Paket Kiriman Rusak, AnterAja Dukuh Sutorejo Surabaya Tidak Mau Bertanggung Jawab Penuh

Halo, perkenalkan kami dari toko Angel’s Wardrobe telah mengirimkan sebuah paket pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 dengan rincian sebagai berikut:

  • Order ID Shopee: 2110295HQNYM6X
  • No Resi (AWB) AnterAja: 10002605506310
  • Isi Paket: Setelan baju renang (Rp 299.000) dan outer rajut (Rp 249.000), dengan total harga Rp 548.000

Berikut rincian tracking pengirimannya:

Pembeli mengajukan pengembalian melalui Shopee pada hari Rabu, 3 November 2021 karena paket belum ia terima, dan keesokan harinya Kamis, 4 November 2021 pukul 16:29, Shopee menyetujui pengembalian dana ke pembeli karena paket tersebut dinyatakan rusak oleh ekspedisi.

Bisa dilihat dari jawaban Shopee di atas, penggantian klaim dari pihak jasa kirim (AnterAja) memerlukan estimasi waktu 1-5 hari kerja, yang berarti dana penggantian (hanya 10x ongkos kirim) akan kami terima paling lambat di hari Kamis, 11 November 2021.

Shopee pun menyarankan kami untuk menghubungi pihak jasa kirim jika terdapat kendala pada saat proses pengiriman pesanan, sementara percakapan kami dengan CS AnterAja malah menyuruh kami menghubungi pihak Shopee untuk proses refundnya.

Mengenai kerusakan barangnya sendiri, berikut terlampir foto barang retur yang telah dirusak AnterAja (video packing original toko kami dan video unboxing retur sudah kami kirimkan ke CS AnterAja untuk bukti bahwa kami mengirimkan barang baru dalam kondisi sempurna) yang akhirnya kami terima kembali pada hari Senin, 8 November 2021:

Kami menggunakan plastik polymailer tebal warna pink yang entah bagaimana caranya dilelehkan oleh ekspedisi (terkena knalpot?) sampai menembus plastik bajunya dan merusak baju renang, persis di bagian bawah dada.

Karena outer rajut hanya rusak di bagian plastiknya, kami tidak meminta penggantian total paket senilai Rp 548.000, cukup hanya untuk baju renangnya yang sudah dirusak di harga Rp 299.000, namun AnterAja tetap menjawab hanya akan mengganti 10x ongkos kirim Jakarta-Surabaya, yang telah kami terima di hari Senin, 8 November 2021, sebesar Rp 200.000.

Melalui surat pembaca ini, kami ingin menyampaikan kekecewaan kami dengan AnterAja, khususnya cabang Surabaya, Dukuh Sutorejo yang telah merusak paket kami dan tidak mau bertanggung jawab penuh atas kesalahan yang mereka lakukan. Berani berbuat, tidak berani bertanggung jawab.

Memang Rp 99.000 bukanlah nominal kerugian yang besar karena untungnya tidak rusak isi seluruh paket kami, tetapi selain dari segi materi (kami hampir rugi Rp 348.000), kami juga sangat merasa dirugikan dari segi waktu dan tenaga yang telah terbuang sia-sia (durasi video packing kami 11 menit – kami memeriksa seluruh jahitan barang yang kami kirim, sisi luar dan dalam, untuk memastikan tidak ada cacat produksi).

Karena kami puas dengan kinerja AnterAja daerah Meruya, Jakarta yang rajin pickup ke tempat kami setiap harinya, untuk saat ini kami belum menonaktifkan opsi kurir ini di Shopee, namun tentunya akan jadi pertimbangan apabila hal serupa terjadi lagi.

Kami juga memohon agar pihak Shopee menyediakan opsi asuransi pengiriman untuk semua ekspedisi, tidak hanya untuk Shopee Express, agar penjual tidak terus menjadi pihak yang dirugikan akibat kelalaian ekspedisi yang ada.

Terima kasih untuk perhatiannya, stay safe, stay healthy.

Best regards,

Angela P.
Angel’s Wardrobe
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AnterAja:
[Total:16    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Angela

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Angela yang berjudul: “Paket Kiriman Rusak, AnterAja Dukuh Sutorejo Surabaya Tidak Mau Bertanggung Jawab...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Paket Kiriman Rusak, AnterAja Dukuh Sutorejo Surabaya Tidak Mau Bertanggung Jawab Penuh

    • 19 November 2021 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Kurirnya emang payah pernah order lampu back ligh tv yg bentuknya panjang malah di tekuk dengan alasan susah di masukan ya untungnya gak rusak mata kancingnya walau ada retak dikit pokoknya payah deh harus di benahi

  • 19 November 2021 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Anteraja gitu loh, kalau ga ilang, ya rusak, lalu pengiriman lama.

    Nah kalau hilang, Cs nya kalau ditanya pun ga ada solusi batas waktu nya /deadline nya, status nya di cari terus sampai berminggu-minggu.

    Eh kurir nya songong dan banyak aturan pulak. Harus request pick-up nya di jam-jam yg dia tentukan , kalau kita ga nurut dia ngambek. Lah.. Kerja cuma bawa ransel anak tk aja, banyak aturan. malass nya ampun..

    Beda banget sama kurir j&t atau sicepat.

  • 19 November 2021 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Selamat sore semuanya,

    Masalah saya akhirnya sudah terselesaikan dengan sangat baik. Pihak Shopee dan AnterAja sudah menghubungi saya langsung untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai masalahnya.

    Terima kasih untuk Shopee (khususnya untuk kak Tere) yang sudah sangat cepat menghubungi saya, walaupun saya sebetulnya tidak mempermasalahkan Shopee karena bukan mereka yang merusak paket saya ini.

    Terima kasih juga untuk pihak AnterAja yang telah mau bertanggung jawab penuh atas kesalahannya.

    Terima kasih juga untuk Media Konsumen yang sudah mempublikasikan surat saya dan membantu suara saya untuk akhirnya didengarkan dengan sangat baik.

    Stay safe, stay healthy everyone.

    Best regards,

    Angela
    Angel’s Wardrobe

 Apa Komentar Anda mengenai AnterAja?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Paket Kiriman Rusak, AnterAja Dukuh Sutorejo Surabaya Tidak Mau Bertan…

oleh Angela Panama dibaca dalam: 2 menit
6