Kualitas Jaringan Telkomsel Tidak Baik

Saya pengguna nomor Telkomsel 0821113977** dan 0813897360**. Tanggal 25 Agustus 2021, terakhir saya menulis surat kepada Telkomsel mengenai kualitas jaringan, dan sempat membaik 3 minggu. Sekarang saya menggunakan internet Telkomsel lagi untuk streaming, tapi kualitas Telkomsel menjadi tidak baik.

Chatting dengan CS tidak berguna, semua diarahkan ke e-mail. Kendala internet Telkomsel yang jeblok itu antara lain: Tidak dapat masuk ke e-mail, 1 menit masih tidak dapat masuk ke Facebook, setelah masuk pun tidak dapat membuka tautan video, bahkan scroll ke bawah membuka tautan pengirim berita berikutnya pun tidak bisa.

tidak dapat membuka video di FB

Telkomsel sudah sering seperti ini. Kuota per tanggal 18 masing-masing masih ada 3 GB dan 11 GB. Apakah kualitas Telkomsel harus dituliskan di surat pembaca dulu baru bisa membaik?

Joeng Sukamto Jusuf
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:4    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Kualitas Jaringan Telkomsel Tidak Baik

  • 19 Oktober 2021 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna Telkomsel sejak tahun 2008, Alhamdulillah tahun 2020 saya ganti ke XL karena sinyal XL jauh lebih bagus dari yg dulu saya pakai

    • 19 Oktober 2021 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Wah ternyata ada juga yang merasa sinyal Telkomsel tidak bagus. Saya pakai Telkomsel diarea jakarta pusat tapi sinyal seperti di tengah hutan. Kadang lemot kadang hilang, pernah komplain ke cs dibilangnya tidak ada kendala pada jaringan dan disuruh refresh atau restart HP.

      • 19 Oktober 2021 - (23:01 WIB)
        Permalink

        Kalau ketemu saya di darat udah saya semprot tuh. Saya yakin CS nya out sourcing mengatakan maksimum 72 jam. Saya tanya SK telkomsel nomor berapa masalah hal ini harus menunggu 72 jam. Dikira orang berinternet ke temu tanggal merah harus off. Itu masih satu prosedural untuk mengaktifkan jaringan. Kalau saya udah saya lakukan 5 langkah kedepan, ganti sim card, ganti hp, coba diluar ruangan, di coba di malam hari, bla bla bla. timpalin aja, kalo dia ngomong begitu. Tidak mendasar untuk mengatakan refresh atau restart bisa memperbaiki kualitas jaringan.

  • 19 Oktober 2021 - (15:50 WIB)
    Permalink

    tidak jelas area mana yg sinyal tidak baiknya. tp akhir2 ini memang agak lambat, ga hanya telkomsel saja, tp provider lain demikian.

  • 19 Oktober 2021 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Hello Herwin Herwin Herwin, karena provider lain lemot jadi Telkomsel ikut lemot atau karena Telkomsel lemot, maka provider lain ikut lemot. Artinya kenapa Telkomsel ikut ikutan menyamakan membandingkan dengan kualitas provider yang lain. Ga ada aturannya jaringan bisa lemot tanpa di setting dari programnya. Daerah padat pengguna jaringan, masih bisa kenceng. Tapi kenapa di daerah tidak padat pengguna jaringan, malah melemot. itu kan karena menurunkan intensitas tx rx, karena pengguna jarang. Ga mungkin daerah yang jarang pengguna tetap manteng high transmission, dia bisa rugi. Lha kenapa pula kalau di komplain barnya bisa naik 2 bar menjadi 3-4 bar. Itu masalahnya pak.

  • 20 November 2021 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Sama kaya pnyku semenjak awal2 korona 1 thn yg lalu jaringanya kek down bgt. Lg enak2 maen apa browsing atau yg lain tiba2 jaringan hlg sendiri g tau knp selama 3 sampe 4 detik kalo lbh dr itu hrs di mati nyalakan data nya baru mau jln. Dan itu berulang tp g pasti kadang 15 menit atau kadang 2 jam sekali. Ditambah kalo ada hujan sinyalnya dah mulai lemotnya minta ampun dan yg parahnya lg kalo mati lampu jaringan ikut mati. Skrg msh tak pertahankan no. Telkonselnya krn mengincar kuota yg besar dan memutuskan untuk beli 3 yg buat back up krn kalo 3 listrik mati jaringan tdk ikut mati.

  • 22 November 2021 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Helo Irfan,
    Menurut saya, Provider yang dimaksud ga ada orang yang jago IT, semuanya out sourcing. Jagoan IT nya yah pembesar. Ga mau ladenin masalah yang kecil. Coba aja pergi ke kantornya, Tanyain soal network. Bakal di jawab: akan dibuatkan laporan. silahkan tunggu 3 x 24 jam, atau bla bla bla, 3 x 24 jamnya ga bisa disebutin berdasarkan SOP yang mana. Bukanya kita ga ngerti kalo di terangin. Tapi ga bisa dia menerangkan. Dianggap pengguna ga ada yang ngerti jaringan. Tim Leadernya kalo di tanyain soal jaringan, jawabannya kamuflase, menghindar dari teoritis. Kalo di desak lagi. malah nanya balik, masih mau pakai provider yang ini gak , kalo ga mau pakai ga apa apa. Aku bilang aja saya bukan masalah pakai enggak pakai, yang saya komplain itu layanan kualitas jaringan itu menurun, ga ada yang tanggapi. Kalo dulu masih kerja , dipersilahkan ke kantor cek signal. Pernah dulu satu pabrik di 3 sudut blank spot. Ternyata ada jawaban yang tersebar, kekuatan maksimal diarahkan ke jalan tol purbaleunyi. Pengen saya marahin. Infrastruktur ga bisa memberikan layanan terbaik, yah harus diperbaiki, atau penambahan BTS yang baru. Kalu sekrang kalu sdh angkat tangan, minta ke lokasi untuk cek signal. Saya jawab aja, dulu saat diriin transmitter ga pernah ada yang minta ke rumah penduduk cek signal. Lha koq signal disini anjlok minta ke lokasi. kenapa ga panggil pemasang jaringan untuk memperbaiki ulang.

  • 22 November 2021 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Aku mah malaz pake telkomsel. Termahal mending tercepat. Masih lbh cepat smartfren di tempatku dan lbh murah

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kualitas Jaringan Telkomsel Tidak Baik

oleh Sukamto dibaca dalam: 1 menit
8