Cicilan Shopee SPinjam Sudah Dibayar, tapi Muncul Tagihan Baru di Bulan yang Sama

Saya nasabah Shopee SPinjam, dengan akun Shopee: almashita20. Di sini saya mengajukan komplain mengenai tagihan cicilan Shopee SPinjam (dua tagihan dan tenor 3 bulan semua) sebesar Rp575.027 yang jatuh tempo tanggal 5 September 2021. Tagihan cicilan tersebut sudah saya lunasi full payment, pada tanggal 4 September 2021.

Namun kenapa muncul tagihan baru, yang jatuh tempo pada tanggal 5 September 2021 pukul 9 pagi, sebesar Rp383.352? Seharusnya pada tanggal tersebut saya tidak ada tagihan, karena sudah saya bayarkan tagihan bulan ini.

Setelah saya perhatikan, bahwa pihak Shopee SPinjam ada kesalahan input pada tagihan. Seharusnya, total tagihan tersebut sebesar Rp575.027 itu untuk pembayaran cicilan ke-3 dari pinjaman pertama saya (sebesar Rp1.000.000) dan cicilan ke-1 pinjaman kedua saya (sebesar Rp500.000). Sehingga seharusnya pinjaman saya yang pertama sudah lunas dan pinjaman kedua saya seharusnya akan lunas pada tanggal 5 November 2021. Akan tetapi pinjaman saya yang kedua malah terlunasi semua.

Mohon dikoreksi lagi input data pembayaran saya pada tanggal 4 September 2021 sebesar Rp575.027, yang seharusnya untuk tagihan cicilan dua pinjaman Shopee SPinjam. Bagaimana bisa muncul 2 tagihan di bulan yang sama?

Mohon segera tanggapi keluhan saya. Masalah ini sudah saya sampaikan ke pihak Shopee, dengan nomor pelaporan 208099311. Saat ini sudah ada denda pada tanggal 5 September 2021, karena kesalahan input tersebut dan sangat merugikan saya. Setelah beberapa menit saya mengadu ke pihak Shopee, denda sudah masuk.

Bahkan tagihan pinjaman saya yang ketiga (total pinjaman Rp500.000, tenor 3 bulan dari bulan Oktober-Desember), cicilan pertama sebesar Rp191.676  yang seharusnya jatuh tempo tanggal 5 Oktober 2021, jadi ditambahkan di tanggal 5 September 2021.

Berikut saya lampirkan bukti data. Jika masalah ini tidak diselesaikan dengan baik, maka saya akan blow up masalah ini ke media dan melaporkan ke OJK. Jika tidak ada titik terang, saya akan datang ke kantor Shopee, sampai saya dapat keadilan. Karena saya selama ini tidak pernah terlambat membayar, bahkan selalu membayar Shopee SPinjam atau Shopee SPayLater sebelum jatuh tempo.

Mohon untuk pembaca untuk tidak men-judge saya berhutang, karena saya merasa mampu untuk membayar dan bertanggung jawab atas hutang saya, dengan membayar tepat waktu. Saya berhutang karena memang sangat butuh untuk menutupi kebutuhan hidup, karena gaji suami saya dipotong selama pandemi. Saya tidak ingin membebani keluarga atau teman. Hal ini terjadi bukan karena saya tidak bayar hutang, tapi karena kesalahan atau bahkan kesengajaan Shopee untuk memeras saya melalui denda yang seharusnya tidak saya bayar. Terima kasih.

Aas Aisyah
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPinjam:
[Total:47    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Cicilan Shopee SPinjam Sudah Dibayar, tapi Muncul Tagihan Baru di Bulan yang Sama

    • 6 September 2021 - (19:48 WIB)
      Permalink

      Makasih sudah mengingatkan. Saya punya pinjaman karena betul-betul untuk kebutuhan yang mendesak. Dimana keluarga dan teman saya tidak bisa membantu dan saya maklumi karena semua terdampak pandemi ini

      • 7 September 2021 - (07:10 WIB)
        Permalink

        System rentenir dipinjam shopee
        Ternyata lebih bagus system’ rentenir
        Kampung alias bank ucek ucek
        Sama sama rentenir
        Lintah darat

        1
        3
    • 6 September 2021 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Saya sudah dapat balasan dari pihak shopee katanya saya yang salah membayar 1 cicilan dengan langsung di lunasi. Pihak shopee mencantumkan nomor pinjaman tapi yang d cantumkan adalah nomor pinjaman saya yg baru saya cairkan setelah saya membayar yang Rp575.027 dimana seharusnya nomor pinjaman yg tercantum baru mulai di cicil di bulan Oktober. Entahlah ini murni salah input atau apa. Balasan shopee pun menambah kebingungan saya

  • 6 September 2021 - (20:45 WIB)
    Permalink

    Selamat malam. Untuk permasalahan saya dan pihak shopee sudah menemui titik terang. Barusan saya telah di hubungi pihak shopee dan telah menyelesaikan permasalah ini yang mana hanya miss komunikasi. Dengan ini saya menyatakan masalah tersebut sudah selesai dengan baik. Terimakasih

    12
    1
  • 7 September 2021 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Jika terpaksa pinjam, lebih baik ambil KUR aja di BANK2 Pemerintah, cicilannya sangat ringan. Memang kalau pinjam KUR itu butuh proses beberapa hari, tapi bunganya tidak akan mencekik. Saya doakan semoga anda dan semua pembaca tidak perlu melakukan pinjaman.

    4
    1
    • 7 September 2021 - (22:36 WIB)
      Permalink

      KUR itu kan untuk kredit usaha bukan untuk keperluan konsumtif, kalo gak punya usaha ya gak bakalan di acc sama banknya

  • 10 September 2021 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Bagus kalo sudah selesai masalahnya,..mungkin sistem shopee lagi error,..semoga cepat selesai angsurannya dan ekonomi kita cepat pulih…

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPinjam?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Cicilan Shopee SPinjam Sudah Dibayar, tapi Muncul Tagihan Baru di Bula…

oleh Asiyah Asiyah dibaca dalam: 2 menit
11