Refund Tiket Tidak Diproses oleh Traveloka

Yth. Traveloka,

Nomor pesanan Traveloka saya: 653795241. Per tanggal 3 Februari 2021 saya mengajukan full refund atas pembatalan tiket penerbangan Lion Air akibat pembatalan dari maskapainya. Saya pun mengajukan pembatalan pada 2 aplikasi agen yaitu Tokopedia dan Traveloka pada tanggal yang sama.

Saya melakukan konfirmasi ke maskapai tanggal 17 Februari 2021 untuk menanyakan status refund saya. Maskapai menginformasikan bahwa dana tiket saya sudah dikembalikan ke Tokopedia dan di hari yang sama Tokopedia mengembalikan dana tiketnya kepada saya.

Di hari yang sama, pada tanggal 17 Februari 2021 saya menanyakan status refund tiket saya di aplikasi Traveloka. Sesuai informasi dari maskapai bahwa “BELUM ADA PENGAJUAN REFUND” hingga tanggal 17 Februari 2021 dari semenjak saya mengajukan refund tanggal 3 Februari 2021.

Pada tanggal 25 Februari 2021 saya kembali menghubungi pihak maskapai dan menanyakan status refund saya, masih dengan jawaban yang sama yaitu “Pihak agen (Traveloka) belum melakukan pelaporan pengajuan refund“.

Hari ini, tanggal 1 Maret 2021 saya kembali menghubungi pihak maskapai dan sama juga mendapatkan jawaban “Pihak agen baru hanya membatalkan tiket secara sistem, namun belum ada pengajuan refund dalam bentuk formulir refund dari agen ke maskapai”.

Saya sampaikan beberapa fakta dan kemungkinan yang terjadi adalah:

  1. Dana refund tiket saya di Tokopedia bisa diproses begitu cepat, karena pihak Tokopedia submit refund tersebut di hari yang sama yaitu tanggal 3 Februari 2021.
  2. Hingga detik ini Traveloka belum mengajukan ke pihak Maskapai dan otomatis maskapai tidak bisa memproses refund saya dan menjadi sangat lama.
  3. Jawaban dari Refund Specialist Traveloka selalu sama “Saat ini masih dalam proses di pihak maskapai”. Padahal saya menerima info bahwa maskapai belum mendapatkan submit refund dari Traveloka.
  4. Kalau ini terjadi, mengapa Tokopedia lebih cepat dana refund-nya cair? Ya karena mereka mengajukan dan respon terhadap tiket kami lebih cepat.
  5. Saya masih bingung kendala apa yang di hadapi oleh Traveloka sampai bisa refund saya belum diajukan ke maskapai.

Untuk terakhir kalinya saya melakukan pembelian tiket di agen Traveloka, semoga berkah selalu.

Eric Adyarsa
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Eric Adyarsa

Kepada Yth Bapak Eric Adyarsa, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak Eric Adyarsa tujukan...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Refund Tiket Tidak Diproses oleh Traveloka

oleh Eric dibaca dalam: 1 min
0