Apakah Ganti SIM Card Indosat yang Rusak Harus Bayar 300 ribu dan Harus Difoto Sambil Pegang KTP??

Saya salah satu pengguna setia Indosat sejak tahun 2009, dengan Nomor 0815 4815 ****.

Tanggal 25 Juni 2021,
Kartu SIM Indosat saya dengan no 08154815**** Sering hilang sinyal dan tidak terdeteksi di handphone (no simcard). Untuk memakai Saya perlu restart hp beberapa kali sampai kartu normal, dan ini terjadi berulang. Untuk memastikan saya coba pakai dual SIM, dengan kartu sama sama Indosat, akan tetapi khusus kartu yang saya sebutkan diatas selalu hilang sinyal dan sering tidak terdeteksi di Hp. Padahal kondisi paket aktif, pulsa juga ada.

Tanggal 28 Juni 2021 – Pagi,
Saya coba telepon ke call center Indosat dan disarankan untuk datang ke gerai terdekat.

Tanggal 28 Juni 2021 – Siang,
Saya datang ke Gerai di Bona Indah, ternyata sudah pindah, kemudian meluncur ke Gerai Depok ternyata sedang ada sterilisasi dan baru buka hari Selasa tgl 29 Juni 2021.

Selasa, 29 Juni 2021,
Saya datang ke Gerai Depok dan dilayani oleh customer service pada teller 3 (lt 2), an Ilman. Menurut CS tsb untuk ganti kartu saya wajib membeli kartu baru dengan paket pasca bayar senilai 100 ribu rupiah untuk 3 bulan (total Rp330 ribu inc PPN). Menurut ybs itu merupakan SOP yang diterapkan oleh Indosat. Karena saya keberatan saya minta ybs untuk menghubungi atasan/SPV-nya untuk menyampaikan keberatan saya, kemudian ybs pindah ruangan mencoba menelpon atasannya. Setelah ybs menelpon ybs mengiyakan untuk saya hanya membeli paket pasca bayar 1 bulan senilai Rp110 ribu inc PPN, dan saya menyetujuinya.

Akan tetapi di akhir proses administrasi ada yang aneh, yakni:

  1. Pembayaran hanya bisa cash, padahal kalau gak salah lihat di lantai bawah saya lihat ada beberapa mesin EDC.
  2. Paket baru akan aktif besok (tidak langsung),
  3. Yang paling aneh saya diminta ybs untuk foto diri sambil memegang KTP. Karena khawatir foto tsb disalahgunakan (misalnya untuk pinjaman online) saya mencoba negosiasi lagi kepada ybs agar hanya cukup foto wajah saya tanpa memegang KTP, untuk KTP bisa difoto terpisah. Tapi menurut ybs tidak bisa dan wajib memakai foto diri sambil memegang KTP. Ybs juga sempat menunjukkan chat (yang menurut ybs itu atasannya) bahwa itu merupakan mandatori dan tidak bisa diubah. Oleh karena itu saya merasa sangat kecewa dan putuskan untuk tidak memperbaiki kartu saya. Padahal kartu tersebut sudah saya pakai lebih dari 10 tahun.

Mohon kiranya dari Pihak Indosat dapat memfasilitasi dan menindaklanjuti keluhan saya ini, karena walau bagaimana pun kartu ini sudah saya pakai sangat lama dan sudah terhubung dengan banyak akun.

Terima kasih.

Agus Susanto
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:42    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan Indosat Ooredoo untuk Bapak Agus Susanto

Dengan Hormat, Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh Bapak Agus Susanto, seperti yang dimuat di mediakonsumen.com tanggal 30 Juni 2021...
Baca Selengkapnya

Loading...

33 komentar untuk “Apakah Ganti SIM Card Indosat yang Rusak Harus Bayar 300 ribu dan Harus Difoto Sambil Pegang KTP??

  • 30 Juni 2021 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Kebijakan aneh menurut saya. Kenapa harus foto selfie dgn KTP? Khan cukup cek kesesuaian data di sistem Indosat dgn NIK KTP yg cukup ditunjukkan saja. Buat apa dulu ada registrasi kartu?

    • 1 Juli 2021 - (00:12 WIB)
      Permalink

      Betul pak, saya pikir juga begitu. Makanya saya ragu untuk melanjutkan proses ganti kartu tersebut. Apalagi di awal saya sudah dikenakan dengan biaya yang tidak semestinya.

      • 1 Juli 2021 - (07:11 WIB)
        Permalink

        Sepertinya itu target marketing untuk cs nya. Karena saya juga diwajibkan beli paket senilai 200rb ketika ingin ganti Simcard ke 4G yang akhirnya turun jadi paket 100rban. Saya ngotot tidak mau karena pernah punya pengalaman kurang menyenangkan dengan pascabayar Indosat. Oleh cs akhirnya diarahkan untuk menggunakan layanan mesin self service tanpa arahan dan bantuan dr staf yang entah kenapa nomor saya selalu tidak terdaftar waktu menggunakan layanan self service. Setelah berdebat panjang akhirnya saya bisa hanya ganti kartu saja dengan bayar 50rb.

        • 1 Juli 2021 - (11:02 WIB)
          Permalink

          Betul Pak, seperti nya itu hanya Gimmick dari CS nya biar ybs ada penjualan pasca bayar.. hanya saja cara nya yang salah, kerena seharusnya ybs menawarkan bukan mewajibkan. Saat ini saya sedang dibantu Oleh Team VIP indosat dan infonya kartu akan dikirim hari ini, jam 13.00 , tanpa ada biaya tambahan.

    • 1 Juli 2021 - (00:13 WIB)
      Permalink

      Sudah kak, saya coba tuker ke Hp istri saya keluhannya tetep muncul.. saya coba pake dual sim sama sama pakai kartu indosat juga, tp nomor yg saya sebutkan diatas tetep bermasalah, dan nomor yg baru saya beli tidak.

      • 1 Juli 2021 - (16:38 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya dgn operator three.
        Ganti kartu GRATIS. Hanya saja, karena harus ada transaksi, maka kita diwajibkan membeli sesuatu, berapapun nominalnya. Ya saya beli pulsa 50rb, seharga 50rb.
        Itu saja. Makanya, saya sungguh respek dengan three. Jika paket data habis, tidak akan otomatis memotong pulsa kita. Respek saya sama three. (ini bukan promosi, saya bukan org three, saya tidak diendors juga)

        • 2 Juli 2021 - (15:46 WIB)
          Permalink

          setuju pak. sy pake tri jg nyaman pake datanya, kuota habis ya santai aja, pulsa ga bakal kesedot. kalo operator lain (TELKOMSEL, INDOSAT, XL) kuota abis ya siap2 aja berapapun pulsa anda bakal lenyap. sengaja sy capslock 3 operator itu, karena mereka tidak ada perubahan dari awal ada GPRS hingga lahirnya 5G, mereka selalu memanfaatkan kelemahan pengguna kalo kuota abis, pulsa pasti amblassss

    • 1 Juli 2021 - (11:21 WIB)
      Permalink

      Saat ini Sedang dibantu oleh Ibu Vita dari Team VIP indosat, terkait proses penggantian kartu saya..

      Terima kasih Indosat Ooredoo Care atas tindak lanjutnya.

      • 2 Juli 2021 - (09:51 WIB)
        Permalink

        bosen… tiap kali harus curhat di medsos/media konsumen baru ditanggapi. Dan dr indosat terkesan ada pembiaran kasus2 serupa terulang lagi, pdhl udah puluhan surat mengeluh hal yg sama.

    • 2 Juli 2021 - (14:34 WIB)
      Permalink

      Case Ini sudah di tindak Oleh Pihak Indosat Pada tanggal 1 Juli 2021.
      Untuk Proses penggantian kartu saya dibantu langsung oleh Ibu Vita dari team VIP Indosat, dan kartu juga sudah saya terima dihari yang sama, jam 13.30 WIB.

      Untuk Proses penggantian kartu tidak dikenakan biaya atau beli paket apapun, hanya melengkapi persayaratan seperti Foto Ktp, Foto KK, Foto Simcard, Swafoto dengan KTP.

      Atas bantuannya Saya ucapkan terima kasih

      #Saran
      1. Baiknya indosat menindak lanjuti Oknum CS yang mewajibkan Pelanggan request ganti kartu untuk membeli paket pascabayar. Minimal berikan Surat peringatan, agar kejadian tidak berulang.

      2. Setiap orang akan memakai kartu pasti Automatis diminta untuk registrasi, Seharusnya jika diperlukan untuk validasi data, menurut saya cukup dengan Foto KTP + Kk sudah cukup, tidak perlu ada Swafoto dengan menggunakan KTP, karena ini rentan disalah gunakan.

      2
      1
  • 30 Juni 2021 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Anda yg salah pak. Kalau urusan simcard rusak jangan ke gerai, tp di galeri indosat. Kl di gerai anda pasti dipalak. Banyak kasus serupa disini.

    4
    1
  • 30 Juni 2021 - (21:26 WIB)
    Permalink

    Bukannya mempermudah ko mempersulit sampai sim card rusak saja sampai harus bayar 300rban setelah nego turun hahah.. indosat indosat..

    • 1 Juli 2021 - (00:17 WIB)
      Permalink

      Iya pak, dan seharusnya kan itu cuma bersifat penawaran, tapi kemarin itu bener bener diwajibkan untuk membeli. Jika tidak ya berarti tidak bisa di bantu proses penggantian kartu rusak nya.. makanya akhirnya nego jadi cuma 100k ( 1 bulan saja).

  • 1 Juli 2021 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Maaf ya pak, kemarin 30/06/2021 baru saja saya ganti kartu rusak di galeri Indosat samarinda , tidak ada biaya dan Gratis hanya dikenakan biaya materai 6000, tidak ada juga diharuskan membeli kartu pasca bayar di Galeri Indosat, serta tidak ada foto selfie, hanya cukup menunjukkan identitas asli berupa KTP. Semestinya sebelum datang ke gerai, anda menghubungi Call Center Indosat terlebih dahulu, agar di informasikan alamat Galeri Indosat terdekat. Karna menurut saya gerai itu ada di bawah naungan galeri, dengan kata lain memperbantukan galeri, jadi bisa saja gerai menentukan syarat ketentuan berlaku yang berbeda di masing² gerai. Next time jangan ke gerai ya pak, datang langsung ke Galeri Indosat. Sekian informasi. Trimakasih

    • 1 Juli 2021 - (11:09 WIB)
      Permalink

      Betul Pak, memang seharunya gratis, adapun mungkin biaya materai atau hanya sebatas biaya penggantian kartu. bukan diwajibkan untuk beli paket.

      terkait kenapa ke Gerai, saya sebelumnya sudah telpon ke Call center pak, dan memang menurut CS saya di rujuk untuk datang ke “Gerai terdekat” jika setelah dilakukan penormalan melalui system oleh CS Call center masih terdapat keluhan yang sama..

      kemudian terkait swafoto dengan KTP itu sudah di konfirmasi oleh Indosat, memang merupakan salah satu syarat untuk proses ganti kartu. saya juga merasa aneh diawal, akan tetapi karena sudah di konfirmasi oleh pihak indosat, saya anggap clear.

      dan mohon maaf, saya juga awam terkait perbedaan gerai dan galeri, sbelum ini dari sudut pandang sama gerai dan galeri itu sama saja. jadi terima kasih informasinya Pak

      • 3 Juli 2021 - (00:34 WIB)
        Permalink

        Saya mengalami hal yang sama persis dengan bapak di Gerai Indosat Cempaka Putih. Sama juga saya dirujuk ke Gerai Terdekat, tapi juga diwajibkan tadi beli paket, kalau tidak penggantian kartu tidak bisa dilakukan dan banyak saksi yang mendengarkan statement dari CS. Mungkin saya terlalu lugu ini, mustinya saya videokan statement CSnya yah, biar tidak bisa mengelak. Setelah kejadian saya baru tahu tentang modus ini melalui media konsumen.

  • 1 Juli 2021 - (07:58 WIB)
    Permalink

    Indosat maunya apa sih, didaerah saya sinyal Indosat sama sekali tidak ada kenapa harus merger sama tri yang sinyal nya bagus ditempat saya, jangan-jangan Indosat ada udang dibalik batu pengen untung dari merger sama tri, untung gak pernah beli Indosat

  • 1 Juli 2021 - (09:30 WIB)
    Permalink

    2 kasus serupa d mk Indosat harusnya tidak mengenakan biaya,..itu pelanggannya klu d kenakan biaya sdh bsa d pastikan pasti pindah ke layanan lain yg lbh baik,.

    • 1 Juli 2021 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Semoga Indosat bisa segera menindak lanjuti terkait para Oknum Customer service yang memanfaatkan situasi konsumen untuk mendapatkan income tambahan dengan cara menipu

    • 1 Juli 2021 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Semoga Indosat bisa segera menindak lanjuti terkait para Oknum Customer service yang memanfaatkan situasi konsumen untuk mendapatkan income tambahan dengan cara menipu.karena setelah saya coba baca ternyata kasus ini sudah cukup lama dan sering terjadi.

  • 1 Juli 2021 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Sama pengalaman saya gantiin kartu istri,saya disuruh beli paket 300 ribu,cuman saya TDK ha is akal ,saya bilang saya hanya ingin Menganti kartu,dan saya SDH bawa kartunya,kenapa saya harus bayar 300 RB..saya bilang ini jebakan namanya ,secara TDK langsung konsumen di bodohi alasan SOP saya tanya sopnya mana ,mana bukti konsumen ganti kartu harus beli paket,kalau memang benar di taruh dong pengumuman nya.mereka TDK bisa jwb,saya tanya lagi apa cuman 300 saja TDK ada paket yg lain.mereka jwb ada pak ,nah ke jebak sama omongan saya ,berarti ini hanya permainan kalian ya bisa aja kalian kan buat paket 500 , saya tanya lagi kalau saya mau ganti kartu saja ngk pakai paketan gimana ? Bilang TDK bisa.. Alhasil dengan cara jitu mereka TDK bisa berkutik dengan permainan mereka .saya hanya bayar isi pulsa saja 20 ribu

    • 1 Juli 2021 - (11:15 WIB)
      Permalink

      hehee kurang lebih saya lakuin sama seperti bapak. mungkin teller yang saya hadepin lebih tahan banting. bahkan sampai saya undur diri dari teller tanpa hasil apapun dia bersikeras tidak bisa bantu urus kartu saya jika tidak beli paket dan swafoto dengan ktp.

      tapi saat ini saya sudah dihubungi oleh team VIP indosat ibu Vita untuk bantu urus proses penggantian kartu saya

  • 2 Juli 2021 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Sya bbrp tahun yg lalu ganti kartu 3G ke 4G d gerai Indosat gratis tnpa biaya tambahan.. Foto aja CS itu trz laporin ke Indosat pusat

  • 2 Juli 2021 - (15:37 WIB)
    Permalink

    itu mah oknum. kalo jd sy sih, sy minta izin utk foto mukanya. kalo memang tidak mau, berarti dia tau itu melanggar ketentuan. kalo merasa benar, dia berani utk difoto.
    dulu sy ganti kartu 4G di indosat roxy mas, tidak dikenakan biaya sm sekali

  • 3 Juli 2021 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Wah saya baru saja mengalami hal yang sama dengan Istri saya mengganti kartu indosat yang baru di Galeri Indosat Cempaka Putih. Diminta beli 110rb dan harus bayar cash dan juga difoto bersama KTP. Takutnya disalahgunakan juga ini. Kacau2 besok saya akan balik lagi kesana nih, konfrontasi..

    • 23 Juli 2021 - (14:39 WIB)
      Permalink

      Betul Pak, seharusnya gratis.. adapun biasa harusnya sebatas biaya materai.. bukan beli paket prabayar..

      kalau untuk swafoto KTP itu ternyata betul prosedur dari indosat, walau saya rasa agak aneh.. tapi ya sudah lah.. semoga data aman dan tidak di salah gunakan.

  • 9 Juli 2021 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Ini mah bhsa marketingnya indosat di galeri situ. Saya pernah ganti kartu cuma bayar 10 ribu kok,,

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Apakah Ganti SIM Card Indosat yang Rusak Harus Bayar 300 ribu dan Haru…

oleh Frey dibaca dalam: 2 menit
33