Pengajuan Pelunasan Seluruh Tagihan Shopee Paylater Dipersulit

Selamat sore

Saya merupakan pengguna aplikasi Shopee dan saya menggunakan pembayaran menggunakan shoope paylater atau spaylater. Saat ini saya memiliki tagihan di spaylater untuk beberapa bulan kedepan.

Saat ini tanggal 24 Oktober 2021 saya berniat untuk melunasi seluruh tagihan saya yang tersisa di spaylater namun saat membuka aplikasi hanya tertera tagihan bulan yang berjalan. Saat saya konfirmasi ke customer service online di aplikasi shopee mengenai maksud saya. Saya diinfo bahwa tagihan spaylater tidak dapat dilunasi sekaligus. Dan saya disuruh menunggu kelanjutan pengajuan saya via email secara berkala.

Namun beberapa saat setelah menunggu saya tetap mendapat jawaban dr email shopee bahwa pembayaran seluruh tagihan tidak bisa dilakuan. Saya bukan nasabah yang tidak membayar tagihan justru saya nasabah yang ingin menyelesaikan seluruh tagihan saya namun kenapa saya malah dipersulit?

Di semua perusahaan pembiayaan pasti bisa menyelesaikan seluruh tagihan atau melunasinya dengan beberapa ketentuan. Apakah perusahaan sebesar shopee begitu sulit memberikan solusi untuk saya yang hanya ingin menyelesaikam seluruh tagihan saya dengan segala bunga dan ketentuannya?

Berikut saya lampirkan juga chat saya dengan cs shopee dan email jawaban dr shopee yang tidak memberikan solusi apa-apa.

Saya harap dengan keluhan saya di media konsumen dapat memberikan saya solusi dari pihak shopee mengenai seluruh total tagihan saya yang ingin saya lunasi. Saya hanya ingin melunasi seluruh tagihan saya..jadi tolong jangan dipersulit seperti ini.

Terima kasih.

Iresa Apriliani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:110    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Pengajuan Pelunasan Seluruh Tagihan Shopee Paylater Dipersulit

  • 25 Oktober 2021 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Silahkan baca artikel di bawah
    https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-cara-membayar-tagihan-SPayLater-sebelum-periode-tagihan

    di sana jelas disebutkan “Anda hanya dapat melunasi tagihan yang jatuh tempo di 1 (satu) bulan berikutnya, dan tidak dapat langsung melunasi semuanya sekaligus.”

    itu sudah aturan main spaylater. jika anda tidak suka / keberatan dengan aturan main spaylater, jangan gunakan spaylater.

    sebelum gunakan pahami syarat ketentuan aturan mainnya.

    39
    9
      • 26 Oktober 2021 - (07:50 WIB)
        Permalink

        Memang lebih baik SPaylater dan SPinjam ditiadakan saja. Biar ga ada masalah-masalah seperti ini kedepannya.

        7
        4
    • 25 Oktober 2021 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Haii ka ini sama bgt sama kasus saya skrg.. saya lg minta surat ke bagian kreditnya tapi belum ada juga…huhuhu
      Berkabar yaa ka klo ada updatenya..

      • 26 Oktober 2021 - (08:45 WIB)
        Permalink

        Bener banget gak bs di lunasi sekaligus aneh banget padahal dia ga rugi juga di bayar lgsg .. kacau sistemnya apusin aja tuh spaylater dan spinjam

        2
        2
      • 27 Oktober 2021 - (05:03 WIB)
        Permalink

        Justru spaylater sama spinjam membantu costumer,klu ga mau pke jangan di aktifkan ribet amat anda

    • 25 Oktober 2021 - (23:59 WIB)
      Permalink

      Shopee emang seenaknya bikin peraturan yg dia doank bisa ubah sedangkan permintaan konsumen gak bakal disetujui. Sperti shopee paylater seenaknya limit dinaikan tapi konsumen minta diturunin kagak bisa. Seharusnya limit adalah bersifat pengajuan dari konsumen. Limit KK aja bisa diturunkan. Sombong sekali emang shopee

      4
      2
      • 26 Oktober 2021 - (02:10 WIB)
        Permalink

        Kalau limit naik, jgn d pake aja 🤭, ga d pake ga akan ada tagihan.. kalo ga d pake berkepanjangan limit pun akan trun sendiri..

  • 25 Oktober 2021 - (14:32 WIB)
    Permalink

    kayanya engga baca syarat ketentuan yg berlaku ya, tiap badan hukum, perusahaan, komersil, maupun besar pasti ada syarat ketentuan berlaku nya. Ga bisa loh kenapa si a bisa, si b bisa, sedangkan si c engga bisa.
    .semoga ada penyelesaian dari shopee ya

    11
    2
    • 25 Oktober 2021 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Halloo ka s&k ttg melunasi pinjaman lebih awal tidak ada di isi perjanjiannya saya sudah baca..

      2
      3
    • 26 Oktober 2021 - (06:20 WIB)
      Permalink

      Mungkin saat ini belum bisa karena memang peraturan nya begitu. Tapi semoga dengan adanya keluhan seperti ini Shopee lebih flexible, toh yang bersangkutan juga bersedia membayar bunganya. Dia hanya ingin terbebas dari tanggungan hutang makanya ingin segera di lunasi.
      Berbekal pengalaman Pribadi, saya kapok pakai spaylater. Saya kira kalau Ndak ada keterlambatan bayar Ndak kena tambahan biaya kayak CC, eh tetap ada. Ya udah lah buat pengalaman saja, jangan pernah pakai gituan. menyeramkan..

  • 25 Oktober 2021 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Dari kasus ini bisa di ambil suatu teori bahwa,

    Ketika sudah menjadi Nasabah Pinjol, serta merta anda akan memiliki Mental Baja.

    1. Anda bakalan tidak takut apapun dan siapapun.

    DC yang item besar tinggi mah anda anggap kayak anak kecil yang bisa anda kentutin.

    2. Anda bakalan Lebih Cerdas dari apapun dan siapapun.

    Dalam kasus ini adalah contoh bahwa Anda bisa mengatur Sistem. Jika sistem tidak sesuai dengan kehendak anda, anda yang bermental baja, percaya diri ingin mengubah sistem itu.

    Tagihan sistem hanya bisa di bayar perbulan, atas kehendak anda ingin di ubah biar bisa dibayar sekali lewat.

    Dan pada kasus lain, yang berbau penipuan, anda bahkan bisa menyalahi sistem yang menurut anda sangat lemah, tenaga kerja nya pun anda anggap lelet dan sebagainya.

    Jadi kesimpulannya :

    Ketika manusia sudah terjerat Pinjol, saat itulah semuanya berubah. Di sadari atau tidak, anda sudah tidak seperti dulu lagi.

    8
    5
    • 25 Oktober 2021 - (22:22 WIB)
      Permalink

      Ya Ampun dari @Muhammad jadi @Umur trus ganti jadi @isdebe dan sekarang create nama baru lagi jadi @ccditiu. Yang namanya sampah mah mau gonta ganti nama beribu kali tetap aja bakal ketauan hehe

  • 25 Oktober 2021 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Aturan kain spaylater memang begitu mas.. ga bisa dibayar sekaligus jika mas nya memilih untuk mencicil dengan tenor 3/6/12 bln..
    Klo ada yg tanya, “knp ga bisa?”.. jawaban nya hanya 1: itu adalah salah 1 asal dr keuntungan shopee..
    Jika mas memilih spaylater dgn masa pinjam 1bln, mas hanya akan dikenakan 1x biaya transaksi dan 1x beban bunga
    Jika mas memilih spaylater dgn masa pinjam 3bln, maka mas akan dikenakan 1x biaya transaksi dan 3x beban bunga
    Begitupun dgn tenor 6 atau 12 bln..
    Nah klo konsumen udah pilih tenor panjang, tp, Puji Tuhan, dpt rezeki lebih dan ingin melunasi sekaligus, otomatis keuntungan yg didapat shopee pun akan jd sedikit (jika diperbolehkan)..
    Maka dari itu shopee tidak bisa memproses permintaan mas nya sbg konsumen..

    Saran sy, ada baiknya mas bisa memikirkan terlebih dahulu saat memilih opsi spaylater, apa akan membayar dlm jangka waktu 1/3/6/12 bln,, jd ga bakal ada yg merasa dirugikan di kemudian hari.. toh semua detail cicilan dituliskan dgn jelas saat proses pemiluhan opsi pembayaran..

    Mungkin bawah ane bs nambahin…

    16
  • 25 Oktober 2021 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Jangan nekat, sekalipun kamu lunasi sekaligus secara manual
    Bulan depannya tetep muncul tagihan,
    Disini pernah ada yg mengeluh soal itu

  • 25 Oktober 2021 - (21:58 WIB)
    Permalink

    Semua yang cicilan kayaknya memang begitu deh aturannya. Kartu kredit juga gt kok ga bisa lunasin langsung.

  • 25 Oktober 2021 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Udah aturannya seperti itu, hanya bisa bayar bulan berjalan dan 1 bulan ke depannya, coba baca lagi syarat dan ketentuanya ka

  • 25 Oktober 2021 - (22:55 WIB)
    Permalink

    Dih, nih orang OKB ya? Orang kaya baro. Awal nya miskin ngemis2 pakai tenor. Eh ketiban rejeki nomplok malah mau lunasi semua.

    kak, kakak gak pernah ngajukan KPR, KTA, kredit usaha gt? Itu klo kakak udah ambil tenor tertentu, ya gak bisa dilunasi semua.

    kakak diawal mainnya pakai tenor, eh ditengah jalan berubah pikiran, malah nuduh shopee curang. Gak habis pikirrr…

    mau dilunasi semua kak? Caranya ada 1. Misal tenor kakak sisa 3 bulan dan pembayaran per bulan anggap saja 700 rb. Ya kakak isi shopee pay 3×700.000 = 2.100.000 aja. Jd utang kakak lunas. Betul ga? Gitu aja kok repot.

    jadi yang kakak top up di shopee pay adalah sisa tenor x tagihan per bulan maka hutang kakak LUNAS

    13
    • 26 Oktober 2021 - (00:03 WIB)
      Permalink

      Kalau gak diklik bayar tetap aja gak bisa lunas dengan sendirinya. Mau di shopeepay nya 100jt

      • 26 Oktober 2021 - (03:53 WIB)
        Permalink

        setiap perusahaan punya aturan sendiri. kl mmg spaylater ga bs dilunasi sekaligus krn itu mmg aturannya spt itu. ga bs dipaksakan berubah aturannya seenaknya. jd dipahami saja spt itu wlp itikad baik kaka untuk melunasi seluruh tagihan. 😁😁😁

    • 26 Oktober 2021 - (04:59 WIB)
      Permalink

      KALAU KREDIT USAHA DI BANK BRI BISA BOS… Yg awalnya tenor 3th, ketika punya uang bisa dilunasi SEKALIGUS, tanpa bertele-tele. Itu pengalaman pribadi saya

    • 26 Oktober 2021 - (13:50 WIB)
      Permalink

      Lah kakaknya yg gak pernah kredit di bank ya??
      Semua pinjaman itu bisa dilunasi langsung ka..

      1
      2
  • 26 Oktober 2021 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Iya memang ga bisa,yaaahh namanya juga riba,pasrah aja deh,giliran mu lunasin full ga bisa,giliran nunggak kena denda😅😅mungkin memang hatus belajar menerima kenyataan dan komitmen,kl mau ngutang,meskipun punya uang buat lunasin,yaa sudahlah ikut aturan mereka,kl gamau ikut,yaaa jgn ngutang,,, meskipun kesel sih🤭😅😅pngen lunasin aja dipersulit

  • 26 Oktober 2021 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Setiap sistem, maupun teknologi, ada algoritmanya masing2, shopee tidak ataupun belum mengizinkan pembayaran kredit secara langsung lunas krn ingin menekan sekecil mungkin pekerja manusia dalam hal ini admin atau customer service untuk hal yg algoritma atau AI blm bisa kerjakan, seperti melayani keluhan pelanggan ataupun penjual dsb, sebaiknya sebelum menggunakan terlebih dahulu membaca syarat ketentuan terlebih dahulu, jgn lgsg scroll saja, atau mau yg lebih expert mempelajari logika algoritma itu sendiri, hehe..

  • 26 Oktober 2021 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Hai kak, sebelumnya aku juga pengguna spaylater, dan setau aku sekarang udah ada fitur “bayar lebih dulu” yang mana kita bisa lunasin spaylater kita walaupun belum jatuh tempo / hitungannya masih beda bulan

    • 26 Oktober 2021 - (23:11 WIB)
      Permalink

      Mgkn si kakak ini sblmnya pake cicilan 6/12 bulan kak. Klo dia ambil yg bulan depan lunasin sih bisa lunas duluan sblm jatuh tempo. Nah kayaknya krn ada rejeki jadi beliau mau lunasin cicilan, sedangkan ya shopee ga bisa begitu. Sbnrnya jelas sih cuma mgkn ga paham sistem shopee. Krn sistem shopee dan bank yaa jangan disamakan sih hehe

  • 26 Oktober 2021 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Halo kak.. Maaf tidak ada maksud menyalahkan. Saya pengguna shopee sudah 5 tahun. Pertama kali menggunakan spaylater jujur saya juga bingung. Tapi lama2 mengerti. Di shopee ada pilihan bayar bulan depan/3/6/12.. Aturan shopee cukup jelas. Mungkin kakak sblmnya ga menemukan info bagaimana penagihan dan penggunaan spaylater yg bijak, padahal sbnrnya kakak bisa bertanya ke cs sblm menggunakan. Shopee bukan bank (yang bisa kita mintai utk merubah perjanjian) dan shopee bukan budak kita yg bisa kita atur. Mereka punya aturan dan sejauh ini spaylater s&k nya jelas dan baik sejauh kita membayar tepat waktu. Puji Tuhan selama ini saya menggunakan spaylater tdk ada keluhan krn juga sudah paham dg s&k nya.. Jika kkak merasa takut uang utk melunasi spaylater terpakai, saya yakin kakak orang yg bijak, uangnya bisa kakak simpan direkening yg pasti tidak bisa diganggu gugat jadi akan aman tak terpakai. Karena kita tidak bisa memprotes sesuatu yg kita sudah tau (sebenarnya) resikonya. Mgkn harus budidayakan membaca dan bertanya. Terima kasih. God bless..

  • 27 Oktober 2021 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Untuk saat ini baru Spinjam yg bisa pelunasan sebelum jatuh tempo, semoga kedepannya Spaylater bisa bayar lunas juga

  • 2 November 2021 - (16:56 WIB)
    Permalink

    Kalau dibayar langsung nanti bunganya kecil. Memang beginilah cara shopee melarikan diri dari OJK 🤣

  • 5 November 2021 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kendala yg sama. Saya sudah menghubungi cs shopee via chat online, email dan telpon. Nihil. Jawabannya Seperti yg kakak dpat.
    Untuk itu sy inisiatif mengisi saldo shopeepay sy senilai jumlah kredit di SPayLater. Jd setiap bulan udh siaga pembayarannya. Ribet, tp mau gmna lg?!

  • 26 November 2021 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Terimakasih yg sudah mau repot bikin tulisan ini. Karena yakin deh banyak yg mengalami hal sama.
    Kita jadikan pelajaran bersama agar tidak terulang & terjebak kesalahan yg sama.
    Hikmahnya adalah kita harus belajar kelola keuangan, belajar dari kesalahan, jangan kepoin lg aplikasi belanja online yg ujungnya tergoda. Klo perlu hapus aplikasi belanja online agar tidak tergoda. Cukup lihat di browser saja. Browser saja lebih aman !!!

 Apa Komentar Anda?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Pengajuan Pelunasan Seluruh Tagihan Shopee Paylater Dipersulit

oleh Iresa Apriliani dibaca dalam: 1 menit
40