Paket Kiriman COD SiCepat Rusak, SiCepat Tidak Konsisten Terhadap SOP

Saya Seller Di Tokopedia, ada buyer membeli di toko saya berupa 2 buah toples kaca dengan no invoice INV/20210623/MPL/1341263220. Pengiriman dari Jakarta ke Bogor menggunakan SiCepat dengan pembayaran COD. Barang sampai ke lokasi buyer pada 24 Juni 2021.

Saya mengirim menggunakan gudang online Crewdible dengan nama gudang Allsee Storage. Pengiriman menggunakan packaging bubble wrap, kardus dan sticker fragile seperti yang saya minta ke pihak gudang melalui aplikasi, terlampir.

Saat pengiriman ada indikasi aneh paket sempat criss cross, setelah itu dapat kabar bahwa paket rusak di keterangan pengiriman.

Proses transaksi COD namun barang dibuka oleh buyer tanpa membayar ke kurir, setelah dibuka ternyata barang pecah 1. Padahal SOP COD tidak boleh membuka paket sebelum dibayar dan proses komplain antara buyer dan seller, akhirnya transaksi sampai sekarang menggantung.

Saya coba konfirmasi ke pihak Sicepat, Sicepat berdalih packing kurang proper karena tidak mencantumkan sticker fragile. Tapi tidak juga bisa membuktikan foto paket.

Saya coba komplain via email namun jawbanya template pihak kurir akan melakukan investigasi dan akan menghubungi. Pihak sicepat bilang akan di konfirmasi dan dihubungi tapi baru menghubungi tanggal 03 Juli 2021 itu pun via WA selang 9 hari (wiih lama ya kirain investigasi detail melampirkan foto bukti utk memperkuat dll) ternyata cuma permintaan maaf dengan dalih paket yang dikirim tidak proper packing-nya. Saya tanya kelanjutan malah centang satu, saya telpon tidak diangkat.

Saya konfirmasi via email dan tanya perihal SOP COD kenapa tidak sesuai dengan semestinya dan dari ketentuan dari pihak Tokopedia juga namun tidak bisa mereka jelaskan padahal mereka ngotot kalau packing saya tidak sesuai SOP pengiriman barang pecah belah. Balasannya pun template.

Jadi SOP COD Di cepat bagaimana ya? Lari dari tanggung jawabkah? Apa solusi yang ditawarkan sicepat?

Rizky Ardias Darmawan
Blora, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:12    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

12 komentar untuk “Paket Kiriman COD SiCepat Rusak, SiCepat Tidak Konsisten Terhadap SOP

  • 3 Juli 2021 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Apa COD-nya bisa dimatikan?kalau bisa lebih baik dimatikan saja, sistem COD sering menimbulkan masalah.
    Kalau dari sisi pembeli biasanya minta dibuka dulu sebelum bayar supaya tidak rugi kalau barang rusak/salah, makanya lebih baik jangan menyediakan sistem cod. Pembeli biasanya menganggap cod seperti beli di toko biasa, minta cek dulu barangnya kalau OK baru bayar, kalau bermasalah tidak akan dibayar.

  • 4 Juli 2021 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Sy uda 4 x ky gt. Stiker frafile cm buat pajangan. Ga guna. Klo minta tanggubg jawab, jawabanny ga proper. Pdhl buble+dus+stiker wajib di klaim.

    • 4 Juli 2021 - (12:56 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah Pak, trs bagaimana Pak?lari dari tanggung jawab juga sicepat/kurir nya?

      • 4 Juli 2021 - (13:37 WIB)
        Permalink

        Kurirny ga tau apa2. CS ny ngeles, banyak alasan. Ditanya dicpengaduan jawabanny segera ditangani doank, sminggu gavkelar2.

    • 4 Juli 2021 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Betul, ga ada gunanya. Itu alasan dibuat2 SiCepat ini la itu la. Kalau ga ada sticker diblgnya ga ada sticker sicepat. Kalau ada sticker diblg packing tdk proper. Kalau ada sricker dan packing proper, dia cari alasan lain lagi sampai akhirnya diam seribu bahasa. Intinya cuma cari celah untuk tidak tanggung jawab.

  • 4 Juli 2021 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Kesalahan sebenarnya emang ada di oknum kurir, baik itu kurir si cepat , JNE, maupun j&t, ya sama aja, kesalahan akan berulang terus kalau tidak ada tindakan tegas dari manajemen terkait.

  • 5 Juli 2021 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Sama seperti gw

    Paket gw kerembesan air di gudang surabaya dan waktu itu saya order charger pertanyaan gw kok bisa paket kerembesan air sedangkan cuaca panas

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Paket Kiriman COD SiCepat Rusak, SiCepat Tidak Konsisten Terhadap SOP…

oleh Rizky dibaca dalam: 1 menit
12