Kecewa dengan Proses Penanganan Klaim Asuransi Tokopedia dan Tokio Marine

Kepada Tokopedia, JNE, dan Tokio Marine.

Saya penjual di Tokopedia, saya menerima pesanan 1 unit iPhone 13 128GB Pink Second/Bekas pada tanggal 3 Maret 2024, 20:43 WIB yang kemudian saya proses dan kirimkan keesokan harinya pada tanggal 4 Maret 2024, 19:10 WIB.

Nomor Invoice: INV/20240303/MPL/3772934112
Nomor Resi: TLJR3D2CJEYN2MKU

Paket sampai ke alamat pembeli tanggal 7 Maret 2024, 09:47 WIB. Lalu tidak berselang lama pembeli komplain pada 7 Maret 2024, 10:41 WIB. Dengan alasan paket yang diterima pembeli tidak sesuai dan berganti dengan air mineral.

Saya shock dengan hal itu dan langsung merespon komplain dari pembeli dengan bukti foto/video saat saya packing paket sebelum dikirimkan.

1. Bukti video packing penjual:

https://drive.google.com/file/d/1BEPk8fb28V7BNaLDVccUqAkkLOQOG3Kg/view?usp=drivesdk

2. Bukti video unboxing pembeli (untuk privasi pembeli, tautan lengkap hanya untuk redaksi. Berikut tangkapan layar dari video unboxing tsb – red):

 

Investigasi berjalan hingga keluar keputusan dari Tokopedia dan JNE pada tanggal 23 Maret 2024, di mana kendala ini mengalami penolakan dari pihak JNE dengan solusi penerusan saldo penghasilan penjual.

Namun keputusan Tokopedia berubah ditangguhkan pada tanggal 24 Maret 2024. Tokopedia sampaikan bahwa akan melakukan investigasi ulang ke pihak JNE.

Tidak berselang lama di hari yang sama Admin Resolusi Tokopedia dan TANYA (Virtual Assistant) meng-update keputusan bahwa pihak kurir JNE menyatakan bisa melanjutkan proses klaim barang hilangnya ke pihak Asuransi.

Dari tanggal 24 Maret sampai saat ini saya membuat tulisan 6 April 2024, proses klaim yang dilakukan pihak Asuransi Tokio Marine belum juga selesai.

Pada tanggal 2 April lalu saya mendapatkan informasi dari pembeli bahwa pihak Asuransi melakukan kunjungan dan informasi dari pertemuannya adalah pihak Asuransi Tokio Marine masih mendalami proses rentetan peristiwa hilangnya paket tersebut. Dan jika hal ini adalah kesalahan pihak JNE maka saya tidak tahu apakah pihak Asuransi Tokio Marine dan JNE akan saling lempar tanggung jawab?

Jujur saya sangat kecewa dengan proses penanganan klaim baik dari pihak Asuransi Tokio Marine, JNE maupun Tokopedia, 17 hari investigasi antara Tokopedia dan JNE ditambah 13 hari proses klaim dari pihak Asuransi masih belum juga ada kejelasan.

Kekecewaan saya makin menjadi kala customer service Tokopedia tidak merespon chat saya selama 3 hari dan Admin Resolusi TokopediaCare tidak merespon chat saya dan pembeli di Pusat Resolusi selama 6 hari.

Pihak Asuransi juga sama, saya beberapa kali menghubungi CS Tokio Marine melalui sambungan telepon untuk meminta follow up dan update perkembangannya. CS Tokio Marine infokan akan memberikan update perkembangan melalui email namun sampai surat ini dibuat saya tidak menerima 1 email-pun dari pihak Tokio Marine.

Saya rugi waktu dan tenaga dan dana. Bayangkan untuk 1x telepon panggilan itu bisa menghabiskan pulsa 15-20 ribu, ini benar-benar merugikan saya dengan respon pihak Asuransi yang terkesan terlalu santai.

Dengan surat ini besar harapan saya kepada semua pihak terkait baik Tokopedia, Tokio Marine, dan JNE. Untuk bekerja dan berkoordinasi secara maksimal, agar kendala saya dan pembeli dapat selesai sesegera mungkin.

Malasari
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Kecewa dengan Proses Penanganan Klaim Asuransi Tokopedia dan Tokio Marine

  • 8 April 2024 - (15:46 WIB)
    Permalink

    Sama kita nasibnya sy 1 bulan TDK ada kejelasannya klaim nominal sekitar hampir 2jt yg bikin heran klaim tp TDK ada batas estimasinya sehingga penjual TDK perlu berlama2 untuk menunggu dan menanyakan meresahkan ini

    • 9 April 2024 - (09:40 WIB)
      Permalink

      Iya kak proses klaim di Tokopedia memang tidak jelas, CS Tokopedia juga tidak membantu. Disaat proses sudah masuk tahap klaim.

      CS Tokopedia seakan acuh tak acuh dalam merespon chat saya maupun pembeli, kesannnya kita diarahkan langsung untuk berkomunikasi dengan pihak Asuransi jika ingin tahu update info terbaru.

  • 8 April 2024 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Padahal kamu kl barang diatas 2jt itu mending pake kurir premium. Invoicenya baru pakr kurir coro.
    Km jual apple phone kan? Sy jual product mac dan tembus di angka 194jt/unit.

    Gak berani ambil resiko pakai kurir gituan, maka sy pakai premium harga 3-4 lipet/kg gpp asal ada jaminan keamanan brg.

    Pokonya pake kurir made in bule mah dijamin aman

    1
    32
      • 9 April 2024 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Halo Kak Putra, kalau yg Kak Dhan maksud adalah kurir FedEx, DHL dll

        Itu juga kurir biasa, bedanya hanya dicakupan pengirimannya yg global dengan destinasi antar negara yg lebih banyak dan di Tokopedia tidak tersedia kurir tsb

        • 19 April 2024 - (17:43 WIB)
          Permalink

          Hampir Sama kejadian nya seperti yang saya alami sekarang, ketika saya beli hape di tokopedia tapi hape nya rusak…ketika saya komplain dan di terima komplainan saya terus langsung saya kirim hape nya lewat JNE, tanggal 21 maret saya kirim tanggal 22 sudah sampe dan ketika seller unboxing ternyata isi nya harddisk bukan hape, tapi sayang nya saya tidak ada video pengemasan jadi pihak JNE tidak bisa melakukan proses klaim ke tokopedia dengan alasan tidak ada video pengemasan dan paket telah diterima dalam keadaan baik padahal seller juga udah komplain ke kurir kalo paket nya gak rapi/meleat meleot, padahal semua bukti dan dokumen yang di minta oleh pihak JNE sudah saya serahkan semua…mulai dr tokopedia minta bukti cctv dari agen jne waktu penyerahan barang ternyata cctv nya rusak/mati, saya lapor ke cs jne cabang cimone saya di suruh minta surat pernyataan bermaterai dari agen kalo cctv di agen memang mati, itu juga sudah saya lakukan berikut foto paket ketika masih di agen, menurut saya ekspedisi nya yang gak mau terima resiko

    • 9 April 2024 - (09:43 WIB)
      Permalink

      Halo Kak Dhan, saya tidak mengerti dengan kurir premium yg dimaksud.

      Selama ini saya hanya mengaktifkan kurir JNE (Program Free Ongkir) untuk menarik pembeli dan juga kurir JNT/Lion Parcel dan Wahana.

      Saya memberikan semua opsi kurir terbaik yg tersedia dari lokasi pengiriman saya.

  • 15 April 2024 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Update : Senin, 15 April 2024

    Dari waktu surat ini diterbitkan sampai saat ini, belum ada perkembangan baik dari pihak Tokopedia maupun Asuransi Tokio Marine.

    Customer Service Tokopedia di Pusat Resolusi belum merespon chat saya di forum diskusi sejak 10 April 2024 sampai sekarang.

    Tolong untuk pihak terkait agar segera bekerja secara maksimal untuk menyelesaikan proses klaim yg sudah 3 minggu lebih belum juga selesai.

      • 17 April 2024 - (10:32 WIB)
        Permalink

        Spam terus kak CS Tokopedia Care, kalau tidak mereka kerjanya akan lamban sekali dan cenderung slow dalam merespon.

          • 17 April 2024 - (10:40 WIB)
            Permalink

            Saya hampir setiap hari spam chat melalui Tokopedia, X atau Facebook tapi sudah 1 minggu Tokopedia Care tidak merespon chat saya.

  • 17 April 2024 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Update : Rabu, 17 April 2024

    Pagi hari ini pukul 10.03 saya menghubungi CS Asuransi Tokio Marine dengan nomor berikut “021 5725772”

    Saya terhubung dengan CS umum, saya meminta dihubungkan dengan bagian klaim seperti biasanya, namun CS tsb tidak mau menhubungkan. Dengan alasan jawaban dari pertanyaan saya masih sama dengan telepon sebelumnya.

    Ini sangat mengecewakan, CS Tokio Marine seakan ogah-ogahan dalam menangani komplain dari pelanggan.
    Tokio Marine juga sampai sekarang belum mengirimkan saya email update informasi sama sekali.

    CS Tokopedia Care juga tidak kooperatif, sejak tanggal 10 April sampai sekarang belum juga menanggapi chat saya dengan pembeli, CS Tokopedia Care benar-benar menunjukan pelayanan yg buruk dalam menghandle komplain.

  • 22 April 2024 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Update : Senin, 22 April 2024

    Sampai saat ini tidak ada perkembangan proses klaim baik dari pihak Tokopedia maupun Asuransi “Tokio Marine”

    Saya sudah berulang kali mencoba menghubungi CS Tokio Marine bagian “Klaim”, namun saya hanya bisa terhubung dengan CS Front Office karena CS bagian klaim menolak menerima telepon dari saya dengan alasan kalau jawaban dari pertanyaan saya masih sama dengab yg kemarin-kemarin.

    Tokopedia juga sama sejak tanggal 10 April 2024 sampai sekarang belum memberikan respon baik kepada saya maupun pembeli, CS Tokopedia Care menghilang begitu saja selama 12 hari, benar-benar tidak profesional.

    Saya sangat kecewa dengan proses penanganan klaim baik di Tokopedia maupun Asuransi.

    Proses klaimnya tidak transparan dan tidak diberikan estimasi waktu kapan selesainya, padahal ini sudah 28 hari berjalan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Proses Penanganan Klaim Asuransi Tokopedia dan Tokio Mar…

oleh Malalau dibaca dalam: 2 menit
15