Refund Tiket Pesawat Air Asia di Tokopedia Sangat Lama

Penerbangan saya dengan Air Asia tanggal 18 September 2020 dibatalkan dari pihak Air Asia karena kendala teknis. Saat itu juga saya hubungi Air Asia dan karena saya membeli dari tokopedia, pihak Air Asia menyarankan untuk memproses refund lewat tokopedia.

Saya ajukan refund di tokopedia dengan cancellation ID 88345 tanggal 19 September 2020, dan lewat chat dengan Tanya tokopedia disampaikan bahwa proses pencairan refund maksimal 90 hari kerja. Setelah 90 hari kerja terlewati saya telah menanyakan kembali via chat Tanya dan mendapat jawaban bahwa masih terkendala dari pihak maskapai, dan sampai saya menulis surat ini, jawaban tokopedia masih sama, terkendala di maskapai, dibantu follow up lagi secepatnya. Jawaban yang sama selama hampir 9 bulan.

Apakah harus selama ini proses refund tiket pesawat di tokopedia?

Meylinda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Refund Tiket Pesawat Air Asia di Tokopedia Sangat Lama

  • 4 Juni 2021 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Kalau alasan Tokopedia masih terkendala dengan maskapai, bilang saja :
    “Itu urusan Tokopedia dengan Maskapai, urusan Tokopedia dengan saya adalah kembalikan uangnya, Karena saya bayar ke Tokopedia bukan beli di Maskapai, JADI KEMBALIKAN UANG SAYA SEKARANG”
    Resiko Tokopedia kerjasama dengan menjual tiket bukan berarti menjadi resiko pembeli.
    Hal yang mirip pernah saya alami dengan salah satu aplikasi pemesanan kamar Hotel. (Nggak usah disebut, sudah gulung tikar). Saat mendapatkan fasilitas yang tidak sama dengan apa yang dijanjikan di aplikasi saya telpon ke CS nya. Jawaban CS silahkan menghubungi Resepsionist Hotelnya. Lalu saya bilang, “Eh, K*mpret, saya nggak ada urusan dengan pihak Hotel, saya transfer duit di perusahaan anda, jadi urusin sekarang, saya beri waktu satu jam. B*ngsat!!!” Dan urusan selesai sebelum satu jam.
    Jadi untuk pihak pihak di luar sana yang berurusan dengan bisnis seperti ini, jangan seenaknya membebankan resiko kepada konsumen, berurusan dengan gue, apes hidup loe!!! Canda Apes

  • 4 Juni 2021 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Kasus sama dengan saya, kalau saya tiket internasional ya. Dan itu selesai dalam waktu 5 bulan, setelah saya tekan pihak Tokopedia melalui email dan twitter. Tweet masalah Anda dan mention pihak terkait seperti Tokopedia, Airasia Indonesia,YLKI dan saya dulu mention juga Polda Jatim ( nilai tiket lmyan besar ).
    Dlm waktu 5 hari cair tuh refund, saya tweet 3-5X SEHARI dan email juga 3-4X SEHARI.
    Kalau teman saya refund tiket penerbangan regional juga lambat, dia cuma email trus ke Tokopedia tiap hari selama 2 minggu cair akhirnya. Hubungi Pusat Resolusi Tokopedia, tulis masalah Anda ntr mereka bakal email Anda. Bls email tersebut setiap hari ya, intinya harus ngotot dan ngeyel ya bu biar diutamakan proses refund Anda.
    Semoga berhasil ya.

    • 4 Juni 2021 - (17:08 WIB)
      Permalink

      Terima kasih untuk saran sarannya, harus sampai begitu ya, padahal saya email sebulan sekali untuk follow up kirain sudah dianggap rewel sama toped. Sangat disayangkan padahal saya pelanggan setia toped juga, dengan sabar menanti malah sepertinya dientengkan oleh pihak tokopedia.

      • 4 Juni 2021 - (18:47 WIB)
        Permalink

        Iya, saya juga dari Surabaya. Sempat nulis juga di Media Konsumen tidak ada tanggapan sama sekali. Refund sudah selesai info dari pihak airlines, tapi dana memang ditahan Tokopedia. Ya kalau direfund sekaligus pasti bangkrut krn pandemi bnyk flight cancelled, diputer itu duit. Direfund pelan2 dengan skala prioritas, yg rewel dan ngotot diduluin.

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Refund Tiket Pesawat Air Asia di Tokopedia Sangat Lama

oleh Meylinda Putri dibaca dalam: <1 min
5