Pelayanan Buruk BRI

Pada tanggal 23 Juni 2021, saya mengalami GAGAL setor tunai di BRI cabang Sirnabaya. Uang saya sebesar kurang lebih Rp3 juta tertelan masuk mesin. Saat itu juga saya langsung menghubungi call center BRI untuk melaporkan kejadian tersebut. Dari CS BRI pusat saya disuruh menunggu maksimal 15 hari kerja.

Keesokan harinya saya datang kembali ke kantor cabang BRI tersebut untuk kembali melaporkan secara langsung ke CS bahwa saya semalam gagal transaksi. Namun karena saya sudah laporan ke CS pusat melalui call center BRI, CS di bank menyarankan agar saya cukup menunggu proses saja, tidak usah dibuatkan nomer laporan lagi, karena khawatir jika terdapat 2 nomer laporan malah tidak akan diproses. Ok saya ikuti prosedur tersebut.

Namun sampai batas waktu maksimal yang dijanjikan, uang saya belum juga kembali/masuk rekening. Akhirnya pada tanggal 19 Juli 2021 saya kembali menghubungi BRI Call untuk menanyakan proses laporan saya, kenapa uang saya belum juga masuk padahal sudah melebihi batas waktu?

Saat itu kejanggalan mulai terasa. CS BRI pusat menginformasikan bahwa kendalanya karena BRI cabang dimana tempat saya melakukan gagal transaksi belum memberikan data terkait dengan laporan saya. Akhirnya CS BRI pusat menyarankan saya untuk datang k CS Cabang terkait, agar segera mengirimkan data ke pusat.

Kejanggalan muncul kembali, karena ketika saya melaporkan bahwa pihak cabang belum mengirimkan data terkait laporan saya ke pusat, CS cabang malah membuatkan nomer laporan baru, dengan alasan untuk mempercepat proses. Ok saya ikuti. Namun karena merasa ada yang janggal, setelah sampai rumah saya kembali menghubungi BRI call untuk kembali menanyakan laporan saya dengan nomer laporan yang baru.

Ternyata benar dengan nomor laporan yang baru, proses penyelesaian laporan saya kembali dari awal dan tercatat laporan saya terhitung dari tanggal 19 Juli 2021. CS BRI pusat pun menyarankan saya tidak perlu dibuatkan lagi nomer laporan baru, tapi meminta agar CS cabang segera mengirimkan data terkait.

Akhirnya saya kembali lagi ke cabang untuk menyampaikan hal tersebut, kenapa saya dibuatkan lagi nomer pelaporan baru sedangkan hal itu tidak perlu? Di depan CS cabang saya menghubungi BRI Call kembali untuk klarifikasi terkait pelaporan saya. Akhirnya dengan tanggapan CS cabang yang sangat tidak memuaskan (karena telah melakukan hal yang tidak perlu), nomer laporan saya pun melanjutkan nomer pelaporan yang lama. Dia bilang “Data terkait sudah kami kirimkan”. Ok saya tunggu.

Sehari berlalu, tanggal 19  Juli 2021 sampai sore uang saya belum juga masuk. Tanggal 20 Juli 2021 tanggal merah, dan hari ini tanggal 21 Juli 2021 saya kembali menghubungi BRI Call, ternyata jawabannya masih sama, masih proses karena menunggu data dari Cabang BRI terkait.

Nomor laporan: 35558635, kantor cabang BRI SIRNABAYA.

Sungguh miris nasib nasabah BRI jika mengalami hal seperti ini. Padahal uangnya, uang kita. Sebaliknya jika hak BRI (contoh kebetulan rekening yang saya miliki rekening bisnis), jika saldo bulanan rata-rata saya di bawah Rp5 juta, maka otomatis akan terkena biaya penalti Rp50 ribu pada tanggal jatuh tempo dan terpotong otomatis dari saldo, tanpa toleransi. Padahal saldo saya kurang karena uang saya nyangkut di BRI. Sedangkan ketika nasabah uangnya bermasalah, harus menunggu berhari-hari bahkan sampai satu bulan.

Pian Sopian
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Pelayanan Buruk BRI

    • 23 Juli 2021 - (19:40 WIB)
      Permalink

      WOWW…. Kalau keluhan sudah sampai di Media begini,, baru deh pihak yang dikomplai muncul pura2 perhatian.
      TELAT!!!

      • 21 Oktober 2022 - (15:59 WIB)
        Permalink

        Pelayanan BURUK juga saya alami di bank BRI cabang Tual Maluku Tenggara pengajuan KUR 3 bulan lebih tidak proses2 Akhirnya saya tarik kembali berkas saya pun kosong saldo Bank BRI saya buka kbali di Bank Lain

  • 23 Juli 2021 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Perlu serius berbenah dalam hal pelayanan. Sudah banyak keluhan kepada BRI, kasihan yg menjadi nasabahnya. SDM dan IT BRI sangat perlu dirombak dan diperbaiki.

  • 23 Juli 2021 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Saya sampai tarik semua saldo pindah ke bank swasta, sejak sri mulyani mengumumkan akan dikenakan tarif untuk semua aktivitas di atm link.
    Ayolah bersaing dengan bank swasta, masa mau gini² terus. Kalau nasabah kalian kecewa/takut bukan gak mungkin juga semuanya meninggalkan kalian bank BUMN.

    2
    2
  • 5 Agustus 2021 - (15:55 WIB)
    Permalink

    BRI sedang banyak bermasalah, dari mulai program pemerintah bunga rendah utk masyarakata seperti KUR banyak salah sasaran dan pungutan liar pun merajalela. yg terlibat bukan hanya oknum BRI tapi juga sipil sbg calo KUR dan oknum pemerintahan desa. masukan saya harus petinggi BRI menyelesaikan langsung karena kalau kita lapor ke kanwil BRI setempat malah kita pelapor yg disalahkan. itu sebenarnya pengalaman saya melaporkan pihak BRI yg nakal malah saya yg disalahkan dan difitnah gara2 saya melaporkan akhirnya pengajuan dan pencairan program pemerintah kepada masyarakat dipersulit. akhirnya malah saya disalahkan masyarakat gara2 melaporkan pungutan liar pihak oknum BRI.

  • 19 November 2021 - (00:12 WIB)
    Permalink

    saya mengurus uang pensiun (alm) ibu saya yg belum sempat diambil waktu beliau masih hidup,ribetnya luar biasa. persyaratannya aneh2.
    taspen aja lembaga yang paling berwenang soal dana pensiun mengurusnya
    cepat , mudah dan tidak byk syarat.
    SDM nya rendah bisanya ngurus dana UMKM doang.

    • 20 September 2022 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Baru saja dari BRI unit bentoel, karanglo. Malang. Ternyata jam 10 ketika nasabah penuh BRI tidak menerima nasabah lagi disuru kembali jam 12 siang padahal saya lg sakit dan rumah lumayan jauh Apa benar kebijakan BRI kalo nasabah penuh yg berikutnya disuru pulang DULU. Ini saya disuru pulang sama satpam x

  • 25 November 2021 - (14:32 WIB)
    Permalink

    kebijakan untuk kantor BRI pageruyung,, pelayanan tidak mengenakan.. terutama pak satpam…. saya sudah mengantri dari jam 10 sampai jam 2…. mendapat nomor urut 14, sudah sampai nomor urut 13 malah memangil nama orang yang belom dapet nomor antrian… saya di suruh menunggu lagi… orang yang mengantri di oangil sudah banyak lagi… percuma ada nomor antrian,,,, kalo sistemya pangil nama…. ngak ada budaya mengantri sekarang ya… tolong adil lah… jadi males ke kantor bri kalo ngak kepepet ada kebutuhan

  • 1 Desember 2021 - (15:14 WIB)
    Permalink

    bri mengeluarkan kartu brizzi tapi dilapangan banyak oknum bermain dalam memungut biaya pelayanan yang tidak terstandar antara lain,:
    1. beli kartu brizzi dengan harga lebih tinggi dari yang ditentukan dengan modus bekerjasama dengan pihak terkait misal di pelabuhan penyeberangan lab bajo dan sape yang saya ketahui
    2. petugas tidak melayani dengan baik karena tidak membeli produk kartu brizzi yang mereka bawa, dengan sistematis dipaksa mengisi top up dari mereka dengan pungutan rp.5000,- per transaksi, kami mengisi top up kartu brizzi melalui 2 toko online yang berbeda namun saldo tetap nihil ternyata petugas dipelabuhan yg memegang alat EDC bri “sengaja tdk mengaktifasikan kartu saya” sehingga mau tidak mau saya harus mengisi ulang / top up lagi sama mereka petugas di pelabuhan sape, dan dalam struk yg dikeluarkan tidak mencantumkan biaya top up 5 ribu rupiah tapi merepa memungut sendiri. semoga mendapat perhatian serius dari pihak yang terlibat dan semoga tidak menambah rating predikat bank terburuk indonesia, terima kasih

  • 13 Juni 2022 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Bri menutur saya bank yang memepersulit pelayanan. Padahal bank rakyat indonesia tapi memepersulit nasabah orang indonesia sndiri.
    Pelayanannya juga sama cs nya kurang ramah,harus blajar ke bank ” Lain. Tolong berbaiki sistemnya, pelayannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Buruk BRI

oleh Pian dibaca dalam: 2 menit
13