CS Shopee Indonesia Beri Janji Palsu dalam Menangani Keluhan Penjual

Assalamu’alaikum,

Saya pengguna Shopee dengan akun richy14rich. Saya berulang kali menghubungi pihak Shopee terkait keluhan saya yang tidak pernah selesai dengan cepat dan tanggap.

Pertama saya ingin melaporkan no pesanan 210514M2PA6QE7, yang intinya saya melaporkan saldo penjualan yang tidak masuk sesuai dengan notif yang ada di applikasi Shopee. Notif tersebut berbunyi “mohon menunggu pesanan diterima pembeli sebelum 22 Mei 2021”.

Saya melapor ke CS Shopee, dan bodohnya CS tersebut cs tersebut tidak bisa mengartikan notifikasi tersebut dan saya harus menunggu hingga tanggal 22 Mei 2021 sampai masa garansi selesai. Itu yang bodoh CS Shopee atau management Shopee? Hingga saat ini saya dijanjikan prioritas penanganan, namun hingga 1x24jam sejak tanggal pencairan 22 Mei 2021 atau hingga detik ini, saldo penjualan tidak kunjung cair. Jujur saya kasihan dengan team Shopee yang menghubungi saya atas nama Becca yang pada saat telepon berlangsung, agent Becca hingga menangis. Bagaimana tindak lanjut dari Shopee atas keluhan saya ini?

Keluhan GO extra shopee

Kedua, keluhan terkait layanan Gratis ongkir Extra. Saya sebagai seller di Shopee tidak pernah mengajukan registrasi layanan GO Extra per bulan April tahun 2021. Pada tanggal 16/17 April 2021 Shopee secara sepihak mengaktifkan layanan GO Extra tanpa persetujuan penjual. Penjual baru sadar di tanggal 29 April 2021 bahwa toko saya terdaftar GO Extra. Saya langsung melaporkan keluhan ke team Shopee, akan tetapi hatus menunggu otomatis pemberhentiannya.

Saya merasa dirugikan atas kebijakan dari Shopee Indonesai atas beberapa transaksi yang terjadi pada tanggal 1 Mei 2021 hingga 9 Mei 2021 yang besaran biaya layanannya menjadi lebih mahal. Saya sudah minta diberhentikan sejak saya sadar pada tanggal 29 April 2021. Seharusnya jika Shopee bisa mengaktifkan otomatis layanan GO Extra, Shopee juga bisa memberhentikan layanan GO Extra kapanpun, karena saya sebagai penjual tidak pernah menyetujui. Tim Shopee tidak mau bertanggung jawab atas kelebihan biaya layanan atas adanya layanan GO Extra, padahal saya sudah mengeluhkan layanan tersebut.

Mohon untuk ditindaklanjuti. Terima kasih.

Richy Priyambodo
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:22    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

32 komentar untuk “CS Shopee Indonesia Beri Janji Palsu dalam Menangani Keluhan Penjual

  • 24 Mei 2021 - (15:58 WIB)
    Permalink

    nda cuma agent becca saja sebagai CS yang tidak mengerti keluhan pertama anda, saya juga, meskipun saya telah baca berulang kali, mungkin saya juga bodoh

    masalah anda yang nomor 2:
    22.4 Penjual setuju bahwa atas kebijakannya Shopee dapat terlibat dalam kegiatan promosi untuk mendorong transaksi antara Pembeli dan Penjual dengan mengurangi, memotong atau mengembalikan biaya, atau dengan cara lain. Penyesuaian tersebut akan berlaku atas harga akhir yang akan dibayar oleh Pembeli.

    ada di S&K pendaftaran, yang pastinya anda setujui ketika mendaftar, sudah pastinya anda seharusnya tidak mengeluh dan mempermasalahkan sebuah kebijakan yang anda sudah setujui sendiri, atau kalau tidak itu namanya munafik, terimakasih

    4
    6
    • 24 Mei 2021 - (17:14 WIB)
      Permalink

      Masalahnya saya tidak mendaftar layanan gratis ongkir extra. Itu murni dari shopee yg mendaftarkan, ketika minta diberhentikan, prosesnya berhari-hari. Silahkan cermati kembali. Jika anda tidak paham masalahnya sebaiknya gak usah berasumsi yang menyebabkan salah persepsi.

      8
      1
      • 24 Mei 2021 - (17:25 WIB)
        Permalink

        betul, anda memang tidak mendaftarkan, itu poin nya, anda yang setuju(pada saat anda daftar) untuk shopee mendaftarkan anda pada program itu kan. tolong lah

        jadi ketika ada program ya jelas shopee langsung memasukkan anda dalam program tersebut, tidak perlu konfirmasi
        semua ada proses nya juga kok, shopee masukkan anda ke program itu proses nya berapa hari emang anda tahu?

        1
        5
    • 24 Mei 2021 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Sepertinya agan ivan yang tidak paham mengenai masalah ini. Coba cermati poin 22.4 yang anda share?

      Poin 22.4 bunyinya Penjual setuju bahwa atas kebijakannya Shopee dapat terlibat dalam kegiatan promosi untuk mendorong transaksi antara Pembeli dan Penjual dengan mengurangi, memotong atau mengembalikan biaya, atau dengan cara lain. Penyesuaian tersebut akan berlaku atas harga akhir yang akan dibayar oleh Pembeli.

      Itu artinya pihak shopee memberikan potongan atas biaya yang terjadi pada suatu transaksi.

      Kalau om ivan bodoh, jangan bodoh berjamaah. Jadilah netizen yang cerdas dan pintar.

      Jika anda tidak paham, sebaiknya anda diam, jangan menjadi netizen yang bodoh

      8
      2
      • 24 Mei 2021 - (17:57 WIB)
        Permalink

        Biarkan pihak shopee yang menyelesaikan, bukan kewajiban anda mengomentari keluhan yang anda tidak paham masalahnya.

        Lebih baik om ivan duduk manis minum kopi daripada kelihatan bodohnya

        8
        3
      • 24 Mei 2021 - (22:04 WIB)
        Permalink

        Dibaca S&K Program Gratis Ongkir
        No 15. Shopee berhak sewaktu2 mengubah, menambah, memodifikasi S&K ini TANPA pemberitahuan dulu ke pengguna.

        Jangan malas membaca

        • 24 Mei 2021 - (22:15 WIB)
          Permalink

          Bener shopee berhak mengubah syarat dan ketentuan program layanan gratis ongkir. Tapi kalo seller tidak mendaftarkan, syarat ketentuan itu gak berlaku gan. Udahlah kalo gak tau akar masalahnya lebih baik diam. Daripada anda salah mengomentari, jadi kelihatan bodoh sendiri.
          Yang tau kronologis itu saya dan sudah saya sampaikan selengkap-lengkapnya. Kalo anda tidak paham sebaiknya diam. Thanks

          1
          3
        • 25 Mei 2021 - (10:54 WIB)
          Permalink

          Gratis ongkir extra itu langsung terdaftar malah sebaliknya klo tidak mau ikut harus segera konfirmasi untuk di nonaktifkan dan berhentinya tunggu 1 Minggu. Biasanya ada pemberitahuan cuman kadang seller tidak sempat baca karena sibuk memproses penjualan. Sama seperti kasus saya. Trus coba cari s&k akhirnya tahu. Intinya shopee jg cari duit. Bagi seller harus update promosi seller karena sering berubah

  • 24 Mei 2021 - (18:39 WIB)
    Permalink

    “menghubungi saya atas nama Becca yang pada saat telepon berlangsung, agent Becca hingga menangis. ”

    menangis kenapa?

    4
    1
  • 24 Mei 2021 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Sejak ada program gratis ongkir extra, hampir tiap hr ada notifikasi tentang keuntungannya. Saya abaikan saja krn penjualan saya masih stabil. Lama2 saya pelajari dan memang lebih menguntungkan, dgn minimal pembelian 30rb sdh dapat gratis ongkir meski cuma 10rb. Akhirnya saya putuskan bergabung, dengan menyetujui ternyata butuh waktu hingga 2 hari sampai disetujui. Jd mana bisa ya shopee mengikutkan toko ke program gratis ongkir extra tanpa persetujuan seller?

    5
    1
  • 24 Mei 2021 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Pak hery, semua itu bisa pak. Gak ada yg gak bisa. Kalo kenyataannya seperti itu yg terjadi, bapak mau bilang apa?
    Saya jelaskan bahwa tim shopee sudah menghubungi saya, kita tunggu janjinya untuk menghubungi di hari ini jam 9malam.

    Apakah modal janji lagi atau menyampaikan progressnya?

    Dan saya tekankan lagi pak, gak cuma saya yg terdaftar otomatis layanan Go extra, byk seller yg mengalami hal yg sama.

    Dan mohon maaf saya masih punya etika, jikalau ada netizen yg mulai dg negatif, ya saya tinggal ikuti alurnya aja.

    Silahkan komentarlah dengan bijak dan sopan tanpa menyinggung orang lain.

    3
    2
    • 24 Mei 2021 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Mungkin anda tidak merasa menyetujui, tp bagaimana kl orang lain, misal istri atau orang lain yg ikut mengelola toko? Kl memang tdk merasa menyetujui ya tuntut saja kan beres. Malah nanti dapet uang damai.

      1
      1
      • 24 Mei 2021 - (21:00 WIB)
        Permalink

        Pak hery mohon jangan asal bicara dan jangan asal menduga-duga.

        Lebih baik kita tunggu jawaban dari pihak terkait (shopee) dalam waktu dekat(maximal 5hari kerja) sesuai pembicaraan by phone per tanggal 24 mei 2021 jam 20.40.

        2
        3
        • 31 Mei 2021 - (13:38 WIB)
          Permalink

          kenyataan nya shopee mendaftarkan anda dalam program itu, dan butuh waktu lama untuk membatalkan nya, semua itu ya bisa bisa aja, semua itu bisa pak, gak ada yang gak bisa. Kalo kenyataannya seperti itu yg terjadi, bapak mau bilang apa lagi?

          udah di jawab sama shopee? hmm?

  • 24 Mei 2021 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Solusinya tutup toko dishopee
    Buka di market place lain
    Gtu aja kok repot hehe
    Jika mikirnya kerugian terus pasti pusing gan

    3
    2
    • 24 Mei 2021 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Bener sis, kalo udah pernah mengalami pasti tau seberapa respect Markerplace ke kita?cepat atau lambat akan mati dengan sendirinya Dan tergeser dengan MarketPlace lainnya

      2
      2
  • 24 Mei 2021 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Sudah jelas saldo penjualan akan dicairkan setelah pesanan diterima pembeli sebelum 22 Mei 2021. Terus apa yg agan komplein? Klo ga sabar menunggu ya jgn jualan di shopee.
    Di Lazada malah seminggu sekali saldo dicairkan 🤣 Baca aturan sebelum mulai jualan di marketplace gan.
    Untuk msl ke-2, di email balasan dr shopee sudah jelas agan sudah berhenti program tggl menunggu sistem nonaktifkan. Setau sy untuk berhentian program itu emang butuh wkt sekitar semingguan. Namanya jg sistem gan, sudah disetting demikian, klo manual nnti sistemnya bs ngacau. Yaa mgk butuh ahli yg bikin sistemnya menanggani hal tsb. Yaa mgk agan mrs gak pernah daftar gratis ongkir tp udahlah anggap pengalaman jualan pake gratis ongkir,bs jd analisa penjualan jg.

    2
    2
  • 24 Mei 2021 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Bikin e comerce sendiri aja jadi ga ribet ato pake website toko pribadi ato ngider pake gerobak dorong

    1
    1
    • 24 Mei 2021 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Lebih baik diam jika tidak tau akar masalahnya. Kalo anda memahami bahasa indonesia yang baik dan benar, kata-kata berikut artinya apa? “Menunggu konfirmasi pesanan pembeli sebelum 22 Mei 2021”. Kata sebelum itu secara matematis include atau exclude? Okay kalo kalimatnya sebelum itu diubah sampai dengan tanggal sekian, artinya tanggal 22 mei 2021 masih termasuk dalam masa garansi(include).
      Dan shopee pada poin 13.3 tidak menjalankan ketentuan perpanjang masa garansi dalam menganalisa keputusan.

      Lebih baik diam dan tidak usah membandingkan dengan market place lainnya.

      Semoga shopee terus berimprovisasi menjadi lebih baik.

      1
      4
  • 25 Mei 2021 - (05:31 WIB)
    Permalink

    Dari beberapa komen diatas, anda selalu menyatakan “lebih baik diam kalau tidak tahu masalahnya” – kurang lebih seperti itu.

    Yang jadi pertanyaan dalam benak saya adalah, mungkinkah shopee juga tidak mengerti permasalahan anda seperti komentator2 diatas sehingga masalah anda tidak juga selesai?

    Lalu kenapa CS Becca nangis ketika berbicara di telp yah? Mungkinkah CS tsb tidak mengerti juga permasalahannya? Atau saya salah nangkap karena bodoh?

    2
    1
    • 25 Mei 2021 - (05:39 WIB)
      Permalink

      Om firman saya bilang seperti itu supaya swmua gak banyak komen, biarkan shopee yang menjawabnya, jika anda tidak tau rootcausenya lebih baik anda diam.

      Karena semua netizen byk yg berpikiran negatif, lebih baik diam gak usah berkomentar. Tunhgu aja jawaban dari pihak shopee.

      Saya tekankan sekali lagi, agent becca nangis bukan karena beliau tidak paham. Beliau sangat2 paham dan memahami apa yang saya rasakan.
      So bagi kalian yg tidak paham masalahnya, lebih baik gak usah berkomentar

      1
      3
  • 25 Mei 2021 - (05:48 WIB)
    Permalink

    Om firman saya bilang seperti itu supaya swmua gak banyak komen, biarkan shopee yang menjawabnya, jika anda tidak tau rootcausenya lebih baik anda diam.
    ===>>> Resiko kalau anda posting di tempat umum, jadi jangan baper. Dibawa santai aja kalau ada yg komen. Tambahan, dari MK nya sendiri disarankan utk memberikan komentar di postingan. Jadi apa yg salah bagi mereka yg berkomentar baik yg pro atau kontra.

    “Karena semua netizen byk yg berpikiran negatif, lebih baik diam gak usah berkomentar. Tunhgu aja jawaban dari pihak shopee.”
    ===>>> Ini pendapat pribadi anda saja. Lihat postingan yang lain, ada koq yang mendukung. Sekali lagi, jangan baper yah bro.

    “CS Becca menangis”
    ===>>> Agak tidak masuk akal sih bagi saya tapi mugkin memang begitu adanya kali yah.

    1
    1
    • 25 Mei 2021 - (05:58 WIB)
      Permalink

      Jika om firman tidak bisa memahami masalah tersebut, silahkan ditunggu aja jawaban dari pihak shopee karena shopee sudah memberikan estimasi kendala max 5hari kerja (terakhir senin depan).

      Daripada anda menduga-duga apa yang sebenarnya terjadi. Entah anda percaya atau tidak, biarkan pihak shopee yang menjawab.

      Saya paham dunia contact center maupun sosial media, byk buzzer yang bertujuan supaya citra di masyarakat itu baik.

      So biarkan akun resmi shopee yg menjawab dengan terbuka atas keluhan saya

      1
      5
      • 25 Mei 2021 - (06:20 WIB)
        Permalink

        Dari awal saya tidak mengomentari postingan anda tapi mengomentari cara anda menjawab komentar2.

        Ternyata anda tidak memahami komentar saya.

        Sudahlah…..
        Mudah2an masalah anda selesai dengan baik.

        1
        1
  • 25 Mei 2021 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Posting disini berharap dapat dukungan dari netizen malah dibuly wkwkwkwk
    Salut sama netizen cerdas2 tau mana yang salah mana yang benar
    Tutup aja tokonya gtu aja repot
    Jualan sendiri pake gerobak dorong udah pasti aman

    8
    3
  • 25 Mei 2021 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Namanya usaha ya pasti ada untung dan rugi nya. Kalo cmn mau untung nya aja ya gmna gtu???

    • 26 Mei 2021 - (15:36 WIB)
      Permalink

      inti dari permasalahannya itu
      Belum menerima uang penjualan setelah melewati masa garansi pembelian

      Lu juga salah bng,ngejelasinnya kurang jelas.apakah pesanan sudah masuk ke tab selesai atau belum,ada beberapa kejadian dari pembelian yang sudah melewati masa garansi tapi belum masuk ke tab selesai.ya pasti uang penjualan ngga akan masuk ke dompet shopee
      Masalah masa garansi tidak otomatis selesai bisa terjadi karena adanya komplain dari pembeli,atau juga bisa kesalahan system shopee

      Lu juga ngga ngejelasin apa masalahnya kok sampai nunggu masa garansi penerimaan pesanan,kok bisa pembeli ngga klik pesanan di terima,apakah ada masalah.kalau ngga ada masalah kan bisa menghubungi pembeli buat klik pesanan di terima,bisa mnghubungi via chat atau via no telp yg tertera di alamat pembeli

      Lu juga salah,kenapa membuat CS sampai menangis ,yg artinya berarti lu udah ngomel2in si CS sampai nangis.jadi lu udah membuat menangis orang yg ngga lu kenal sama sekali apalagi seorang wanita.
      Disini yg membuat orang emosi,kalau adanya seperti itu harusnya ngga perlu juga di jelasin disini,itu malah bikin image negatif buat elunya

      Soal program yg terdaftar otomatis,lu bener kalau udah komplain.tapi sistem ngga bisa langsung berhenti begitu saja.harus nunggu waktu.dimana2 urusan online ya emng seperti itu.kalau ngga suka dengan sistem shopee ngga usah jualan di shopee lagi,tinggalin aja.gitu aja kok repot,jualan offline aja biar ngga urusan sama yg namanya sistem.kan bisa jualan pakai grobak atau buka lapak di pinggir jalan

      3
      1
      • 27 Mei 2021 - (00:06 WIB)
        Permalink

        Mantap bang, gas terus…
        Poin terakhir benar bang, namanya juga numpang jualan.

        Sama aja kayak orang nge-kos tapi malah ngatur2 ibu kos nya. harus nya gini.. Harus nya gitu… Lah kalau ga suka, ya tinggal pindah. Repot amat.

        1
        1

 Apa Komentar Anda?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

CS Shopee Indonesia Beri Janji Palsu dalam Menangani Keluhan Penjual

oleh richy dibaca dalam: 1 min
32