Menunggu Mediasi dari BTPN untuk Masalah Salah Transfer dari BCA ke BTPN Jenius

Kronologi Kejadian

Saya adalah nasabah BCA dan BTPN (Jenius) , Pada tanggal 2 Januari 2021 saya melakukan transaksi melalui KLIK BCA, rencana saya mau transfer ke Bank BTPN atas nama saya sendiri.

Nama : Andreas  Christian
No. Rekening : 9001*****16
Nominal 25 juta

Pada saat mendaftarkan no rekening BTPN tersebut ke klik BCA, saya salah menginput no rekening yang seharusnya nomor belakang rekeningnya 16 malah terinput 15 dan saya menginput nama di klik BCA dengan nama saya sendiri.

Pada saat prsoes transfer dari klik BCA setelah memasukkan KeyBCA saya tanpa mengecek kembali no rekening dan nama rekening tadi karna saya pikir sudah benar saat medaftarkannya ( Memang keteledoran saya). Ketika transfer berhasil saya cek mutasi di aplikasi JENIUS saya tidak ada dana masuk. kemudian saya cek kembali di mutasi klik BCA saya salah transfer ke Rekening

Nama : Sutrisn*
No. Rekening : 9001*****15

Maka langsung saya menghubungi Hallo BCA, dari pihak BCA meminta saya untuk melampirkan surat pernyataan salah transfer , KTP dan Mutasi rekening. dan saat itu juga langsung segera saya kirimkan.

Saya menghubungi pihak BTPN dan BTPN Jenius. bahwa mereka tidak dapat membantu. Padahal saya juga menabung di Flexi Saver-nya.

Setiap hari saya tanyakan terus bagaimana perkembangan kasus saya sampai pada tanggal 11 Februari pihak BCA menyatan bahwa:

“Menindaklanjuti perihal tersebut, kami informasikan bahwa saat ini laporan sudah diproses oleh Bank BTPN dengan hasil pengembalian dana salah transfer ditolak karena penerima dana belum mengkonfirmasi persetujuan pengembalian dana.”

Dan sampai surat ini dibuat (8 Maret 2021) tidak ada perkembangan dari kasus saya. Semoga dengan dibuatkannya surat ini pihak BTPN mau memediasi saya dengan penerima dana. Terima kasih.

Andreas Christian
Jalan Raya Singkawang Bengkayang
Kalimantan Barat


Update (24 Maret 2021): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari BCA sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:9    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca Andreas Christian

Jakarta, 23 Maret 2021 Perihal: Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca a.n. Andreas Christian   Dengan hormat, Menanggapi surat pembaca...
Baca Selengkapnya

Loading...

19 komentar untuk “Menunggu Mediasi dari BTPN untuk Masalah Salah Transfer dari BCA ke BTPN Jenius

  • 9 Maret 2021 - (14:54 WIB)
    Permalink

    mungkin bisa pakai cara BCA salah transfer yang lagi ramai di media, disomasi dan dilaporkan polisi.
    kalau kasus tersebut si penerima tidak mengembalikan dan dijadikan tersangka oleh polisi.

    • 9 Maret 2021 - (16:53 WIB)
      Permalink

      Selamat sore pak, Terima kasih sebelumnya. pendapat yg bapak berikan akan saya pertimbangkan pak.

  • 9 Maret 2021 - (16:46 WIB)
    Permalink

    saya merasa nyesel pinjam didanafix.
    bunga bikin orang maumati
    kira² dong.saya pinjam dionline rupiah cepat bunga cmn2%.ini gila pnjm 800rb dpt cuman500rb.skrng bunga terlambat 1/2 hari 100rb.orng susah jd tbh susa.saya ingatkan temen² jgn sekali² pnjm disini

    • 10 Maret 2021 - (11:29 WIB)
      Permalink

      Kalau bisa jangan sampai terlambat, karena ada resiko terlambat mau 1/2 hari mau 1 hari ya sama sudah terlambat.

  • 9 Maret 2021 - (16:50 WIB)
    Permalink

    saya sudah angsuran 3x200rb.bilang kurang terus maksudnya gmn.angsuran saya 200×4.itu gmn smpe uang buat makan aja gak ada diblng krng terus.

    • 10 Maret 2021 - (14:32 WIB)
      Permalink

      Mungkin baiknya bapak untuk buat laporan ke kantor polisi dl untuk dibuatkan Surat Pengantar ke bank BPTN mengenai kesalahan penginputan data di aplikasi online pribadi (KlikBCA). Mengingat salah transfer ini dilakukan pribadi (bukan oleh pegawai bank) jadi mungkin BTPN membutuhkan bukti justifikasi kuat untuk proses mediasi ke penerima dana saat ini. CMIIW.

  • 9 Maret 2021 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Lagi ramai kan salah transfer. Kl orang dalam lebih mudah sih.
    Apakah sudah dicoba datang ke kantor cabang bank BTPN? Barangkali bisa dibantu kalo bertatap muka dan menjelaskan kronologisnya?

  • 9 Maret 2021 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Wah yg nerima uangnya pasti langsung tarik semua tuh menganggap rezeki nomplok 25 juta

    Kalo yg sedang viral kan salah transfer antar sesama pengguna bca jadi penanganan nya langsung dibawah komando bca yg tegas langsung lapor polisi
    Kalo yg ini ribetnya transaksi antar bank jadi kalo salah 1 pihak ga tegas ya udah dianggap angin lalu
    Apalagi jenius BTPN keamanan nya lemah para penipu online aja rata rata rekeningnya jenius menggunakan identitas orang lain saat daftar!?

    Kamu harus lebih keras,kalo perlu sesekali di datengi kantor jenius nya biar dapet penanganan lebih intens biar pihak sono mau ngembaliin uang salah transfer

  • 10 Maret 2021 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Dulu saya juga pernah salah transfer, tapi kalau yang penerima engga mau mengembalikan pada waktu mediasi dari bank, ya uang tersebut tidak akan dikembalikan.

    Apalagi penerima menolak mengembalikan.

  • 10 Maret 2021 - (11:33 WIB)
    Permalink

    “Pada saat mendaftarkan no rekening BTPN tersebut ke klik BCA, saya salah menginput no rekening yang seharusnya nomor belakang rekeningnya 16 malah terinput 15 dan saya menginput nama di klik BCA dengan nama saya sendiri.”

    Ketika mendaftarkan no rekening BTPN pasti muncul nama orang yang salah, pertanyaannya bagaimana cara menginput nama rekening BTPN di klikBCA nya dengan nama sendiri?

    • 10 Maret 2021 - (14:25 WIB)
      Permalink

      Sepengalaman saya sbg user klikBCA, untuk transfer ke beda bank, memang daftar diinput manual sendiri untuk nomor rekening penerima dan jg nama penerima. Dan setelahnya tidak ada notifikasi konfirmasi dari klikBCA jika ada salah input data. Jadi sangat memungkinkan sekali untuk salah input data di klikBCA jika trf ke beda bank.

    • 10 Maret 2021 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Sore pak , untuk Klik BCA memang semua manual pak. untuk mobile BCA yg ada konfirmasi nama penerima nya saat mendaftarkan.

      • 10 Maret 2021 - (22:29 WIB)
        Permalink

        Ohh saya baru ngeh, kalau m-bca dan klikbca berbeda. Saya penasaran klikbca. Mungkin saya coba daftar dlu di BCA. Selama ini menggunakan m-bca jadi tidak bisa input nama. Makanya saya jadi bingung. Terimakasih infonya.

  • 21 April 2021 - (04:08 WIB)
    Permalink

    Pak Andreas turut prihatin atas pengalamannya pak. Sy mengalami hal yang sama juga dg Bpk salah trf dr BNIS ke BTPN. Namun saat ini laporan yg saya sampaikan masih blm ada perkembangan dari Bank Pengirim (BNIS), boleh tau pengalaman bapak ketika melapor kasus ini pak? Karena ini kasusnya antar bank sehingga mediasi yg dilakukan tidak bisa diupayakan melalui kantor cabang BTPN terdekat, meskipun saya sudah mendapat surat bilateral dari Bank BNIS terdekat.

    • 6 Mei 2021 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Maaf baru balas om, sampai saat ini pihak BTPN belum memediasi dengan penerima. kecewa sih ga ada tindakan lebih lanjut

  • 21 April 2021 - (04:28 WIB)
    Permalink

    Kalau proses mediasinya bgmn Pak? Apakah Bpk dapat dihubungkan dengan si penerima dananya juga atau hanya dilakukan oleh bank saja?

  • 22 Juni 2021 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Pak Andreas saya turut prihatin atas kejadian yang bpk alami. Apakah uang bpk sudah dikembalikan? Saat ini saya juga mengalami hal yang sama dengan Pak Andreas, Salah tranfer dr Bank BRI atas nama Sugeng Ariya*** ke BANK BTPN atas nama Rudy Haryan** no rekening 9039*****69 pada tanggal 11 mei 2021 tetapi sd 22 Juni 2021 belum ada perkembangan atas kasus ini. Dari pihak bank BRI katanya sudah membuatkan surat billateral kpd bank BTPN pada tanggal 11 mei 2021, Lalu saya menghubungi pihak BTPN dan BTPN Jenius kemudian saya coba email ke Jenius juga, dan balasannya seperti ini :
    -sudah kirimkan Tindaklanjut atas Permintaan Pengaduan Salah Transfer Nasabah a.n Sugeng Ariya*** by email pada 09/06/2021 ( saya tidak mengerti mengapa saya buat laporan di tgl 11/05/2021 tetapi tindak lanjut 09/06/2021, saya kecewa banget)
    -Sudah dikirimkan Permohonan Pengembalian Dana salah Transfer an. Rudy Haryant* dengan no rekening 9039*****69 by email 09/06/2021 (Pertanyaan saya mengapa menghubungi penerima lewat email, kecewa si kenapa tidak tlp atau wa ) Namun, sampai dengan saat ini kami tidak menerima instruksi atau persetujuan kesediaan penyetoran kembali dana dari nasabah BTPN a.n Rudy Haryant*. Sehingga dalam hal ini Bank BTPN tidak dapat membatalkan atau mengembalikan dana sesuai permintaan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Menunggu Mediasi dari BTPN untuk Masalah Salah Transfer dari BCA ke BT…

oleh Andreas dibaca dalam: 1 menit
19