Laporan Penipuan di Shopee SPinjam Untuk Penjual ke OJK Ditolak, karena Bukan Wewenang OJK

Saya pernah kena penipuan di Shopee, yang kena adalah SPinjam Untuk Penjual dan SPinjam. Setelah itu saya bermaksud melaporkannya ke Pihak OJK. Namun ternyata sangat disayangkan, SPinjam Untuk Penjual dan SPinjam itu tidak terdaftar di OJK. Jadi OJK tidak dapat membantu untuk masalah yang berada di luar wewenang OJK.

Lucunya, saat saya menanyakan kepada Pihak Shopee, mereka menjawab bahwa itu sudah termasuk OJK, penyelenggaranya adalah PT Lentera Dana Nusantara (ShopeePaylater). Di OJK, PT Lentera Dana Nusantara merupakan ShopePaylater.

Jadi yang dirugikan ketika ada kasus penipuan di SPinjam Untuk Penjual/SPinjam adalah konsumen, karena:

  1. Apabila konsumen gagal bayar, maka pihak Shopee bisa saja membuat blacklist SLIK OJK (BI checking) kita ke OJK dan BI dengan nama konsumen dimasukkan ke dalam ShopeePaylater.
  2. Apabila konsumen ada masalah penipuan di SPinjam untuk Penjual/SPinjam maka pihak OJK tidak dapat membantu apapun untuk penipuan tersebut, karena bukan wewenang OJK.

Sekali lagi, yang sangat dirugikan adalah konsumen.

Ini screenshot saya dengan CS Shopee yang mengatakan bahwa SPinjam untuk penjual sudah terdaftar di OJK dan pertanyaan di email yang sama, pihak CS Shopee ngotot bahwa sudah OJK. Pertanyaan saya, kalau memang sudah terdaftar di OJK, kenapa OJK tidak tahu??

Ini adalah jawaban pihak OJK yang mengatakan bahwa SPinjam Untuk Penjual bukan OJK

Menurut Pihak OJK hanya 1 legalitas dari Shopee yang terdaftar dengan nama PT Lentera Dana Nusantara, untuk ShopeePaylater saja.

Pihak Shopee sudah WA saya dan ingin melaporkan saya kepada pihak BI dan OJK agar SLIK OJK (BI Checking) saya supaya di-blacklist.

Saya sebagai konsumen mau menanyakan ini, yang benar OJK atau Shopee ya untuk SPinjam Untuk Penjual/SPinjam? Apakah sudah terdaftar di OJK atau belum? Ada yang pernah mengalami seperti ini, laporkan aja ke OJK atau email ke waspadainvestasi@ojk.go.id untuk laporan.

Mohon dijawab pihak OJK dan Shopee atau AFPI.

Rudy Hartono
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

82 komentar untuk “Laporan Penipuan di Shopee SPinjam Untuk Penjual ke OJK Ditolak, karena Bukan Wewenang OJK

  • 28 Januari 2022 - (00:10 WIB)
    Permalink

    Selamat malam pak, Bagaimana dengan perkembangan kasus ini? apakah sudah ada penyelesaian ataupun sudah tertangani dari pihak terkait?

  • 15 Juni 2022 - (15:00 WIB)
    Permalink

    saya juga lagi diteror ni sama PT. MBA Consultant, yang mengatasnamakan pihak ke3 spinjam dishoppe, bahkan nelpon mau ambil barang-barang dirumah saya. karena sampai saat ini sejak teror whatsapp dan sms datang bahkan telpon, saya tidak lagi mau membayarnya. saya akan ajukan kepolisi setempat.
    adakah pencerahan untuk saya suhu? terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai SPinjam Untuk Penjual?

Ada 82 komentar sampai saat ini..

Laporan Penipuan di Shopee SPinjam Untuk Penjual ke OJK Ditolak, karen…

oleh Rudy dibaca dalam: 1 menit
82