Komplain SiCepat dan Pemotongan Biaya Subsidi Ongkir Secara Sepihak oleh Tokopedia

Pada tanggal 18 Januari dan 19 Januari 2022, saya menerima pesanan online via Tokopedia:

  1. Tanggal 18 Januari 2022 pukul 23:16, INV/20220118/MPL/1959969215, nomor resi: TKP01-LL4NM1Y, Kurir Rekomendasi SiCepat.
  2. Tanggal 19 Januari 2022 pukul 08:19, INV/20220119/MPL/1960400226, nomor resi:002792392216, SiCepat Regular Package.

Saya segera memproses dan request pick up pada tanggal 19 Januari 2022 tepat pada pukul 10:55 dan 11:15 untuk kedua paket tersebut. Hingga malam harinya saya tunggu, tapi belum juga di-pickup. Lalu tiba-tiba pada pukul 20:56 nomor resi 002792392216 saya lacak status pengirimannya tertulis “Kurir gagal melakukan pick up, pesanan akan di pick up ulang dalam 1×24 jam ke depan“. Pukul 20:58 nomor resi TKP01-LL4NM1Y, tertulis “Kurir sampai di tempat penjual namun pesanan belum siap untuk di Pick Up. Kurir akan Pick Up pesanan kembali pada Kamis 20 Jan 2022 pukul 20:00-20:00 Kurir: SiCepat“.

Keesokan harinya tanggal 20 Januari 2022 saya masih mencoba kontak Tokopedia Care dan memprotes status pelacakan resi saya, kenapa gagal pick up karena pesanan belum siap. Padahal seharian saya sudah menunggu, tidak ada satu pun kurir yang datang ataupun menghubungi saya.

Lalu pihak Tokopedia Care atas nama Ghea menyarankan supaya saya melakukan drop off ke gerai SiCepat. Sekitar pukul 10:18 hari itu juga saya melakukan drop off kedua paket saya di Gerai SiCepat Ekspress Barata Jaya. Bukti fisik resi masih saya simpan dan langsung saya upload di chat Tokopedia Care.

Bukti Resi DropOff di Gerai SiCepat Barata Jaya
Saya Drop 2 paket pada tanggal 20/01/2022 pukul 10:18 atas rekomendasi Tokopedia Care. di gerai SiCepat Barata Jaya

Satu jam kemudian, sekitar pukul 11 siang setelah saya kembali ke rumah, saya melihat status resi.
Resi pertama Resi TKP01-LL4NM1Y masih belum berubah dari Gagal Pick Up, alias masih menunggu update. Sedangkan Status resi kedua Resi 002792392216 telah berubah menjadi penjual telah melakukan drop off di gerai SiCepat.

Hingga pada pukul 11:37 Ghea dari Tokopedia Care hanya mengatakan akan bantu cek doang. Seller hanya disuruh menunggu, jika ada update akan diinfokan melalui chat. Tapi hal tersebut tidak pernah disampaikan. Pada pukul 14:30 saya kembali cek status resi saya, malah menjadi Resi Pesanan tidak terlacak atau invalid lalu saya diminta untuk meng-upload bukti fisik resi pengiriman drop off di gerai SiCepat Barat Jaya, dan berhasil diverifikasi oleh pihak Tokopedia.

Pada tanggal 21 Januari 2022 pukul 11:19, saya cek lagi status resi TKP01-LL4NM1Y ternyata masih menunggu update, padahal kemarin sudah diverifikasi. Seperti biasa dijawab “Kendala kakak sedang dalam pengecekan, jika sudah ada informasi lebih lanjut kami sampaikan kembali“.

Berarti sudah lebih dari 2×24 jam dicek terus. Padahal ada 2 paket pesanan di tempat yang sama, tapi status pengirimannya berbeda. Menjelang tengah malam sekitar pukul 23:42 saya cek ada saldo Tokopedia masuk dengan jumlah yang ganjil. Tidak sesuai dengan yang nominal yang seharusnya saya terima. Saya menemukan dan menggaris bawahi di invoice pertama dengan nomor resi TKP01-LL4NM1Y terdapat dua kali pemotongan ongkos kirim:

  1. Biaya Pengiriman Kurir Rekomendasi sebesar Rp14.500
  2. Penarikan Subsidi Ongkir tidak sesuai S&K sebesar Rp14.500

Wow padahal nilai produk yang saya jual hanya Rp50.000.

Bukti 2x Pemotongan Ongkir oleh Tokopedia
Pada tgl 22/01/2022 setelah saya cek saldo terdapat 2x pemotongan ongkir oleh Tokopedia

Setelah saya chat Tokopedia Care, pertama mereka jawab “Setelah Kaysia cek pada invoice INV/20220118/MPL/1959969215 terdeteksi tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan Promo Tokopedia poin M No. 8, yaitu penggunaan resi lebih dari 1 kali yang telah digunakan di marketplace lain. Maka dari itu Kakak dikenakan biaya pemotongan sebesar Rp.14.500, Kedepannya, mohon mengikuti Syarat dan Ketentuan Tokopedia agar tidak terjadi kendala yang serupa, Kakak juga dapat cek melalui link https://www.tokopedia.com/help/article/sicepat . Semoga infonya membantu ya Kak 🙂“.

Tentu saya tidak terima dong, tiba-tiba dikenai sanksi karena pelanggaran yang tidak jelas rimbanya. Setelah protes panjang lebar, mereka memberikan ALASAN kedua “Baik Kak. Kaysia infokan kembali bahwa Kakak sempat melakukan perubahan nomor resi ya Kak dari Kurir Rekomendasi menjadi SiCepat-Reguler pada 20 Januari 2022, dan mengubahnya kembali ke Kurir Rekomendasi. Kami infokan bahwa sesuai dengan syarat dan ketentuan bebas ongkos kirim poin C nomor 13, jika penjual mengubah kurir setelah pesanan diterima, maka biaya pengiriman akan dibebankan kepada penjual atau tidak mendapat penggantian ongkos kirim ya. Selengkapnya terkait syarat dan ketentuan bebas ongkos kirim bisa Kakak cek di https://www.tokopedia.com/help/article/syarat-dan-ketentuan-bebas-ongkir kak. Semoga infonya membantu ya Kak 🙂“.

Saya lebih tidak bisa terima lagi. Bagaimana bisa mengubah resi, jika yang saya lakukan hanya request pick up, dan drop off paket atas anjuran Tokopedia lalu dinyatakan melakukan pelanggaran?

Informasi Gerai
disini menyatakan bahwa Seller juga bisa drop pesanan kurir rekomendasi dengan kode booking ke gerai terdekat.

Lalu mereka jawab lagi “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya Kak. Kaysia infokan bahwa Kurir Rekomendasi tidak dapat drop ke gerai, karena Kakak melakukan drop ke gerai SiCepat maka Kakak telah melakukan perubahan kurir pengiriman. Setelah Kaysia cek, pembeli menggunakan fitur Bebas Ongkir dimana apabila dilakukan perubahan kurir pengiriman sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Bebas Ongkir poin C nomor 13, jika Penjual mengubah kurir setelah pesanan diterima, maka biaya pengiriman akan dibebankan kepada Penjual atau tidak mendapat penggantian ongkir.“.

WT*!! Bahkan mereka hanya meminta saya menunggu karena sedang dilakukan pengecekan oleh tim Tokopedia. Oke suka-suka mereka lah ya. Yang membuat sanksi pelanggaran siluman untuk memeras seller. Dengan semena-mena memotong penghasilan seller atas kesalahan yang mereka karang sendiri.

Setelah kejadian ini saya segera menonaktifkan pengiriman SiCepat. Lebih ajaib lagi, hari ini tanggal 22/01/2022 saya menerima orderan online dengan kurir rekomendasi yang sama yaitu KURIR REKOMENDASI SICEPAT. Meskipun dengan segera saya proses dan saya packing, saya belajar dari kesalahan yang kemarin. Paket saya foto saya kirim ke buyer, ke nomor WA SiCepat dan di chat Tokopedia Care untuk menunjukkan bahwa PAKET SUDAH SIAP. Jangan sampai mereka memfitnah saya bahwa paket belum siap.

Eh, beneran request pick up jam 3 sore, estimasi pick up jam 6 sore hingga detik saya mengetik surat pembaca ini, belum ada tanda-tanda kehidupan dari KURIR REKOMENDASI TOKOPEDIA SICEPAT. Saya juga tidak akan melakukan drop off, dikarenakan juga besok tanggal 23/01/20 adalah hari Minggu, hari libur toko tutup. Saya sebagai seller juga tidak mau tahu alasan apa pun yang akan mempengaruhi performa toko/review toko saya.

Pelanggan (Seller/Buyer) harus berhati-hati karena pihak Tokopedia dapat sewaktu-waktu menyatakan bahwa transaksi Anda melanggar syarat dan ketentuan mereka, tanpa memberi Anda kesempatan untuk klarifikasi, dan memberikan penalti atau potongan dana secara sepihak.

Hingga detik saya menulis Surat Pembaca ini masih belum ada solusi dan tanggapan dari Tokopedia, HEBAT BETUL KAN?

Sekian, terima kasih.

Irawati Lokaseputra
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia:
[Total:23    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Komplain SiCepat dan Pemotongan Biaya Subsidi Ongkir Secara Sepihak oleh Tokopedia

  • 26 Januari 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    TKP01-LL4NM1Y bukan resi sicepat mungkin anteraja kalo pake free ongkir, yg ke-2 baru benar sicepat coba cek lagi

    • 27 Januari 2022 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Tokopedia mah sekarang tukang palak seller dengan membuat pembenaran atas syarat dan ketentuan yg dirubah rubah demi keuntungan toped sendiri, sudah dipotong biaya bebas ongkir kalau rubah resi biaya kirim ditanggung seller dengan alasan penalti padahal sudah dibayar biaya bebas ongkirnya, seller dipotong tapi seolah olah dimata pembeli toped yg kasi promo. Kemudian penalti kok motong duwit dengan dalil pembayaran ongkir namanya tokopedia tukang palak, mengutip dr mencari kesalahan, padahal toped sudah makan biaya bebas ongkir dan dapat pula komisi dari jasa kurir. Makin lama sekarang market market ini cuma neken seller dan memperbudak seller dengan merubah syarat dan ketentuan seenak kebijakan dia.
      Itu kalau ada komplainan juga sellernya dipotong duwitnya dengan dalil biaya ongkir, padahal pembeli dikenakan biaya asuransi untuk ongkir pp. Tp sellernya suruh bayar . Jadi market place sekarang menjadi ajang pungli sellernya digencet terus. Masa bodoh.

      • 28 Januari 2022 - (17:54 WIB)
        Permalink

        ya betul banget, saya pun sudah protes bertubi tubi ke tokopedia care atas permasalahan ini pagi siang sore malam tengah malam pagi lagi, hehehehehe. Saya sebut mereka pemakan uang haram, memotong hasil kerja keras seller atas kesalahan yg tidak seller perbuat, tukang fitnah seller, dll dsb 😀 akhirnya mereka meminta maaf dan mengembalikan biaya pemotongannya

  • 26 Januari 2022 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Kurir Rekomendasi tidak direkomendasikan… Saran saya sebaiknya dimatikan saja pilihan aktif Kurir Rekomendasi di daftar layanan pengiriman. Cukup aktifkan Sicepat atau Anteraja Reguler kalo mau kasih Bebas Ongkir.
    Kalo Kurir Rekomendasi, pickup dan antar dicampur aduk antara JNE, Lion, Sicepat, dan Anteraja. Kalo apes, waktu kirim malah jadi lebih lama.

    Pengalaman saya mengaktifkan Kurir Rekomendasi sih bisa drop di gerai Sicepat, tidak harus pickup. Hanya saja terakhir ada masalah tidak bisa input ke sistem karena format alamat penerima tidak standar kata tim Kurir Rekomendasi Tokopedia, jadi dilakukan pengiriman secara manual – saya bayar dulu, setelah transaksi selesai mulai deh komplain ke Tokopediacare soal ongkir yang tidak langsung diganti padahal kesalahan ada di pihak Tokopedia.

    • 27 Januari 2022 - (05:10 WIB)
      Permalink

      Sip2, smoga dibaca oleh tokopedia supaya ga bernasib sama sprti bukalapak yg skrg terseok2 krn ditinggalkan oleh seller2nya

      Terus terang sy pingin toped menang lawan shopee krn toped trmasuk produk dlm negri. Tp kl sistemnya ga mateng ya cm diketawain sm si orange.

      Seller dan expedisi sama2 mitranya toped. Tapi dlm hal ini si expedisi ga disentuh sm skali seolah keterangan dr expedisi adlh absolute dan seller lah yg pasti slh yg ahirnya menanggung kerugian

  • 26 Januari 2022 - (19:08 WIB)
    Permalink

    saya merasa semakin kesini tokopedia semakin ga mendengarkan pembeli, padahal sering banget ngebuka survei tokopedia, udah beberapa kali ngeliat tim tokopedia care hanya fokus agar cepat beres, bukan memberikan solusi, dan di review playstore malah banyak banget yang komplain tentang tampilan baru yang malah mempersulit, udah gitu aja ga ada tanggapan. kemaren saya belanja ketemu seller nakal, barang ga sesuai tapi tokopedia care malah pro ke seller tersebut. sekarang saya pindah ke aplikasi blibli, saya dari user platinum tokped turun ke gold, dah males belanja di tokped.

    • 26 Januari 2022 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Pemahaman mereka atas kendala konsumen kurang atau mereka emang masa bodo. Jawabannya standart berbelit belit. Di cek terus

  • 26 Januari 2022 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Dicoba saja konfirmasi ke pihak Sicepat, karena setau saya, resi kurir rekomendasi itu depannya pakai kode “TKP..” sebagaimana ditulis di resi pertama. Tapi setelah anda drop di gerai, nomor resinya berubah jadi “0024..” (lihat foto struk tersebut)

    Jadi, penting juga dapat info dari Sicepat.
    Takutnya, ada perubahan kurir dari resi otomatis sistem tokopedia ke resi manual / diluar marketplace, makanya anda bisa kejadian nombok begini dan dianggap tidak sesuai S&K.

    • 27 Januari 2022 - (04:13 WIB)
      Permalink

      Itu biasa trjadi pada saat kurir datang pickup GK ketemu dgn yg bersangkutan.

      • 27 Januari 2022 - (06:34 WIB)
        Permalink

        Ya masalahnya ada di kurir Rekomendasi bukan SiCepat atau kurir lainnya. Ngapain coba aktifin kurir rekomendasi justru itu malah bikin gak jelas.

        • 27 Januari 2022 - (13:08 WIB)
          Permalink

          iya sudah kapok, sudah saya nonaktifkan kurir rekomendasi maupun kurir sicepat

    • 27 Januari 2022 - (11:50 WIB)
      Permalink

      Gan, saya drop paket ke gerai atas anjuran Tokopedia care atas nama si Ghea. Lalu malah dianggap meyalahi S&K

      • 27 Januari 2022 - (11:51 WIB)
        Permalink

        Saya w hari nunggu sampai malam tiba. Nggak ada konfirmasi WA atau telepon seperti ekpedisi lain
        Tiba2 aja statusnya, kurir sudah tiba namun paket tidak siap. Atau seller tidak siap. Coba dicek lagi semua bukti screenshoot masih ada

    • 27 Januari 2022 - (13:10 WIB)
      Permalink

      saya berusaha konfirmasi tapi juga tidak ada tanggapan. lucunya lagi. customer service sicepat bahkan tidak dapat melacak no resi kurir rekomendasi dari tokopedia

  • 27 Januari 2022 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Kasus ini akhirnya selesai dengan pengembalian dana yang dipotong oleh pihak tokopedia
    status diaplikasi saya, Operational Disburstment Saldo Penghasilan +Rp14500 Penggantian dana penalti atas INV/20220118/MPL/1959969215 tertanggal 23 Januari 2022 21:52 WIB
    Tokopedia Care KAYSIA hanya mengatakan MAAF SALAH INFO.
    lain kali jangan asal tuduh ya TOKOPEDIA karena ujung2nya kalau KURIR GAGAL PICK UP, Seller juga yang diminta drop off paket ke Gerai
    Agan/Aganwati yang terhormat sekian terima kasih

  • 27 Januari 2022 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Banyak yg menyalahkan tokped karna membela pembeli, ada juga yg menyalahkan karna membela penjual, padahal keduanya sangat penting buat tokped, jadi pastinya tokped akan berlaku adil sesuai kasusnya …
    Tokped memang butuh penjual tapi tokped juga butuh oembeli bukan… Nah pihak ke 3 adalah kurir, disinilah tokped butuh penyelidikan kasus… Jadi seharusnya bisa di maklumi .

    • 28 Januari 2022 - (17:20 WIB)
      Permalink

      Penyelidikan kasus? Kasusnya terjadi sampai 2x DUA PAKET JUALAN saya gagal pick up karena kurir rekomendasi sicepat. Yang pertama saya dikenai penalti karena drop paket ke gerai. Padahal yg drop off boleh dilakukan oleh seller dan juga atas anjuran CS tokopedia. Tapi sy sudah diwanti wanti supaya tidak melanggar S&K Tokopedia.
      Paket kedua ujung2nya saya juga diminta drop off ke gerai oleh tokopedia. Dimaklumi dibagian mananya Gan?

  • 27 Januari 2022 - (20:13 WIB)
    Permalink

    sama nih masalahnya pada tanggal 25 kemaren pihak sice**t salah tempel resi atau apalah-_-

  • 27 Januari 2022 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Lebih baik menonaktifkan kurir rekomendasi, dibanding menonaktifkan kurir sicepat, karena hanya sicepat lah yg bener bener tercepat saat ini

    • 28 Januari 2022 - (17:16 WIB)
      Permalink

      Hah? Maaf ga salah gan? 2x Kurir Rekomendasi Tokopedia saya SiCepat dan dua duanya gagal pick up alasan seller tidak siap. Padahal setiap pesanan yg masuk segera saya proses, saya packing dan saya foto sebagai bukti kalau paket saya siap di pick up

  • 27 Januari 2022 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Belum lagi kalau cod , berangkat dijemput pulang digabur alias ga jelas barangnya kemana, tidak diantar balik ketujuan, harus mencari diagen agen yang kalau ada returan diem aja, kalau lama ga diambil ya barangnya hilang karena tidak bertuan.
    Padahal seller keluar biaya kemas isolasi waktu , sedangkan dr market kalau cod ga mau ngurusi tp kalau penjualan berhasil dengan enak ambil komisi

    • 28 Januari 2022 - (17:14 WIB)
      Permalink

      Lah iya betul, belum lagi karena paket gagal pick up hingga 2x. Solusi CS minta kita drop paket ke gerai, setelah transaksi selesai malah seller di penalti dengan alasan ABC lalu seenaknya minta maaf karena salah info

  • 28 Januari 2022 - (02:41 WIB)
    Permalink

    Sicepat mmg kacau.sy dah pernah posting dsini soal selisih ongkir berbulan² smp detik ini gk ada solusinya. Cfs tokped gk ada yg nguasai materi keluhan penjual. Sy komplain ke sicepat pusat di kota sy buat menghadap manager/kepala cabangnya jawaban staf dsitu mereka gk punya manager/kepala cabang dkota sy. paraahh

  • 28 Januari 2022 - (08:30 WIB)
    Permalink

    kepada Selller yg terhormat, Kalau saya dan teman teman sebagai pembeli sepertinya sudah jarang menggunakan tok*p*d*a dan bu*a*a*ak, kami seringnya sekarang pakai S*oo*e, perbandingannya gini 50 kali kami buka apk nya si orange, si hijau dan si merah cuma kami buka 1 kali, itu pun hanya untuk perbandingan harga..karena kami sebagai pembeli dari luar pulau nyarinya yg banyak potongan ongkir juga..sekian..than’s, maaf apabila menyinggung Agan agan seller semuanya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Komplain SiCepat dan Pemotongan Biaya Subsidi Ongkir Secara Sepihak ol…

oleh pja dibaca dalam: 4 menit
29