PLN Secara Sepihak Mengubah Status Pelanggan Listrik pada Rumah Tak Berpenghuni

Saya adalah pelanggan PLN, dengan ID Pelanggan: 521041457543, beralamat di Jalan Tugu Gentong, Dusun Gendeng, Kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Bantul. Saat ini saya bersama keluarga telah tinggal di Kota Bandung, dikarenakan saya pindah dinas ke BUMN cabang Bandung.

Yang ingin saya ceritakan adalah, kemarin seperti biasa (karena sudah mendekati tanggal 20 Januari), saya mencoba melakukan pembayaran listrik rumah saya yang di Bantul tersebut via aplikasi LinkAja. Ketika mencoba proses bayar tagihan listrik di aplikasi LinkAja, terdapat notifikasi tagihan tidak dapat diproses. Sehingga saya coba alternatif lain melalui PLN mobile, namun juga menunjukkan hasil yang sama yaitu tagihan tidak tersedia.

Akhirnya jalan terakhir saya mencoba mencari informasi ke call center PLN 123. Saya kaget sekali, mendengar bahwa tagihan tidak tersedia, dikarenakan status pelanggan saya telah diubah menjadi pelanggan meter listrik token/prabayar (sebelumnya menggunakan meter listrik pascabayar), tanpa sepengetahuan saya sebagai pelanggan.

Berikut kronologi berdasarkan informasi call center PLN 123 dan konfirmasi dari ULP Sedayu, serta yang saya ketahui:

  1. Bulan November 2021, saya menunggak s.d. tanggal 29 November 2021, sehingga tagihan saya dilakukan pembayaran oleh billman, atau pihak ketiga PLN yang mengurus masalah collecting bill, entah untuk tujuan apa.
  2. ULP Sedayu telah mengirimkan surat peringatan ke rumah saya di Bantul yang posisinya kosong. Namun sangat disayangkan, kenapa surat peringatan tidak bisa disampaikan via aplikasi PLN mobile (yang digadang-gadang menjadi portal pelayanan pelanggan PLN)? Khususnya bagi mereka yang berada di luar kota.
  3. Pada tanggal 30 November 2021, saya membayar tagihan listrik untuk rumah lainnya melalui PLN mobile. Status tagihan listrik rumah yang di Bantul keterangannya pada PLN mobile telah TIDAK ADA TUNGGAKAN, sehingga saya dengan polosnya tidak mencari info lebih lanjut.
  4. Pada bulan Desember, saya melakukan pembayaran tagihan tanggal 21 Desember 2021.
  5. Tanggal 20 Januari 2022, saya seperti biasa mau membayar via PLN mobile. Namun ternyata tidak bisa karena informasinya status pelanggan saya telah diubah menjadi pelanggan prabayar.
  6. Karena kemudian saya sedang dinas ke Jogja, saya menyempatkan diri ke rumah. Ternyata KWH meter telah dicabut entah sejak kapan dan belum dipasang kembali. Sehingga rumah gelap gulita, padahal barang-barang di rumah lengkap dan CCTV kondisi mati.
  7. Saya mengadu berkali-kali ke 123 dan diarahkan ke ULP Sedayu. Jawabannya selalu sama, saya telah menunggak 2 bulan sehingga dibenarkan penggantian secara sepihak. Padahal kalau billman tsb tidak menalangi tagihan saya pada tanggal 29 November 2021, seharusnya saya bisa bayar tagihan listrik pada tanggal 30 November 2021 bersama tagihan listrik rumah lainnya. Sehingga keterlambatan tidak menjadi 30 hari.
  8. Kemudian setelah argumen alot dan laporan yang sudah tidak terhitung intensnya ke 123, ULP Sedayu bersedia mengembalikan status langganan ke listrik pasca bayar, tapi harus bayar UJL atau uang jaminan langganan kembali. Saya keberatan, karena bukan salah saya sepenuhnya.

Dari kejadian ini ada beberapa poin catatan yang perlu menjadi perhatian bersama baik bagi PLN (yang hampir merupakan satu satunya penyedia listrik di seluruh wilayah Indonesia, dan kita masyarakat tidak ada opsi lain) dan kita sebagai pelanggan listrik:

  1. Memang benar terlambat bayar melebihi tanggal 20 itu tidak dibenarkan.
  2. Namun apakah tindakan sanksi PLN bisa berbeda-beda di setiap wilayah? Bukankah harusnya berdasarkan yang digaungkan di medsos dll, keterlambatan 30 hari putus aliran listrik sementara dan 60 hari dilakukan pencabutan meter serta 90 hari diputus rampung. Kenapa kelalaian saya akibat billman PLN serta merta ditindaklanjuti dengan cabut meter kemudian langsung mengubah status langganan yang dilakukan tanpa pemberitahuan via PLN mobile, email atau no hp, jika diketahui rumah kosong? Kalau sekedar nempelin kertas tentu semua bisa, tapi sekelas PLN bisa dong menambah jalur komunikasinya di tengah kemajuan teknologi saat ini.
  3. Meter token memang bisa membantu PLN dalam mengurangi tunggakan. Namun apakah pernah dipertimbangkan kepentingan pemilik rumah (khususnya yang di luar kota)? Apakah harus bolak balik untuk sekedar isi token? Atau haruskah rumah yang jauh dari pemiliknya selalu “Gelap Gulita”?

Besar harapan kami pelanggan PLN, yang mana kami melihat PLN sudah berbenah banyak sekali dan maju sekali. Namun dikarenakan PLN merupakan HAMPIR satu satunya penyedia listrik untuk masyarakat, PLN seharusnya bisa lebih meningkatkan akses komunikasi dengan pelanggan.

Mudah-mudahan tidak hanya tagihan jatuh tempo atau fitur pelayanan saja yang ada di PLN mobile, tapi sekelas PLN bisa menambahkan informasi berupa peringatan akan adanya pencabutan, perubahan, pembongkaran ke rumah pelanggan bisa diinformasikan juga apalagi rumah kosong. Sehingga tidak asal menerobos rumah pelanggan.

Mohon apabila berkenan untuk bantuannya dalam mengembalikan meter pascabayar saya tanpa UJL bisa dipertimbangkan. Percayalah PLN, khususnya ULP Sedayu, tidak semua yang menunggak itu tidak ada itikad baik. Namun karena komunikasi dan penyampaian informasi yang tidak efektif.

Binsar Efendi Parulian Habeahan
Bandung, Jawa Barat


Update (25 Januari 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak PLN ULP Sedayu sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PLN:
[Total:438    Rata-Rata: 3.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

109 komentar untuk “PLN Secara Sepihak Mengubah Status Pelanggan Listrik pada Rumah Tak Berpenghuni

    • 23 Januari 2022 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Terimakasih tanggapannya pak, memang ini pengalaman yang baru buat saya selama saya menjadi pelanggan pln. Sepertinya memang hanya merupakan kebijakan PLN area tertentu saja. Nyatanya dua tagihan rumah yang lain di kota lain, tidak ada talang menalangi

      6
      40
      • 24 Januari 2022 - (13:59 WIB)
        Permalink

        Setahu sya memang ada yg ditalangi tp pasti ditalanginya pas ditanggal akhir 30/31 malam pas besok udh ganti bulan

        4
        6
      • 24 Januari 2022 - (17:46 WIB)
        Permalink

        Memang sepagai petugas billman dituntut untuk lunas, jadi kalau ada yg nunggak mau g mau harus kebeli/ditalangi kalau memang pelanggan mengabaikan meteran harus di ambil diganti meteran pulsa.
        PLN bukan seperti pinjol yang telat bayar selalu nelfon, kalau bayar via link tidak bisa kan ada alternatif lain, peraturan PLN tgl 21 segel sementara tapi kalau sampai tgl 31 dibongkar ganti meteran pulsa.

        19
    • 24 Januari 2022 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Kalo ada layanan listrik selain PLN saya pindah

      22
      42
      • 24 Januari 2022 - (08:31 WIB)
        Permalink

        Membaca dari uraian yg di uraikan, kalau saya jadi bapak, saya akan minta maaf, karena saya salah sudah telat bayar tagihan, karena akar masalahnya dari telat bayar, andai tidak telat bayar semua akan berjalan sebagaimana mestinya, dan bila masih memungkinkan untuk menginginkan layanan yg sama dan harus bayar.. saya juga akan bayar asal sesuai ketentuan yang berlaku. saya sendiri pengguna paskabayar, saya dapat notif tagihan tiap bulan di email biasanya tgl 3 – 5 dan saya biasanya bayar di atas tgl 10 di bawah tgl 15.. maklum ada kos2an dan kontrakan 30 pintu di beberapa lokasi. Hidup di buat simpel, jangan banyak menuntut kalau tidak mau bayar atau keluar uang.

        167
        6
      • 24 Januari 2022 - (16:25 WIB)
        Permalink

        ada kok Om.,
        cba pakai genset tau PLTS aja..,
        gak perlu berurusan sma PLN lagi..,

        15
      • 24 Januari 2022 - (16:57 WIB)
        Permalink

        silahkan saja pindah, pake PLTS om… jgn pakai PLN

        13
        3
      • 24 Januari 2022 - (17:25 WIB)
        Permalink

        Ada bos, plts / genset, silahkan pindah, gitu aja koq repot

      • 24 Januari 2022 - (18:46 WIB)
        Permalink

        Kalau ada layanan lain selain PLN sy masih tetap pilih PLN. Kenapa? Karena PLN satu2 nya perusahaan yg tidak hanya memikirkan profit dan mau membangun Indonesia meskipun investasi tidak layak masih mau untuk membangun pelosok2 desa. Biaya bangun listrik ke pedesaan Milyaran sampai triliunan, sementara biaya listrik masy yg hanya bbrp rumah berapa setahun? Yakin ada swasta yg sanggup seperti PLN?

        41
        5
      • 25 Januari 2022 - (11:32 WIB)
        Permalink

        Ada dari dulu Pak, pasang genset sendiri.

    • 24 Januari 2022 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Tolong petugas lapangan tidak semena-mena mematikan aliran listrik rumah dari meteran luar dong. Telat 2 hari didatengin, nggak ada orang di rumah, pulang-pulang ikan koki di aquarium pada ngambang. Daerah Desa Baujeng, Kec. Beji, Kab. Pasuruan, Jawa Timur

      2
      1
      • 25 Januari 2022 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Kalau ind*home telat 1 menit, masuk ke tanggal 21 udah otomatis putus Bu. Memang seperti itu aturan Paskabayar.

  • 23 Januari 2022 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Makasih infonya pak, yg saya heran ko bisa ya ditalangi pembayaran oleh petugas harusnya biarkan saja customer yg membayar. Kalo ginikan jadi case issue berkepanjangan apalagi bapak mampu untuk bayar. Semoga ada titik lanjutnya pak mending paska sih

    9
    16
    • 24 Januari 2022 - (18:48 WIB)
      Permalink

      Setahu saya pak, jika tidak ditalangi kwh terancam di bongkar. Jk sudah di bongkar pelanggan harus bayar untuk pasang baru lagi. Bapak pilih mana harus bayar biaya listrik ke pihak 3 yg biayanya sesuai pemakaian bapak (kalo rumah kosong gak seberapa) atau bayar pasang baru yg sampai jutaan? Kalo sy karna makhluk ekonomi sih pilih yg pertama ya

      14
      • 24 Januari 2022 - (18:50 WIB)
        Permalink

        Terimakasih tanggapan nya, saya baru baru banget kalo kalo tagihan bisa ditalangi makanya agak heran gitu pak. Dan case issue nya mungkin untuk rumah kosong begitu harus ditalangi.

        2
        1
        • 24 Januari 2022 - (19:00 WIB)
          Permalink

          Iya pak pihak ketiga ini dikejar target tidak peduli rumah kosong atau penghuni nya mau Rp 1 pun jk belum lunas mrk masih dikejar target itu pak. Tapi sebagai pelanggan yg baik pak, mari kita bantu mereka pak dengan tertib bayar listrik. Supaya operasional perusahaan bisa berjalan baik, supaya banyak desa lagi yg bisa di listriki, supaya bisa membangun pembangkit listrik ramah lingkungan lagi.

          15
          1
          • 24 Januari 2022 - (20:49 WIB)
            Permalink

            Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

            3
            14
        • 24 Januari 2022 - (20:51 WIB)
          Permalink

          sakit hati sama PLN atau pernah punya kasus di PLN neh mas “pelanggan”PLN ?

          5
          2
    • 25 Januari 2022 - (15:49 WIB)
      Permalink

      Meski mampu untuk membayar, kalau membayarnya telat terus juga tidak baik…
      Ya maklumi aja bila PLN melakukan tindakan…

      Harusnya dipikir positifnya… Dengan di rubah jadi token tidak merepotkan pelanggan mau bayar kapan terserah…

      Jangan sampai pelanggan mau enak tapi merepotkan pihak lain… Masing masing harus tahu hak dan kewajibannya aja…

      Karena ini kalau ditarik dari postingan diatas… Bahwa hal ini gak akan terjadi kalau pelanggan membayar dengan rutin tanpa telat

  • 23 Januari 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Pasca bayar setahu saya petugas harus foto lihat meteran, mungkin ini pertimbangan nya jadi agak sulit masuk ke rumah jika tidak ada orangnya.

    21
    4
    • 23 Januari 2022 - (19:38 WIB)
      Permalink

      Setuju. Kebanyakan rumah sekarang spt itu, pagarnya tinggi petugas kesulitan masuk. Tugas catat meteran malah bisa dikira maling. Kalaupun nanti dibuat aturan semua harus pindah ke token/prabayar, saya akan setuju saja. Rafi ahmad saja yg pakai 33000va juga sudah prabayar kok. 😀

      24
      10
      • 23 Januari 2022 - (19:45 WIB)
        Permalink

        Tidak salah pak, hanya jarak pagar ke meteran rumah saya tidak lebih dari 2,5 meter. Dengan kemampuan zoom kamera hp saat ini, tampaknya bukan hal yang tidak bisa dilakukan. Karena selama saya menempati rumah itu dahulu sekalipun, petugas cater tidak ada yang pernah minta ijin masuk rumah juga, karena dimungkinkan foto dari depan pagar.

        7
        38
        • 23 Januari 2022 - (21:08 WIB)
          Permalink

          Di tempat saya malah di talangin sama petugas nya kalau telat bayar,

          9
          6
        • 24 Januari 2022 - (14:01 WIB)
          Permalink

          Klo ukuran sgitu sih meterannya sj yg terlihat tp angkanya blur

        • 24 Januari 2022 - (16:58 WIB)
          Permalink

          Apakah bpk sdh pernah cb sendiri foto angka stand meter dr depan pagar rmh bapak? Dan apakah hasilnya terlihat jelas? Krn nanti klo buram, bpk malah komplain lg ke PLN..

          18
          1
        • 24 Januari 2022 - (16:58 WIB)
          Permalink

          cb dipake HP pak, foto angka stand dr jarak 2.5m zoom smpai angka jelas apa bisa ? oiyahh posisi anda juga manjat pagar yah pak

          5
          1
      • 23 Januari 2022 - (19:46 WIB)
        Permalink

        Seandainya prabayar tidak perlu diisi dengan cara diketik di meternya, betul pak. Tapi kalo pemilik rumah sedang tidak menempati rumah tersebut, bagaimana?

        6
        25
        • 23 Januari 2022 - (20:48 WIB)
          Permalink

          Bisa minta bantuan tetangga untuk isi token,itulah pentingnya hubungan baik ke tetangga😁😁😁😁😁

          20
          10
          • 23 Januari 2022 - (20:50 WIB)
            Permalink

            Terimakasih pak, tapi ga enak lah ngerepotin mulu. Tapi terimakasih tanggapan baiknya

            6
            14
      • 23 Januari 2022 - (20:08 WIB)
        Permalink

        Rafi Ahmad listriknya 33000 VA ?? Itu rumah apa hotel ?

        9
        1
        • 24 Januari 2022 - (09:24 WIB)
          Permalink

          Udah pakai listrik ya bayar telat, diutus marah. Harusnya PLN tegas, telat 3x berhenti langganan.

          23
          3
          • 24 Januari 2022 - (15:02 WIB)
            Permalink

            Manusia memang letaknya salah pak, bersama ini disampaikan permohonan maaf atas kekeliruannya

            3
            10
  • 23 Januari 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Menurut saya PLN mengganti pasca bayar menjadi listrik prabayar atau token. Sudah tepat buat bapak. Karena sering telat bayar tagihan pasca bayar. Dan rumah tidak ditinggali atau berpindah2.. Dengan listrik pake token bpk isi atau tidak tidak isi bertahun2 tdk masalah.

    36
    4
    • 23 Januari 2022 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Benar pak saya dalam posisi terlambat bayar, dari data yang disampaikan ULP sedayu dari maret sampai des 2021, saya telat di nov dan des. Tapi apakah tindakan pln ini sudah disosialisasikan ke pelanggan? Karena dari iklan PLN terkait pembayaran tagihan sebelum tanggal 20, tampaknya tidak begitu sopnya. Tapi ga tahu kalo ada kebijakan lain di wilayah tertentu ya

      6
      32
      • 24 Januari 2022 - (15:44 WIB)
        Permalink

        Mungkin masnya mau dipindahkan ke PLN Sedayu

        11
        • 24 Januari 2022 - (20:48 WIB)
          Permalink

          Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

          1
          3
      • 24 Januari 2022 - (17:08 WIB)
        Permalink

        Klo bs saya sarankan,bapak bs menggunakan fasilitas bank utk mendaftarkan idpel listrik bpk,agar dilakukan auto debet tagihan listrik. Sehingga baik bpk ataupun pihak PLN sama² nyaman krn tagihan sdh terbayar otomatis.

        10
        1
        • 24 Januari 2022 - (20:48 WIB)
          Permalink

          Terimakasih pak betul sekali masukannya

      • 24 Januari 2022 - (20:49 WIB)
        Permalink

        Terimakasih tanggapannya

        1
        2
      • 24 Januari 2022 - (21:37 WIB)
        Permalink

        Loh kok, beneran iki..

  • 23 Januari 2022 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Menurut saya bapak harus berbesar hati masih dilayani dengan baik. Karna ini bukan hanya sekedar telat dan tidak telat pak. Teman saya seorang petugas pencatat meter. Mereka cuma dikasi hp spek rendah yg berfungsi cukup utk aplikasi nya. Jgn harap berkamera bagus. Terus bapak yg telat bayar, petugas itu dimintai pertanggungjawaban knapa blm bayar, dan disuruh menagih, kalau pemilik tidak ada harus datang lagi besoknya. Nah saya yakin tagihan bapak yg rumah kosong gak akan sampai 100rb. Drpd habis bensin dan tenaga bolak balik wajar saja dibayari dan di alihkan ke token biar tidak merpotkan banyak pihak. Toh mau paska atau prabayar sama saja. Saya juga yakin bapak org baik. Kalau rumah bapak kosong isi token 100 ribu untuk lampu teras itu cukup utk 1 tahun. Kondisi dilapangan itu banyak yg membuat posisi org serbasalah. Kalau pelanggan VIP pasti dihubungi meski diluarnegri sekalipun. Mudah²an masalah bapak cepat selesai dan ada jalan tengahnya

    40
    3
    • 23 Januari 2022 - (20:29 WIB)
      Permalink

      Terimakasih tanggapannya pak, ya namanya konsumen kan masih boleh lah sedikit berkeluh kesah. Tapi memang saya sudah sampaikan ke 123, apabila memang harus prabayar saya berhenti langganan dahulu saja karena sama saja ada meternya tapi kalo terlambat ngetik token akhirnya mati. Karena belum tentu saya sering ke yogya dan memang tadinya saya berharap cctv dan beberapa alat pengaman lainnya masih bisa menyala. Trimakasih tanggapan baiknya pak, semoga teman caternya bisa dilengkapi peralatan yang memadai dalam bertugas.

      8
      9
      • 23 Januari 2022 - (20:37 WIB)
        Permalink

        Hal lain yg bisa bapak manfaatkan dari layanan PLN. Bapak bisa lapor pakai PLN mobile dan meminta bantuan memasukan token yg bapak beli jika tidak dirumah.

        6
        5
        • 23 Januari 2022 - (20:40 WIB)
          Permalink

          Wah ini info baru mas, siapa kira kira yang akan bantu mengisi ke rumah? Apakah informasi ini kebijakan wilayah tertentu atau diseluruh wilayah?

          5
          3
    • 24 Januari 2022 - (07:37 WIB)
      Permalink

      saya setuju dengan komentar bapak, tidak masalah mengganti dengan token toh jika tidak ditempati kita bisa isi dengan nominal yang besar untuk jangka waktu yang lama.

      7
      2
      • 24 Januari 2022 - (14:59 WIB)
        Permalink

        betul juga pak, sebenernya memang tidak ada masalah selama ini juga saya menggunakan prabayar di rumah kontrakan saya di bandung. Memang kemaren mis karena rumah yang berada jauh di rantau sana. Padahal ya tetap bisa saja diakali ya

        4
        1
  • 24 Januari 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Yah mau gimana lagi.. PLN kan gak ada saingan makanya dia suka seenaknya..seperti raja.. Setiap pengembangan minta gratis semua baik tanah maupun bangunan yang dilewati semua gratis … Sementara jika mau pasang meteran. Tambah daya semua bayar.. Belum lagi seperti kasus ini, harusnya kan ada sistem denda keterlambatan

    7
    39
    • 24 Januari 2022 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah dari cerita pa binsar ini saya auto inget bayar listrik dan tidak lagi bayar diatas tanggal 20. Terimakasih

      • 24 Januari 2022 - (15:22 WIB)
        Permalink

        terimakasih selalu menyebarkan positive vibes pak

        4
        1
      • 25 Januari 2022 - (07:36 WIB)
        Permalink

        oh apakah ini penyebab PLN punya utang 500 trilliun dan merugi terus? tapi menurutku sih kalo pelanggan cuma terlambat sebulan gak sampai merugi gitu dah apalagi utang beratus triliun

  • 24 Januari 2022 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Sy rasa sdh benar karna sering telat bayar terus menerus kecuali baru telat sebulan dicabut baru salah PLN

    8
    2
    • 24 Januari 2022 - (14:56 WIB)
      Permalink

      betul disini saya sudah terlambat 2 bulan

      2
      1
  • 24 Januari 2022 - (12:21 WIB)
    Permalink

    Intinya jangan telat bayar. Ada jangka waktu tanggal 1-20 setiap bulannya. Ya kali ada 20 hari lupa bayar. Lupa atau ngelupa. Dah di migrasi ke prabayar ngamok. Jadilah pelanggan listrik yang bijak.

    18
    1
    • 24 Januari 2022 - (14:56 WIB)
      Permalink

      Terimakasih tanggapannya pak, memang karena kebiasaan buruk saya dalam membayar tepat waktu.

      3
      1
  • 24 Januari 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Wajar lah dicabut namanya juga telat,

    • 24 Januari 2022 - (14:54 WIB)
      Permalink

      Terimakasih tanggapannya pak, Saya disini menghargai keputusan PLN dan kemungkinan karena ketidaktahuan saya sebagai konsumen awam terkait kelebihan dari meter PLN Prabayar saja

      4
      1
      • 24 Januari 2022 - (15:22 WIB)
        Permalink

        awam ya pak??
        bapak pernah denger “everyone is marketer” ga pak? itu sering digaung-gaungkan lho pak.
        coba tanya kanan-kiri atas-bawah ditempat bapak duduk saat ini 🙂

        10
        3
        • 24 Januari 2022 - (20:47 WIB)
          Permalink

          Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

  • 24 Januari 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    ada baiknya dibayar saja UJL nya, PLN monopoli untuk kelistrikan, tidak ada pilihan lain, anda juga mengakui ada kesalahan di pihak anda telah telat membayar, saya rasa biaya UJL nya bukan biaya besar seharusnya, cuma masalah prinsip aja, tapi dibanding dengan repotnya memakai sistem prabayar, lebih baik saya rasa dibayar saja, dan lain kali jangan telat

    3
    1
    • 24 Januari 2022 - (15:09 WIB)
      Permalink

      betul pak, memang dikarenakan unsur kelalaian saya. Ke depan rumah tersebut akan gunakan prabayar, supaya lebih hemat biaya abonemen yang kurleb selama ini saya bayar 134 ribu sebulan. jadi cukup untuk menghemat uang dapur

  • 24 Januari 2022 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Saya cuma sekedar mau menyampaikan: salut kepada penulis yang dengan berbesar hati menerima segala masukan/komen yang ada, baik yang baik2 maupun yang kurang baik2…

    Semoga di dunia ini bisa ada semakin banyak manusia seperti Anda, sehingga bisa dihindari kejadian seperti kakek2 usia 80 tahun yang meninggal karena kena amuk massa, karena dianggap mencuri mobil yang kenyataannya adalah mobil milik sendiri.

    Memang MK ini wadah suara konsumen, & memang sudah selayaknya kebijakan sangsi harus sesuai dengan peraturan yang diketahui bersama oleh kedua belah pihak.
    Tapi di lain pihak, memang sudah “normal” di negara 62 bahwa ada s & k sbb: aturan2 yang tertulis di atas dapat berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

    Coba aja cek segala promo, undian, cashback, diskon, hadiah, dll, pasti 99,99% ada tulisan seperti itu.
    Jadi yah, bisa jadi ada kontrak berlangganan yang juga menganut paham seperti di atas.

    • 24 Januari 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      betul sekali pak terimakasih tanggapannya, story ini semoga bisa menemani waktu luang bapak ibu sekalian dan menjadi pelajaran bersama termasuk saya sebagai penulis bahwa kewajiban tetaplah kewajiban yang perlu diselesaikan tepat waktu atau sesuai akad

  • 24 Januari 2022 - (15:16 WIB)
    Permalink

    kalo internet sering error pelayanan buruk tinggal move on banyak pilihan, klo pln dia mau semena2 juga ga ada saingan jd percuma ga mau bayar biaya pasang lagi malah bikin emosi ya ikuti saja, tp memang mengenai aturan ketentuan harus nya pln fair 90 hari putus sebelum itu ya tetap di reminder saja karena memang klo di rubah ke token sy alami ribet klo rumah sering kosong karena isi token ga ky isi pulsa otomatis isi tp kita harus ketik di keypad nya.

    4
    5
    • 24 Januari 2022 - (15:21 WIB)
      Permalink

      terimakasih tanggapannya baiknya, merubah kebiasaan memang bukan hal yang mudah. Namun perlu saya coba kwh prabayar, karena memang biaya minimal bulanan kemaren juga ga murah sebulan hampir 134 rebu. jadi setahun lebih dari 1200 rebu, saya perlu coba prabayar sih, biar tahu keuntungannya. Kalo ga nyelam kan tidak tahu dalamnya lautan ehehe

      3
      1
      • 24 Januari 2022 - (15:46 WIB)
        Permalink

        akan lebih irit menggunakan prabayar pak.misal isi 1 juta utk cctv dan lampu teras sy rasa bisa tahan tahunan. yg paskabayar kan kena abonemen

        • 24 Januari 2022 - (17:05 WIB)
          Permalink

          Panik Gak Panik Gak Panik Lah Masa Enggak

        • 24 Januari 2022 - (17:52 WIB)
          Permalink

          betul terimakasih, karena kecupetan wawasan saya

          • 24 Januari 2022 - (20:09 WIB)
            Permalink

            Masa iya dari Aceh sampai Merauke pasti tahu jatuh tempo pembayaran listrik tgl 20 tiap bulannya,klo PLN memberi prabayar supaya pelanggan tidak Nunggak lgi.

        • 24 Januari 2022 - (20:11 WIB)
          Permalink

          Syukur masih diberi kesempatan DINAS ke Jogja dan menengok rumahnya.

          Anda patur berterimakasih kepada instansi/ perusahaan yang memberi Anda kesempatan dinas tsb.

          Sukses, Bro! Semoga masalahnya cepat selesai.

      • 24 Januari 2022 - (17:54 WIB)
        Permalink

        Loh pak udah lama kerja di PLN tapi kok gak tau bedanya biaya prabayar dan paskabayar? Dari komentar bapak menunjukkan jk bapak takut jika prabayar lebih mahal. Sorry pak, sejak masuk ke PLN bapak kemana aja pak? kok gak tau produknya sendiri??? Dan sadar gak pak? padahal bisa dibicarakan baik baik tapi malah seperti mencoreng nama baik tempat bapak kerja.

        11
        • 24 Januari 2022 - (20:45 WIB)
          Permalink

          Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

  • 24 Januari 2022 - (15:24 WIB)
    Permalink

    kalau melihat dari postingan Bapak, sebetulnya dari orang PLN sudah menjelaskan dengan baik Pak. dan setahu saya, tagihan listrik itu sudah ada di tanggal 1-5 awal bulan. jadi kalau saya sebagai emak2, biar gak kelupaan bayar tagihan, sebaiknya habis gajian cuzz langsung bayar tagihan2.
    kalau tagihan internet atau pulsa telf aja kalau telat bayar pasti bingung, apalagi kalau telat bayar listrik dan gak ada listrik…emak tambah mumet

    • 24 Januari 2022 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Kebiasaan buruk saya memang bu, perlu diperbaiki dan semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi saya

  • 24 Januari 2022 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Semoga anda segera dimutasi ke distribusi agar tahu betapa beratnya mengawal tunggakan para pelanggan, aamiin

    15
    1
    • 24 Januari 2022 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

  • 24 Januari 2022 - (15:37 WIB)
    Permalink

    saya memang telat bayar listrik,,,, tapii…. tapiiii tapiiiiiiii, kalau uda salah ya salah saja. Jika kesalahan kecil dibanarkan, maka akan ada pembenaran utk kesalahan yang besar. Positifnya dari cerita ini saya diingatkan kembali utk menyelesaikan kewajiban-kewajiban saya 😀

    • 24 Januari 2022 - (16:18 WIB)
      Permalink

      terimakasih sudah meremainder saya untuk menjadi lebih baik

      3
      1
      • 24 Januari 2022 - (19:57 WIB)
        Permalink

        SHAME ON YOU!

      • 24 Januari 2022 - (20:44 WIB)
        Permalink

        Terimakasih tanggapannya

  • 24 Januari 2022 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Pak Binsar ini orang PLN, anda bisa curhat di media ini karena anda tidak paham dengan proses bisnis perusahaan anda sendiri, membayar listrik saja anda menunggak, kalau mau memberi masukan secara internal pasti ada wadahnya di perusahaan.

    13
    • 24 Januari 2022 - (20:44 WIB)
      Permalink

      Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

  • 24 Januari 2022 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Rip MMR

    • 24 Januari 2022 - (20:43 WIB)
      Permalink

      Terimakasih tanggapannya

  • 24 Januari 2022 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Ingat …pasal “ konsumen selalu benar” bagaimnapun PLN harus lebih komunikatif terkait hal-hal yang berhubungan dg konsumen

    4
    9
    • 24 Januari 2022 - (19:31 WIB)
      Permalink

      Mau siapapun konsumenya… entah pegawainya sendiri ataupun bukan pegawai…
      Apalagi kalo pegawai.. justru klo pegawai suda byk berkontribusi untuk pln, sehsrusnya pihak pln juga lebih komunikatif

      2
      8
      • 24 Januari 2022 - (20:17 WIB)
        Permalink

        Di bagian mana pln kurang komunikatif nya yah bu? Karena dari lampiran yang beliau sampaikan semua keluhan sudah terjawab. Dan ada juga chat pribadi ke pic pelayanan pelanggan unit setempat.

        Pertanyaannya pln yg kurang komunikatif atau ybs kurang komunikasi dg unit sekitar nya dia? Kurang wawasan dengan produk perusahaannya dia sendiri?

        Pertanyaannya kedua betulkah ybs banyak berkontribusi? Dalam bentuk apa jk Ibu tau. Atau hanya merecoki internal perusahaan sj.

        Sy yakin sekelas PLN pasti selalu komunikatif terhadap pelanggan. Karena dlm case ini juga sy lihat jawaban2 keluhan ybs sdh di jawab oleh PLN dan sudah ada titik temu tapi karena gengsi dan arogansi sj maka di up lah disini oleh ybs.

        4
        1
      • 24 Januari 2022 - (20:24 WIB)
        Permalink

        Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan yang kemaren berkisar 140 rban karena saya pelanggan 2200.

        3
        1
      • 24 Januari 2022 - (20:29 WIB)
        Permalink

        komunikatif ? plgnya aja tidak komunikatif ke PLN apa bs PLN tahu no si binsar ini ? emg PLN dukun ??

        3
        2
        • 24 Januari 2022 - (20:42 WIB)
          Permalink

          Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

    • 24 Januari 2022 - (20:26 WIB)
      Permalink

      Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200.

  • 24 Januari 2022 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

  • 24 Januari 2022 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Terimakasih tanggapannya

  • 24 Januari 2022 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Terimakasih tanggapannya, permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait dan saat ini telah dipasang meter listrik di rumah saya. Memang permasalahan ini disebabkan kelalaian saya sebagai konsumen dalam membayar tagihan listrik tepat waktu dan kwh meter prabayar juga bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengurangi tagihan abonemen perbulan saya yang kemaren berkisar di 140 rban karena saya pelanggan 2200

  • 24 Januari 2022 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Hahaha…orang pln malah ngerusak citra pln sendiri…bos..bos… AKHLAK mu mana??

    1
    1
  • 24 Januari 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Kok rame ya ? Bullying disini udah sering tapi baru kali ini ada doxxing. Yang doxxing ati2 deh, kalau TS ga trima trus dilaporin gimana coba ?
    Case closed and he’s apologized. Untuk TS ga usah balas komen lagi. Makin panjang ntar .

    7
    2
    • 24 Januari 2022 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Mau melaporkan berapa orang?

      Yang pasti dia meninggalkan jejak digital tdk baik bagi perusahaan yg memberinya makan

      4
      1
  • 24 Januari 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    UJL = UANG JAMINAN LISTRIK… itu mah uang pelanggan x ye… bisa diambil lg koq.. Tp musti bongkar kWh gk jd pelanggan PLN lg x ye pak …

  • 24 Januari 2022 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Saya Doakan anda segera menjadi orang No.1 di ULP Sedayu. Amin…

PLN Secara Sepihak Mengubah Status Pelanggan Listrik pada Rumah Tak Be…

oleh Binsar dibaca dalam: 3 menit
109