Refund Traveloka Tidak Diterima Penuh

Tanggal 29 Juni 2021 kami membeli tiket rute AAP-CGK-KNO tanggal 4 Juli 2021. Dengan penerapan PPKM Darurat Jawa & Bali akhirnya tiket tsb kami batalkan karena beberapa dokumen tidak bisa dilengkapi dalam waktu dekat.

Pembelian tiket dengan ID Pesanan Traveloka: 706282194 ini sebagian menggunakan Poin Traveloka (bukan GRATIS mereka berikan, transaksi ratusan juta baru dapat reward senilai Rp. 1.290.900, -) dan promo bank tertentu (PD6F1DBS) yang akan ditarik ketika mengajukan refund. Saya mengajukan refund tanggal 3 Juli 2021 dengan alasan force majeure status error dengan keterangan refund tidak dapat diproses.

Saya ulangi lagi mengajukan refund dengan alasan pribadi dengan keterangan error yang sama (bukti masih tersimpan dan saya pernah mengirimkan bukti itu juga ke Traveloka tapi mereka abaikan). Dua kali saya coba namun error terus dan berencana mengajukan lagi sore/malam hari. Rupanya Traveloka ini melakukan CANCEL refund tanpa sepengetahuan saya dan DANA refund tsb telah mereka terima REAL TIME tapi mereka mengatakan refund TIDAK DAPAT DIPROSES.

Sore hari ada PERUBAHAN JADWAL dari maskapai dan otomatis status TIKET DAPAT di-refund FULL karena sore/malam harinya baru mengajukan ulang. Setelah komplain panjang lebar by email dengan Eric, Diana, Wiwin dan Eko satupun tidak ada yang bisa dipertanggungjawabkan omongannya. Terutama Diana yang membantahnya (buktinya masih tersimpan). Mereka hitung sendiri dana refund saya seharusnya terima namun menahannya sebesar Rp. 570.610, – tapi dari poin yang saya gunakan sebesar Rp. 1.290.900, – mereka perhitungkan seolah-olah mereka berikan secara gratis.

Ada 2 bukti yang aku minta namun hingga detik ini mereka tidak berikan tanpa alasan yang jelas. Yang saya minta bukti siapa yang proses CANCEL refund tiket ini padahal sudah jelas (bukti saya ada dengan keterangan error) dan ANEHNYA yang terproses alasan yang kedua (alasan pribadi). Jika mereka tidak cancel refund pagi harinya maka refund ini FULL karena ada perubahan jadwal serta minta bukti klausul tertulis yang menyatakan ketika refund maka poin diperhitungkan sebagai pengurang atau hangus bila refund.

Kedua bukti ini mereka abaikan dengan menyertakan link di website mereka dengan tujuan penjebakan. Di masa sulit ini mereka dengan seenak udelnya melakukan penjebakan. Saya hanya meminta HAK yang seharusnya diterima karena dari maskapai telah mengembalikan dana refund ini. Saya korban oleh perusahaan ini dan tidak pernah menipu mereka. Saya siap mempertanggungjawabkan laporan ini disertai bukti yang saya pegang jika pada akhirnya harus ke pengadilan menyelesaikannya.

Santi Dewi
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Refund Traveloka Tidak Diterima Penuh

  • 15 Juli 2021 - (07:21 WIB)
    Permalink

    Kalau anda mengikuti MK sejak lama, pasti sudah baca pengalaman pahit beberapa rekan. Dan juga beberapa saran dari teman teman, lebih baik beli langsung di maskapai.
    Semoga saja ada solusi terbaik.

  • 15 Juli 2021 - (11:13 WIB)
    Permalink

    buat jadi pembelajaran yang baca aja..
    slama masih PPKM kaya gini mending jgn beli tiket dan hotel dulu kali yah….
    si travelokanya juga gak siap melakukan refund jadi kaya gini…
    si pembeli yang terkatung2….

  • 16 Juli 2021 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth.,
    Ibu Santi Dewi,

    Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka.

    Menanggapi surat terbuka yang Ibu Santi Dewi tujukan kepada Traveloka di MediaKonsumen.com pada 14 Juli 2021, dapat kami sampaikan bahwa Traveloka telah menghubungi Ibu Santi Dewi melalui sambungan telepon dan email guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Ibu Santi Dewi alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Ibu Santi Dewi.

    Demikian pernyataan resmi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    Tim Customer Care Traveloka

    • 16 Juli 2021 - (12:05 WIB)
      Permalink

      Solusinya apa tuh?

      Sudah lama sih emang ga pake Traveloka. Padahal dulu termasuk salah satu loyal customer dan setelah poin rewardnya tidak kompetitif lagi (ada perubahan kalau tidak salah), tidak pernah lagi pesan dari sana. Masih ada aplikasinya di HP saya tapi cuma bandingkan harga, selebihnya tidak.

      Buah tetangga sebelah matang pohon. Selamat tinggal Traveloka.

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Refund Traveloka Tidak Diterima Penuh

oleh Santi Dewi dibaca dalam: 2 menit
4