Akun Shopee Diblokir Hanya Karena Foto Profil dengan Logo Shopee

Saya merasa aneh sekali dengan manajemen Shopee, yang menerapkan kebijakan pemblokiran akun hanya dikarenakan foto profil menggunakan logo Shopee. Padahal nama yang ada di akun Shopee saya adalah nama saya pribadi, bukan atas nama yang mengandung kata-kata Shopee.

Padahal logo Shopee yang saya kenakan di foto profil akun Shopee saya tersebut, sudah dari awal saya memiliki akun Shopee (sudah bertahun-tahun lamanya), tidak pernah saya gonta-ganti foto profilnya. Baru kali ini akun saya diblokir hanya karena alasan sepele seperti itu. Sekarang masa iya foto profil akun Shopee saya, harus saya ganti dengan foto logo kompetitor Shopee?

Saya ingin mendapatkan klarifikasi langsung dari Shopee (pihak yang benar-benar berkompeten dalam hal ini).

Hendri Tjahjadi
Tangerang, Banten


Update (6 September 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut yang cepat dari pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:9    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Akun Shopee Diblokir Hanya Karena Foto Profil dengan Logo Shopee

    • 6 September 2021 - (09:23 WIB)
      Permalink

      Iya bener gan… Mungkin bngt sih gan…. tp kan heran aja dgn management shopee: blm ada peringatan agar user hrs segera ganti foto profil krn melanggar ketentuan, malah main blokir akun saya. Yg saya tdk hbs fikirnya: akun saya ini kan foto profilnya memang sdh dr awal sy pakai itu (memang tdk pernah sy update/gonta-ganti fotonya). Ini bagaimana kalau di user id yg terblokir tsb ada saldo shopeepay nya ya gan… bisa hangus bak ditelan bumi 😁😁

      1
      9
      • 7 September 2021 - (00:55 WIB)
        Permalink

        Mendingan di batasi mas, dari pada di lanjut ke pengadilan karena mas bisa di tuntut pelanggaran hak paten, dan bisa terindikasi akun penipu juga.

  • 6 September 2021 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas informasinya Pak Hendri.
    Tim Customer Service kami telah menghubungi Bapak untuk menyelesaikan kendala yang ada, serta menjelaskan lebih lanjut mengenai mengenai kebijakan logo toko sesuai dengan aturan yang ada di: https://seller.shopee.co.id/edu/article/7344

    Jika ada hal lain yang dapat kami bantu, silakan menghubungi Customer Service di 150072, email di support@shopee.co.id, atau chat melalui aplikasi. Terima kasih atas kepercayaan Bapak kepada kami.

    7
    1
  • 6 September 2021 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Iyalah Mas, itu sudah melanggar hak cipta.

    Ada logo itu sudah lama, tidak bisa juga ada pembeneran. Mungkin saja pihak Shopee blm notice selama ini dan baru tahu belakangan ini.

    Dari pada berurusan dengan hukum, mendingan diblokir.

    5
    1
  • 6 September 2021 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Ya… Lagian pake photo profil Shopee… Gak bisa apa yaa.. Pake photo yg lain kek. Setiap LOGO atau GAMBAR.. Itu ada HAK PATENT/INTELEKTUAL yg harus di mengerti atau dipahami oleh si pemilik akun yg di blokir oleh Shopee. Pelajaran yaa.

    • 6 September 2021 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Apakah tau tentang UU hak cipta??
      Lagian di hp gak ada gambar lain?? Atau bisa juga di kosongin, atau emang niatnya cari sensasi??

      • 7 September 2021 - (11:57 WIB)
        Permalink

        “Baru kali ini akun saya diblokir hanya karena alasan sepele seperti itu. Sekarang masa iya foto profil akun Shopee saya, harus saya ganti dengan foto logo kompetitor Shopee?”

        Itu bukan alasan sepele, kamu sudah menggunakan logo tanpa izin. Logo yg digunakan rentan disalahgunakan. Emg gak ada foto lain selain logo ecomerce?

        Lain kali baca dulu lah aturannya sebelum post di media konsumen.

  • 7 September 2021 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Jelas lah di blokir karena sudah melakukan pelanggaran itu. Minta di notice dulu sama shopee ? Dalam aturan pihak shopee berhak langsung melakukan blokir tanpa notice dulu gan di krn kan takut nya itu adalah penipu yg mengatasnamakan pihak shopee. Jgn kan shopee, di e-commerce lain ataupun app lain kalo make logo mereka biasa nya bakalan di blokir

  • 7 September 2021 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Ngakak bacanya…
    Udah syukur tong lu kagak di pidanakan, udah pakai hak paten orang lain…
    Makanya jangan malas baca ya tong…😁😁

  • 7 September 2021 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Duh, udah salah pake logo Shopee untuk foto profile masih komplain di MK? Justru menunjukkan Anda tidak memiliki etik dalam bisnis. Pembajakan logo bukan hal sepele, jangan dianggap remeh. Apa Anda mau foto Anda dipake orang lain?

    Kalau anda mau pake logo kompetitor Shopee silahkan saja, tapi resikonya Anda bisa dituntut oleh pemilik logo lho. Banyak penipuan yang menggunakan logo Shopee, sehingga banyak korban berjatuhan karena percaya pada logo. Logo perusahaan itu punya hak cipta, hak intelektual, tidak boleh sembarangan dipake orang lain.

    Seharusnya Anda meminta maaf telah menggunakan logo secara ilegal, bukannya komplain dan pembenaran diri. Itu aja gak paham, bagaimana Anda bisa punya akun digital?

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Diblokir Hanya Karena Foto Profil dengan Logo Shopee

oleh HENDRI TJAHJADI dibaca dalam: 1 menit
16