Pembayaran Kartu Kredit Salah Nomor, BCA Berjanji Melakukan Mediasi, tapi Tidak Melakukan Apapun

Pada tanggal 13 Maret 2021 saya melakukan salah bayar kartu kredit BCA dengan menggunakan Bank BCA sejumlah Rp7.500.000,-. Seharusnya saya bayar ke nomor customer 16724453 a.n. Novia Vera namun saya malah membayar ke nomor customer 16734453 a.n. Nidh** *** (saya sensor karena data orang).

Saya baru sadar pada tanggal 6 April 2021 karena ada konfirmasi kepada Novia Vera bahwa kartu kreditnya belum terbayarkan. Setelah dicek kembali ternyata saya keliru memasukkan nomor customer salah satu angka. Saya langsung menghubungi pihak BCA dan diberikan nomor laporan: 2080568327, dengan estimasi 4 hari kerja sampai 12 April 2021.

Karena uang cukup besar, saya berusaha mencari pihak penerima dana sendiri dan akhirnya menemukannya dan dapat mengontaknya. Penerima dana sempat ragu dan takut ditipu. Namun setelah menunjukkan semua bukti dan komunikasi yang baik, pihak penerima menyadarinya dan beritikad baik langsung menghubungi BCA untuk mendebitkan kembali pembayaran yang salah bayar tersebut.

Setiap hari saya tanya progress laporan dan jawaban BCA, tapi tetap sama: “Tunggu sampai waktu selesai”. Saya tanya penerima dana katanya tidak dihubungi pihak BCA sama sekali. Sampai hari ini saya cek ternyata laporan saya sudah closed dengan status “BCA akan menghubungi pihak penerima dana”. AKAN ini berapa lama? Saya yang sama sekali tidak punya data penerima dana saja bisa menghubungi, kenapa BCA tidak pernah menghubungi sama sekali untuk konfirmasi? Boro-boro mediasi, menghubungi saja tidak pernah sama sekali.

Setelah marah-marah di HaloBCA, pihak BCA hanya menyarankan untuk menunggu atau membuat LAPORAN BARU. Ini untuk apa? Nomor laporan baru saya: 2080364779 dengan estimasi 4 hari kerja yang saya yakin tidak akan dibantu juga.

Semoga dengan adanya surat pembaca ini pihak BCA sadar bagaimana buruknya sistem mereka terkait salah bayar dan lambatnya proses penanganan laporan mereka.

Niko Laus Horianto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:26    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Niko Laus Harianto

Menanggapi keluhan Bapak Niko Laus Harianto Surat Pembaca di Media Konsumen tanggal 14 April “Pembayaran Kartu Kredit Salah Nomor, BCA...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Pembayaran Kartu Kredit Salah Nomor, BCA Berjanji Melakukan Mediasi, tapi Tidak Melakukan Apapun

  • 14 April 2021 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Coba bandingin sama kasus salah transfer 51 jt disurabaya.
    Kalau duit bank aja gampang ngusutnya.
    Kalau nasabah yg salah ampun dah

  • 14 April 2021 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Klw mereka yang salah baru tuh yg Nerima dana di Uber..
    G BCA aja sih,dgn banyaknya keluhan soal bank di MK sudah seharusnya pelayanan bank di tingkatkan lagi di semua aspek, bukan saat menawarkan buka rekening, kartu kredit dan penyetoran aja

    • 15 April 2021 - (03:01 WIB)
      Permalink

      Apa seperti itu ya di BCA, kalau membayarkan tagihan kartu kredit orangl lain menggunakan nomor costumer. Saya orang awam, setahu saya bayar kartu kredit itu pakai nomor kartu kreditnya.

  • 14 April 2021 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Ini bayarnya pakai apa kok sampai salah sasaran? Biasanya kl bayar muncul nama, jumlah pemkaian, jumlah yg hrs dibayar. Apa mungkin dia sedang lelah. 😀

    • 14 April 2021 - (18:35 WIB)
      Permalink

      Iya kak saya lagi lelah mungkin, beda 1 nomor customernya dan tagihannya mirip saya inget2 7-8 jutaan. Fokus ke angka ga liat lagi namanya. Bayar via bca mobile.

    • 15 April 2021 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Masalahnya penerima dana takut, namanya orang ga kenal kan. Dan penerima dana juga sudah telepon ke bca agar bca mengembalikan, tapi entah kenapa prosesnya kok jadi begini ga jelas. Sekarang penerima dana mau balikin langsung kan serba salah, kalau tiba2 nanti dikembalikan jadi double kan. Memang saya pasti kembalikan kalau double, tapi coba kakak memposisikan diri sebagai penerima dana, berani ga transfer ke orang ga kenal? Satu2nya ya agar bca memproses pengembalian dana yang sudah dijanjikan itu secara sistem.

  • 16 April 2021 - (22:43 WIB)
    Permalink

    Puji Tuhan masalah ini sudah diselesaikan. Tanggal 13 buat surat pembaca, tanggal 14 terbit, pada hari yang sama BCA bertindak cepat konfirmasi ke penerima dana dan kepada saya, bahkan kepada penerima dana seharusnya juga ditelepon walaupun sebenarnya tidak perlu menurut saya. Tanggal 15 jam 4 sore dana sudah dikembalikan dari sistem. Entah kebetulan atau tidak, saya rasa media konsumen berperan. Karena laporan saya yang pertama tetap ga jelas hasilnya dan laporan saya yang kedua yang ditindak lanjuti. Terima kasih media konsumen

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Kartu Kredit Salah Nomor, BCA Berjanji Melakukan Mediasi, t…

oleh nlausho dibaca dalam: 1 min
10