Tokopedia Menyediakan Opsi Layanan Kurir yang Tidak Tersedia Sehingga Merugikan Seller

Saya mendapatkan orderan pada tanggal 7 Oktober 2021, dengan nomor invoice: INV/20211007/MPL/1650967642. Customer memilih JNE OKE untuk pengirimannya. Keesokan harinya saya drop off di JNE.

Ketika sampai rumah, saya cek resi fisik dan data di aplikasi seller Tokopedia saya, ternyata ada perubahan dari JNE OKE ke REG. Padahal tadi pas di counter JNE, saya hanya memberikan paket dengan nomor resi otomatis yang tertera di aplikasi Tokopedia, tanpa mengubah apapun.

Hari itu juga saya tanyakan ke pihak CS Tokopedia, dan dijawab akan di-follow up ke pihak ekspedisi. Pada tanggal 10 Oktober 2021, pesanan tersebut selesai dengan adanya pemotongan saldo penjual dikarenakan perubahan tsb.

Saya tanyakan kembali ke pihak CS Tokopedia, dan jawabannya adalah karena untuk wilayah Gresik tidak ada layanan JNE OKE, adanya yang JNE REG. Pertanyaannya, kenapa kalau tidak ada layanan JNE OKE customer tetap bisa memilih layanan tersebut di aplikasi? Hal ini sangat merugikan pihak saya selaku seller.

Nur Aini Tethawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Tokopedia Menyediakan Opsi Layanan Kurir yang Tidak Tersedia Sehingga Merugikan Seller

  • 13 Oktober 2021 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Ini biasanya karena update sistemnya JNE dan Tokpedia tidak sama, biasa sebenarnya..

    kalau saya pernahnya TIKI… di alamat pembeli itu, wilayah kirimnya sudah di “close” oleh TIKI jadi bisanya ke kotanya, dan tidak bisa masuk ke pelosok..

    tapi entah kenapa masih bisa dipilih oleh Toketdia.. karena saya pernah jadi agen tiki, maklum hal ini, karena utk beberapa wilayah memang ada update jika wilayah nya “close” karena jarang ada pengiriman

    biasanya saya chat buyernya, utk membatalkan dan mengulang ordernya, dan sepertinya kalau kasusnya OKE ke REG.. ya sudahlah tidak apa2,, anggap aja sedekah..

    semoga membantu… 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Menyediakan Opsi Layanan Kurir yang Tidak Tersedia Sehingga …

oleh Tetha dibaca dalam: 1 menit
1