: Saya beli mainan Tamiya dengan no invoice: INV/20210130/XXI/I/740805022 dengan total nominal 260.000 dan metode pembayaran kartu kredit BNI
  • 3/2/2021: 5 mainan saya terima, tapi 2 dalam kondisi rusak dan segera saya kembalikan (no resi JNE: 014400003615421) –> total nominal barang yang saya kembalikan 110.000
  • 8/2/2021: 2 mainan yang saya kembalikan sudah diterima seller

Yang menjadi masalah adalah, seharusnya saya menerima chargeback kartu kredit sebesar 110.000, tetapi oleh Tokopedia hanya dikembalikan sebesar Rp 60.000,- saja dengan alasan saya menggunakan kode promosi saat melakukan pembayaran

Padahal, untuk mendapatkan kode promosi tersebut, banyak sekali syarat yang harus saya penuhi (jadi bukan kode promo yang diberikan cuma-cuma atau gratisan).

Dan jika memang kebijakan dari Tokopedia seperti itu, setelah saya pikirkan kembali. Tidak ada perbedaan jika saya mengembalikan 2 barang yang rusak dengan 5 barang yang rusak. Jika mengetahui hal tersebut, saya tidak kirimkan barang yang rusak tersebut karena sudah rugi ongkir, waktu, dan tenaga juga untuk packing ulang.

Terima kasih.

Freddy Gunawan
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Rata2 begitu kalau pakai voucher. Di B*ka*apak juga sama. Ini jadi celah buat seller nakal kirim barang ga sesuai daripada retur rugi ya diterima aja.

    • Ternyata ada jg ya seller nakal yg ga "rela" customernya dapet promo lalu sengaja mengirimkan barang yg ga sesuai padahal sellernya tetep terima uangnya full sesuai harga yg ditentukan.

  • setau saya voucher ga bisa di uangkan,
    jadi klo belanja pakai VC ya yg anda terima jika return, uang return dipotong VC.
    ketentuannya semua marketplace emang gitu,
    coba deh dibaca lagi

  • EMang tokped seperti itu, makanya sekarang jarang (hampir tidak pernah) belanja lagi di tokped. Masih mending lazada atau shopee, kasus return ga terlalu banyak dan adil penyelesaiannya

  • Tunggu masuk mediakonsumen baru dana saya dikembalikan secara adil. Itu pun tunggu supervisor / managernya yang ngomong. Kalau sama agent atau team leader seperti ngomong sama robot yang ngomong pakai script. kaku, bertele2, dan tidak solutif.