Klaim Asuransi Penggantian Biaya Perawatan Ditolak Padahal Sesuai Polis dan Info Telemarketing

Saya pemegang polis asuransi BCA Life dengan data sbb:

Nomor polis: 21720012144
Atas nama tertanggung: Jaka Akbar Didasona ST

Saya tertarik ikut karena pihak telemarketing menyampaikan bahkan kecelakaan dalam rumah saja dicover (silakan dengar recordingnya, pada awal tahun 2020). Nah kebetulan siapapun tidak ingin kecelakaan namun apa mau dikata terjadi juga pada akhir tahun 2020 dan lokasi sesuai dengan apapun yang dijelaskan pihak telemarketing maupun yang tercantum di buku polis.

Pada 14 Pebuari 2021 saya kirimkan semua kelengkapan data yang diminta via paket dokumen (dengan bantuan kakak saya). Kenapa tanggal tersebut karena saya dirawat di RS sebelumnya (karena tidak bisa jalan). Setelah lama menunggu dan berkali-kali harus saya yang proaktif menanyakan perihal klaim asuransi tersebut.

Pada tanggal 22 Maret 2021 mendapat jawaban bahwa klaim asuransi ditolak tanpa ada penjelasan. Saya sebagai pihak yang membayar premi tentunya keberatan atas ditolaknya klaim asuransi tersebut, karena semua data yang dibutuhkan sudah dikirimkan sesuai dengan arahan pihak BCA Life. Giliran uang pembayaran premi wah cepet banget debitnya (saya bayar loh tidak gratis), giliran klaim asurasi dipersulit.

Saya tunggu itikad baik pihak BCA Life.

Jaka Akbar Didasona ST
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BCA Life:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan BCA Life atas Surat Pembaca Bapak Jaka Akbar Didasona

Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh Bapak Jaka Akbar Didasona ST. Menanggapi Keluhan yang disampaikan melalui kolom...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Klaim Asuransi Penggantian Biaya Perawatan Ditolak Padahal Sesuai Polis dan Info Telemarketing

  • 23 Maret 2021 - (14:12 WIB)
    Permalink

    Namanya juga asu pak, apalagi di indonesia, perlindungan konsumennya kurang tegas.

  • 23 Maret 2021 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Selasa, 23 Maret 2021 jam 14.56 WIB saya dikontak pihak BCAlife untuk klarifikasi penolakan klaim asuransi, serta pengiriman surel perihal penolakan tersebut. Saya tetap menolak penolakan klaim ini karena sudah sesuai (kalaupun belum tidak mungkin pengisian formulir mau dilakukan) dan pihak BCAlife menginfokan sekarang menagguhkannya sampai ada keterangan lanjutan dari pihak terkait.

    • 24 Maret 2021 - (22:49 WIB)
      Permalink

      Asuransi di Indonesia reputasinya buruk, tidak sama dengan di luar negeri. Di sini lebih banyak ngeles nya dengan alasan yg dibuat-buat.
      Giliran bayar premi paling cepat. Apalagi kalau ada embel-embel unit link investasi nya. Tapi yg diherankan nilai investasinya selalu merugi, dengan alasan ekonomi memburuk. Dan alasan itu selalu dipakai dari tahun ke tahun.

      • 6 Agustus 2021 - (20:22 WIB)
        Permalink

        Sampai, Jumat 06 Agustus 2021, masalah belum selesai. Dan selalu beralasan yang sama. Padahal sesuai ketentuan klaim di buku penjelasan asuransi bcalife. Kesatu pada halaman 6 dibagian bawah, mengenai asuransi berlaku diseluruh dunia. Kedua dokumen asli yang diminta oleh pihak asuransi sudah sesuai dan dikirimkan via pos, yang dipermasalahkan adalah formulir klaim kecelakaan yang diisi dan ditanda-tangani oleh dokter, sampai saat ini dokter tidak mendiagnosa peyebab sakitnya seperti : tertabrak mobil/motor, terjatuh dari tangga, terpelet di kamar mandi, ketibanan atap rumah, atau yang seperti itu. Dokter hanya mendiagnosa jenis penyakitnya saja sesuai hasil pemeriksaan medis yang dilakukan rawat inap untuk observasi, seperti, cek darah, cek radiologi, tekanan darah. Sekarang jika tidak percaya silakan loh datang ke alamat yang sudah berikan via email. Lw lihat sendiri. Atau jika dokumen biaya yang dicurigai palsu/fiktif silakan cek ke RS tersebut. Jangan sampai sebaliknya.

      • 20 Agustus 2021 - (08:06 WIB)
        Permalink

        Oh ada toh yang nilai investasinya turun merugi, klo bcalife ini khususnya sesuai polis dan kelengkapan data yang ada pada saya, untuk 10 tahun dengan pengembalian uang semua premi yang sudah dibayarkan pada akhir tahun ke 8 dan 2 tahun terakhir bebas premi serta keuntungan berupa klaim biaya rawat inap dan klaim kematian, yang disebabkan kecelakaan dimanapun dimuka bumi. Jika batal sebelum kurun waktu itu uang tidak dikembalikan. Yang lebih mengherankan pihak bcalife sengaja mempersulit klaim dengan perintah butuh diagnosa ulang atau apapun namanya, mengenai kecelakaan sebagai jenis penyakit. Dijelaskan berkali-kali keras kepala dan seperti menyembunyikan sesuatu. Ketika saya email alamat tempat saya berada dan datang saja untuk lihat jika tidak percaya, tidak pernah mau menjawab datang atau tidak, bahkan jika perlu bawa pimpinannya sekaligus untuk lihat.

  • 30 Juni 2021 - (21:26 WIB)
    Permalink

    Sampai Rabu, 30 Juni 2021 jam 21.20 WIB permasalahan belum selesai dan itikad baiknya cuma nyuruh-nyuruh nasabah untuk kirim dokumen kontrol ulang dari dokter. Sudah saya jelaskan berkali-kali saya tidak main dengan hal ini hati-hati ya…

  • 30 Juni 2021 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Modus membuat nasabah kecewa saat klaim asuransi yang dipersulit sehingga membatalkan asuransi dan tidak mendapatkan pengembalian seperti pada polis…

  • 6 Agustus 2021 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Sampai, Jumat 06 Agustus 2021, masalah belum selesai. Dan selalu beralasan yang sama. Padahal sesuai ketentuan klaim di buku penjelasan asuransi bcalife. Kesatu pada halaman 6 dibagian bawah, mengenai asuransi berlaku diseluruh dunia. Kedua dokumen asli yang diminta oleh pihak asuransi sudah sesuai dan dikirimkan via pos, yang dipermasalahkan adalah formulir klaim kecelakaan yang diisi dan ditanda-tangani oleh dokter, sampai saat ini dokter tidak mendiagnosa peyebab sakitnya seperti : tertabrak mobil/motor, terjatuh dari tangga, terpeleset di kamar mandi, ketibanan atap rumah, atau yang seperti itu. Dokter hanya mendiagnosa jenis penyakitnya saja sesuai hasil pemeriksaan medis yang dilakukan rawat inap untuk observasi, seperti, cek darah, cek radiologi, tekanan darah. Sekarang jika tidak percaya silakan loh datang ke alamat yang sudah berikan via email. Lw lihat sendiri. Atau jika dokumen biaya yang dicurigai palsu/fiktif silakan cek ke RS tersebut. Jangan sampai sebaliknya

  • 12 Agustus 2021 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Hey, are bcalife insurance want to did TAKE ONLY the money??? Answer me bcalife… Pretending claim accident for hospital invoice rejected with some no make sense reason… Hey i never late in paying monthly for the fund which bcalife borrow… why borrow? because you must return all fund on end of 8th years with some benefit in middle it… If you wish i will cancel insurance do not dream it… Because it is bcalife who failed fullfill agreement as sign in polis insurance letter also the manual book of bcalife insurance…

  • 8 Oktober 2021 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Dengan Hormat,
    Masalah sudah terselesaikan dengan PENAWARAN opsi pembatalan asuransi dan refund semua premi terbayarkan 20 bulan x Rp.330.000,-=Rp.6.600.000,- karena pengajuan klaim akan sangat sulit dilakukan berdasarkan informasi dari Bpk. Agung (Customer Service BCA life) via telepon +6221888000 pada tanggal 30 September 2021 disarankan untuk cancel asuransi dan refund semua premi terbayarkan dengan menulis surat pengajuan yang ditulis tangan dan bertanda tangan serta bermaterai namun saya ingatkan bahwa telemarketing sudah infokan jika asuransi batal uang tidak kembali namun tetap ditawarkan hal tersebut dan saya setuju dengan hal tersebut karena saya hanya tidak bisa jalan bukan tidak bisa menulis untuk itu saya sudah kirimkan hal yang diminta. Kemudian tanggal 04 Oktober 2021 saya ditelepon lagi untuk konfirmasi recording agreement cancel asuransi serta refund semua premi terbayarkan dengan proses maksimal 7 hari kerja. Selanjutnya Alhamdulillah tanggal 07 Oktober 2021 saya cek mutasi rekening BCA milik saya sudah ada uang masuk sejumlah 20 bulan x Rp.330.000,-= Rp.6.600.000,- . Oleh karena itu saya NYATAKAN permasalahan sudah SELESAI(solved/case closed). Terima kasih kepada Media Konsumen, OJK, CS BCA life atas nama Bpk. Agung yang menawarkan opsi tersebut, serta pembaca/komentator yang budiman. Bukti mutasi rekening sudah saya buatkan surat pembaca namun belum tampil.

    Hormat Saya,
    Jaka Akbar Didasona ST.

  • 8 Oktober 2021 - (16:04 WIB)
    Permalink

    “PENAWARAN opsi pembatalan asuransi dan refund semua premi terbayarkan 20 bulan x Rp.330.000,-=Rp.6.600.000,- karena pengajuan klaim akan sangat sulit” statement ini saya kutip supaya jelas bukan permintaan langsung dari saya untuk hal tersebut namun ide ditengah pembicaraan via untuk penyelesaian masalah yang terlalu lama 7 bulan lebih. Karena bersifat pengajuan juga yang tentunya approval tim manajemen BCA life.

 Apa Komentar Anda mengenai BCA Life?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi Penggantian Biaya Perawatan Ditolak Padahal Sesuai Poli…

oleh Dida dibaca dalam: 1 menit
12