CIMB Niaga Melindungi Data Nasabah atau Data Pembobol Kartu Kredit?

Saya ingin sedikit bercerita mengenai masalah yang saya hadapi. Ini kronologi permasalahan saya dengan pihak CIMB Niaga. Pada Bulan Januari 2021 saya ditawari untuk membuat Kartu Kredit CIMB Niaga oleh salah satu marketing CIMB Niaga. Pada tanggal 02 Februari 2021, kartu saya telah disetujui oleh pihak CIMB Niaga. Inilah yang menjadi awal permasalahan saya dengan pihak CIMB Niaga.

Pada tanggal 19 Februari 2021 saya telah menulis di Media Konsumen mengenai Kartu Kredit saya yang telah disetujui oleh pihak CIMB Niaga diterima dan bisa diaktivasi oleh orang lain. Saya pikir pihak CIMB Niaga (Ibu Leli CCU CIMB Niaga, yang menghubungi saya via email) memang benar benar beritikad baik untuk menyelesaikan permasalahan ini. Namun ternyata hingga saat ini Kartu tersebut belum saya terima.

Padahal permasalahan yang lalu sudah mau saya anggap hanya miskomunikasi dan saya telah mengikuti instruksi dari Ibu Leli CCU CIMB Niaga untuk menelepon ke 14041 untuk pengajuan perubahan data saya baik perubahan nomor kartu maupun alamat pengiriman kartu dikarenakan ada beberapa data saya yang akan diverifikasi oleh pihak CIMB Niaga.

Pada pertengahan Maret 2021 sesuai arahan Ibu Leli CCU CIMB Niaga saya menghubungi Call Center CIMB Niaga di 14041 untuk pengajuan perubahan data saya baik perubahan nomor kartu maupun alamat pengiriman kartu. Laporan saya telah diterima dengan ID Laporan: CBGRE 180321001875 dan pada tanggal 19 Maret 2021 dan tanggal 23 Maret 2021 saya mendapat notifikasi bahwa permintaan saya telah diterima.

Pada tanggal 25 Maret 2021 mendapat notifikasi bahwa permintaan saya telah diproses. Namun anehnya pada tanggal 31 Maret 2021 dan tanggal 06 April 2021 saya mendapatkan notifikasi bahwa kartu kredit saya gagal terkirim dengan alasan pindah. Saya menjadi binggung, karena saya tidak pernah pindah alamat baik itu alamat rumah maupun alamat kantor.

Akhirnya pada tanggal 08 April 2021 April 2021 saya kembali menghubungi Call Center CIMB Niaga di 14041 untuk menanyakan hal tersebut. Saya diterima oleh Phone Officer Call Center CIMB Niaga yang bernama Ibu Aisyah dan kembali saya mendapatkan jawaban yang menurut saya aneh bin ajaib.

Ini Jawaban dari Phone Officer Call Center CIMB Niaga, tentunya setelah saya dipastikan pemilik kartu kredit tersebut:

1. Saya tanya kartu saya dikirimkan ke mana, malah saya yang disuruh menyebutkan alamat pengiriman kartunya, katanya nanti akan dia cocokkan dengan alasan untuk menjaga keamanan nasabah. Padahal kartu kredit saya telah hampir digunakan oleh transaksi, tapi tidak diakui oleh CIMB Niaga. Semakin aneh rasanya, saya yang jelas-jelas pemilik kartu yang dirugikan, malah saya yang harus menyebutkan alamatnya. Kenapa alamatnya harus DIRAHASIAKAN OLEH CIMB Niaga? Apakah keamanan data saya terlindungi?

Setelah saya desak, makin banyak alasan yang dilontarkan oleh Ibu Aisyah, mulai dari merahasiakan alamat pengiriman kartu, cuma bisa konfirmasi alamat meskipun nasabah telah terverifikasi, dan yang paling aneh katanya pada saat saya meminta perubahan nomor kartu maupun alamat pengiriman kartu, kartu saya sudah di bagian kurir. Jika memang demikian untuk apa nasabah diverifikasi? Untuk apa Ibu Leli CCU CIMB Niaga meminta untuk menelepon ke 14041 untuk pengajuan perubahan data saya baik perubahan nomor kartu maupun alamat pengiriman kartu dikarenakan ada beberapa data saya yang akan diverifikasi oleh pihak CIMB Niaga.

Yang menjadi permasalahan, DATA SIAPA YANG DILINDUNGI? Jika permintaan dan alamat pengiriman kartu masih dirahasiakan sementara kartu kredit bisa hampir dibobol orang? Untuk kartu kredit bisa hampir dibobol orang saya memiliki bukti adanya pengiriman OTP ke nomor handphone saya, yang saya gunakan untuk mengajukan Kartu Kredit CIMB Niaga. Meskipun pihak CIMB Niaga tidak mengakui adanya upaya pembobolan Kartu Kredit saya.

2. Pada tanggal 08 Maret 2021 Ibu Aisyah ada menghubungi saya kembali dan menanyakan apakah saya bersedia diverifikasi kembali. Begitu saya tanya alasannya untuk apa, beliau berkata untuk membuat laporan (apa yang mau dilaporkan?). Alamat pengiriman kartu tidak jelas dan dirahasiakan juga oleh CIMB Niaga. Jelas saya TIDAK BERSEDIA diverifikasi. Kemudian beliau beralasan lagi untuk mem-follow up laporan (laporan yang mana? Jelas-jelas permintaan telah diterima dan diproses). Jelas saya TIDAK BERSEDIA diverifikasi.

3. Yang lebih aneh lagi hari ini tanggal 13 April 2021 saya mendapat notifikasi bahwa perubahan data telah diproses. Entah data yang mana, karena terakhir kali saya menghubungi Call Center CIMB Niaga diterima oleh Ibu Aisyah dan saya tidak ada permintaan perubahan data apapun. Ini perubahan data siapa dan atas izin siapa ya? Keamanan data yang mana uang digembar gemborkan oleh Phone Officer CIMB Niaga.

bukti permintaan perubahan Data telah di proses

Tidak ada itikad baik dari pihak CIMB Niaga untuk menyelesaikan permasalahan kartu kredit saya.

Semoga dapat diterbitkan, sehingga tidak banyak kartu kredit nasabah yang bisa dibobol seperti yang saya alami. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Meilliana Arifin
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit CIMB Niaga:
[Total:22    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Meilliana Arifin

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Meilliana Arifin yang berjudul “CIMB Niaga Melindungi Data Nasabah atau Data Pembobol Kartu Kredit?”...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “CIMB Niaga Melindungi Data Nasabah atau Data Pembobol Kartu Kredit?

  • 15 April 2021 - (14:12 WIB)
    Permalink

    Ini sebenarnya sama persis sih sama yg sodara saya alamin, tapi sebelumnya mba nya udah coba datang ke cabang buat urus masalah ini blm? klo memang belum di coba aja datang ke cabang dg bawa bukti2/ lampiran penting terkait CC itu. Kalau lwt sosial media gnii mungkin lbh sulit di komunikasikan daripada di bicarakan langsung. Smoga cepet selesai ya mba masalahnya

  • 15 April 2021 - (21:38 WIB)
    Permalink

    Bank CIMB Niaga termasuk bank paling bobrok. Forum-forum di negara asalnya saja banyak banget kecewa dengan pelayanan bank CIMB kotor ini. Mana pihak analisnya lewat telepon angkuh angkuh lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit CIMB Niaga?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

CIMB Niaga Melindungi Data Nasabah atau Data Pembobol Kartu Kredit?

oleh Hawkes Black dibaca dalam: 3 menit
3