Pengalaman Belanja di Akulaku, Resi Tidak Bisa Dilacak, Barang Sampai dalam Keadaan Rusak

Ini pengalaman pertama saya berbelanja di Akulaku. Pada tanggal 6 Mei 2021 saya membeli laptop di Akulaku, dengan pertimbangan di sini banyak pilihan laptop yang dijual dengan harga lebih murah dibanding marketplace lain.

Singkat cerita, setelah saya memilih-milih laptop yang ada, saya menjatuhkan pilihan pada salah satu seller (Family computer). Seller tersebut cukup fast respon di awal. Ia menyatakan laptop tersebut ex-display (bekas pajangan di toko) dengan kondisi laptop masih bagus dan software mumpuni. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli.

Saya memesan laptop dengan spesifikasi Dell seri latitude D630 (sesuai di gambar), RAM 2 GB/ 320 GB. Setelah melakukan pembayaran, tidak lama berselang pesanan saya pun dikirim. Seller telah menginput nomor resi. Tetapi setelah saya cek nomor resi tersebut TIDAK BISA DILACAK.

Pada aplikasi tertulis pengiriman menggunakan kurir SiCepat. Akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi ekspedisi tersebut, tapi hasilnya nihil. Pihak ekspedisi menyatakan resi tersebut tidak valid atau tidak ada. Saya langsung menghubungi seller via chat aplikasi, tetapi seller slow respon dan hanya menjawab “Tunggu aja kak”. Keesokan harinya saya kembali tracking nomor resi, tetapi hasilnya masih sama. Saya kembali menghubungi seller via chat aplikasi Akulaku, tetapi tidak direspon. Saya juga menghubungi CS Akulaku, tetapi hasilnya sama, saya diminta untuk menunggu.

Lalu pada tanggal 10 Mei 2021, pesanan laptop saya datang. Awalnya saya senang karena ternyata seller tidak menipu, tetapi setelah saya buka ternyata laptop yang dikirim tidak sesuai pesanan. Laptop yang datang merk Dell seri D620 berwarna silver. Saya yakin ini bukan ex-display, tapi merupakan barang bekas pakai dan service. Ada cacat di bodi laptop, bahkan ada goresan di permukaannya. Ketika saya coba nyalakan, laptop luar biasa lambat, kemudian error.

Ketika itu juga saya langsung chat seller menyatakan laptop yang dikirim dalam keadaan rusak. Bahkan saya komplain karena mereka menjual laptop rusak. Ini kalau saya jual di tukang barang bekas pun tidak akan laku.

Saya sangat menyayangkan marketplace sebesar Akulaku menerima seller seperti ini. Apakah Akulaku tidak bisa menyaring penjual yang amanah? Bahkan pada aplikasi pun tidak ada fitur comment dari pembeli, sehingga bisa membantu pembeli lainnya mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Saya sangat menyesal membeli barang di Akulaku, ini kali pertama dan terakhir kalinya saya berbelanja di sini.

Rima Restiyana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:10    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Rima Restiyana

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Rima Restiyana pada tanggal 11...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Pengalaman Belanja di Akulaku, Resi Tidak Bisa Dilacak, Barang Sampai dalam Keadaan Rusak

  • 11 Mei 2021 - (10:30 WIB)
    Permalink

    if something is too good to be true, it usually is

    disaring gimana ya? akulaku nya beli dari penjualnya satu per satu untuk mengetahui semua pengalaman berbelanja nya di masing-masing penjual, sehingga bisa evaluasi rate pengiriman, balas pesan, dll?

    terus penjual yang amanah itu gimana? itu sangat subjektif sekali, tujuan nya sebuah platform menyediakan tempat berjualan ya jelas menarik penjual

    ya sudah, itu komen kata-kata si penulis aja, tapi akulaku memang butuh banyak berbenah, tidak perlu belanja disana, jangan teriming-iming harga lebih murah, semua bisa dipikir pakai logika, ada rupa ada harga. terimakasih

    • 11 Mei 2021 - (14:00 WIB)
      Permalink

      Maksudnya ada rating dan review merchant dari pembeli2 sebelumnya seperti di marketplace yg lain kali gan. Itu kan dia komplain “Bahkan pada aplikasi pun tidak ada fitur comment dari pembeli, sehingga bisa membantu pembeli lainnya mengambil keputusan untuk membeli suatu produk.”

      Salah satu pertimbangan kalo sy mau belanja online, biasanya lihat rating dan review si penjualnya dulu, sebelum review produknya. Nah ini yg kayaknya gak ada di Akulaku.

      • 11 Mei 2021 - (14:07 WIB)
        Permalink

        kata2 bahkan itu kan menambahkan, bukan mengartikan

        dan saya tidak menyangkal kata-kata lanjutan nya setelah bahkan, saya sampaikan akulaku memang harus berbenah

    • 11 Mei 2021 - (16:11 WIB)
      Permalink

      saya memang salah, saya tidak mencari informasi pengalaman orang lain yang sudah pernah berbelanja di akulaku sebelumnya. Saya baru cari info setelah melakukan pembelian, dan ternyata review orang lain pun tidak jauh berbeda. Banyak yang merasa di rugikan. Biar ini menjadi pelajaran untuk saya, setidaknya saya jadi tau mana marketplace yang bagus dan tidak. Terimakasih banyak atas komentar teman-teman.

  • 12 Mei 2021 - (05:12 WIB)
    Permalink

    Terimakash sharingnya, saya jadi waspada dengan platform tersebut, seharusnya resi tidak valid itu tidak bisa ditolerir, misal di Tokopedia sangat ketat aturan soal resi valid, penjual tidak akan pernah dapat uang hasil pembelian sebelum pembeli menyelesaikan orderan atau resi valid berubah status menjadi delivered barulah bisa selesai otomatis jika pembeli lupa menyelesaikan manual.

    Jangan tergiur harga murah sehingga kurang waspada.

    Saya pribadi belum pernah pakai Akulaku dan jadi tidak tertarik mencobanya.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Belanja di Akulaku, Resi Tidak Bisa Dilacak, Barang Sampai …

oleh Rima Restiyana dibaca dalam: 1 min
6