Transaksi di Bukalapak Dibatalkan, Tapi Uang Tidak Dikembalikan

Saya melakukan transaksi pembelian obat pada tanggal 16 April 2021 di Bukalapak, dengan nomor pesanan: BL2116BYUAC3INV dan nomor transaksi: 213133971971. Pembayaran dengan memakai debit card BCA. Transaksi pembelian berhasil, tetapi ternyata seller info kalau barang yang saya beli tidak tersedia alias kosong, sehingga transaksi dibatalkan oleh penjual.

Saya menanyakan ke Bukalapak kapan uang dikembalikan, katanya 14 hari kerja sejak transaksi dibatalkan. Namun nyatanya sampai dengan hari ini yaitu tanggal 9 Mei 2021 (sudah 20 hari kerja lebih) uang saya belum dikembalikan juga.

Upaya komplain ke Bukalapak via BukaBantuan di aplikasi ataupun Twitter udah sampai berhari-hari, TAPI TIDAK ADA HASIL. Bukalapak kesannya sengaja mencari-cari alasan terus. Mulai dari minta data nomor kartu saya (apakah ini SOP BL??), sampai dengan bukti transaksi.

Setelah saya lampirkan, minta pula billing statement rekening saya. Memangnya apa wewenang Bukalapak sampai perlu memeriksa seluruh transaksi rekening saya yang tidak berkaitan dengannya? Namun tetap saya berikan mutasi rekening saya. Eh dibalas lagi oleh Bukalapak, katanya yang diminta billing statement.

Di sini jelas betapa bodohnya, karena jelas saya transaksi memakai debit card (bukan credit card). Atau memang sengaja pura-pura bodoh dengan tujuan tidak mengembalikan uang saya dan ingin tahu data kartu kredit customer (mungkin ada tujuan terselubung)?

Belum lagi Bukalapak beralasan kalau saya sudah dihubungi via telepon, tapi saya tidak angkat. Nyatanya di hp saya tidak ada missed call. Ini semua hanya alasan dari Bukalapak yang terindikasi tidak ingin mengembalikan uang saya. Padahal semua ini terjadi karena kesalahan seller yang tetap berjualan walau barang tidak tersedia. Kejadian seperti ini seringkali terjadi jika kita belanja di Bukalapak.

Hari ini tanggal 09 Mei 2021 pukul 11.00, saya telepon sekali lagi ke call center BL dan diterima oleh ibu Lita. Seperti biasa saya disuruh tunggu lagi 1×24 jam. Saya tidak mau tunggu lagi, saya minta segera kembalikan uang saya!

Semua kejadian ini membuat saya pribadi dan family kapok belanja di Bukalapak. Perlu saya sampaikan, jika uang saya tidak dikembalikan segera, selain saya upload di medsos, akan saya laporkan ke pihak berwajib!

Kenny Tanjaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:14    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Kenny Tanjaya

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa kendala transaksi yang...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Transaksi di Bukalapak Dibatalkan, Tapi Uang Tidak Dikembalikan

  • 10 Mei 2021 - (23:44 WIB)
    Permalink

    Ini online shop memang aturan acak kadut.. Gw paling males belanja di BL, udah terlalu sering cape2 transaksi tau2 diinfo brg kosong sama sellernya, buang waktu doang.. Ini lebih oarah lagi, TS ngalamin hal yang sama, pesanan dicancell krn stok kosong, masa duitnya dibalikin sampe 45hr kerja.. WOOOIII ITU DUIT ORANG MEMANGNYA KAGA MAU DIPAKE.. ENAK YA, BUKALAPAK PINJEM LAMA GITU TANPA BUNGA… GEMBEEL..!!!

  • 11 Mei 2021 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Bukalapak memang online shop yg dipenuhi dgn seller2 penipu, dan pihak bukalapak melindunginya.
    Selain harga2 barang yg jauh lebih mahal dr pd online shop lain, Bukalapak sangat lamban dlm merespon masalah & dengan sengaja mengulur waktu dlm menyelesaikan masalah antara seller dengan buyer.
    Saran saya, UNINSTALL BUKALAPAK dengan segera.

    • 11 Mei 2021 - (06:57 WIB)
      Permalink

      Bukalapak harus tangap komplin kumsumen .kasus meninpa sy setahun lalu .16/2/2020 jam 3 sore .buka laporan pasti Ada .penipu mehipnotis dan memakai kartu kridit sy untuk belanja 16.000.000.00 juta .hanya terlewat 15 menit sy telpon barang sudah dia bawa ojol .lambat di tangani .Bukalapak kurang cepat dan tanggap menangani pelaporan korban .buat pelaporan di pihak berwajib belum lengkap tidak terima .buklapak tidak memberikan transaksi penipunya.apalagi sekarang semenjak Corona serba susah makan susah hidup susah dan harus di tagih pihak bank buat nyicil .bisa makan bersyukur.

  • 11 Mei 2021 - (06:14 WIB)
    Permalink

    tapi itu transaksinya pake CC loh,, bener kata bukalapak, coba liat biling statemennya,, klo jadi tagihan nanti bukalapak akan ganti,, tp kalo gak jadi tagihan, sampe kapanpun gak bakal diganti,, pengalaman saya belanja pake CC kalo transaksi dibatalkan Gak bakal jadi tagihan,,

    2
    4
    • 11 Mei 2021 - (12:46 WIB)
      Permalink

      banyak amat +62 yg bangga sama kegoblokannya.jelas2 di tulis ts pake dc bkn cc. GOBLOK DI PAMER2IN .WKWKWKWK

  • 11 Mei 2021 - (09:43 WIB)
    Permalink

    itu bayar tagihan pakai kaartu kredit lol,jadi manusia pintaran sedikit jangan bodoh amat

    2
    4
    • 11 Mei 2021 - (20:57 WIB)
      Permalink

      pembayaran menggunakan debit visa/mastercard diketerangannya memang begitu jadi sudah tidak pembedaan dengan Cc. diketerangannya sama (seperti screenshot TS)

  • 11 Mei 2021 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Metode Pembayaran coba liat, Visa, MasterCard, dll atau dia pakai Debit Online sejenis VCN ?, ini yg bikin ribet, coba kalau beli cash gk ngutang pakai Virtual Account atau Transfer Bank saja, jangan pakai Debit Card, refundnya lamaaaa, pengalaman saya gitu, di online store mana pun, kok nyalahin BukaLapak ?, saya gk pernah bermasalah pakai BukaLapak.

    Menurut saya ini masalahnya itu, masalah SOP terkait metode pembayaran yg penulis pilih sendiri, akhirnya ribet sendiri, ya salah sendiri.

    Dikasih aja itu Billing Statement, pasti beres urusan.

    2
    3
  • 11 Mei 2021 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Ente2 yang komentar bilang belanjanya pake CC SOK PINTER..!!! ketauan kaga pernah punya kartu debit/tabungan atau kalau punya pun kaga pernah belanja di online shop.. Makanya mainnya jauhan dikit tong… Nih gw jelasin gratis buat elo tong biar berkah di bln ramadhan.. Kartu DC alias tabungan, umumnya semua udah berfungsi sbg CC, makanya di kartu atmnya ada 12 angka persis CC dan ada logo Visa/master/gpn, tp bedanya sama CC, DC itu elo geseknya harus ada saldo di tabungan alias kaga bole utang dulu.. Nah kalau DC ini dipake buat belanja dionline shop, ya proses dan kategori pembayarannya sama (kaga dipisah/dibedain).. Jadi kalo liat bukti, bahkan BL pun gak bisa bedain, buyer bayar pake CC/DC, apalagi elo2 orang pada, tapi kasus diatas kan TS udah blg bayarnya pake DC, jd ya dia yang lebih tau lah pakenya apa, memang kalau harus lbh yakin TS hrsnya lampirin confirmation transactiomnya, nah ini pasti jelas..!!!

    4
    1
  • 11 Mei 2021 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Kalau soal bayarnya pake apa, ya jangan urus dapur orang bos.. Itu diluar topik keluhan.. Kalo bole bisa info SOP BL yg tertulis, kalo bayar pake DC pengembalian sampe 45ht kerja..?

  • 11 Mei 2021 - (11:31 WIB)
    Permalink

    Sdh di jelaskan pembyran pke debit card BCA. Kl transaksi metode pembyran nya debit card ato kartu credit. Kl cc pke billing statement kl debit pke mutasi n bukti mutasi sdh di debit ke bukalapak ato bisa liat di tweeter. Jd yg komen pembyran pke cc tolg kl ga ngerti mending diam aj drpd keliatan ga pernah pke kartu cc ato debit. Keliatan kampungan nya

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Transaksi di Bukalapak Dibatalkan, Tapi Uang Tidak Dikembalikan

oleh Kenny Tanjaya dibaca dalam: 1 min
13