Tagihan Aneh Akulaku

Karena kuota internet memang hampir habis, saya putuskan untuk membelinya. Saya biasa membeli melalui aplikasi Akulaku, karena memang harganya lumayan murah, untuk membeli paket internet atau hanya sekedar top up pulsa. Ketika saya masuk ke dasbor utama aplikasi Akulaku, saya dibuat kaget dengan notifikasi banner kecil di atas, yang bertuliskan bahwa saya telah melakukan pinjaman.

Karena penasaran benar atau tidaknya notifikasi banner tersebut, saya coba klik tetapi tidak bisa dan muncul popup upgrade versi aplikasi.

Setelah aplikasi Akulaku ter-update, notifikasi tersebut bisa saya klik dan muncul. Benar saja, sistem Akulaku mencatat bahwa saya telah melakukan pinjaman/cicilan, padahal saya tidak pernah melakukannya.

Di situ tertulis tagihan Rp0  dan sudah lewat jatuh tempo lebih dari 200 hari. Pantas saja sejak kemarin saya ditelepon oleh robocall Akulaku beberapa kali dan lumayan mengganggu.

Jujur saya sangat suka fasilitas pengisian kuota/pulsa/token PLN di Akulaku, karena memang waktu pengisiannya sangat cepat. Jadi tolong pihak Akulaku segera selesaikan masalah ini, karena saya sudah email ke cs.id@akulaku.com, tetapi belum direspon.

Sudirman
Kota Serang, Banten


Update (20 Januari 2022): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Akulaku sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:345    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Sudirman

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Sudirman pada tanggal 20 Desember...
Baca Selengkapnya

44 komentar untuk “Tagihan Aneh Akulaku

  • 20 Desember 2021 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Lewat Email lama respon nya pak lebih baik telepon langsung ke call center resmi nya

    17
    2
    • 21 Desember 2021 - (14:41 WIB)
      Permalink

      Sya jg 2 minggu dpat tlpn yg mengatas namakan dr pihak akulaku,,,mereka menagih cicilan/tunggakan sya setahun yg lalu,,,padahal sya ngga pernh minjam/ambil cicilan barang d akulaku,,masa iy ciccilan lewat dr 378 hri bru sekrng d konfir,,,kn aneh,,minta pendaptnya donk dr smua,,sya hrus bagaimana

      5
      1
      • 21 Desember 2021 - (16:48 WIB)
        Permalink

        Trnyata bukan cuma saya korbanya..
        Saya jga gtu akun saya aku laku jga ada tagihan sementara untuk pembelanjaan sebelumnya sudah lunas ketika saya buka lagi akun aku laku saya trnyata ada tagihan 505 dan sekarang sudah naik nominalnya..
        Tiap hari ada telpon mulu dri bagian penagih nya padahal saya tidak merasa memakai dana itu

    • 21 Desember 2021 - (19:37 WIB)
      Permalink

      Memang payah nih akulaku sekarang, kemaren temanku punya limit 7 jt di akun akulaku nah 5.500 jt belom ke pake sm dia nah pihak akulaku nelefon mengatakan dapat hadiah undian dari akulaku hadiahnya hp sm uang 300rb,tp dengan syarat akun akulakunya jgn di buka dulu selama 1 jam,teman sy percaya lantaran yg nelefon ada tulisan akulakunya,eh ternyata pihak akulakunya sedang bermain menguras limit teman sy di suruh bayar tagihan 660 selama 9 bulan,bener² luar biasa akulaku sekarang

      4
      2
    • 22 Desember 2021 - (00:22 WIB)
      Permalink

      Iya nih cicilan saya tinggal 600 sekarang jadi 3 juta, masa iya sih bunganya parah? Ya gak gitu juga, ayo dong akulaku yang jujur jangan merugikan konsuman yang percaya, sama aja riba, mana gak ada promo2.

  • 20 Desember 2021 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Pertama tlp Call center resmi akulaku 1500920
    Sama kaya saya kemaren.clear masalah nya. Cs ramah dan mau bantu
    Kedua harus update akulaku yg versi Beta di playstore. pilih yg keterangan (Beta)
    .
    Akulaku memang lagi ada maintenance
    Bisa cek bertahap

    6
    1
  • 20 Desember 2021 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang serupa, tagihan tidak pernah bayar setelah jatuh tempo, selalu sebelum jatuh tempo, tapi ada pop up ada tagihan 600an ribu, padahal sudah dua bulan yang lalu dan telfon call center memang tidak ada tagihan, tapi pop up selalu muncul, tolong diperbaiki untuk Aplikasi Akulaku #OJK #Akulaku

  • 20 Desember 2021 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Ini ni siAku laku Klo tlp Orang seenak udel dia orang lain yang punya utang sibuk bulak balik tlp Orang yang ga punya sankutan kita mana tau no kita di cantumin sama yang ngutan, Waktu orang ngajuin ga ada konfirmasi giliran Nunggak bulan balik tlp melulu sudah berkali2 di jelasin ga tau keberadaannya orang yang tuju, ngangu aktifitas orang lain yang ga punya sangkutan, lain kali Lou tuh siAkulaku Klo no orang di cantumin konfimasi dulu jangan asal Upfrufl aja, orang yang ga punya sankutan utang seolah2 kaya malah yang punya utang, bulak balik nelpon melulu, Besok2 Klo mau Ngutangin Orang Konfimasi dulu no2 tlp yang di cantumin Brengsek Banget Siakulaku

    21
    2
    • 21 Desember 2021 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Setuju, benar banget itu. harus nya sebelum approve konfirmasi dulu ke no yang di jadikan EC bener apa nggak,kenal apa nggak, trus bersedia nggak kalo di jadikan EC. saya pun juga di jadikan EC ama temen tanpa tau apa apa. Begitu ada tagihan nunggak, saya yang di teror.

      Kesel banget deh

      4
      1
    • 22 Desember 2021 - (08:27 WIB)
      Permalink

      Bantu jawab,Sebelum koment coba cari tau dulu apa aja akses Akulaku Ke HP si peminjam.
      Nih Akses Akulaku ke HP peminjam
      – Kalender
      – Lokasi
      – Kamera
      – Kontak
      – Penyimpanan
      – Microfon
      – telepon
      Jadi anda yg tidak ngutang jd di teror bkn berarti kontak anda jd EC. tapiiiiiiiiii pihak Akulaku bisa ngambil daftar kontak tlp dari si peminjam bahkan log panggilan bahkannnnn siapa saja yg sering berhubungan kontak dngn peminjam. Itulah yg akan ikut di tagih untuk mengingatkan si peminjam.Paham sampe sini

      • 23 Desember 2021 - (08:18 WIB)
        Permalink

        Lha?? begitu cara kerja nya nyadap kontak? bukan karena saya bener2 di jadikan emergency contact ya

  • 20 Desember 2021 - (23:40 WIB)
    Permalink

    iya memang aneh saya punya limit kredit gak bisa di pakai,pdahal bayar gak pernah terlambat, aplikasi yang bikin bingung,,kalau limit gak bisa di gunakan buat apa di kasih limit,blokir saja sekalian,,

    • 22 Desember 2021 - (08:30 WIB)
      Permalink

      Diemin aja 1 bln. Entar jg di tlp sm Akulaku di suruh pake limitnya. Tp inget sblm diem 1 bln Screen Shoot dulu limit dan tagihan anda.. Utk menjadi brng bukti di kemudian hari

  • 21 Desember 2021 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Akulaku terbrengsek yang pernah ada saya punya limit kredit di angka kurang lebih 4 juta tagihan sebelumnya sudah saya bayarkan bahkan jauh sebelum jatuh tempo hanya ada tagihan berikutnya yang hanya sebesar Rp. 60.000,- , ketika saya mau topup pulsa tidak bisa pengajuan gagal, padahal nominal tidak besar hanya 25.000, betul buat apa dikasih limit kredit tapi gak bisa buat belanja PIKIR LOGIKA WOI AKULAKU BRENGSEK, MAU CHAT LIVE CS JUGA PERCUMA PELAYANAN ANDA LAMBAT!!!! PUNYA HUTANG 170.000 SAJA DITELPON TIAP MENIT, ******* LIMIT BESAR TAPI GAK BISA DIPAKAI BRENGSEK, BRENGSEK
    MENDING AKULAKY JADI TUKANG KREDIT HARIAN LEBIH PANTAS

    6
    1
  • 21 Desember 2021 - (08:59 WIB)
    Permalink

    MUNGKIN,
    “Akulaku” Ini lagi “Akubangkrut” makanya tebar jala, siapa tau ada yg bayar tagihan gk jelas itu.
    Kalau ada 5jt pengguna, katakanlah yg ada 1% (berarti 50000 pengguna) yg kemakan tagihan itu. Tinggal dikalikan 3.3jt. Berarti udah cuan 165 milliar.

    Ini cuma MUNGKIN lho ya. 😂

  • 21 Desember 2021 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Nah permasalahan kaya gini ini baru pas buat thread di media konsumen. Bukan yg nunggak pembayaran terus ngeluh karena di tagih dengan alasan “kalau ada uang saya bayar” atau “saya sebelumnya selalu bayar tepat waktu” tapi menunggak.

  • 21 Desember 2021 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Karena penasaran dgn mudahnya kredit di akulaku, sy coba daftar di apk akulaku, dan disetujui. Tetapi sy membaca byk sekali ulasan negatif ttg akulaku. Mulai khawatir, sy mengajukan tutup secara permanen tanpa memakai akun saya tersebut. Dan susahnya minta ampun, email berulang kali sudah, telp berulang kali jg sudah, pulsa habis sengaja dilama2in nunggu2nya, bad respon bgt, sampai skrg blm bsa sy tutup akun saya tersebut, padahal takut data akun di salah gunakan.

  • 21 Desember 2021 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Setelah saya baca2 ko yg ngutang yg ngeluh ya..jelas2 ente ngutang d akulaku belom ada pelunasan.
    Yah. Jelas2 anda d tlp oleh decpkolektor

    1
    20
    • 21 Desember 2021 - (18:23 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan anda salah baca artikel atau salah meletakan komentar disini, lagipula
      1. Saya tidak melakukan hutang/pinjaman/cicilan pada akulaku sebagaimana yg tercatat pada sistem mereka.

      2. Akan aneh jikapun seseorang melakukan hutang/pinjaman/cicilan online kemudian di tagih pada 200 hari lewat dari tanggal jatuh tempo, dari banyak literasi yang saya baca biasanya mendekati jatuh tempo sudah ada penagihan atau sekedar notifikasi anjuran bayar dari pinjol.

      3. Terimakasih untuk sayang telah berkomentar dan akan lebik baik kalu komentar nya disertai solusi.

      10
    • 21 Desember 2021 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Jangan2 lu depkolektor akulaku yaa? Klau iya jelas2 lu memihak akulaku karena lu kerja disana.. hahahaha

      • 13 Januari 2022 - (11:18 WIB)
        Permalink

        Pinjol gx ada yg resmi trmasuk akulaku ttp aja prosedur & aturan sm k ilegal….
        Sy aja sm dngn kalian udh lunas tp stlh 1thn ada tagihan skrng ribet ny minta ampu tlpn sana sini tiap hr lg nagih nya sdngkan atura pengihan tidak boleh untuk tiap hari

    • 22 Desember 2021 - (00:25 WIB)
      Permalink

      Maaf kak, kalau ngomong itu di jaga wkwk. Jangan ngejudge, kami sebagai konsumen setia akulaku agak keberatan, masa iya tunggakan kita udah mengecil lalu diperbesar lagi, kami sebagai konsumen wajarkan ngeluh? Soalnya uang bukan dipetik ya kak, jadi jangan asal komen aja, iya tau kakak bukan peminjam uang atau suka ngutang. Beda sama konsumen setia akulaku 😌

    • 10 Januari 2022 - (07:47 WIB)
      Permalink

      Orang kl mau konen di baca dulu baik2, apa permasalahan nya. Jangan asal jeplak, jd ketshuan kan bod??

  • 21 Desember 2021 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Saya jg pernah mengalami hal serupa mau melakukan pinjaman di akulaku, tapi ternyata di akun akulaku saya ada tagihan. Selama 1tahun saya di teror yg mengatasnamakan penagihan dari akulaku, smpai saya di maki2 dengan kata2 tidak sopan. Bagaimana kalau kita ramai2 buat surat ke pak presiden atau Menkominfo untuk mencabut izin akulaku.

    7
    1
  • 21 Desember 2021 - (22:52 WIB)
    Permalink

    Saya juga kaget..saya instal aplikasi ini bulan Agustus September 2021, masukan NIK tapi di tolak. Karena NIK sudah terdaftar.
    Saya coba Hubungi CSnya, katanya NIK saya ada tanggungan hutang pulsa 100 rebu sejak Januari 2020 dengan login pake nomor HP yg tidak saya kenal.
    Saya coba verifikasi, apakah namanya sama dengan NIK saya ( CS tidak menjawab), apakah Wajahnya sama dengan wajah saya ( CS hanya menyebutkan foto pake baju garis garis)
    Yg namanya penyedia pinjaman online pasti mewajibkan agar diizinkan akses kontak penuh di HP pengguna agar terjadi gagal bayar pasti bisa menghubungi lewat kontak (teman, saudara dsb) diHP pengguna..yg anehnya saya tdk pernah mendapatkan pemberitahuan tagihan lewat manapun (teman, saudara, istri ato email).
    Saya coba menawarkan agar tagihan 100 rebu yg tidak saya tahu itu saya bayar saja agar NIK saya aman tapi tidak bisa. Harus login pake nomor yg sudah terdaftar dengan NIK itu
    Sampe sekarang blm ada kejelasan nasib NIK tsb yg sama NIK saya padahal pihak aplikasi menjanjikan akan menghubungi saya 7 hari kerja sejak Agustus September 2021 yg sampe sekarang saya blm dihubungi

  • 22 Desember 2021 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Akulaku saya terakhir 2018 pelunasan. Setelah itu saya minta tutup account dan langsung unistall. sampai hari ini tidak ada pernah pakai atau buka aplikasi tersebut. Kapok

    1
    1
  • 22 Desember 2021 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Hati hati ya kalo akulaku. Soalnya saya punya sepupu yang cicil barang, dia telat bayar terus sering ditagih kerumah, kalo ngga salah total bayar sekitar 700rb. Sampe suatu ketika sepupu saya bayar 300rb, terus penagih ngga ngasih bukti karena katanya ngga ada nanti dibayarin sama dia gitu, terus sekitar sebulan kemudian kan dateng lagi ya itu yang nagih kelewatan si ya kalo menurut saya, masa dia nungguin sepupu saya dari pagi jam 8’an sampe malem jam 10 -_- dari saya ngopi pagi, siang pulang, sore maen lagi sampe malem dia masih ada, akhirnya saya sama adik sepupu saya patungan buat ngelunasin yang 400rb plus ngasih dia tambahan 50rb biar buru buru pulang, nah disitu dia bilang udah lunas. Tapi sekitar 3 bulan setelah itu ada penagihan lagi dong dengan nominal yang lebih tinggi, dan kebetulan ada saya juga disitu dan sampe debat hampir berantem karena udah jelas jelas di pembayaran kedua si penagih ngomong udah lunas tapi si penagih kedua ngotot minta dibayar hari itu juga, pas saya suruh dia pergi terus dateng balik lagi di hari itu juga bareng sama penagih yang pertama tapi dia ngga pernah dateng lagi udah setahun, jadi saya ngerasa kaya sistemnya ngga jelas. Ini sekedar sharing ya, tagihan udah dibayar tapi tetep di tagih kerumah dengan orang yang berbeda.

    • 22 Desember 2021 - (09:34 WIB)
      Permalink

      kalo punya tagihan di aplikasi misalkan sudah lewat jatuh tempo jangan bayar ke DC / team yang menagih kak, sebisa mungkin minta virtual account resmi dari aplikasi tsb. karena sudah banyak kejadian bayar nya ke dc tapi sama mereka tidak di bayar kan ke perusahaan nya.

    • 19 Januari 2022 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Waduuhh…gawat juga aplikasinya,, saran saya mending tidak usah tergiur dg aplikasi² pinjol. Apapun itu.. apalagi mengisi data NIK dll…bakal ribet deh..

  • 22 Desember 2021 - (19:11 WIB)
    Permalink

    maaf mba ,,yg saya alami sama bngt ,coba deh pembaruan hp mba nya ,,atau kalo bisa coba aja buka di hp saudara yg udh pembaruan perangkatnya pasti gak bgtu ,,soalnya saya yg udh alamin dicoba aja dlu ….

  • 23 Desember 2021 - (06:05 WIB)
    Permalink

    Terimakasih mba untuk saran bagus nya, hp saya galaxy note 5 jadul, saya mau coba install ke hp yang lebih baru, mudah mudahan berhasil sama kaya mba.

  • 16 Januari 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Coba ingat2, pernah kasih kode OTP ke orang lain tidak yang biasanya diberikan lewat sms. Kalo iya berarti selamat anda di botol penipu

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Tagihan Aneh Akulaku

oleh sudirman dibaca dalam: 1 menit
44