19 Bulan Refund Tiket di Traveloka Belum Selesai

Saya melakukan pemesanan tiket pesawat di Traveloka dengan nomor pemesanan: 586759165, atas nama Hendrawan Halim, Goh untuk penerbangan CGK – KUL PP tanggal 11 April pulang 18 April 2020. Dikarenakan Malaysia melakukan lockdown akibat wabah Covid 19 maka penerbangan dibatalkan.

Tanggal 26 Maret 2020 saya mengajukan refund atas tiket tersebut. Namun hingga hari ini tanggal 25 November 2021 proses refund belum selesai.

Setiap kali chat melalui aplikasi Traveloka, jawaban yang saya terima hanya disuruh menunggu karena dalam proses. Saya sebagai konsumen bertanya apakah wajar proses refund tiket 19 bulan belum selesai? Kiranya pihak Traveloka memberikan jawaban pasti kapan refund saya bisa selesai.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Hormat saya.

Goh Hendrawan Halim
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:16    Rata-Rata: 1.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “19 Bulan Refund Tiket di Traveloka Belum Selesai

  • 26 November 2021 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Buset Traveloka udah mau bangkrut atau gimana ?
    Hal begini aja ga bisa beres dalam 1.5 tahun ??

    • 27 November 2021 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Hahaha,ngga lah bu,iklannya masih banyak dimana mana….makasih atas komennya

    • 27 November 2021 - (19:23 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya pro aktif bertanya lgsg ke kantor maskapai terdekat, waktu itu sy jg lion air, sy datang ke ktr lion air Bogor dengan menunjukkan bukti pemesanan traveloka dan diproses lbh cepat..

  • 26 November 2021 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Traveloka itu hanya sebagai mitra/perantara, ketika check out anda berhasil maka pembelian & pembayaran secara otomatis akan diteruskan oleh taveloka ke pihak maskapai. Oleh karena itu mengapa traveloka memerlukan persetujuan dari pihak maskapai krn pembayaran tsb sdh masuk ke pihak maskapai. Dan sialnya lg, keberangkatannya dilakukan ketika pandemi sdng meningkat dmn tmpt tujuan sdng lockdown, sehingga bnyk orng yg membatalkan perjalanan ke tmpt tsb dan ini membuat permintaan refund melonjak. Kebayang kan pihak maskapainya pasti pusing buat balikin refund yg segitu bnyknya, sdngkan dana nya sdh digunakan untuk menutupi biaya operasional maskapai tsb. Dan disini TS tdk salah meminta pertanggungjawaban & kejelasan mengenai status refund tsb kpd pihak traveloka sebagai pihak mitra/perantara. Hrsnya ditalangin dlu tuh refund nya sm traveloka, toh nanti kalo refund sdh dikembalikan oleh pihak maskapai masuknya ke rekening traveloka. Kasian udh kelamaan bgt nunggu nya 19 bulan coy.

    • 27 November 2021 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Ini update ter baru,setelah masuk forum media konsumen kemarin langsung tuh disetujui refund tiket jkt-kl (apakah suatu kebetulan,maskapai langsung menyetujui setelah artikel saya masukkan ke forum?l,tapi yg kl-jkt nya belum disetujui ini juga sesuai yg aneh bagi saya beli tiketnya PP airlines nya sama tapi cairnya kok beda.btw makasih tanggapannya pa

      • 27 November 2021 - (22:25 WIB)
        Permalink

        Itu update dari traveloka atau maskapai?
        Setahu saya kalau pengajuan refund kita minta langsung ke maskapai, maskapai langsung oke dan mereka akan bilang silahkan menghubungi agent (artinya duit udah balik ke traveloka dong).
        Kalau traveloka yang update dan bilang baru disetujui itu bullsh*t)
        Anda sendiri bingung kan? PP kok, maskapai sama kok, kenapa nggak bisa bersamaan refund nya?
        Hohoho, artinya memang sudah direfund dari maskapai. Bapak udah tanya apa belum ke maskapai?
        Ini agent seolah gercep, padahal gegara masuk MK, itu pun separoh. Tapi keliatan gercep. Takut kehilangan customer dan lebih parah investor ogah ngasih infus.
        Semoga segera diselesaikan dengan baik.

        • 27 November 2021 - (22:54 WIB)
          Permalink

          Update dari traveloka,tadi jam 17.30 ditelp dari traveloka (setelah sekian lama akhirnya ada telp,biasa chat cuma suruh tunggu).untuk verifikasi tiket kl-jkt.hebat setelah update di forum ini respon persetujuan refund oleh maskapai cepat.(dari sini saya bisa narik kesimpulan lah,gimana kerjanya.setelah masuk ke forum publik baru responsif).saya dijanjikan 2hari kerja dana cair ke rekening,tinggal tunggu realisasinya.makasih atas responnya.

  • 26 November 2021 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Kasus kita mirip nih. Tapi kalo saya di tokopedia. Saya refund pada maret 2020 untuk 2 maskapai (Air Asia dan Lion Air).

    Yang Air Asia proses refundnya cepat, pada juli 2020 uang refund sudah saya terima.

    Tapi lion air, uang refundnya baru saya terima agustus 2021. Berkali-kali saya menanyakan refund ini ke pusat resolusi Tokopedia, jawabannya selalu menunggu kepastian dari maskapai. Akhirnya saya bertanya ke kantor cabang lion air di daerah saya. Setelah kira-kira 2 minggu, Tokopedia mengabarkan bahwa refund telah berhasil diberikan.

    Saran saya, coba bertanya ke kantor cabang lion air di daerah anda (malindo kan termasuk lion air group).

    • 27 November 2021 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Refundnya balik 100% atau kena potongan?
      Ini update terbaru,setelah masuk forum media konsumen kemarin langsung tuh disetujui refund tiket jkt-kl tgl 26 November 2021 dapat info dari aplikasi refund disetujui dan hari itu juga langsung mau ditransfer.tapi yg kl-jkt masih menunggu persetujuan maskapai.btw makasih atas tanggapannya ya

      • 27 November 2021 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Tidak balik 100%. Total pembayaran sekitar 2,4jt, tapi yg kembali sekitar 1,9jt. Saya tau bahwa uang makanan dan bagasi tidak bisa direfund. Total bagasi dan makanan sekitar 300rb. Jadi mungkin sisanya 200rb tidak diberikan karena sebagai biaya refund berdasarkan kebijakan maskapai.

    • 27 November 2021 - (09:38 WIB)
      Permalink

      Harusnya cukup dengan chat online vi apps,yang menjawab chat ada yg dari refund specialist,ada yg dari fight specialist.
      Ini update terbaru,setelah masuk forum media konsumen kemarin tgl 26 November 2021 langsung tuh disetujui refund tiket jkt-kl dan langsung mau cairin (lebih dapat perhatian kalo sudah publik).tapi tiket kl-jkt belum disetujui.ini keanehan juga beli tiket sekaligus,airlines sama.btw makasih tanggapannya ya

  • 29 November 2021 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth.,
    Bapak Hendrawan Halim,

    Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka.

    Menanggapi surat terbuka yang Bapak Hendrawan Halim tujukan kepada Traveloka di MediaKonsumen.com pada 26 November 2021, dapat kami sampaikan bahwa Traveloka telah menghubungi Bapak Hendrawan melalui sambungan telepon dan email guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Bapak Hendrawan alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak Hendrawan Halim.

    Demikian pernyataan resmi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    Tim Customer Care Traveloka

  • 29 November 2021 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Memang saya sudah menerima informasi via telp dan email,saat ini proses refund saya tinggal menunggu transfer dana ke rekening saya.saya harapkan pihak traveloka lebih meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dengan memperbaiki kinerja terutama yang bertugas membalas chat via apps traveloka (silahkan lihat record chat saya).
    Untuk forum mediakonsumen terima kasih sudah menayangkan surat saya,sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah saya.
    Atas perhatiaan semua pihak saya ucapkan terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

19 Bulan Refund Tiket di Traveloka Belum Selesai

oleh Hendrawan Halim dibaca dalam: <1 menit
17