Inkonsistensi Jadwal Penerbangan dan Jebakan Refund Tiket Maskapai Citilink

Perkenalkan nama saya Sita, saya salah satu customer Citilink yang berencana melakukan perjalanan Banyuwangi – Jakarta menggunakan maskapai Citilink di tanggal 1 Juni 2021. Awal masalah saya terjadi ketika saya memesan untuk perjalanan dari kota keberangkatan Banyuwangi menuju Jakarta 2021 pada tanggal 18 Mei 2021 dengan kronologi sebagai berikut

1.Saya pesan penerbangan Maskapai Citilink BWX – CGK untuk keberangkatan 1 Juni 2021 tanggal 18 May 2021, done pembayaran dan sudah terima kode booking

2.Tanggal 22 Mei 2021 Citilink menginformasikan melalui email bahwa penerbangan pada tanggal tersebut dibatalkan karena ada masalah operasional dan menyarankan untuk melakukan refund sesuai ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan PM 185 atau reschedule

3. Pada hari yang sama saya lakukan telp ke contact center Citilink untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, serta meminta untuk proses ganti rute melalui contat Center, namun tidak bisa dan harus ke CS off line atau kantor Citilink terkait.

4.Tanggal 26 Mei 2021 setelah pukul 1 siang melalui CS Citilink yang ada di bandara Blimbing sari Banyuwangi saya melakukan ganti rute, dan di informasikan terdapat penerbangan BWX – CGK transit bandara Juanda (Surabaya), saya pun memilih penerbangan tersebut yang kemudian di konfirmasi melalui email beberapa jam kemudian dengan rincian penerbangan:

– QG1503 BWX – SUB pukul 07.55 – 09.05
– QG717 SUB – CGK pukul 12.40 – 14.10

5. Namun pada tanggal 28 Mei 2021, diinformasikan kembali bahwa penerbangan QG – 1503 rute BWX – SUB berganti jam keberangkatan menjadi pukul 13.20, setelah saya melakukan konfirmasi kepada Customer Service Citilink Pukul 28 Mei 2021 pukul 11.34, perubahan jadwal ini menyebabkan tidak terhubungnya dengan penerbangan saya yang dari Surabaya ke Jakarta.

Sehingga apabila saya tetap ingin menggunakan penerbangan tersebut, saya harus melakukan booking lain untuk penerbangan SUB – CGK dengan pesawat yang lain atau melakukan refund atau melakukan perubahan rute. Namun setelah meminta informasi rute lain BWX – CGK, diinformasikan oleh CS bahwa rute yang lain juga akan di batalkan sehingga akhirnya saya memutuskan untuk melakukan refund.

6. Setelah melakukan refund (yaitu tanggal 28 Mei 2021) saya kembali mendapatkan informasi pada tanggal 29 Mei 2021 bahwa penerbangan QG1503 BWX – SUB 1 Juni 2021 kembali dijadwalkan di pukul 07.55, informasi tersebut saya terima via SMS dan Via email

Adapun yang sangat saya keluhkan adalah di awal tidak diinformasikan jika pembatalan /refund akan dikembalikan dalam bentuk voucer yang valid untuk 1 tahun, apalagi dalam hal ini apa yang terjadi pada saya adalah adanya perubahan dari maskapai terkait jadwal penerbangan. Seharusnya maskapai memperhatikan kesejahteraan pelanggannya.

Jujur saya merasa sangat dirugikan secara financial dan waktu. Yang membuat saya lebih kecewa lagi adalah, setelah saya melakukan refund, saya diinfokan kembali bahwa penerbangan terkait dikembalikan ke jam semula, saya pribadi masih menginginkan untuk memakai penerbangan tersebut, namun voucer saya akan diproses lebih kurang dalam 14 hari sehingga saya tidak bisa menggunakannya. Dan sekarang yang saya harapkan hanya tiket yang saya refund agar dikembalikan dalam bentuk uang.

Sita Miftakhurohmah
Kota Depok

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:6    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Inkonsistensi Jadwal Penerbangan dan Jebakan Refund Tiket Maskapai Citilink

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Inkonsistensi Jadwal Penerbangan dan Jebakan Refund Tiket Maskapai Cit…

oleh Sita Miftakhurohmah dibaca dalam: 2 min
1