Akun Kredivo Dibobol Orang, Transaksi di Bukalapak Puluhan Juta Rupiah!

Pada hari Sabtu pagi, tanggal 09 Oktober 2021, saat bangun tidur saya membuka HP. Saya lihat ada pesan masuk, lalu saya buka. Ternyata pada tadi malam tanggal 9 dini hari pukul 00.30 pagi, ada yang transaksi menggunakan akun Kredivo saya di Bukalapak, dengan status berhasil. Transaksi dilakukan sebanyak 4 kali.

Saya bangunkan istri dan menanyakan hal ini. Istri saya pun kaget, karena tidak pernah belanja online di Bukalapak dengan pembayaran di akun Kredivo milik saya. Saya cek ulang lagi dari awal, mulai dari email masuk (di email ini tidak ada pemberitahuan transaksi Kredivo berhasil atau transaksi menggunakan akun Bukalapak saya), pesan masuk (di sini saya lihat ada yang login memakai HP Samsung merk lain dan 4 SMS yang menginfokan transaksi kredivo berhasil), dan saya cek akun kredivo saya tidak bisa buka.

Saya shock, karena limit dari Kredivo yang saya punya habis dikuras pembobol, dengan jumlah yang tidak sedikit. Selama ini saya tidak pernah melakukan transaksi di Bukalapak dengan menggunakan pembayaran melalui Kredivo. Selama ini pun saya selalu berhati-hati menjaga kerahasiaan akun dan indetitas pribadi, serta saya tidak pernah memberikan OTP kepada pihak manapun.

Selanjutnya Saya mencoba menelepon CS Kredivo, tetapi berujung pada pemaksaan untuk tetap membayar dan mereka tidak mau tahu, tagihan harus dibayarkan. Mereka hanya bilang akan diinvestigasi 30 hari, blokir akun sementara, tetapi tetap saja saya disuruh membayar. Bagaimana saya harus membayar transaksi yang tidak pernah saya lakukan dan bukan saya yang melakukan?

Kemudian saya menghubungi pihak Bukalapak untuk meminta bantuan. Namun pihak Bukalapak sama saja, tidak memberikan solusi. Mereka bilang akan membantu memberitahu alamat akun pembeli dan penjual hanya kepada pihak kepolisian.

Karena dari semua tidak ada solusi, selanjutnya saya membuat laporan ke Polsek Rancasari dan Polda Jawa Barat, yang saat ini sedang tahap penyelidikan.

Dengan banyaknya kasus yang sama, berarti kasus sepertinya tidak terselesaikan dengan baik. Apakah sistem keamanan Kredivo begitu mudah dibobol? Atau ada orang yang sengaja membobol akun, atau bagaimana? Karena untuk permohonan ganti PIN saja ternyata harus memasukkan NIK KTP, berarti si pembobol juga punya data KTP saya. Bagaimana penyelesaiannya?

Dalam hal ini saya tidak akan mau bayar transaksi ataupun tagihan yang tidak pernah saya lakukan sepeser pun.

Sundara Sandi
Bandung, Jawa Barat


Update (5 November 2021): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem keamanan Kredivo:
[Total:114    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Perihal Akun Kredivo Dibobol Orang, Transaksi di Bukalapak Puluhan Juta Rupiah!

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa kendala yang dialami...
Baca Selengkapnya

60 komentar untuk “Akun Kredivo Dibobol Orang, Transaksi di Bukalapak Puluhan Juta Rupiah!

      • 31 Oktober 2021 - (15:57 WIB)
        Permalink

        Emang udah nggak jaman sih penggunaan sistem keamanan OTP menggunakan SMS. sekarang bisa jadi kita telah menginstal aplikasi yg sudah disadap untuk membaca SMS masuk dan SMS OTP dapat dikirim ke pelaku kejahatan secara atomatis. Sudah saatnya beralih ke Two Way Multifaktor Autentikasi seperti Google 🙁

      • 1 November 2021 - (10:48 WIB)
        Permalink

        aamiin.. makasih mas atas doanya.. sayapun berharap sekali ini selesai secepatnya…

        • 26 November 2021 - (14:51 WIB)
          Permalink

          Pak Sundari Sandi, kasus yang sama dengan saya pak.. denga Kredivo & Bukalapak juga. bagaimana cara saya agar bisa diskusi dengan bapak ya? IG saya : disa_mirza

  • 30 Oktober 2021 - (11:41 WIB)
    Permalink

    saya yakin pelaku2 pembobol ini juga orang2 yang ada di KREDIVO sendiri .. karena data hanya bisa terbaca pada mereka sendiri karena aneh sekali KREDIVO ber slogan data menjadi rahasia mereja, tapi kenyataan bisa dibobol dengan mudah ..ending nya hanya mungkir kalo ditanya ” kenapa akun saya bisa berpindah tangan tanpa persetujuan saya sebagai pemilik nomor telepon asli dan akun asli” jawaban pihak kredivo tentunya hanya seputar ” akan kami cek ..” …kredivo sepertinya tidak benar2 menjaga keamanan sistem mereka , ,terutama para SDM yang bekerja disana . patut dipertanyakan sekali …

    32
    • 1 November 2021 - (10:47 WIB)
      Permalink

      terima kasih kak atas tanggapan mengomentari artikel saya…

      saya juga sangat menyesal sekali.. koq bisa yah orang lain bertransaksi pake akun kredivo saya sampai nominalnya sebesar itu. saya juga jadi berpikir apakah ada orang dalam yang bermain. karena yang tau identitas saya hanya mereka pihak penyedia aplikasi kan…

  • 30 Oktober 2021 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Persis seperti saya tahun kemarin, untungnya cuma 600rb. Transaksi lainnya ditolak. Sama, dini hari jam 1 ada email masuk transaksi di Lazada. Saya bayar biar cepat selesai dan tutup permanen. Kalau agan bnyk banget, jangan dibayar yg penting udah lapor polisi.. Semoga ada jalan keluar terbaik.

    • 1 November 2021 - (10:37 WIB)
      Permalink

      iya betul mas… ini nyampe nominal sebesar itu .. bahkan saya ga pernah melakukan transaksi tersebut…

    • 2 November 2021 - (16:58 WIB)
      Permalink

      Kok orang berani banget daftar-daftar pinjaman online ya? 🙁
      Padahal kan dalam setiap akun yang terdaftar, akun apapun itu, apalagi pinjol gitu, pemilik akun bertanggung jawab penuh terhadap segala aktivitas yang ada di dalam akunnya 🙁

    • 3 November 2021 - (10:31 WIB)
      Permalink

      Kredivo akan selalu memberi jawaban akan investigasi tapi tetap saja gak memuasakan kinerja mereka,
      Berjanji menyelesaikan dan investigasi 90 hari janji tetap saja gak memuaskan pada hal data2 SDH lengkap,

      Curiga orang dalam yg bermain dan menipu para kredival

    • 31 Oktober 2021 - (01:15 WIB)
      Permalink

      Kalau di bobol minta trace alamat pengiriman barang, akun yang memesan, nanti kan ketauan siapa pelakunya..

      • 31 Oktober 2021 - (07:07 WIB)
        Permalink

        Itu kalau polisi mau kerja. Sementara kita tahu jika polisi Indonesia gimana. Uang dulu baru jalan. Makanya ada istilah untuk menemukan kambing yang hilang mesti harus hilang sapi dulu

        11
        • 31 Oktober 2021 - (16:27 WIB)
          Permalink

          Loo kerja gercep loo. Liat d teve 86 dan Buser. Cepat kerjanya, tapi butuh kamera dan media.

          • 1 November 2021 - (10:43 WIB)
            Permalink

            semoga ada orang2 baik yang bisa membantu menyelesaikan masalah ini.. karena saya yakin,, orang indonesia dan bahkan semua polisi berhati nurani.. saya sudah lelah, mau satu bulan menunggu penyelesaian masalah ini tapi ga kunjung datang mau dari pihak kredivo bahkan bukalapak.

        • 1 November 2021 - (10:40 WIB)
          Permalink

          namun saya berharap kepada PIHAk POLISI yang sangat saya hormati.. untuk mau membantu permasalahan ini ..

      • 1 November 2021 - (10:38 WIB)
        Permalink

        sudah saya lakukan minta pada bukalapak.. tapi mereka kekeuh ga bisa ngasih tau klu bukan pihak polisi yang minta .. kacau ga tuh

        • 2 November 2021 - (17:02 WIB)
          Permalink

          SOP mereka kali bang kalo kayak gitu. Ga bisa asal bongkar data yang ada di sistem mereka. Kalo lu maksa mereka buat ngelanggar SOPnya (mungkin), mereka bisa kehilangan kerjaan.
          Kacau dah orang kek gini

  • 30 Oktober 2021 - (18:59 WIB)
    Permalink

    udah banyak banget korbannya, pihak kredivo kayak lepas tangan gitu aja bukannya ditelusuri siapa yg bocorin data2 debiturnya

  • 30 Oktober 2021 - (19:01 WIB)
    Permalink

    kredivo feat bukalapak …. weh banyak bget yg kena ini… miris .
    dan dr banyak keluhan pelanggan yg di baca oleh saya, ini yg terbesar !!
    ini sakit tapi ga berdarah, ga pake di suruh bayar !!!!

    jangan bayar , om !!
    dikira cari uang itu gampang , kaya ngeruk pasir di kali apa 😑😤
    saya yg baca aja jadi terbaea emosi ini 😷

    11
    • 31 Oktober 2021 - (11:45 WIB)
      Permalink

      saya ngalamin mba harus bayar skrg smp di datengin debt coll terus pasahal udah jelasin panjang lebar

      • 1 November 2021 - (10:32 WIB)
        Permalink

        klu saya didatengin debt colector saya ga akan pernah mau bayar sampai kapanpun… karena itu bukan hutang saya… dan saya merasa sudah benar menjaga kerahasiaan identitas saya sendiri serta tidak pernah sekalipun memberikan OTP kepada pihak manapun

    • 1 November 2021 - (10:34 WIB)
      Permalink

      bukan sakit lagi kak… ini bikin emosi dan kesel yang ga bisa diutarain… sampe istri saya kepikiran hal ini, psikis nya jadi terganggu karna hal yang ga pernah kami lakukan. merugikan banget buat kami.

  • 30 Oktober 2021 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Setiap transaksi memerlukan kode OTP, kenapa transaksi di BL bisa lolos tanpa kode OTP. Dan kenapa Kredivo menyetujui transaksi tanpa kode OTP di BL. Tanda tanya untuk kredivo dan BL.

      • 1 November 2021 - (10:28 WIB)
        Permalink

        semua transaksi jika pake kredivo pasti akan pake OTP bahkan minta pin masuk buat transaksi kak

    • 1 November 2021 - (10:30 WIB)
      Permalink

      betul mas… saya ga ada bantuan sama sekali dari kedua pihak.. padahal sudah saya jelaskan sejelas mungkin,, sampe pulsa habiss… tapi dari mereka gada sama sekali penyelesaiannya…
      makanya hal ini saya buatkan laporan pada polisi..

  • 30 Oktober 2021 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama ,, aku kredivo saya di bobol padhal saya tidak pernah ngasih no pin kredivo,, klo pun melakukan transaksi itu harus ada masukan pin kredivo saya menanyakan bgai mana klo sudah begitu pihak kredivo tidak ada tanggapan malah menyuruh saya untuk membayar tagihan nya,klo saya awal nya ada email masuk dri kredivo dan di alihkan ke WA, dia mengaku cs kredivo da menunjukan KTA kredivo nya tapi saya ga mau bayar

    • 31 Oktober 2021 - (11:46 WIB)
      Permalink

      saya juga gitu mba tapi masalah gak diselesaikan malah dikejar kejar sama debt collnya yg maksa maksa banyar gakmau pulang dari rumah aneh

        • 1 November 2021 - (10:24 WIB)
          Permalink

          sudah mba…

          karena saya “Tidak” melakukan transaksi tersebut, saya berani laporkan hal ini ke Polda Jabar dan Polsek… dan sekarang dalam tahap penyelidikan

        • 1 November 2021 - (12:57 WIB)
          Permalink

          Berarti sudah hampir 1 bulan ya pak. Terus perkembangan penyelidikan di kepolisian bagaimana pak apa ada titik terang?

          Soalnya si pelaku sampe saat ini masih sibuk nyari korban lain

    • 1 November 2021 - (10:27 WIB)
      Permalink

      klu saya sendiri tuh ga ada sama sekali pemberitahuan via email, sms mengenai OTP dll yang bersangkut pautan dengan transaksi .. tiba2 aja muncul sms pemberitahuan transaksi berhasil dan dicicilkan selama 12 bulan..

  • 30 Oktober 2021 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Gak usah dibayar bang , yang sudah dilakukan tahapannya sudah benar, kumpulin aja semua bukti2 penagihan via sms,wa atau tlp buat laporan ke OJK biar sekalian ditutup tuh ijin kredivo, ngadu di CS percuma mereka ga bakal bantuin masalah gini gak usah dibayar yg penting apalagi abang ga ngerasa menggunakan pembayaran kredivo.

    13
    • 1 November 2021 - (10:23 WIB)
      Permalink

      ya mas…
      saya ga akan pernah mau buat bayar karena itu semua bukan transaksi saya.. saya tidak pernah melakukan transaksi tersebut… pihak kredivo ditelpon jawabannya begituu aja semua… di email malah bilang saya menyebarkan OTP.. kacau mereka

  • 30 Oktober 2021 - (23:34 WIB)
    Permalink

    itu beli produk apa sih? kalau beli barang dan trx tengah malam seharusnya brang blm dikirim pagi harinya. dan telp ke cs bukalapaknya minta dibatalkan trx nya. kecuali beli produk digital ya ga bs dibatalin sih.
    jd skg ga ush dibayar dan lsg laporkan ke polisi sbg bukti akun anda dibobol.

    • 1 November 2021 - (10:21 WIB)
      Permalink

      nah itu dia mas.. saya ga tau si pembobol membeli apa… karena dari pihak bukalapak pun ga bisa membatalkan dengan alasan dana nya sudah dipakai oleh pembeli.. bingung ga tuh mas… semudah itu mereka bilang begitu.. yang jadinya menjadi beban yang harus saya tanggung … kesel saya

  • 31 Oktober 2021 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Kejadian lagi dah udah banyak banget ni kejadian Kya gini dari kredivo dan sepertinya bapak kena phising , modus nya suruh klik link yg dikasih pelaku seketika itu juga akun sudah dibobol
    buat yg belum kena sebaiknya tutup permanen akun kredivonya

    • 1 November 2021 - (10:19 WIB)
      Permalink

      saya tidak pernah klik link apapun mas… begitupun link yang ada di Sms Hp saya..

  • 31 Oktober 2021 - (11:47 WIB)
    Permalink

    percuma mas minta keadilan sm pihak kredivo, antar CS sama kemarn yg dihubungi buat penyelesaian permasalahan aja gak nyambung. collecotrnya nagih sesuai sama yg dia mau padahal kredivo CSnya bilang bisa di cicil, aneh memang perusahaan sebesar kredivo yang bunganya cukup tinggi juga skrg, tapi seolah olah tutup mata, karna tidak bisa minta restruktur atau apapun juga. dan penagihannya memaksa sesuai kehendak kolektor padahal bisa dibayar berapa saja, kolektornya juga berbeda, tidak memperlihakan sertifikat kolektor dan surat tugasnya.

  • 31 Oktober 2021 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Tidak perlu bayar!!

    Aduan (link halaman ini) sudah saya bantu up di twitter. Semoga segera selesai ya masalahnya, dipermudah urusannya. Aamiin.

    • 1 November 2021 - (10:15 WIB)
      Permalink

      terima kasih banyak mas …
      saya tidak akan membayar yang bukan kewajiban saya…
      terima kasih sekali lagi atas suportnya..

  • 31 Oktober 2021 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Permainan orang dalam kredivo ini sepertinya. Sengaja sistem keamanan tidak dibenahi, biar orang dalam ada pemasukan. Gak usah dibayar cicilannya, semoga kasusnya cepat selesai.

    • 1 November 2021 - (10:14 WIB)
      Permalink

      Saya berpikiran sama seperti mas. seharusnya dari pihak kredivo cepat tanggap mengenai hal ini… aamiin.. terima kasih mas, saya pun sangat berharap masalah ini selesai dengan baik secepat mungkin.

  • 2 November 2021 - (12:07 WIB)
    Permalink

    dari dulu sy ga berminat buka akun kredivo. serem kalo kena bobol ky gini. hacker di sini jago2 euy, sistem lemah ya konsumen yg jd korbannya

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem keamanan Kredivo?

Ada 60 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Dibobol Orang, Transaksi di Bukalapak Puluhan Juta Rupiah…

oleh Sundara Sandi dibaca dalam: 2 menit
60