Saldo ShopeePay Hilang Setelah Top Up di Indomaret

Rabu, 6 Oktober 2021, pukul 06.50 WIB, saya melakukan pengisian saldo ShopeePay di Indomaret. Pada saat itu, tiba-tiba mesin kasir error dan struk tidak keluar, tetapi saldo sudah masuk ke akun saya. Karena saya sedang terburu-buru, saya langsung bayar saja ke kasir dan menunjukkan bukti kalau saldonya sudah masuk akun saya.

Bukti Saldo Masuk
(Bukti saldo masuk)

Kamis, 7 Oktober 2021 pukul 18.47 WIB, tiba-tiba ada pemberitahuan dari Shopee yang menunjukkan kalau saldo ShopeePay saya dipotong, dengan keterangan penyesuaian saldo Shopee Pay.

Bukti pemotongan saldo
(Bukti Pemotongan Saldo)

Jumat, 8 0ktober 2021 pagi hari, saya ke Indomaret tempat saya melakukan pengisian ShopeePay, untuk menanyakan apa yang terjadi, dengan menunjukan bukti pemotongan saldo. Namun saya disuruh menemui kasir yang bersangkutan. Hari itu saya tiga kali ke Indomaret, tapi hasilnya nihil.

Saya coba chat CS Shopee dan mereka minta bukti pembayaran, sementara saya tidak punya karena kejadian error. Malam harinya kasir tersebut memberi kabar kalau bukti pembayarannya ditemukan dan langsung saya lampirkan semuanya ke pihak Shopee.

Sabtu, 9 Oktober 2021, saya dapat email dari pihak Shopee yang isinya transaksi tersebut belum terverfikasi oleh pihak Indomaret. Saya kembali hubungi pihak Indomaret dan pihak mereka meng-klaim kalau transaksi sudah sukses, sudah tidak ada lagi keterkaitannya dengan pihak Indomaret dan masalahnya tinggal dengan pihak Shopee.

Sampai hari ini pihak Shopee masih belum memberikan kejelasan terkait masalah ini. Mohon pihak-pihak yang terkait diatas agar membantu mengembalikan saldo saya, karena saya butuh saldo tersebut untuk jualan. Mohon untuk segera ditindaklanjuti.

Terima kasih.

Saepul Abdul Rahman
Kab. Cianjur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Pay:
[Total:75    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Saldo ShopeePay Hilang Setelah Top Up di Indomaret

  • 13 Oktober 2021 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Wah repot itu, makanya saya itu kl ke indomaret atau alfamart paling2 ya ambil uang di atm. Kl belanja ke supermarket lokal harga jauh lebih murah dan sama2 bayar pajak. Apalagi urusan bayar membayar, top up dll, mending transfer lewat atm lebih jelas. Kl seperti ini satu2 jalan ya minta tanggung jawab indomaret.

    5
    1
  • 13 Oktober 2021 - (10:44 WIB)
    Permalink

    @Saepul

    Kok isi shopeepay pak.?

    Ya biar belanjanya ada Cashback nya. Biar belanja bisa lebih murah.

    Pak pak, kayak gak tau aja. ShopeePay itu Dompet DigitaL, ya memang semua dompet digital menawarkan Cashback. Cashback Dompet Digital tuh Riba’ pak, Haram.

    Jangan jadi orang yang pura pura tidak tahu. Miskin miskin aja tapi jangan miskin iman.

    1
    36
    • 13 Oktober 2021 - (12:28 WIB)
      Permalink

      cash back haram??aduh bahaya nih!! klau voucher gimana bang isdebest…?? soalnya saya keseringan dikasih voucher sama lazada.. please deh kasih pencerahannya!!?!??

      • 14 Oktober 2021 - (10:42 WIB)
        Permalink

        Cashback sebenarnya tidak haram, tapi ketika yang ngasih cashback adalah Dompet digital, cashback menjadi haram.

        Dompet digital (OVO, DANA, ShopeePay, GoPay, LinkAja, Jenius, dan banyak lagi) memberi anda Cashback sebagai rangsangan agar anda melakukan Top UP.

        1. TOP UP.

        Top Up adalah tabungan kelompok yang berisi saldo Triliunan rupiah, tersimpan di Bank, dan terus menghasilkan bunga. Yang nantinya bunga itu di ubah nama menjadi cashback agar bisa dinikmati setiap yang Top Up itu.

        anda Top UP 50 ribu saja, di kali banyaknya jumlah pengguna Dompet digital itu, seumpama dompet digital DANA ada 60 Juta orang.

        50.000 x 60.000.000 = 3 Triliun

        Duit 3 Triliun itu tersimpan di Bank atas nama 1 orang/nama 1 perusahaan bukan atas nama 60 juta orang itu.

        Bank menganggap itu tabungan milik 1 orang. 1 orang dengan tabungan 3 Triliun, berapa bunga yang didapat. Bunga itulah yang akan diberikan kepada ada semua para penikmat Dompet Digital.

        2. Top UP sebagai penyemangat agar anda rajin Top UP.

        Ada uang masuk dan keluar. Agar tabungan di bank selalu stabil diatas 3 Triliun, maka anda diminta untuk Top UP.

        3. Bank Tidak Kuat membayar Bunga untuk Dompet Digital

        Bank membatasi dompet digital menyimpan uang di tempat mereka.

        Bank berkata :

        “Jangan banyak banyak woi naruh duit disini, kami gak kuat bayarin bunganya”

        Makanya, Dompet digital membatasi Maksimal Top UP ada yang cuma sampai 2 juta saja.

        2.000.000 x 60.000.000 = 180 Triliun

        Istilahnya bank cuma mampu membayar bunga untuk tabungan maksimal 180 Triliun aja.

        Untuk yang maksimal Top Up sampai 10 juta, pengguna ini memiliki tempat khusus, duit mereka tidak tergabung dengan 60 juta pengguna itu. Ada istilah akun premium atau akun gold. Mereka jumlahnya harus sedikit, tidak boleh banyak. Kalau banyak ya tidak ada bank yang sanggup membayar bunga itu.

        Mengenai Voucher Lazada yang sering anda terima itu. Coba anda pikir lagi, karena apa Lazada memberikan Voucher itu.?

        Apakah itu dikarenaan anda rajin Top Up atau bukan. Apakah itu karena anda rajin menggunakan Dompet Digital atau bukan.

        Pemberian Cashback oleh Dompet Digital adalah stimulasi agar anda melakukan sesuatu.

        Apakah sesuatu itu, ya Top UP.

        1
        6
    • 14 Oktober 2021 - (14:00 WIB)
      Permalink

      aowokojokokwokk..
      kasian betul hidupnya.. apa2 riba..
      lagian komentarmu ga membantu TS yg sedang kesusahan..
      melihat komenmu malah makin pusing dia..
      aokwokowkowkk

      • 15 Oktober 2021 - (05:38 WIB)
        Permalink

        Terimakasih untuk semua pihak yang membantu. Permasalahan telah selesai dengan pengembalian dana dari pihak Indomaret. Terimakasih.

    • 15 Oktober 2021 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Waduh pak lek…bukan riba ngk nya lho pak lek..seharus nya anda lebih peka tentang topik yg lagi di bahas bukan ngelantur kesana sini lho pak.

  • 13 Oktober 2021 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya hubungi shopee terlebih dahulu dan minta bukti adjustment karena adalah hak konsumen utk menerima bukti transaksi pemotongan tsb. Dari bukti pemotongan tsb dapat diketahui instruksi dari siapa pemotongan, apakah dari pihak indomaret? Jika dari pihak Indomaret, berbekal dari bukti yg diberikan shopee, bisa hubungi indomaret utk mengklaim uang tsb. Jika shopee tidak bisa memberikan bukti transaksi yg valid permintaan dari indomaret dan sesuka shopee saja memotongnya maka bisa hubungi melalui email CS nya shopee dan minta dikembalikan dana tsb. Moga berhasil ya.

    • 13 Oktober 2021 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Cerdas nih, shope tidak bisa mengambil saldo secara paksa tanpa ada nya komplain dari si pengirim saldo

    • 15 Oktober 2021 - (06:02 WIB)
      Permalink

      Halo gan. Alhamdulillah permasalahannya sudah selesai dengan pengembalian dana dari pihak indomaret. Dan memang prosesnya saja yang memakan waktu.

  • 13 Oktober 2021 - (10:49 WIB)
    Permalink

    jadi takut Topup shopepay masa bisa ditarik lagi gimana kalo kejadiannya habis Topup struk dibuang terus beberapa hari kemudian saldo ditarik lagi dan diminta bukti struknya ? Mana ada orang menyimpan struk kalo saldo dah masuk ya biasa dibuang kan. Padahal masalah ada disistem Indomart & shope tapi pelanggan yang kena imbas, terus uang Topup diambil karyawan indomart gitu ?

    2
    1
    • 13 Oktober 2021 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Kenapa pulak top up shopeepay bray.?
      Kalo belanja di shopee belanja aja langsung. Masukan keranjang dan checkout, bayar di Indomaret, nanti bergetar tuh hp.

      Juga bagi pengguna Gojek, itu anda yang sering Top Up GoPay itu ya, anda gendut oleh Cashback Riba’.
      Ngapain isi isi Gopay bayar langsung aja bisa.

      Negeri sudah di kelilingi perbuatan Haram dimana mana, makanya banyak kejadian luar biasa. Jangan heran deh.

      1
      13
    • 15 Oktober 2021 - (06:00 WIB)
      Permalink

      Halo pak. Permasalahan sudah selesai kok pak. Dana sudah dikembalikan. Cuman emang prosesnya yang memakan waktu.

  • 13 Oktober 2021 - (12:19 WIB)
    Permalink

    ini persih seperti kejadian yg saya alami mengirim uang via wesel instan dikantor pos.. tapi selesai mesin nya eror.. struknya tak keluar..sudah menunggu cukup lama akhirnya keluar..tapi yg dkirimkan uang tidak bisa membuka pin nya..saya kembali ke kantor pos besok nya pas dicoba pin nya memang gak bisa dibuka…kantor pos bisa mengatasi permasalahan ini.. 14 hari kerja..sedangkan yg dikirimin uang butuh dana mendesak….sya kirim instan kok ..tapi kenapa klau ada troble kita harus menunggu 14 hari kerja.. akhirnya saya protes habis2an..akhirnya pak pos mau menalangi uang saya yg tertahan.. itulah konsumen dingri kita terlalu lemah..dan kadang tampa solusi dipihak yg bersangkutan…seharus si indomaret sama si shophie sama2 melacak kemana uang itu nyangkutnya.. seperti sikantor pos yg bersedia mengurus uang yg tertahan..jgn lempar sana lempar sini..

    • 15 Oktober 2021 - (05:59 WIB)
      Permalink

      Halo gan. Permasalahan saya sudah selesai. Pihak shopee sudah ngasih penjelasan yang memang membutuhkan waktu yang agak lama. Tapi semua sudah selesai dengan pengembalian dana dari pihak indomaret.

      • 15 Oktober 2021 - (08:02 WIB)
        Permalink

        Jadi yang salah dari sistem shope apa karyawan indomart ya bisa sampe ditarik lagi dana ?

  • 13 Oktober 2021 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Sore pa,
    Saya juga mengalami seperti yg bp alami top up shopee pay via indomaret saya lakukan pd tgl 06.10.2021 jam 06.18 sebesar Rp.170.000,- top up berhasil masuk ke saldo shopeepay. Tapi saya kaget pada tgl 07.10.2021 jam 18.47 ada notifikasi penyesuain wallet shopee pay saya dipotong langsung oleh pihak shopee. Saya sdh bolak balik ke indomaret dinyatakan sukses berhasil & saldo sdh masuk.
    Saya sdh menghubungi pihak shopee by email & chat tp s/d skarang dana tsb blm kembali.
    Masih menunggu kabar, nanti akan diberi kabar selanjutnya dari team terkait shopee.
    Tapi entah sampai kapan.

    • 15 Oktober 2021 - (05:55 WIB)
      Permalink

      Halo pak.
      Permasalahan saya alhamdulillah sudah selesai. Dengan pengembalian dana dari pihak indomaret. Terus hubungi CS terkait pak. Semoga uang bapak kembali. Semangat

  • 13 Oktober 2021 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Tanggal 5 Oktober kemarin saya juga gini nih, cuman saya protes terus sama pihak shopee dan alfamart, aku hubungin trs mereka, dan aku juga sempet minta tolong sama kasir biar follow up ke atasan buat bantu. Karena yah di pihak shopee emang suruh nunggu2 doang. Itu kejadian hampir 3 hari uang aku baru balik. Semoga uangnya cepet balik yah gan. Semangat!!

    • 15 Oktober 2021 - (05:41 WIB)
      Permalink

      Nggak kapok kok. Ini emang kejadiannya pas sistem indomaretnya lagi eror. Sudah dikembalikan juga dana nya.

      • 15 Oktober 2021 - (10:24 WIB)
        Permalink

        Pa saeful,
        Konfirmasi dr shopee nya bgmn?
        Trus dari pihak indomaretnya berdasarkan apa indomaret refund dana bp?
        Karna sy blm ada kejelasan dr pihak shopee nya disuruh nunggu dan nunggu terus.
        Saya ke indomaret disuruh ke shopee karna di indomaret sdh berhasil.
        Mohon informasinya ya pa

        Mksh

  • 15 Oktober 2021 - (06:08 WIB)
    Permalink

    Terimakasih @ShopeeID dan @Indomaret.
    Permasalahan telah selesai dengan pengembalian dana dari pihak @Indomaret. Terimakasih atas perhatiannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Pay?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Saldo ShopeePay Hilang Setelah Top Up di Indomaret

oleh Saepul dibaca dalam: 1 menit
26