Paket Jualan di Tokopedia yang Dikirim dengan SiCepat Rusak; Bukannya Dapat Ganti Rugi, Malah Diminta Biaya Tambahan

Saya di sini sebagai penjual di Tokopedia. Barang dengan nomor invoice Tokopedia: INV/20211107/MPL/1740239502 dan nomor resi SiCepat: 002761495727, sudah kami kemas dengan bubble wrap, tapi ternyata rusak saat pengiriman.


Kami sudah mengirimkan produk tersebut ribuan kali dan tidak pernah ada masalah. Namun kali ini ada masalah dari SiCepat, yang mengakibatkan isi paket bocor. Kemudian jika terjadi masalah terhadap paket, pasti mereka akan lepas tangan dengan mencari-cari alasan yang tidak masuk akal

Sudah dapat kami pastikan bahwa handling dari ekspedisi tersebut sangat tidak baik. Paket kami pun dibuka secara sepihak oleh SiCepat tanpa ada konfirmasi dari kami. Yang artinya, bisa saja kurir melakukan tindakan yang menyebabkan paket bocor (terbanting atau terlindas) dan kemudian kesalahannya ditujukan kembali ke penjual. Terlihat di foto paket sudah dibuka oleh tim SiCepat tanpa konfirmasi.


Total kerugian untuk paket kami adalah sebesar Rp115.000, dimana seharusnya perusahaan ekspedisi “KATANYA” akan mengganti maksimal 10x nilai ongkir jika terjadi suatu kendala. Namun yang ada hanya cari-cari alasan dan malah minta biaya. Padahal mereka yang handling tidak benar.

Semua paket di toko kami wajib menggunakan asuransi untuk menghindari kejadian seperti ini. Namun CS dari Tokopedia kurang informatif, sehingga masalah tidak kunjung selesai.

Mohon konfirmasi, baik dari SiCepat maupun Tokopedia, terkait tanggung jawab atas paket yang diserahkan. Semoga Tokopedia selaku marketplace, bisa membantu menyelesaikan problem tersebut. Karena percuma kami aktifkan asuransi di toko kami (semua produk wajib asuransi), kalau kejadian seperti ini pun penyelesaiannya sangat lama.

Harris Kristanto
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia:
[Total:106    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Harris Kristanto

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Harris Kristanto pada tanggal 16 November 2021 yang berjudul Paket Jualan di Tokopedia yang...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Paket Jualan di Tokopedia yang Dikirim dengan SiCepat Rusak; Bukannya Dapat Ganti Rugi, Malah Diminta Biaya Tambahan

  • 16 November 2021 - (16:41 WIB)
    Permalink

    Itu tokopedia bilang kalau sedang dalam proses klaim asuransi. Lalu sicepat klo retur gak pernah minta biaya. Oknum kali itu

    5
    1
    • 16 November 2021 - (23:49 WIB)
      Permalink

      Itu kan centang ijo kak. nomor sicepat customer service.
      dan biasa dapet perkembangan info2 paket telat juga disana.
      berarti memang karyawannya gitu y bermasalah minta biaya retur gitu kak?
      gawat juga kalau seperti itu harus diusut internal perusahaan sicepat.

  • 16 November 2021 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Kalo rusak full di expedisi pas ajuin komplain barang / klaim asuransi seharusnya full ditanggung tokopedia(seller & buyer sama² dapat ganti uang), karna pake asuransi, kecuali jika si buyer gk pake asuransi maka resiko di tanggung buyer. untuk di produk yg kakak jual lebih baik di wajibkan pake asuransi di setiap produk, demi keamanan bersama(terutama produk mudah pecah/bocor/rusak). Dan juga pas komplain si buyer harus pilih barang rusak dan penggantian uang.

    • 16 November 2021 - (23:52 WIB)
      Permalink

      saya sudah wajibkan semua kak asuransi di toko saya.
      dan ini casenya buyer gak terima barang, langsung ditolak.
      Jadi gak di terima dulu baru ajukan komplain, kalau seperti itu biasanya bisa klaim asuransi dari tokopedianya.
      ini casenya kurir anter tapi ditolak sama buyer karena paket broken.
      dan itu bisa2nya paket saya dibongkar tanpa persetujuan saya.
      secara sepihak mereka bisa lakukan itu, sangat mengkhawatirkan.

  • 16 November 2021 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Kejar terus kak tokopedia maupun sicepat. Minta bukti rekaman cctv saat barang masuk ke kantor sicepat tujuan. Pasti kelihatan rusaknya saat dibawa kurir atau bukan.
    Saya pernah kejadian seperti itu. Alhamdulillah diganti dari pihak sicepat. Meskipun ongkirnya gk balik. Perlu waktu 1bulan lebih..

    • 16 November 2021 - (23:55 WIB)
      Permalink

      iya kak. saya serah terima ke sicepat dalam keadaan bagus dan bubblewrap tebal.
      dan saya sudah jual ribuan pcs gak pernah rusak.
      ini sekalinya rusak, malah lepas tanggung jawab. luar biasa sekali sicepat.
      bisa jadi rusak atas kesalahan handling mereka, tapi di bebankan ke penjual. luar biasa.

      yang katanya kerusakan akan menjadi tanggung jawab ekspedisi ternyata hanya bualan belaka

  • 17 November 2021 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah dengan si cepat juga baru”, cuma masalah saya paket tidak diambil” Sama pihak kurir, yg bikin jengkel alasan yg dibuat oleh pihak kurir hari pertama alasan lokasi tidak dapat ditemukan (padahal ekspedisi yg lain baik” Aja itu) hari kedua lebih parah lagi alasan dari kurir barang belum siap (ini sdh mengarah ke memfitnah).
    Emang banget perusahaan bagus tapi oknumnya gak bagus

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Paket Jualan di Tokopedia yang Dikirim dengan SiCepat Rusak; Bukannya …

oleh Harris dibaca dalam: 1 menit
7