Pusat Resolusi Tokopedia Tidak Adil dan Tidak Bisa Membaca Bukti yang Dikirim

Saya penjual power merchant di Tokopedia. Pada tanggal 28 Oktober 2021, saya mendapatkan order dari pembeli, untuk pembelian produk LED WS2812B. FYI LED WS2812b adalah tipe spare part, led strip yang butuh controller dan adaptor agar bisa hidup.

LED ini sempat viral di Youtube, dipasang sebagai plafon, VU meter, dll, akibatnya banyak pemula baru belajar korban Youtube yang asal order dan salah pasang dan akhirnya jadi lampunya rusak.

Karena pembeli hanya beli LED-nya saja, maka saya sebagai penjual wajib bertanya dulu agar tahu pembeli ini apakah mengenal dan bisa menginstalasikan LED ini. Berikut isi chat saya sebagai penjual dan pembeli.

Dari chat di atas, bisa saya simpulkan bahwa pembeli baru pertama mengenal LED tipe ini, dan tidak bisa mengintalasikannya. Akhirnya saya arahkan ke produk lain yang lebih mudah dipasang, tapi pembeli tetap ingin beli LED WS2812b. Akhirnya masuk orderan WS2812b 4 roll.

Karena LED ini gampang rusak kalau salah pasang, misal salah voltase (max 5V) atau salah pasang pin soket, maka setiap orderan yang masuk PASTI dites dan dikirim hasil tesnya lewat foto ke chat pembeli.

Hasil tes, semua LED tidak bermasalah dan hidup normal. Itu adalah hasil asli tes LED milik calon pembeli sebelum dikirim, ada RESI pengiriman milik pembeli di samping foto hasil tes.

Pada bagian ini, Tokopedia kalah dari Shopee. Shopee sudah bisa kirim video, sehingga bisa memudahkan penjual untuk kirim video hasil tes sebelum dikirim, sedangkan di Tokopedia cuma bisa kirim foto.

Selang beberapa hari, hal yang ditakutkan pun terjadi. Pembeli chat jika LED yang dikirim rusak 2 roll, satu mati separuh, dan satunya cuma bintik putih. Dari foto yang dikirim pembeli, saya sudah paham itu rusak karena pembeli salah pasang adaptor. Akhirnya pembeli minta tukar baru.

Saya sudah bilang itu LED dikirim dalam keadaan normal dan tidak bermasalah, tapi pembeli ngotot minta tukar baru. Karena malas ribut di chat, akhirnya saya minta pembeli buka komplain di Tokopedia. Setelah komplain dibuka, saya kirimkan bukti-bukti bahwa barang dikirim dalam keadaan baik dan berfungsi normal. Juga bukti bahwa pembeli tidak paham tentang LED yang dibelinya, tapi tetap ngotot beli.

2 hari kemudian muncul keputusan, pembeli menang dan bisa retur barang, dengan alasan penjual tidak mengirimkan bukti pendukung. Keputusan yang aneh dan ajaib! Padahal semua bukti dan foto telah di-upload, kurang apa lagi coba?

Mohon admin Tokopedia lebih bijak dalam mengambil keputusan, jangan cuma dilihat sekilas dan langsung bikin keputusan yang merugikan penjual.

Terima kasih.

Fahmi Agus
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Tokopedia:
[Total:40    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Pusat Resolusi Tokopedia Tidak Adil dan Tidak Bisa Membaca Bukti yang Dikirim

      • 4 November 2021 - (23:49 WIB)
        Permalink

        Sepertinya penjual tdk kirim bukti/respon bukti pembanding atas deal penyelesaian kendala, saran sy kirim sj screenshot terkait transaksi tersebut, misal chat wa tadi, atau screenshot deskripsi produk agan, atau screenshot cara pemasangan produk yg benar dan akibat kesalahan pemasangan, fleksibel sj gan cs jg manusia kok gan, sy penjual jg gan bukan cs toped, ini cuma saran utk kedepan barangkali hal tsb terjadi lg, bukan menyalahkan, krn produk agan memang rawan kejadian serupa. Tq

    • 3 November 2021 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Parah gan, rugi materiil rp 380rb, belum termasuk tenaga dan waktu yg terbuang & dana yg tertahan yg harusnya bisa muter duit lg.

      Ini pembeli juga tak tahu diri ya, kalau memang baru belajar harus siap dengan resikonya, bukannya seenaknya malah membuat pihak penjual menanggung

    • 3 November 2021 - (18:26 WIB)
      Permalink

      banyak yang seperti ini gan, korban tutorial youtube asal pasang tanpa menggali lebih dalam mengenai produk yang dibeli.

    • 3 November 2021 - (18:24 WIB)
      Permalink

      untuk produk yg lebih mahal saya pasti upload ke YT gan, untuk led strip foto dirasa cukup, hanya untuk menunjukan barang berfungsi dengan baik sebelum dikirim. masalahnya disini saya udh upload semua bukti chat dan foto tes produk sebelum dikirim, tapi keputusan admin adalah “tidak memberikan konfirmasi untuk bukti kendalanya melebihi batas waktu”.
      padahal jelas-jelas klo semua bukti sudah diupload ke form yang disediakan waktu komplain dibuka oleh pembeli.

    • 3 November 2021 - (22:39 WIB)
      Permalink

      sama gan. saya juga ngalamin seperti agan. say status sudah power merchand pro. dari saya sudah tk cek normal semua. setelah sampai disana katanya nyala mati. dan ngirimin bukti berupa video. disitu terlihat jelas jedanya yg membuktikan video rekaan atau yg dibuat. saya sudah menunjukan bukti tapi dari pusat resolusinya pembeli yg dimenangkn karena penjual tidak bisa mengirimkan bukti yang kuat. ya udah daripada ribut mulu permintaan retur tak trima. benar saja setelah barang sampai toko dicek dalam kondisi normal. dari tokopedia adminnya jelas2 kurang profesional lebih ngutamain pembeli saya yg harus nanghung kerugian ongkos kirimnya. blom rugi yg lainnya… smoga pihak tokopedia mwnjadi periksa adanya agr penjual tetap terproteksi

      • 4 November 2021 - (22:41 WIB)
        Permalink

        Agan masih mending barangnya diterima normal, ini barang returan ane tes 2 roll mati semua. Pihak toped sudah nelpon tadi pagi minta bukti lagi.

  • 3 November 2021 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Selang beberapa hari, uda pasti dicoba sama pembeli tuh sampe rusak. Saya pernah tuh dichat pembeli yg komplain secara tiba” bilang barang pecah, minta refund. Itu 12 hari setelah terima barang alias 10 hari setelah transaksi selesai,malah pembeli sudah sempat memberi review bagus dan bintang 5, koq tiba” komplain pecah kan lucu. Kadang suka heran sama pembeli yg egois sih, kaya gak ingat dosa gitu.

    4
    1
  • 3 November 2021 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Sudah tidak heran tokopedia shopee dll selalu mengutamakan pembeli , makanya Serem jualan di marketplace, posisi seller selalu dibawah buyer. Padahal yg aneh pemasukan mereka Dari potongan penjualan seller.

    2
    1
  • 4 November 2021 - (00:37 WIB)
    Permalink

    Kam bisa klik naik banding, dengan tidak menerima keputusan admin
    °°°
    coba juga tulis aduan nya ke twitter tokped, supaya tambah diperhatikan keluhannya

    1
    1
  • 4 November 2021 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Iitu nama admin pusres nya ARIEL ya. Saya juga oernah di rugikan oleh admin tersebut. Barang di rusak oleh pembeli juga, kita ada bukti cctv dan foto. Sedangkan pembeli modal bacot aja. Eh malah dimenangkan pembeli. Parah emang. Konyol lah.
    .ujung2 nya karena kita ngotot, akhir nya si solusi nya klaim asuransi.

    • 4 November 2021 - (22:45 WIB)
      Permalink

      Pihak tokopedia pagi tadi nelpon minta bukti baru, untungnya ada bukti video cctv yang jelas dan runtut timelinenya, klo masih belum cukup bukti entah harus pakai bukti apalagi.

    • 4 November 2021 - (22:42 WIB)
      Permalink

      Tutorial WS2812b sudah banyak bertebaran di youtube, cuma banyak korban tutorial yg masih tidak paham mengenai led ini, akhirnya banyak yg salah pasang gan.

  • 12 November 2021 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah masalah sudah selesai, pembeli akhirnya ngaku jika terjadi kesalahan dalam pemasangan, mohon surat pembaca saya ditutup, terima kasih mediakonsumen.com, admin Tokopedia, dan sahabat konsumen semua,.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Pusat Resolusi Tokopedia Tidak Adil dan Tidak Bisa Membaca Bukti yang …

oleh Don dibaca dalam: 2 menit
20